25 Jan 2013

Hujan, Banjir dan 27 Januari 2013

Advertisement
Hujan yang terjadi pekan lalu dimana puncaknya tanggal 17 Januari 2013 dimana kawasan bundaran HI, Kawasan Monumen Nasional dan jalan-jalan protokol tergenang air hingga mencapai 60 cm. Demikian pula daerah Pluit, Jakarta Utara yang terendam banjir yang masih terendam banjir setinggi 50-100 cm.
Dari Sini

Banjir yang membuat aktifitas sosial masyarakat menjadi terhambat, khususnya di wilayah barat Jakarta yang melalui jalan Daan Mogot dimana pada pekan lalu banjir merendam sedalam 1.5 meter. Saya pun sempat menikmati banjir di jalan masuk perumahan dengan masalah yang sangat sepele, sistem peresapannya sangat buruk.
Add caption

Banyak sekali dampak yang tersisa setelah banjir, jalan-jalan yang terendam air akan berlubang, sampah berserakkan dimana-mana karena terseret arus air, penyakit yang datang akibat sanitasi yang kurang bersih. Tampaknya belum bisa diatasi dengan baik.

Sebuah informasi yang saya baca di media online VIVA News dengan tulisan " Jokowi Imbau Warga Waspadai Potensi Banjir Besar 27 Januari" sontak mengagetkan dan menarik sebuah pertanyaan-pertanyaan karena tidak hanya sekali tanggal 27 Januari dikaitkan dengan adanya banjir besar. Berita tersebut ada disini

Berita-berita yang bertebaran di media massa sedikit banyak membuat ketakutan dan asumsi-asumsi warga dengan isu bahwa akan terjadi banjir besar pada tanggal 27 Januari 2013.

Berikut merupakan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengenai peta prakiraan Curah Hujan Jakarta tanggal 25 Januari 2013.

Dari Sini
Banjir mengiringi lebatnya curah hujan bisa disebabkan banyak hal, seperti kita ketahui sistem peresapan tanah yang semakin berkurang, adanya penumpukkan sampah pada dataran sungai, dan dataran yang rendah pada daerah-daerah tertentu yang akan tergenang air apabila curah hujan pada intensitas lebat.

27 Januari 2013 diprediksikan bulan pada posisi penuh dan posisi bulan menghadap bumi akan menyebabkan ketinggian air laut akan naik. Ketinggian air laut pada saat biasa bisa mencapai daratan dan dikenal dengan istilah roob. Apabila curah hujan yang terjadi pada taraf ringan, tentu tidak akan terjadi genangan air yang tinggi dan hal ini tidak akan menyebabkan ketinggian air didaratan.
Dari Sini

Hujan, Banjir dan 27 Januari semuanya adalah hukum alam dan kita hanya bisa berdoa dan tidak membuat asumsi yang negatif. Imbuan agar warga waspada sudah sepenuhnya dilakukan oleh orang nomor satu di jakarta. Waspada dalam hal ini, agar warga dengan kesadaran penuh tidak membuang sampah sembarangan sehingga laju air hujan tidak terhambat dengan sampah yang menumpuk dibantaran sungai.

*** Ngeri melihat gambar banjir 17 Januari 2013, berharap keadaan kembali normal walaupun hujan turun, aamiin.

2 comments:

  1. semoga gak ada lagi banjir spt ini ya.. Ngeriii..

    Papah sy kantornya di Pluit, dari hari Kamis kmrn gak ngantor krn banjir. Udah seminggu lebih berarti.. Gak kebayang berapa besar kerugian ya..

    ReplyDelete
  2. wah mba myra, melihat berita-berita di internet jadi ngeri, saat banjir kemarin saya sedang keluar kota. Ternyata kejadiannya sungguh diluar perkiraan.

    Semoga cepat normal ya, salam buat papahnya

    ReplyDelete

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...