Skip to main content

Tangan Mungil Untuk Perubahan Besar Bersama Pureit

AIR MINUM
Kehidupan manusia sehari-hari di permukaan bumi ini tidak terlepas dari air, manusia membutuhkan air untuk minum, air sebagai media untuk mandi, air pula diperlukan oleh manusia untuk mencuci pakaian, memasak serta menyuburkan berbagai macam tanaman. Ada banyak cara mendapatkan air minum saat ini, misalnya mendapatkan air minum galon bermerek, dengan mengambil dari air tanah yang masih belum tercemar dengan merebusnya ataupun mengkonsumsi dari air pegunungan asli.

Air sangat menyejukkan disebuah daerah yang beriklim lembab, dan air bisa terasa sangat hambar disebuah daerah yang beriklim panas apalagi air didaerah tepian pantai, seperti daerah asal saya, di tepian laut selatan. Oleh karena itu berbagai sumber air munum yang tersedia paling banyak di negara ini berasal dari sebuah mata air pegunungan yang masih segar, bersih dan tidak banyak terkontaminsai oleh berbagai polutan seperti air di tengah kota maupun di daerah yang terdapat pabrik-pabrik berat, serta di sebuah perkampungan yang padat penduduknya.
Gambar Dari Sini
Manfaat mengkonsumsi air minum tentunya sangat banyak sekali, air minum efektif untuk memperlancar pencernaan kita, membuat fit dan bugar tubuh kita karena lebih dari 60 % tubuh ini terisi air, memperlambat tumbuhnya penyakit seperti kita ketahui kekurangan air akan mengakibatkan dehidrasi dan kerusakan pada ginjal.  Anjuran air yang dikonsumsi oleh manusia dewasa dalam sehari dianjurkan minimal delapan gelas atau dua liter sehari, sedangkan anak usia 4-8 tahun kebutuhan minum airnya 6-7 gelas (1,6 Liter) sehari.

Diambil Dari Sini
Ada beberapa sifat untuk melihat layakkah air dapat dikonsumsi oleh manusia sebagai air minum, yaitu :
  1. Sifat Fisik, sumber air minum secara estetis dapat diterima seperti tidak berwarna dan tidak berbau  yang tidak diinginkan, tidak berasa serta tidak keruh. 
  2. Sifat Kimiawi, bahan air minum tidak boleh mengandung partikel terlarut dalam jumlah tinggi serta logam berat (misalnya Hg, Ni, Pb dan Ag) ataupun zat beracun seperti senyawa hidrokarbon dan detergen.
  3. Sifat Biologi,  air minum tidak boleh mengandung kuman atau mikroba, khususnya bakteri Entamoeba Coli.

SUMBER AIR MINUM
Air di permukaan bumi bersirkulasi dalam lingkaran hidrologi, dimana air jatuh sebagai hujan dan mengalir ke samudra sebagai sungai dan menguap kembali ke atmosfer. air di alam ini terbagi menjadi tiga, yaitu :
  1. Air di permukaan bumi, meliputi laut, sungai, danau, rawa, salju, es dan gletser.
  2. Air di udara meliputi uap air, kabut dan berbagai macam awan
  3. Air didalam tanah meliputi air tanah, air kapiler, geiser dan artois.

