13 Feb 2013

GAYA HIDUP 2013 : MEDITASI

Advertisement
“There are a zillion opportunities each day to meditate…
So just a grab a moment whenever wherever you can…”

Menulis membawa banyak perubahan dalam jiwa, pikiran dan kedewasaanku. Proses menulis bisa dimana saja, kapan saja, bagaimana saja dan apapun yang terekam dalam pikiranku mampu tertulis dan dapat dibaca kembali, bukan hanya aku namun orang lain bisa membaca apa yang kutulis.
Awalnya menulis di buku harian, berani menulis pada social media like facebook or blog. Mengetahui cara menulis yang baik, adalah sebuah  manfaat yang begitu berarti dan itu kudapatkan saat menjalani kegiatan menulis, aku memasuki dunia yang benar-benar baru dan sangat bermanfaat untukku seperti memasuki komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis. 

Semangat menulis bertambah tinggi, dengan menulis aku menjadi tahu kadar kemampuan diriku, untuk hal apapun, karena dengan menulis terjadi proses pelepasan pikiran, hati dan kekuatan fisik. Sebuah event yang sangat membantuku tetap menulis kutemukan ketika berada di IIDN, event ini diselenggarakan oleh Indscript Creative agar para blogger konsisten menulis.

Indscript Creative merupakan sebuah agensi naskah yang memiliki visi Personal Branding Agency No 1 di Indonesia, dengan lingkup layanan baru yang menawarkan jasa penulisan yang bertujuan untuk membangun "Pencitraan diri" atau Personal Branding bagi tokoh, politikus hingga pengusaha pada tahun 2013 ini.

Dengan mengusung konsep Personal Branding Award yang menyuguhkan aroma yang luar biasa untuk kukuyah *makanan kah?   dengan aturan main yang begitu mudah, yang pasti menambah ilmu. Indscript Creative akan menerbitkan press release dari sebuah brand.  Sebuah artikel yang sangat menarik dan bermanfaat untuk menjalani hari-hariku melebarkan senyumku untuk menulis.

Setelah press release kubuka, terlihatlah website dari Personal Branding Agency dengan sentuhan warna putih bersih. Adji Silarus seorang lulusan psikology Universitas Gadjah Mada yang lulus dengan predikat cumlaude dan selama  selama 1 tahun mempelajari mengenai One Moment Meditation, menguasai dan memahami tentang “Meditative Mind” serta “Mindfulness”.


Here

Ketika seseorang melakukan aktifitas fisik dengan duduk bersila, memejamkan mata lalu mengatur pernafasan dan pikiran agar batin lebih tenang menggambarkan orang tersebut melakukan Meditasi. Bagi sebagian masyarakat, meditasi menjadi bagian dari ritual kultural yang dikaitkan dengan agama tertentu.

Kulepaskan imaginasiku membaca dan menulis ulang kalimat yang dituliskan Adji Silarus tersebut, ketika aku sedang duduk sendiri, menarik nafas dan melepaskan pikiran yang membebani tubuh yang letih mungkin bisa disebut meditasi (?)

Meditasi bisa dilakukan oleh setiap orang tanpa mengaitkan dengan apapun. Meditasi telah menjadi aktifitas rutin yang kian populer di berbagai kalangan. Bahkan kini telah menjadi bagian dari gaya hidup. Karena tanpa disadari, meditasi semkin digemari sebagai salah satu cara "mengusir stres". 

Adji Silarus menuturkan Meditasi yang dilakukan sebagai gaya hidup menjadi sebuah prestise sekaligus nilai yang membawa kita pada kesadaran untuk mengenali siapa sesungguhnya diri kita, bagaimana cara pikiran kita bekerja, serta kesadaran mengenai hidup yang sesungguhnya.

Jon Kabat-Zinn, Profesor dari MIT (Massachussetts Institute of Technology) yang juga pakar meditasi, mengatakan, 
"Wherever You Go, There You Are"
Meditasi akan membimbing anda menuju jalan terbaik yang harus dituju dan memberikan pengaruh positif pada keadaan dimasa yang akan datang. Tidak peduli bagaimana masa lalu Anda, seberapa terluka hati Anda dan sekuat apa masalah dalam hidup Anda, meditasi membuat Anda begitu percaya bahwa masa depan Anda akan berkilau seperti berlian. Kehidupan yang terus berkembang, berbagai persoalan dan pencapaian, tidak akan memberikan pengaruh besar pasa sikap kita. Meditasi membantu si sukses untuk tetap memandang kebawah dan si gagal untuk tetap melangkah.

