Skip to main content

Dongeng : Kancil dan Monyet

Add chttp://jalurilmu.blogspot.com/2011/12/si-monyet-dan-si-kancil.htmlaption
Pada suatu pagi yang cerah, si kancil yang terkenal hewan yang sangat cerdik dan pintar sedang berjalan melewati hutan yang hijau.

Kancil berjalan dengan muka ditegakkan. Namun tiba-tiba, ada sesuatu yang membuat kancil berhenti berjalan.


Kancil merasa perutnya sakit dan terdengar bunyi "kriuuuk kluk klukkkk"

Wah....Ternyata Kancil lupa belum makan pagi, sehingga perutnya kelaparan.

"aduuuh, lapar sekali? saya sedang malas mencari makanan, kemana? aduh kemana saya harus mencari???oh itu rumah monyet!!!!"
segera kancil berjalan menuju rumah monyet dengan harapan ada makanan dirumah monyet.

Dirumah monyet, terbaringlah monyet yang sedang sakit gigi karena monyet lupa membersihkan gigi setelah makan malam. Di meja makan, terdapat  tiga buah pisang matang berwarna kuning, 

Terdengar suara pintu diketuk-ketuk
"monyet...monyet....bangun monyet!!!" ternyata suara si kancil dari luar rumah

http://jalurilmu.blogspot.com/2011/12/si-monyet-dan-si-kancil.html
"iya...siapa ya? ada apa pagi-pagi begini? ooh kamu kancil?"

Monyet membukakan pintu sembari terlaget-kaget kenapa sepagi ini si kancil datang kerumahnya.
"Monyet, saya minta pisang, saya kelaparan, kamukan pintar memanjat dan mudah mendapatkan makanan, oh itu ada pisang..."

Kancil segera  masuk kedalam rumah tanpa permisi saat melihat ada pisang di meja makan monyet
"tapiii....tunggu dulu...." sergah si monyet
"apa? kamu cari pisang lagi monyet, kamu pintar memanjat, saya sudah tidak punya tenanga untuk mencari makanan..." jawab si kancil
"tapi itu buat makan pagi, siang dan sore kancil, hari ini saya sedang tidak enak badan...kan...." jelas si Monyet.
Tapi dasar kancil, dia berlari keluar rumah dan mengupas kulit pisang dan melemparnya kedepan, dan tidak berapa lama...
"aduuuuuh....aw...aw....aduh....ooooohhhh" terdengar teriakan kancil

Rupanya Kancil terpeleset oleh kulit pisang yang dia lempar kedepan dan saat kancil berjalan dia tidak melihat ada kulit pisang yang dia lempar, terinjak dan Kancil terpeleset lalu jatuh dan menggelinding masuk ke parit dengan air yang begitu dingin dipagi hari.

"Br...brrr...aduh dingin sekali, sudah terpeleset, jatuh menggelinding pula kedalam parit...dinginnnn"  Kancil meratapi nasibnya dipagi hari setelah merebut buah pisang milik Monyet.

Alangkah buruk nasib kancil dipagi hari itu ya? merebut makanan teman sendiri itu adalah hal yang kurang baik, apalagi teman tersebut hanya memiliki makanan yang cukup untuk persediaannya.

Membuang sampah di sembarang tempat juga perbuatan yang kurang baik, sebaiknya membuang sampah adalah ditempat sampah, agar sampah tersebut tidak mengotori jalan.

Akibat dari perbuatannya kancil yang malang terluka dan sakit, sungguh tidak nyaman berada disepanjang hari dengan menahan sakit karena perbuatannya yang tidak bagus itu.

Hikmahnya :
  1. Berusaha sendiri dengan baik dan penuh keyakinan, Inza Allah hasilnya pasti luar biasa.(Pelajaran untuk Kancil, mengapa dia tidak mencari makan sendiri? bukankah dihutan banyak sekali buah-buahan?)
  2. Menjalankan hal-hal yang semestinya dilakukan agar tidak menyebabkan suatu kerugian (contoh buat Monyet yang tidak sikat gigi kemudian sakitlah giginya)
  3. Jangan merampas hak milik orang lain. (Buat Kancil yang mengambil pisangnya Monyet)
  4. Tidak boleh semena-mena terhadap sesama (Kancil yang mengambil pisangnya Monyet)
  5. Makanlah dengan tenang dan ditempat yang benar. (Kancil yang makan dengan berjalan)
  6. Dilarang membuang sampah sembarangan. (Halllo....siapkah itu????)
***
Edisi revisi dari acara mendongeng bersama Faiz dan terkembanglah tulisan ini.Terima kasih nak, karenamu ummimu ini akan selalu belajar dari sebuah kata.