Sedangkan sumber air bersih dapat bermacam-macam, yaitu :
Air Hujan, pada sebagian masyarakat menggunakan air hujan sebagai air untuk kehidupan sehari-hari dengan cara menampung air hujan secara langsung pada bak penampungan, hal ini untuk mengatasi krisis atau kesulitan mendapatkan air dari sumber air yang telah kering. Sekilas air hujan terlihat bersih, namun biasanya air hujan mengandung debu-debu dan partikel kecil yang terbawa oleh udara.
  1. Air ledeng atau PAM biasanya berasal dari pengolahan dan penjernihan air seperti sungai atau sumur bor. Karena merupakan hasil pengolahan dan penjernihan kualitas air PAM biasanya dipengaruhi  cara pengolahannya dan sumber air tersebut berasal. Pada beberapa tempat air PAM berasal dari sumur bor namun tidak jarang air yang diolah dan dibersihkan berasal dari sungai.
  2. Air Sumur, ada dua macam jenis air sumur yaitu sumur dangkal yang didapat dengan cara menggali kedalam tanah untuk mendapatkan mata air dan yang kedua adalah sumur artesis biasanya dibuat dengan cara membor kedalam tanah hingga kedalaman 50 meter atau lebih. Kedalaman sumur biasanya mempengaruhi kualitas air yang dihasilkannya, semakin dalam semakin bersih air yang didapatkan.
  3. Mata Air pada daerah yang masih alami biasanya terdapat mata air dimana air yang diambil cenderung sehat dan dapat langsung digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.
  4. Penjernihan Air bisa dilakukan apabila kurang beruntung mendapatkan air yang kurang bersih berdasarkan pemantauan fisik atau dari hasil cek kualitas air. Hal ini dapat dilakukan untuk memproses air yang kurang bersih dan sehat menjadi air bersih dan sehat dengan mekanisme penjernihan air tertentu yang sesuai.
MENDAPATKAN AIR BERSIH

Gambar Dari Sini
Diatas adalah gambar proses pengolahan dan penjernihan pada PAM dari air baku yang berasal baik dari rawa, sungai maupun sumur bor hingga masuk bak penampungan di rumah kita. Bisa dipastikan dari proses tersebut air yang mengalir adalah sebagai air yang bersih dan jernih. Air dari PAM dapat direbus menggunakan kompor minyak atau gas kemudian setelah mendidih bisa dinikmati.


Fasilitas yang diberikan di perumahan kami salah satunya menggunakan air PAM, dimana air PAM bisa digunakan untuk memasak air minum, mandi ataupun mencuci baju. Namun yang terjadi tidak semudah yang kami bayangkan, kami masih harus membeli air minum dalam galon bermerek untuk air minum, membeli air isi ulang untuk memasak bahkan kadang untuk mandi dan mencuci kami mengeluarkan uang kembali untuk membeli air karena air PAM yang mengalir berwarna keruh serta banyak sekali endapannya.

Salah satu contoh sumber air baku PDAM kota Bandung yang memanfaatkan tiga sumber air yaitu:
  1. Air Permukaan, 
  2. Mata Air,
  3. Air Tanah.
Gambar Dari Sini
Salah satu gambaran yang sangat memprihatinkan bagi kita semua, sebuah sungai yang menjadi salah satu sumber air untuk dipergunakan sebagai air baku yang dapat diolah menjadi air bersih tercemar dengan polutan yang sangat sederhana sekali. Apakah ini yang mengakibatkan air PAM yang tidak lagi sejernih dahulu?

MELESTARIKAN SUMBER AIR
Salah satu perbuatan yang sangat penting untuk digalakkan dari yang terkecil untuk mengurangi pencemaran sungai adalah langkah kecil diri saya sendiri, yaitu :
  1. Mengajari anak saya untuk membuang sampah pada tempatnya, tidak pula pada got didepan rumah.
  2. Memisahkan sampah yang dapat terurai dan sampah yang tidak mampu terurai seperti sampah plastik dan sampah botol bekas.
  3. Membuat penampungan air bekas yang tidak mengalir kesungai.
  4. Menjaga kebersihan dengan tidak mengotori sungai dengan apapun.
  5. Mempergunakan air dengan baik.
  6. Segera mengganti kran air yang bocor dengan yang baru.
UNILEVER PUREIT
Unilever Indonesia telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan terdepan untuk produk Home and Personal Care serta Foods & Ice Cream di Indonesia, sangat familiar di masyarakat. Kali ini Unilecer Indonesia sangat peduli dengan kebutuhan air minum yang sehat dan bersih, dengan sebuah Produknya sebagai pemurni air minum.
Gambar Dari Sini
Menghadapi masalah air minum yang semakin kompleks permasalahannya, mulai dari air tanah yang muncul endapan, air rawa yang berasa, air PAM yang terkadang berwarna keruh serta air isi ulang yang kurang terpercaya hingga air minum dalam galon bermerek yang semakin mahal biaya yang dibutuhkannya.

