Skip to main content

Posts

Showing posts from November, 2012

PUISI : Hujan Dalam Cerita

Sore ini, hujan mulai turun membasahi bumi, menawarkan nyayiannya memberikan aroma yang selalu menyihir kalbu jiwaku berbentuk garis-garis terurai indah dalam pertemuan sang wujud memaksaku menatap sebuah cerita
***

Tips : SPONS BEBAS KUMAN

Kegiatan didapur adalah kegiatan yang menyenangkan bagi saya, mulai dari persiapan memasak, waktu memasak sampai membersihkan peralatan pasca memasak. Sewaktu masih belia, saya suka menunggui Ibu saat berada didapur. Ibu selalu mencuci peralatan memasak sambil memasak, kata beliau 
"Masak selesai, dapur bersih dan rapih mba...." Hal tersebut selalu saya contoh *bila memang waktu masih memungkinkan....*kalau bangun kesiangan? ngantor telat dunk....alamat panggil si mbak...tolong dunk.

Membuat Nasi Uduk untuk Suami

Masih terasa rasa yang tertinggal selepas sarapan Nasi Uduk Cinta....hahaa, sok romantis aja, yeah sudah sejak hari minggu lalu, merencanakan membuat nasi uduk untuk suami dan semuanya. Sekitar pukul 03.10 saya bangun dan melihat suami saya sudah bangun, jadwalnya memang hari ini berangkat pagi. Suami menghabiskan mie goreng sisa semalam *kasihan sekali, "mau sarapan apa bi nanti?" tanya saya kepada suami yang sedang menikmati mie goreng jawa buatan saya. "ga usah de, udah makan mie ini aja, ga usah repot-repot" jawab suami yang pengertian, aduuuh...makasih sekali ya dear atas perhatiannya kalau saya sedang em....emmmales tingkat atas. "rencananya mau buat nasi uduk, tapi...." jelasku dengan sedikit menggantung mengatakan dengan bahasa kalbu kalau saya sedang banyak malas dan masih capai. "lain kali saja kalau waktunya banyak, masak yang biasa saja" kata suamiku melihat keraguan saya untuk memasak, apalagi masih begitu pagi, adzan subuh belum m…

Jalan-Jalan Pagi ke Taman Suropati

Minggu, 11 November 2012, lepas hari Pahlawan kemarin bolehlah sedikit berjalan-jalan menyusuri kawasan Menteng, sebuah kecaatan yang terletak dijakarta pusat. Dikawasan inilah berdomisili banyak pejabat tinggi negara serta kedutaan besar negara sahabat. Asli saya harus memanggut-manggutkan kepala dan sedikit melongok melihat bangunan rumah yang tertata asri, yang didukung oleh jalanan yang tidak bising, banyak pepohonan...aduhai nyaman sekali warga yang berdomisili di kawasan Menteng ini.

NAMA BAYIKU

Dengan rasa hati yang berbahagia, irama jantung yang mengikuti  irama  kebahagiaan mba Ita, yang sedang menantikan kelahiran anak pertama yang sangat dirindukan perjumpaannya. Ketika rasa itu disuguhkan kepada kami, Imam Subekty dan Astin Astanti serta keluarga besar kami, tentulah sama dan penuh doa, harap, was-was, tanya sana tanya sini, buka-buka buku *pastinya baca juga hee ;) plus Alhamdulillah era internet sudah bisa diberikan peran dan sertanya saat  mencari sebuah nama untuk anak pertama saya.

PELANGI YANG KUTUNGGU

angin membaur aromamu dengan sejuta warna petir
mengayunkan langkah mendung bergerak manja
kemana akan kau berikan setitik warna pekat itu?

akankah beriring dengan deraian kepakan gerimis
menyambut suasana yang teramat kurindukan
bertaburan angan dan harapan akan kembali hujan

