23 May 2013

Mengapa Sakit Kepala

Advertisement
Sakit kepala bisa menyerang siapa saja, baik dewasa maupun anak kecil. Baik lelaki maupun perempuan. Sakit kepala juga bisa datang kapan saja, baik sedang senyum tertawa maupun ketika baru saja bangun dari tidur.

Ketika berada di bangku SMA, aku pernah merasakan lemari yang ada di dalam kamar berputar kencang dan hebat. Cukup lama, ada kira-kira 10 menit. Kelas dua SMA aku berkonsultasi dengan dokter syaraf di sebuah RSUD di daerah Cilacap bersama bapakku. 

Menurut dokter tersebut, aku mengidap penyakit yang namanya migren. Migren adalah nyeri berdenyut hebat dan berulang yang biasanya mengenai satu sisi kepala, kadang mengenai dua sisi kepala.

Penyebabnya memiliki keluarga dekat yang juga menderita migren sehingga ada kecenderungan penyakit ini merupakan penyakit yang diturunkan secara genetik. Bapak memang selalu mengeluh sakit kepala, namun belum pernah dikatakan bahwa bapak juga memiliki penyakit migren. 

Namun, sang dokter tersebut juga mengatakan bahwa migren itu tidak bisa disembuhkan, cuma bisa diminimalisir saja dengan mengkonsumsi obat pengurang nyeri untuk menghilangkan nyeri kepala tersebut. Karena, karena niiiih... migren itu dipacu oleh bagian tubuh yang sakit, coba sembuhkan terlebih dahulu sakit yang ada di tubuh, kemudian rasakan...rasakan...bahwa sakit kepalamu sudah hilang sejalan dengan sakit gigimu mungkin, atau magh kamu yang meradang...atau strees ditekan oleh PR yang diberikan oleh sekolah.

Huuh siiih, menurutku juga seperti itu. Kasus terakhir adalah tetep kasus gigi!! Hari Minggu kemarin aku menjalani rutinitas sebagai seorang wanita karir *ciiiaaah yang kangen dengan kasur, akhirnya tidur menjadi pilihan, baru setelah itu beres-beres rumah. Tiba-tiba aku merasakan sakit yang luar biasa pada kepala. Setelah dirunut, gusiku bengkak, merah dan nyeri. Aku  mencoba untuk menyentuh *nyaman...dan sakit kepala berkurang, ternyata gusiku mengenai gigi. 
Dari seorang dokter kenalan ketika aku bekerja sebagai seorang MedReps, aku diberi resep jika nyeri kepala datang dengan mengkonsumsi Neuralgin Rx yang mengandung zat aktif methampirone, thiamine,hcl,pyridoxine hcl,cyanocobalamin,trimethylxanthine. *Dulu aku harus menghafal zat aktif tersebut ketika masih berada di naungan perusahaan farmasi. baiklah, sekarang aku memerlukan bantuan Mr. Google keren yang membantuku untuk menjelaskan satu per satu zat aktif tersebut.
  1. Methampirone : sebuah obat yang memiliki kandungan  analgetik / anti nyeri, anti inflamasi / anti peradangan, dan antipiretik /penurun demam
  2. Thiamine : vitamin B1 adalah vitamin yang larut dalam air. Vitamin B1 diperlukan tubuh agar selalu fit.
  3. HCL : Hidrogen Klorida adalah asam yang kuat
  4. Pyridoxin hcl : vitamin B6, menguatkan imunitas tubuh
  5. Cyanocobalamin :vitamin B 12, 
  6. Trymethylxantine : nama lain kafein 
Baiklah ada cerita sedikit ketika aku tidak mengkonsumsi si Neuralgin Rx ini, yaitu ketika;
  1. Sedang hamil, sakit kepala tidak pernah muncul *serius, mungkin karena ketika hamil, kondisi tubuh full fit.
  2. Sedang tidak berada di samping suami, aku kadang suka males dan menikmati sakit kepalaku sedemikian rupa dengan cara mengingat kematian. Namun akhirnya suami merayu, untuk minum "jangan sombong, Allah menurunkan ilmu pengetahuan untuk berpikir, telah ditemukan obat, kenapa enggak diminum untuk mengurangi sakitmu???"
  3. Pada kondisi ketika mendapati menstruasi yang lamanya sebulan *seumur hidup, baru kali itu aku mengalaminya. Ceritanya ada di sini.
Semoga sahabat semuanya diberikan kesehatan selalu oleh Yang Maha Kuasa, adakah yang pernah mengalami hal tersebut di atas? share ya, tks.

13 comments:

  1. sakit kepala memang paling top itu karena gigi geraham tumbuh. Sakitnya awet nggak bisa ditawar sampe si gigi nongol....

    ReplyDelete
  2. Saya juga sering banget sakit kepala, terutama migren kepala kiri. Ishhh...terpaksa deh minum panadol.

    ReplyDelete
  3. Emm, kalau sakit kepala yang terasa banget, per\nah sekali , Mba.

    Ketika selesai praktikum LAB. Tapi bukan migren, karena kebanyakan duduk di depan kompyuut katanya. :)

    ReplyDelete
  4. aamiin..

    saya klo sakit kepala minum kopi :)

    ReplyDelete
  5. aq sakit kepala kalau lagi bokek hahaha..pusssinnngggg...

    ReplyDelete
  6. biasanya klo aku sakit kepala tuh pertanda mo kambuh maag ato alergi ato darah rendah. Dan aku jg punya kebiasaan ogah minum obat. Justru malah memilih menikmati sakitnya

    ReplyDelete
  7. Sari Jeruk : ternyata sakit kepala karena sesuatu terjadi di dalam tubuh kita, Ya.

    Vee : Yup, migren sakit kepala, akdang kanan, kadang kiri

    ReplyDelete
  8. Idah : Hahaaa...matanya jetleg ma duNya...hehee

    Mak Hana : Mimi Kopi? langsung sembuh ya

    ReplyDelete
  9. Egi : Loooh, aku malah klo banyak doku tuuuh pusingnya...hehee

    Covalina : Menikmati sakit kepala Mak?

    ReplyDelete
  10. emang bener tuh, gigi ngaruh banget sama sakit kepala.

    ReplyDelete
  11. sakit kepala itu tidak enak ya, jadi susah beraktivitas juga

    ReplyDelete
  12. Mba Lidya : iya Mba, sekarang lagi sakit lagi nih...enggak enak

    ReplyDelete
  13. Mba Niken :Bener Bunda, sakit gigi nyebare ke kepala

    ReplyDelete

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...