2 May 2013

Hari Pendidikan Nasional

Advertisement
Pada hari ini, 2 Mei 2013 diperingati sebagai hari Pendidikan Nasional. Di setiap Sekolah dan Instansi Pemerintahan semuanya mengadakan upacara bendera. Rasanya sudah lama sekali aku meninggalkan bangku sekolah dan tidak pernah mengikuti upacara bendera, setiap hari senin ataupun pada saat hari-hari Nasional. Mengingat kebelakang, upacara bendera yang terakhir kuikuti adalah pada tahun 2000. Pada waktu itu, aku dan teman-teman dikumpulkan di lapangan Universitas Jenderal Soedirman untuk mengikuti upacara penerimaan mahasiswa baru. Intinya, sudah 13 tahun aku tidak melakukan hormat kepada bendera merah putih yang kibarkan pada saat upacara bendera.

Hari kelahiran dari Ki Hajar Dewantara yang sebelumnya dikenal dengan nama Raden Mas Suwardi Suryaningrat, itulah yang diperingati sebagai hari Pendidikan Nasional. Ki Hajar Dewantara adalah pendiri perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda.
credit


Semboyan yang diciptakan oleh beliau dan dipakai sebagai slogan Kementrian Pendidikan Nasional adalah "Tut Wuri Handayani". Makna dari semboyan tersebut adalah Ing Ngarso Sun Tulodo (Di depan seorang pendidik memberi teladan/contoh yang baik), Ing Madyo Mangun Karso ( Di tengah atau di antara murid menciptakan prakasa/ ide),  Tut Wuri Handayani ( Dari belakang, harus memberi arahan atau dorongan) 

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2013. Sepuluh Tahun tidak pernah merasakan lagi pendidikan secara formal, namun masih menyimpan begitu banyak keinginan untuk lebih memajukan kembali pendidikan di Indonesia ini. Harapanku, tidak ada anak-anak usia sekolah yang tidak mendapatkan pendidikan formal. Beberapa tahun lagi, usia anakku adalah usia sekolah. Berharap aku mampu membawa semboyan yang diciptakan oleh Ki Hajar Dewantara bagi anakku. Dari SD hingga Universitas, aku mendapatkan pendidikan dari Pemerintah, akupun berharap demikian, namun dengan kualitas yang lebih bagus, aamiin.

Jakarta, 2 Mei 2013




11 comments:

  1. Kebetulan hari ini saya juga milad Mbak ke 31, merasa bangga karena dimana2 upacara. Hehhehe... Kunjungan silaturahim :-)

    ReplyDelete
  2. Miladnya diupacaranin ya, selamat ulagn tahun

    ReplyDelete
  3. Selamat hari pendidikan Nasional, Indonesiaku. Semoga generasi penerus bangsa ini, dapat merasakan indah dan nikmatnya berpendidikan, sehingga negeri ini akan menjadi sebuah negeri yang maju dan beradap ya, Mak. :)

    ReplyDelete
  4. do'aku selalu utk anak2 Indonesia...
    Semakin maju, ke depannya, semakin cerdas Indonesiaku :-)

    ReplyDelete
  5. semoga dunia pendidikan kita semakin baik :)

    ReplyDelete
  6. Selamat hari pendidikan nasional meski telat hehehe

    eh mbak Astin tanggal lahire 2 Mei juga ya

    ReplyDelete
  7. Mba Alaika :Aamiin, bagiku pendidikan tetap segala-galanya. hidup pendidikan di Indonesia, makasih Mba Al

    ReplyDelete
  8. Mba Thia : Aamiin, semoga dengan pendidikan, Indonesia makin maju dalam hal positivenya

    ReplyDelete
  9. Uncle Lozz : heeeyaaaa, telad, etapi pendidikan selalu ada dan berlangsung terus, aku bukan tanggal 2 Mei, hihiii yang dua mei kan Ki Hajar Dewantara, ahihii

    ReplyDelete
  10. pendidikan untuk masa depan yg lebih baik

    ReplyDelete

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...