27 Jan 2013

Buah Rambutan Yang Manis

Advertisement
"ada rambutan de' dirumah dari om Budi"
Foto Dok Pribadi
Wah musim rambutan sudah datang, disepanjang jalan Daan Mogot maupun jalan Cipondoh Raya penjual buah yang menggunakan mobil pick up sudah mulai mengganti buah dagangannya dari Mangga beralih buah Rambutan yang merupakan buah eksotis dari Indonesia itu. Karena terlalu eksotis, saya menempatkan dikeranjang biru tempat buah, saya pandangi, ambil kamera...wah, bisa jadi bahan buat isi blog nih. Heheee...sicantik berambut, saya ingin menempatkan disebuah artikel ringan ya. *smile dunk.



Asal Nama Buah Rambutan
Buah rambutan banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Pohon atau tanaman yang memiliki nama latin Nephelium lappaceum ini merupakan tanaman buah holtikultura berupa pohon dengan family sapindacaeae. Tanaman buah tropis dalam bahasa Inggris Hairy Fruit. Nama rambutan berasal dari bahasa melayu yang artinya berbulu. Buah ini dikenal orang barat dengan sebutan leci berbulu. Disebut leci karena bentuk dan rasanya menyerupai leci. 

Kandungan Buah Rambutan
Buah dari si cantik berambut ini mengandung karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium dan vitamin C. Kulit buahnya mengandung tanin dan saponin. Bijinya mengandung lemak dan polifenol. Daunnya mengandung tannin dan saponin. Kulit batangnya mengandung tannin, saponin, flavonida, pectic substance dan zat besi.

Kadar serat buah rambutan cukup tinggi, sekitar 2 gram per 100 gram berat buah. Karakter buah seperti ini cocok dikonsumsi orang yang sedang berdiet menurunkan atau menjaga berat badan.

Jenis Buah Rambutan
Ada beberapa jenis buah rambutan yang digemari masyarakat dan dibudidayakan dengan memilih nilai ekonomis relatif tinggi, diantaranya sebagai berikut : 
  1. Rambuatan Rapiah : mutu buah tinggi, kulit berwarna hijau-kuning-merah, rambut jarang, daging buah manis, sedikit kering, kenyal, ngelotok dan daging buahnya tebal.
  2. Rambutan Aceh Lebak Bulus : kulit buah berwarna merah-kuning, banyak air, ngelok dan rasanya manis dan asam.
  3. Rambutan Cimacan : kulit buah berwarna merah kekuningan sampai merah tua, rambut kasar, rasa manis, sedikit berair.
  4. Rambutan Binjai : merupakan salah satu buah rambutan terbaik di Indonesia, buah cukup besar, kulit berwarna merah darah sampai merah tua, rambut agak kasar dan jarang, daging buah ngelotok.
  5. Rambutan Sinyonya : banyak disukai terutama orang Tionghoa, warna buah merah tua sampai merah anggur, rambut halus dan rapat, banyak air, lembek dan tidak ngelotok.
Khasiat Buah Rambutan
Buah Rambutan merupakan salah satu buah yang dari bagian batang sampai biji mengandung khasiat atau manfaat, buahnya rasanya manis, kenyal dan segar juga  banyak manfaatnya bagi tubuh kita diantaranya adalah sebagai berikut :
  1.  Diet : bagi yang sedang berdiet dalam setiap 100 gr rmbutan mengandung 84 kalori. Jika sedang mengikuti program diet 2.000 kalori, rambutan telah menyumbangkan 4,2 persen kalori harian yang dibutuhkan. Jumlah kalori yang dibutuhkan bagi tubuh bervariasi karena tergantung pada berat badan, gaya hidup, jenis kelamin dan usia.
  2. Makronutrien : Rambutan dikenal sebagai buah yang sangat rendah lemak. Sebagian besar kalori yang dimiliki oleh rambutan berasal dari karbohidrat. Institute of Medicine merekomendasikan 130 gram rambutan untuk konsumsi harian.
  3. Vitamin : setiap 100 gram rambutan sekitar 40 persen dari asupan harian vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu daging rambutan mengandung sekitar 1 persen niacin atau biasa dikenal sebagai vitamin B3
  4. Mineral : buah rambutansangat kaya akan zat besi yang dibutuhkan untuk mengontrol oksigen dalam tubuh. Zat besi membantu mencegah kelelahan dan pusing yang disebabkan oleh anemia. Selain itu, daging rambutan juga memenuhi 4.3 persen kebutuhan fosfor harian tubuh. Fosfor membantu menyaring limbah di ginjal, serta diperlukan untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan semua jaringan dan sel.
  5. Obat Herbal : rambutan memiliki kegunaan herbal, seperti membunuh parasit usus dan mengurangi gelaja diare, bahkan sebagian orang menggunakan sebagai obat demam.
Foto Dok. Pribadi

Selanjutnya marilah mulai untuk menyukai buah cantik yang berambut ini? selain rasanya yang manis dan kenyal, ternyata buah rambutan memiliki khasiat yang sangat bagus bagi tubuh kita. Terbayang anak saya yang sedikit tidak menyukai buah ini rasanya sedih sekali, tapi saat dikupas dan dipisahkan dari bijinya, hm... yummy kan nak? Istilah bahasa jawanya "Mumpung" sedang musim rambutan, nikmatilah buah cantik berambut ini sampai puas, tapi ingat jangan terlalu banyak ya, segala sesuatu yang berlebihan hasilnya tidak bagus. Selamat menikmati musim rambutan.







Referensi

3 comments:

  1. Jadi inget phon rambutan di rumah ortu, mudah2an pas pulang udah berbuah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Rahmi Aziza, jadi inget rumah ya...wah, saya kepingin sekali petik rambutan dari pohon langsung nih

      Delete
  2. Waah, rambutan binjai trmasuk rambutan trbaik. Emang benar loh. Di binjai itu hampir rata2 orang disana punya pohon rambutan. Bahkan di juluki kota rambutan. Saya juga orang Binjai, hehe..

    ReplyDelete

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...