Skip to main content

Rendang Padang Melambung ke Luar Negeri

Rendang padang, Rendang padang....ketika masih single dan masih kost bersama teman, yang berasal dari daerah Minangkabau, menu rendang padang, selalu ada. Sepertinya, ada yang kurang, jika tak ada menu rendang padang yang tersaji dalam piring sajinya. Aku tak pernah tahu, mengapa rendang padang menjadi begitu tertanam pada otak temanku tersebut. Jawaban yang kudapat, "Kami sudah terbiasa, dengan menu rendang padang, Mba. Kalau, rendang pandang tak ado, seperti tak makan kito". Jadi kangen seorang teman itu. Aku pernah mengganggu rendang padang, kiriman orang tuanya. Setiap pagi, aku pasti colek satu, colek satu rendang padang tersebut.

Rendang padang merupakan makanan tradisional Minangkabau. Tidak hanya disukai oleh masyarakat setempat, namun rendang padang yang menjadi ciri khas Minangkbau telah berhasil disukai oleh seluruh masyarat Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri.  Aku pada dasarnya, sangat tidak menyukai masakan pedas dan bersantan. Namun,  ketika jenuh melanda ataupun bingung hendak menyantap makanan apa? yang terlintas adalah rumah makan padang. Pilihannya tidak lain dan tidak bukan adalah rendang padang. Rasa khas, rendang padang, pernah terbawa, hingga mimpi.

Rendang padang adalah makanan tradisional hasil perpaduan antara daging dan santan kelapa dengan kandungan bumbu rempah-rempah yang kaya. Keunikan dari rendang padang berasal dari penggunaan bumbu-bumbu alami, yang bersifat antiseptik dan membunuh bakteri patogen sehingga berfungsi sebagai bahan pengawet alami. Bawang putih, bawang merah, jahe dan lengkuas merupakan bumbu dasar rendang padang yang memiliki sifat antiseptik. Hal inilah yang menyebabkan rendang , mampu bertahan hingga empat minggu. Hal inilah, yang membuat aku, tidak khawatir memesan rendang padang, dari seorang teman di ranah Minang, ketika hamil anak pertamaku. Rasa rendang padang memang tidak dapat digantikan, meskipun banyak sekali rumah padang di daerahku, namun memesan langsung dari sumbernya di sana, lebih memantapkan citra rasa rendang padang.

Dari sini

Dari sebuah komunitas menulis yang aku ikuti, Ibu-ibu Doyan Nulis. Aku mengetahui, Restu Mande salah satu restoran masakan tradisional Sumatera Barat, yang menjual rendang padang dalam kemasan. Rendang kemasan ini, awalnya dari permintaan konsumen yang meninggkat, pada bulan puasa, hari raya maupun untuk bekal menjalankan ibadah umroh maupun haji. Rendang kemasan tersebut dikemas sedemikian rupa, agar rendang padang tersebut, terjamin kualitasnya, terjaga kebersihan kemasannya dan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Rendang padang dalam kemasan ini terjamin tanpa bahan pengawet kimia dan tanpa bumbu penyedap (MSG). Restoran yang mengemas rendang padang dalam kemasan telah berdiri sejak tahun 2004. Restu Mande, telah mengantongi ijin DINKES RI P-IRT No. 8013273011830 dan Sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia No. 01011056740311.


Rendang padang yang dibuat oleh Restoran Restu Mande, mempunyai komposisi Daging sapi Pilihan, Santan Kelapa, Cabe, Bumbu dan Rempah-rempah, tanpa bahan pengawet kimia dan tanpa MSG. Oleh karena itu, rendang padang Restu Mande yang dikemas dalam kemasan, mampu disimpan hingga satu tahun (Analisa 459 hari). Restu Mande, melayani pemesanan di manapun dengan berat bersih, rendang padang kemasan 300 gram. Suatu saat aku akan menikmati lezatnya rendang padang, Restu Mande ini, sekarang baru menulis mengenai rendang kemasan, Restu Mande saja, aromanya sudah terasa. Rendang padang yang dikemas oleh restoran Restu Mande, dalam 100 gramnya mengandung 221,17 Kalori Protein : 38,012 gram, Karbohidrat : 10,344 gram, Lemak : 18,750 gram. Pilihan produk rendang padang dalam kemasan yang ditawarkan oleh Restu Mande, ada dua macam; Rendang sapi original/spacy (hot), Rendang ayam fillet original (hot).  Selain itu, Restu Mande juga menyediakan masakan rendang padang pada umumnya, seperti rendang sapi, ayam fillet, cumi, udang, jengkol dll serta makanan berbahan dasar rendang seperti nasi goreng rendang, mie goreng rendang, spagetti rendang dll.