Unilever Indonesia memperkenalkan sebuah produk bernama "Pureit" Pureit adalah cara mudah, praktis dan dengan harga yang terjangkau untuk mendapatkan air minum yang terlindungi dari kuman berbahaya.
  1. Tidak memerlukan sambungan ke keran
  2. Sangat praktis digunakan. Tinggal tuangkan air tanah/PAM mentah yang biasa dimasak untuk minum kedalam Pureit
  3. Kapasitas wadah atas 9 liter dan wadah transparan 9 liter
  4. Tersedia dalam dua warna pilihan, putih biru dan putih marun. 
Gambar Dari Sini

Kenapa harus Pureit? Pureit, sebuah terobosan menawarkan banyak manfaat yang unik - perlindungan lengkap dari semua penyakit yang disebabkan air minum tercemar, dengan harga terjangkau. Pureit membunuh semua virus dan bakteri berbahaya dan menghilangkan pestisida parasit dan kotoran, memberi Anda air yang 'seaman water' tanpa direbus. 

Pureit menjamin keluarga Anda dari 100% perlindungan dari semua penyakit seperti sakit kuning, diare, tipus dan kolera. Terlebih lagi, tidak perlu minyak,gas, listrik atau air keran terus-menerus. Pureit memenuhi kriteria membunuh kuman dari Badan Perlindungan Lingkungan (EPA), badan pengawas yang paling tangguh di Amerika Serikat. Lindungilah Orang-orang terkasih dengan air minum yang aman higienis.

Gambar Dari Sini
Semakin dimudahkan dengan hadirnya Pureit ditengah-tengah masalah air bersih yang layak sebagai air minum, sumber-sumber air minum yang nasibnya kini sangat memprihatinkan karena pembangunan yang sangat cepat, sehingga banyak berdiri pabrik-pabrik dipinggir kota maupun berada ditengah kota yang secara tidak langsung memberika polutan walaupun dalam kapasitas kecil.


Pureit hadir sebagai fasilitas untuk memurnikan air yang akan dikonsumsi oleh berbagai masyarakat baik yang menggunakan air PAM, air sumur di tengah kota, maupun yang masih mengandalkan air tanah.

Pureit menghadirkan "Teknologi Germkill" Sebuah teknologi canggih yang terdiri dari empat tahap pemurnian air untuk menghasilkan air yang benar-benar aman terlindungi dari bakteri dan virus.



Gambar Dari Sini
Pureit juga memiliki jaminan perlindungan, yaitu :
  1. Pureit Germkill Life Indicator, Pureit memiliki Indikator unik yang akan memberitahukan beberapa hari sebelumnya kapan perlu mengganti "Germkill Kit"
  2. Mekanisme Penghentian Otomatis, Jika Germkill Kit tidak diganti pada waktunya, Pureit secara otomatis akan menghentikan air sehingga aliran air sampai penggantian dilakukan. Mekanisme penghentian otomatis Pureit akan menghentikan air sehingga air akan meluap dari Germkill Life Indicator. Hal ini akan menjamin anggota keluarga akan selalu meminum air yang aman.
Pureit bekerja dengan Germkill (Perangkat Pembunuh Kuman ) yang tahan lama dan dapat diganti secara bersamaan setelah memurnikan sekitar 1500 liter air atau setara dengan 80 galon, dalam pemakaian normal tahan sekitar 6-8 bulan.



Gambar Dari Sini
Informasi mengenai Pureit semakin mudah kita mendapatkannya diberbagai medai sosial seperti Facebook dengan alamat sebagai berikut http://www.facebook.com/unileverpureitindonesia?ref=ts&fref=ts ataupun di Twitter dengan alamat @PureitIndonesia.

Sebuah video yang mudah dicari di Youtube mampu meyakinkan masyarakat Indonesia yang sangat membutuhkan air bersih dan sehat dari air baku yang ada namun kurang yakin akan kelayakaan untuk dikonsumsi.

Sebuah gambaran akan manfaat dan keuntungan apabila menggunakan Pureit sebuah water purifier bila dibandingkan dengan cara memesan air minum dalam galon bermerek yang membutuhkan waktu untuk menunggu diantarnya air galon tersebut sampai ke rumah, ataupun harus mendapatkan sebuah kejutan gas habis saat akan merebus air.