Comments

  1. Kreatif mak. Drpd mengulang-ulang kisah yang nantinya bisa dibaca kalau anak sdh bisa membaca, membuat cerita sendiri selain ibunya mengasah kemampuan, anaknya jg belajar berimajinasi. Lanjutkan! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. belajar bersama pertumbuhan anak, sangat luar biasa.
      alhamdulillah anakku suka banget dengan cerita-cerita yang aku buat, dia suka minta diulang, tapi sebelumnya aku pancing dulu...ceritanya gimana sih? menjadi lahan belajar buat anak dan kita menggali pemahaman dan hafalan anak. Surpraise, anakku mampu mengingat walau tak utuh.
      Terima kasih semangatnya mak...

      Delete
  2. hahahaha...
    bisa aja nich ceritanya,,,
    sama seperti diriku yang di marahi teman kerja ku sendiri...
    dia bilang " pak, jgn buang sampah sembarangan, lebih baik sampahnya di simpan dan di bawa pulang...biar rumah kita yg kotor asalkan jgn negara kita ikut kotor" begitu tuturnya..!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip the great banget tu temannya, andai semua orang seperti itu.
      ups, ini cerita khayalanku untuk dongengin anakku sekalian buat ngajarin dia, kalau buang sampah ya...tidak boleh smebarangan.

      Ayo Indonesia bersih.
      Makasih ya dellamsyah atas komentarnya.

      Delete
  3. Keren, Mak. Ayo lanjutkan dengan dongeng2 kreatif lainnya. :)
    Faiz pasti bangga punya Ummi kreatif gini deh. :)

    ReplyDelete
  4. Suka saluit sama emak2 yg jago doneng. Apalagi kreatif gini. Aku ngga bisa ndongeng. Hehe.. palingan baca buku pengetahuan untuk pengantar tidur. Itupun gk tiap hari. Utk hal dan pesan moral seperti yg dituliskan di hikmah dongen itu.. aku ngajarkan sambiL backpacking. Yups.. setiap emak punya style ;)

    ReplyDelete
  5. dongeng sangat cocok banget buat anak-anak tidur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, selain busa untu tidur, ceritanya menginspiarsi biar bisa dicontoh anak-anak

      Delete
  6. aku mw bacain cerita ini utk ankku deh mba :).. tiap tidur pokoknya maminya/papinya itu hrs bacain cerita utk dia.. kdg aku ampe keabisan stok mw baca cerita apa lagi ;p...

    ReplyDelete
  7. Bagus sekali ceritanya, memang sebaiknya kita menanamkan nilai-nilai moral baik pada anak lewat dongeng agar lebih menarik dan mudah dipahami

    ReplyDelete
  8. Kalau inget dongen jadi inget masa lalu
    Obat Batuk Anak Manjur
    saat kecil dongeng sebelum tidur

    ReplyDelete
  9. Dongeng emang media yang sangat baik buat belajar anak-anak... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyapp betul kali mak yoeka, pasti nya dengan dongen yang bermanfaat seperti timun mas

      Delete
  10. cerita yang menarik..bisa menjadi referensi buat para pendongeng..

    terima kasih..sukses selalu.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Penyebab Nasi di Rice Cooker Cepat Basi

Pernah tidak mengalami nasi di rice cooker cepat basi, baru juga masak tadi pagi, sore hari sudah basi, basinya berair pula. Beberapa kali saya mengalami nasi di rice cooker basi dan dari kurun waktu 2008-2015 saya sudah berganti rice cooker sebanyak, lima kali. *Boros sekali ya? semoga ke depan tidak sering-sering berganti rice cooker ya. Mengganti rice cooker juga dengan pertimbangan, nasi yang dimasak cepat sekali menjadi basi. Iya, sewaktu membuka rice cooker setelah masi matang, aroma yang keluar sudah tidak enak, sewaktu dicentong, nasinya berwarna kuning dan pada lapisan bawah, nasinya berair.
Pengalaman Mendapati Nasi di Rice Cooker Basi
Sewaktu mendapati nasi di rice cooker basi, saya kaget dong. Lah wong baru saja masak, kok aroma nasinya sangat tidak enak. Lengket dan ketika nasinya dipindahkan, bagian bawah nasi itu berair. Rice cookernya juga berair, airnya juga bau.

Menyalahkan Beras Duh, merasa bersalah sekali nich, akibat nasi di rice cooker cepat basi, saya menyalahka…