Ketika Anak Tidak Mau Makan

Sudah menjadi hal biasa bila anak tidak mau makan dan lari tunggang langgang berjubel dengan bantal saat melihat nasi, al hasil ada acara lomba lari antara anak dan Mommy! Dan tidak tanggung-tanggung kerlap kerlip  panggung saat menyajikan acara rayuan mautnya Mommy dan si anak cuek bebek sampai akhirnya nasinya dimakan sendiri oleh Mommy.....Kondisi seperti itu *ngaku deh umum ya Moms dijumpai  setiap waktu, kadang-kadang atau memang musiman?  *semoga musiman dah  Dilanjut dengan mengeluarkan jurus kreatifitas ala Mommy dari yang sederhana sampai yang sangat sulit untuk dilakukan dan inilah efek samping dari anak sedang malas makan, mau tidak mau si Mommy kudu bekerja keras memutar otak bagaimana agar si anak mau makan.

Terkilir

"aw...aw....aduuuh bi..." Jum'at pagi, 16 November 2012 saat  menyiapkan sarapan  tiba-tiba punggung dan dada sebelah kanan sakit luar biasa menyamai sakitnya saat teriris-iris pisau ditambah disiram air cabe *haduh lebay plus sedikit mendramatisir niiih, tapi m e m a n g   sakit saat digerakkan baik dengan pelan apalagi dengan kencang, dipegangpun terasa sakit luar biasa.
Diagnosa pertama dari suami adalah salah bantal, saya meminta untuk dikerok menggunakan minyak kayu putih, namun oleh beliau diurut dengan perlahan, rasanya sakit sekali karena ada urat yang *meringkle istilah bahasa jawanya. Setelah sedikit di kerok, suami menyarankan meminum asam mefenamat untuk membantu meredakan nyeri? Memikirkan hari itu tidak bisa ijin, akhirya saya meminta untuk ditempel plester *haduuuh...itu istilahnya faiz heheee.... koyo ya bahasa indonesianya?

Lovely Kitchen With Modena

"masakanmu lebih bercita rasa dan kaya bumbu de' tidak seperti diawal pernikahan..." huuuu *nutup muka dan sedikit ada kesegaran dalam panasnya ruangan dapur dan nyerinya jari  yang terkena air cabe setelah memasak sebuah menu besar, membuat TUMPENG syukuran ibu mertua. Ini adalah menu yang belum pernah saya buat dan mengerjakan sendiri. Namun karena keyakinan dan keinginan mencoba akhirnya jadilah sebuah tumpeng ini: Dari sebuah dapur mungil, peralatan dapur yang minim serta keterampilan memasak yang masih biasa tersajilah berbagai menu masakan untuk keluarga saya. Tidak terpungkiri membayangkan sebuah dapur yang luas berwarna putih bersih yang didominasi warna hitam serta sedikit warna-warna yang bertaburan di dalam dapur serta terisi peralatan modern. Di dalam dapur impian ini, saya menginginkan terdapat peralatan standar sebuah dapur yang mampu membantu dalam menyajikan sebuah hidangan istimewa dimulai dari sebuah tungku kompor gas yang seperti dibawah ini, sangat coco…

Hujan dan Ai

Sore yang sibuk, langit tergantung mendung, ada sedikit genangan air dan kesibukan membersihkan lantai yang terkena bocoran air hujan karena atap rumah rusak. “Tita....tolong bawakan ember dan lap yang kering ya nak?” Ibu Tita memanggil dari kamar, segera Tita menuju ke dapur untuk mengambil ember dan lap kering kemudian masuk ke kamar memberikan kepada ibunya yang sedang mengeringkan genangan air di kamar Tita.

Resep Sambal Mangga

Tersisa satu buah mangga Indramayu hasil dari pemberian pengasuhnya faiz yang asli kota Cirebon. Karena lidah sudah mengecap-ecap sensasi keasaman terasa, tergeraklah tangan ini meraih sebuh pisau, dibersihkan dan terkupaslah mangga yang ranum tersebut.  "Hm....masih asem, tapi sayang kalau lama-lama menikmatinya" *tuing...terinspirasilah dengan Sambel Mangga yang dijual di d' Cost seharga dua ribu perak beberapa sendok saja. Kuingat-ingat bagaimana rasanya ya? untuk mencari bumbu tersembunyi dalam sambel tersebut. Ugh, akhirnya kuniatkan saja membuat sambel Mangga ala Astin Astanti dah....

