Skip to main content

Sarapan Untuk Meningkatkan Kerja Otak

Sarapan atau makan pagi adalah makanan yang disantap pada pagi hari. Waktu sarapan dimulai pada pukul 06.00 pagi samapai dengan pukul 10.00 pagi hari. Sarapan merupakan waktu yang penting dan sangat dianjurkan untuk dipenuhi, karena alasan kesehatan. Fungsi Sarapan bagi tubuh kita adalah untuk  memberikan nutrisi pada otak, sehingga pada anak-anak yang menyempatkan waktunya untuk sarapan, prestasinya di sekolah lebih baik dari pada anak yang tidak sarapan. Dianjurkan menyantap makanan yang ringan bagi kerja pencernaan, sehingga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar serat dengan protein yang cukup namun dengan kadar lemak rendah.

Credit

Mengingat pentingnya sarapan bagi  perkembangan tubuh dan kinerja otak, orang tua saya terbiasa memberi contoh kepada anak-anaknya untuk sarapan meskipun sedikit tetapi memiliki kandungan seperti di atas. Sajian yang diberikan untuk sarapan tidak harus mewah ataupun lengkap, yang penting adalah makan siang itu menurut ibuku tercinta. Beliau memberikan lauk nabati/ hewani kemudian ditambah sayur baik oseng maupun kuah namun bukan santan, karena santan memiliki kadar lemak yang cukup mengganggu pencernaan jika dikonsumsi pagi hari.

Ada beberapa anggapan yang menyebutkan bahwa sarapan itu kurang perlu karena akan membuat perut sakit karena perut masih dalam keadaan belum siap menerima asupan makanan ataupun ada anggapan dengan sarapan kita akan cepat mengantuk karena karbohidrat yang masuk ketika sarapan.


Mereka yang berpikir bahwa sarapan tidak penting justru keliru. Riset di Harvard University AS menunjukkan, orang yang teratur sarapan pagi memiliki kecenderungan hingga 50 persen tidak mengalami kegemukan ketimbang mereka yang melewatkan sarapan. Ada saintis yang mengatakan sarapan sebagai makanan untuk otak. Kajian menunjukkan sarapan ada kaitannya dengan kecerdasan mental. Secara ringkasnya, sarapan dapat memberikan kesan positif terhadap aktivitas otak menjadikan otak lebih cerdas, peka dan fokus.

Riset para ahli dari Universitas Swansea Wales membuktikan bahwa pelajar yang selalu sarapan mencatat rata-rata skor 22 persen lebih tinggi ketimbang rekannya yang tidak sarapan. Ketika Anda bangun pagi,  sebagian besar energi  – dalam bentuk glukosa dan glikogen – telah habis terkuras oleh aktivitas sehari sebelumnya.  Menurut para ahli, glukosa adalah satu-satunya bahan bakar yang dibutuhkan otak. Tanpa glukosa yang cukup, Anda merasa lelah dan berkunang-kunang. (Dari Sini)

Tips untuk menyediakan sarapan sederhana yang saya lakukan :

Ketika menyiapkan bekal ke kantor-Do
  1. Menyediakan roti gandum dengan selai macam-macam rasa, ini dibutuhkan bila tidak sempat memasak makanan empat sehat lima sempurna.
  2. Membiasakan memasak nasi terlebih dahulu, kemudian lauk pauk ringan dan sayuran yang mengandung serat tinggi.
  3. Apabila waktunya tidak cukup untuk sarapan di rumah, ada baiknya kita membawa bekal untuk dimakan di tempat tujuan.

Mengingat begitu pentingnya sarapan bagi tubuh dan kerja otak, saya senantiasa membekali diri jika tidak sempat sarapan di rumah. Saya juga menerapkan sarapan kepada buah hatiku supaya kelak dia akan terbiasa untuk menyempatkan sarapan pagi agar kinerja otaknya maksimal, aktifitasnya juga tidak terhambat karena daya tahan tubuhnya fit dan juga sarapan itu sangat sederhana, lalu kenapa harus meninggalkan sarapan?


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu

Tiga tahun yang lalu saya sudah ingin sekali menceritakan pengalaman ini. Pengalaman pertama kali kehilangan satu gigi depan bagian atas. Pengalaman tidak memiliki gigi depan bagian atas dan harus ompong selama beberapa minggu. Pengalaman setiap beberapa hari sekali ke dokter gigi, untuk mendapatkan perawatan gigi yang hilang tersebut. Pengalaman dipasang gigi palsu tanam dan menggunakan gigi tersebut hingga tiga tahun. Dan juga pengalaman ketika gigi palsu tanam tersebut hampir lepas.

Fungsi Utama Gigi
Menurut Wikipedia Indonesia, Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Memiliki struktur dan variasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi itu sendiri adalah untuk merobek atau mengunyah makanan. Dengan adanya gigi dengan struktur yang lengkap dan sempurna. Proses merobek dan mengunyah makanan akan menjadi mudah. Untuk menyantap makanan yang keras, makanan yang panas ataupun dingin oke oke saja, kan giginya sehat.

Fun…