16 Feb 2013

Lovely CILACAP

Advertisement
Kabupaten Cilacap merupakan kota yang berbatasan dengan kota Banjar Patoman di wilayah Propinsi Jawa Tengah.

Kota Cilacap merupakan pertemuan budaya jawa Banyumasan dengan budaya Sunda (Priangan Timur). Kabupaten Cilacap merupakan kota terluas di Jawa Tengah dengan luas wilayah 6.6 % dari total wilayah Jawa Tengah.

Cilacap merupakan kota yang tertera sebagai tempat lahirku, di aktelah pertama kali seorang astin astanti dinyatakan sebagai masyarakat Cilacap.

Menikmati detik demi waktu dengan tahap perkembangan dari bayi mungil imut dan manis, masa balita yang disuguhi banyak cerita, memiliki adik pada usia balita hingga akhirnya berusia pas untuk bersekolah.

"Maunya sekolah yang seperti mba ika, yang pakai rok merah"
Aku kecil berusia 5 tahun lebih 3 bulan pada tahun ajaran baru 1987 menginginkan bersekolah bersama kakak pertamaku yang beda usia dua tahun di SD N Mertasinga 04 Cilacap Utara. 

Mba Ika namanya, duduk di kelas 2 sedangkan aku memiliki julukan sebagai murid "bawang kontong"  dengan maksud "ikut-ikutan" saja, namun terdaftar resmi. Alhamdulillah menamatkan sekolah dasar tahun 1992 dengan tepuk tangan yang meriah dari bu guru yang bernama *sugeng siang bu guru Supinem, bu Sugiharti...pak Suprapto, *ngelap asa hanya itu yang muncul selintas saat ini *karena eh karena mereka datang waktu pernikahanku, seneng banget daach.

***pending story

Tahun 1996, bersama ibuku aku mengurus surat pindah lintas kabupaten untuk syarat masuk pendaftaran SMU di Cilacap. Setelah banyak jalan terjal entah menikung, berliku atawa sedikit macet akhirnya aku dinyatakan masuk menjadi siswi SMU Negeri 2 Cilacap *Alhamdulillah masih Cilacap kan??? 

Bangga dengan Cilacap... seharusnya memang begitu, ketika ditanya asalnya dari mana? trus kujawab "Cilacap" oh...yang bahasane ngapak ya? haduuuh...mang bener sich, asli tapi aku sedikit aneh karena jarang mendengar bahasa cilacap *miss Cilacap...glek glek gelk minum dulu.

"Wah dekat dengan pulau narapidana dong?"
Hi hi hi, apa iya sebuah pulau kecil di sebelah kota Cilacap dengan nama Nusa kambangan yang memang masih masuk dalam kota administratif Cilacap itu yang menjadikan Cilacap terkenal? iya kali *Jitak...

Yang tidak kalah heboh kalau habis pulang dari Cilacap yang ditanyain apa coba?
"Mana kerupuk tengirinya? mana sale pisangnya?"
Aku aja mau semuanya kok, yup selalu kalau menag lagi longgar duitnya, sekardus berisi kerupuk tengiri terbawa hingga tempat rantauan. Rasa kerupuk tengiri beda dengan yang lain, oleh-oleh khas Cilacap ini cocok untuk lauk ataupun dimakan sambil baca blog ku, *lompat girang-girang...
Lelah perjalanan dari kota rantau menuju Cilacap akan disudahi dengan relaks di Pantai Teluk Penyu, Pantai Selatan Jawa yang menyajikan pemandangan indah yang tak kalah mempesonanya dari Nusa kambangan *karena pulau nusa kambangan terlihat dari bibir pantai teluk penyu neng'.
















Merindukan Cilacap rasanya setiap hari buatku, orang tuaku yang berada disana serta saudara kandungku semuanya berada di kota Cilacap, kotanya panginyongan katenye... 







No comments:

Post a Comment

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...