Impianku Pergi ke Pulau Dewata Bali

"mas, kita jalan-jalan yuks' kemana gitu?"  keluar ide dari ayu, adik ipar saya  dalam pembicaraan kami, Minggu 11 November 2012 sore hari dikamar ibu mertua bersama suami, wawan, ayu dan ibu mertua dan si kecil faiz. "tidung mas, kepulau...ada paket 10 orang lho..." ayu memberikan penawaran setelah berbincang tentang rencana berlibur. "iya tapi tidak bisa dalam waktu dekat, hrus menyiapkan dananya dulu" pinta suami saya, "ya tiga bulan dari sekarang..." kata wawan. "em...sepertinya setahun lebih baik deh..." tambahku berpikir kalau mau liburan nabungnya sistem rumah tangga saya gak bisa mendadak ach... "ke singapura aja?" tawar suami saya yang membuat panas pembicaraan kami "tambah biaya aja bikin paspor? mas imam mah sudah punya" jawab ayu "Bali dah" pemilihan pulau yang bagus untuk holiday, karena baru saya saja yang pernah singgah di pulau itu. Itupun saat annual meeting bersama teman kantor. &qu…

Mendongeng Untuk Anak

Judulnya tentang fabel atau cerita tentang binatang, Faiz masiiih suka sekali dengan cerita seperti ini. Gembira, ketawa dan senang sekali saat faiz saya ceritakan kembali apa yang sering dilihat di televisi, seri shaun the sheepnya atawa vcd shaun the sheep dengan versi saya. Sedikit menguji kemampuan faiz dalam pemahaman, pengenalan dan pencirian serti menangkap maksud dari gambar berjalan yang tidak ada dialognya, hanya endusan anjing, lenguhan petani dan embikkan the sheep dan yang lainnya.
"iz, mau gak mi ceritain ayam, anjing dan shaun the sheep? seperti yang faiz lihat tadi?" tanyaku disamping faiz selesai menonton drama seri shaun the sheep? *drama? ha iyalah.... Dengan senyumnya..."mau mi mau...."
Oke, mulailah saya bercerita dengan bahasa yang mudah ditangkap oleh anak seusia tiga tahun, agar faiz dapat menceritakan kembali dengan runtutan cerita yang benar.
Pagi hari, ayam jantan mau kerja di iz? ayam jantan berkokok pagi hari untuk membangunkan orang-…

Memberikan Kado Untuk Anak

Sepulang dari kantor siang yang sedikit rintik hujan, wah belum pakai mantel lalu kupacu sepeda motor berbelok ke minimarket yang ada ATMnya, untuk menyelesaikan tugas kantor yaitu transfer uang.
Selesai acara transfer mentransfer, sedikit melongok display barang baru...wow...lumayan neh saya mau belikan buat faiz, dan....sebentar adakah kertas kado? wow lompatan kegembiraan melonjak menemukan ada kertas kado...inspirasi saya memberikan kado/ hadiah kecil untuk faiz.
Eits... jangan lupa bayar ke kasir dan tengok kanan dan kiri, hem...masa tidak tersedia ya selotip dan kater, ach...never mind. Setelah membayar dikasir, saya ambil kertas kado yang lebar itu, kulipat, kusobek pelan-pelan menjadi dua bagian and then kuletakkan hadiah untuk faiz "mas ada isolasi?" saat ada petugas yang menghampiri saya "sebentar ya bu...." wow, sampai kado tersebut rapi terbungkus, si petugas itu belum membawa yang saya cari, idiiih si mas ini, kalau gak boleh minta okay dah gak masala…

Kenapa Tidak Memasak Bersama Anak?