Teknologi Germkill yang sangat canggih sangat membantu mengindikasikan kapan Germkill  Kit harus diganti dan memastikan anggota keluarga kita mengkonsumsi air minum yang sehat dan bersih dengan cara yang sangat mudah dan hemat biaya.


Pureit memenuhi kriteria ketat internasional dari Environmental Protection Agency (EPA), Amerika Serikat, untuk menghilangkan bakteri dan virus berbahaya. Lebih dari itu, kinerja Pureit juga telah diuji oleh lembaga ilmu pengetahuan dan institusi kesehatan terkemuka di Asia, Eropa dan Amerika Serikat.

Pureit mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan oleh Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu Universitas Gajah Mada Yogyakarta Nomor 4339.a-d/LPPT-UGM/U/VII/2010 yang merekomendasikan bahwa : Air yang dikeluarkan Pureit-unilever telah memenuhi persyaratan sesuai lampiran Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 907/MENKES/SK/VI/2002 tanggal 29 Juli 2002, yang ditanda tangani di Yogyakarta, 21 Juli 2010.

Tunggu apa lagi untuk menikmati air minum dari sebuah  water purifier yang di kenal dengan nama Pureit Unilever dimana mengeluarkan air bersih, sehat dan jernih ditengah berbagai sumber air yang telah banyak terkontaminasi polutan baik secara langsung maupun secara tidak langsung?

Tulisan ini terangkai untuk mengikuti sebuah blog contest yang diselenggarakan oleh Unilever Pureit dengan BLOGdetik.
Sumber :
  1. http://www.g-excess.com/4991/pengertian-hidrosfer-sebagai-struktur-lapisan-bumi/
  2. www.aqua.com/airdananda/kebutuhan-minum-air-id
  3. http://id.wikipedia.org/wiki/Air_bersih
  4. http://bisakimia.com/2012/09/05/unsur-unsur-kimia-yang-terkandung-dalam-tubuh-manusia/
  5. http://www.citrabening.com/memilih-air-layak-minum/
  6. http://www.tutorialto.com/pendidikan/864-jumlah-penduduk-indonesia-2012.html
  7. http://tipseputarumah.blogspot.com/2012/08/air-bersih-dan-sehat.html#.UNqAoqxamDc
  8. http://www.pureitwater.com/ID/pureit
  9. http://www.facebook.com/notes/pureit-unilever-indonesia/kenapa-harus-pureit/157711820957440
  10. http://www.pambdg.co.id/new/index.php?option=com_content&view=article&id=55&Itemid=67 

















































































































































Comments

  1. mba... smoga kita menang ya, penasaran aku lomba yang diadakan blogdetik kok ga pernah menang hihihi

    ReplyDelete
  2. mba rahmi....aku baru mulai menginjakkan tangan di lomba-lomba...hehee, aamiin yang penting kita belajar yo mba...

    kalau aku lihat mba rahmi tu...rajin sekali dah, lagian sangat rapi....

    semangat mbak...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Penyebab Nasi di Rice Cooker Cepat Basi

Pernah tidak mengalami nasi di rice cooker cepat basi, baru juga masak tadi pagi, sore hari sudah basi, basinya berair pula. Beberapa kali saya mengalami nasi di rice cooker basi dan dari kurun waktu 2008-2015 saya sudah berganti rice cooker sebanyak, lima kali. *Boros sekali ya? semoga ke depan tidak sering-sering berganti rice cooker ya. Mengganti rice cooker juga dengan pertimbangan, nasi yang dimasak cepat sekali menjadi basi. Iya, sewaktu membuka rice cooker setelah masi matang, aroma yang keluar sudah tidak enak, sewaktu dicentong, nasinya berwarna kuning dan pada lapisan bawah, nasinya berair.
Pengalaman Mendapati Nasi di Rice Cooker Basi
Sewaktu mendapati nasi di rice cooker basi, saya kaget dong. Lah wong baru saja masak, kok aroma nasinya sangat tidak enak. Lengket dan ketika nasinya dipindahkan, bagian bawah nasi itu berair. Rice cookernya juga berair, airnya juga bau.

Menyalahkan Beras Duh, merasa bersalah sekali nich, akibat nasi di rice cooker cepat basi, saya menyalahka…