Mengenal dan mengetahui diri kita yang sebenarnya bagaimana pikiran kita bekerja didapat dengan Meditasi yang akan membuat kita percaya diri bahwa sesungguhnya diri ini memiliki potensi dan harus bangkit mewujudkan keinginan kita meraih kesuksesan.

Secara praktis, meditasi adalah proses untuk mengendalikan arus pikiran kita. Benak manusia yang selalu aktif memikirkan banyak hal, rencana atau ambisi dalam hidup kerapkali membuat kita merasa selalu sibuk, terburu-buru dan tertekan. Meditasi membantu kita untuk berpikir dan bertindak lebih tenang. 

Ketenangan itu dapat dicapai dengan melakukan teknik pernapasan. Ya, bernapas. Aktifitas yang kadang tak kita sadari, ternyata memberi pengaruh besar dalam kinerja otak. Saat kita berfokus dalam aktivitas bernapas, akan ada koneksi kuat antara tubuh dan pikiran kita. Dengan bernapas teratur, lembut, dan perlahan, maka kita juga tengah menenangkan tubuh dan pikiran. 

Gelombang otak pada saat meditasi (kondisi Delta) akan terlihat jauh lebih tenang dibanding dengan kondisi ketika raga terbangun (kondisi Beta). Meditasi kini tak bisa lagi dipandang sebagai kegiatan yang aneh atau ritus abnormal, seperti yang banyak diduga orang berhubungan dengan hal seperti: berkomunikasi dengan makhluk halus, atau “berpindah” ke alam lain. 

Meditasi bukanlah aktifitas paranormal, namun berkaitan dengan menenangkan pikiran dan kesadaran kita. Saat meditasi, bukan berarti pikiran Anda melayang jauh. Sebaliknya, pikiran Anda amat sadar, hanya saja lebih tenang, berdiam, dan fokus pada momen Anda saat itu. Meditasi bukanlah sekadar aktivitas satu jam bersila yang diagendakan setiap hari di jam yang sama.

 Meditasi bisa disisipkan dalam apapun aktivitas Anda, asal dilakukan dengan fokus dan sadar. Jika Anda makan, lakukanlah dengan kesadaran bahwa Anda sedang makan, maka makanan Anda akan terasa benar-benar enak. Jika berjalan, sadarlah bahwa Anda sedang berjalan dan fokuslah pada tujuan jalan Anda. 

Prinsipnya, ketika pikiran Anda tenang dan fokus, Anda akan lebih mudah menikmati hidup dan apapun yang terjadi di dalamnya.

Meditasi sebagai gaya hidup itulah yang sudah dilakukan oleh seorang Adji Silarus Masa lalunya yang pernah membuat Adjie mengalami stres berat hingga kesehatan fisiknya melemah, ternyata tidak mampu membuat Adjie kalah. Adjie bangkit dan terus menguat. Dia mencapai titik puncak ketika menggunakan meditasi sebagai TERAPI dan menjadikannya sebuah gaya hidup sehat. 

Kini, Adjie Silarus semakin prima sebagai meditator yang mencapai kondisi delta.

Meditasi memberikan ruang untuk melakukan suatu gerakkan dengan perasaan yang sewajarnya, hal ini tentunya kutemukan dalam ajaran agamaku untuk melaksanakan ibadah. Diperlukan sebuah kekhusyukan dalam hal ini melepaskan pikiran duniawi serta gerakkan yang disadari karena dibalik setiap gerakkan tersebut ada doa dan melakukkannya pun tidak dalam kondisi terburu-buru.
Setelah mengetahui dan memahami bagaimana Meditasi dan apa manfaatnya, mungkin akan menjadi gaya hidup yang senantiasa diperlukan dalam aktifitas apapun. Ketika berada di kantor menemui pekerjaan yang menumpuk, aku bisa melakukkan meditasi sejenak di meja kerja agar dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Mari kita mulai mengikuti langkah Adjie Silarus, dengan menjadikan meditasi sebagai bagian dari gaya hidup. Katupkan mata, atur pernapasan, dan Anda akan mendapat kendali penuh atas diri dan hidup Anda. Selamat bermeditasi!


No comments:

Post a Comment

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...