Rendang padang, Rendang Sapi


Add caption

Melihat ke dapur Restu Mande, tempat rendang padang tersebut diciptakan. Mulai dari cooking atau memasak rendang padang hingga menjadi rendang, setelah itu proses caramelizing. Setelah menjadi rendang padang, proses selanjutnya adalah vacuuming dan dimasukkan ke dalam aluminium foil. Kemasan rendang padang yang rapat terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan alumunium foil dan kemasan plastik transparan. Hal itu membuat kemasan sangat higenis dan bebas bakteri sehingga mempengaruhi daya tahan rendang padang Restu Mande. Setiap kotak seberat 300 gram, berisi sekitar 5-6 buah daging rendang. Untuk menikmatinya, rendang Padang kemasan ini bisa langsung dinikmati atau bisa juga dihangatkan terlebih dahulu.Setelah proses pertama tadi, rendang padang siap memasuki proses packing, kemudian rendang padang dalam kemasan siap dalam proses final produk. Restu Mande telah memiliki agen-agen dan galeri sebagai sarana  pendistribusian rendang padang dalam kemasan.Hal ini dilakukan oleh Restu Mande, untuk mengenalkan rendang padang dalam kemasan keseluruh penjuru tanah air, bahkan hingga ke luar negeri. Kemasan kotak rendang Padang Restu Mande pun telah ditulis dalam tiga bahasa yaitu bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab.

Sejarah berdirinya rumah makan Padang, berawal dari seorang pemilik bernama Amril. Bapak Amril berasal dari kota Pariaman, lahir dan besar di Kota Solok, Sumatera Barat. Beliau mendirikan rumah makan Padang yang beralamat di Jalan Brigjend Katamso No. 64, Bandung. Bisnis rendang padang dalam kemasan yang terus meningkat seiring berjalannya waktu, tanggal 9 Agustus 2012 dibukalah RM Padang Restu Mande, di Jalan AH. Nasution No. 59 depan Koramil Ujung Berung, Bandung  (022 70888804).

Untuk memperkenalkan rendang padang dalam kemasan, Restu Mande mengikuti acara-acara, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Salah satunya pada tanggal  06-09 April 2011, Bersama DEPERINDAG Kota Bandung, Randang Padang Restu Mande mengikuti MIHASS (Malaysia International Halal Showcase) ke 8 di Kualalumpur Convention Centre, KLCC, Malaysia bersama lebih dari 40 negara lainnya memamerkan produk-produk makanan halal sedunia. Pada tahun 2011 juga, rendang padang mendapatkan peringkat pertama dalam daftar World's 50 Most delicious Food yang digelar oleh CNN Internasional.

Kini, rendang padang Restu Mande dalam kemasan, telah diperkenalkan secara luas , di negara tetangga kita, Malaysia, Singapura dan Jepang. Rendang Padang Restu Mande khusus untuk wilayah Jakarta dijual dengan harga Rp 65.000,00 - Rp 69.000,00. Diluar Bandung untuk sementara rendang Padang kemasan ini masih dijual secara online. Ada yang tertarik mencoba?

Saat ini, Restu Mande telah memiliki 60 agen penjual rendang padang di Aceh, Pekanbaru, Balikpapan, Bali, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jabodetabek. Di luar negeri, rendangnya juga sudah dijual secara retail ke kawasan Amerika, Eropa, Hong Kong, dan Australia. Untuk wilayah Jakarta, berikut alamat dan nomor telepon agen rendang padang Restu Mande.