"aduuuh kamu ngapain si iz? sanaa ganggu ummi aja, ama abi aja ya.." dulu...itu dulu sekali kala masa kegelapan terjadi di suku paling pingiran dah. Inget begitu rasanya malu sekali moms, dan segera mencari kesempatan agar kelak si faiz tahu, mommynya ini belajar dari kesalahan.
Subuh hari  "mi susu dong..."  terdengar ucapan selamat paginya faiz dari kamar, saat tangan memegang pisau memotong sayuran, tengok kanan kiri, kalau embaknya di kamar mandi, abinya masih merenda mimpi, saya tinggalin tu pisau segera buatin susu dan ikut bobo disamping faiz kalau masih ingin tidur, tapi kalau sudah bulet ya...saya tinggal dulu. Heheee...kadang "mi...temenin" haduh kalau sudah begini, kalimat yang diatas tadi yang saya pakai, tapi sekarang menikmati waktu bareng faiz toh tidak samapi sepuluh menit kok. Memasak buat saya tidak memakan waktu lama, bersama anak ya...hayo aja. ----------------------------------- "mi temenin faiz nonton tivi dong" rengek fai…

Mendidik Anak Berbeda-beda, kan?

Memiliki seorang anak tentu sangat membahagiakan sekali, ekspresi mengetahui diri kita hamil tentu berbeda-beda ya mom bagi setiap mommy, ada yang sampai menangis tersedu dan gak bisa menggangkat wajah, ada yang loncat-loncat kegirangan ups....tapi hati-hati ya mom loncatnya....mungkin ada yang tidak bisa mengekspresikan apapun hanya berucap " Alhamdulillah ya Allah..." dan adakah yang hanya bengong yang berujar "haaaa....masa sih" walah yang ini tentu keterlaluan dah. So, mengetahui kehamilan, berada pada masa kehamilan tentunya sudah bisa mengukir keinginan akan seperti apa kita  mendidik dan mengasuh anak kita kelak ya moms.
Mendidik dan mengasuh anak bagi para mom juga berbeda-beda, tergantung moms dan kreatifitas moms pastinya. Bagi saya yang saat mengetahui kehamilan menjadi speechless dan memasrahkan kepada Allah serta berupaya yang terbaik untuk kami, mendidik dan mengasuh faiz juga seperti umumnya moms lainnya dengan sedikit divariasikan dari berbagai sum…

Kumpulan Puisi Untuk Suamiku

Berniat menuliskan puisi tentang apapun dan mengumpulkannya menjadi satu disini,


Karena Allah cinta kita ada
saya mencintaimu saat ini, bukan untuk apapun
sesungguhnya cinta ini untuk Allah semata
saya menjaga luapan kasih sayang untukmu
sungguh karena berharap Ridhlo-Nya

fisikmu karunia Allah yang diberikan padaku
otak dan imanmu dititipkan Allah untuk mengajariku sejuta ilmu
hartamu titipan Allah agar aku belajar bersyukur bersamamu
kasih dan sayang yang kamu berikan adalah cahaya Allah
untuk senanti asa menuntun hatiku melangkah bersama cinta-Nya ---------------------------------------------------- ride by motorcyle with Imam Subekty get this inspiration.
at thursday, 8 november 2012 8.30 am
— with Imam Subekty at Pergudangan Semanan Megah.

Medical Representatif

Rekomendasi dari seorang teman bernama Desi yang telah terlebih dahulu bekerja sebagai Medical Representatifsaya menyetujui untuk mengikuti pelatihan dan mengikuti ujian yang dibuka oleh perusahaan Farmasi yang bernama PPSDM di daerah Yogyakarta. Saat itu saya masih bekerja diperusahaan pembiayaan di Yogyakarta, namun karena keyakinan bahwa saya harus memilih karir ini, Alalh memberikan jalan dan dimudahkan segala sesuatunya. Blank dan tidak ada gambaran sama sekali, apa maksud pekerjaan medical representatif itu, bagaimana sistem kerjanya dan kerjanya dimana? Tapi semua itu pasti diberikan training dan penjelasannya terlebih dahulu. Setelah dua perusahaan lolos, ujian perusahaan ke tiga lulus di PT Bernofarm. Ehem... belum pernah terdengar namanya juga sampai akhirnya pengumuman penempatan disampaikan, ibu kota Jakarata Raya...cukup bahagia dan surpraise karena sudah berdebar-debar apabila ditempatkan di Luar Pulau Jawa (karena memang ada persyaratannya yaitu: bersedia ditempatkan di…