JAKARTA BARAT :
Drg, Ita, Palmerah - 0813199888990                                             
Nelson Christian 081386865242
 
JAKARTA PUSAT :
Ibu Nana 085710767487
Ibu Susi, Gunung Sahari 0816825018
 
JAKARTA SELATAN :  
Putri/Marlina 085717121815 / 021 92587741, www.tokorendangonline.com
Pondok Indah, Tati Raksodewanto 021-7651782

Makanan tradisional rendang padang dari daerah Minangkabau, yang dirintis oleh Bapak Amril, dibantu istrinya telah menjadi menu sajian instant. Rendang padang Restu Mande yang dikemas dalam kemasan praktis dan istant telah diperkenalkan ke luar negeri. Malaysia, yang juga mengklaim memiliki masakan rendang harus puas hanya sampai di negaranya saja. Restu Mande, tidak hanya membawa nama rendang saja, namun menekankan "rendang padang" untuk membawa rendang padang Restu Mande dalam kemasan ini, berkeliling dunia. Bahagia rasanya, rendang padang yang menjadi makanan pilihan utama memasuki rumah makan padang, sudah menjadi makanan terlezat di dunia. Aku, bukan berasal dari Minang, tetapi aku bangga akan masyarakat yang membawa makanan tradisional rendang ke penjuru dunia. Sukses selalu Restu Mande, dengan rendang padang dalam  kemasannya.



Tulisan ini diikutkan pada lomba Blog Semi SEO Restu Mande dan IIDN

Comments

  1. ulasannya sangat komplit mbak, sukses yaa.. salam kenal :)

    ReplyDelete
  2. kunjungan balik mbak :D
    semoga menang. aku mau ngedit dulu hehe

    ReplyDelete
  3. Mba Lia. makasih Mba...sukses juga y

    ReplyDelete
  4. Mba Tuti : makasi Mba, edit....hayoo semangat, aamiin

    ReplyDelete
  5. rendangnya bikin ngiler.. duuh pas laper pulak.. pengen nyomot rendangnya.. :D

    Smoga menang yaaa.. ^^

    ReplyDelete
  6. hmm,,,yummy...
    jadi pengen *ngelap iler*..hehe

    ReplyDelete
  7. ulasan menarik, mampir juga yuk http://dwidirarahmawati.blogspot.com/2013/04/nikmatnya-rendang-padang.html

    ReplyDelete
  8. Mba Wati : ayoooh, nyomot rendangnya sekalian nasinya dooong, hehee. makasih ya Mba

    ReplyDelete
  9. Mba Novia : yuppp rendang mang bikin ketagihan kali ya,

    ReplyDelete
  10. Mba Dwi : baiklah, sudah ke sana ya

    ReplyDelete
  11. halo mba, aku jadi kangen masakan rendang buatan mamaku :')
    heehe sukses ya mba lombanya :)

    ReplyDelete
  12. Apa product rendang kalian sudah keluar negeri dan apakah juga sudah di eksport ke Belanda kah ?
    Wassalam Ton

    ReplyDelete
  13. Apa product rendang kalian sudah keluar negeri dan apakah juga sudah di eksport ke Belanda kah ?
    Wassalam Ton

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu

Tiga tahun yang lalu saya sudah ingin sekali menceritakan pengalaman ini. Pengalaman pertama kali kehilangan satu gigi depan bagian atas. Pengalaman tidak memiliki gigi depan bagian atas dan harus ompong selama beberapa minggu. Pengalaman setiap beberapa hari sekali ke dokter gigi, untuk mendapatkan perawatan gigi yang hilang tersebut. Pengalaman dipasang gigi palsu tanam dan menggunakan gigi tersebut hingga tiga tahun. Dan juga pengalaman ketika gigi palsu tanam tersebut hampir lepas.

Fungsi Utama Gigi
Menurut Wikipedia Indonesia, Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Memiliki struktur dan variasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi itu sendiri adalah untuk merobek atau mengunyah makanan. Dengan adanya gigi dengan struktur yang lengkap dan sempurna. Proses merobek dan mengunyah makanan akan menjadi mudah. Untuk menyantap makanan yang keras, makanan yang panas ataupun dingin oke oke saja, kan giginya sehat.

Fun…