15 Jul 2013

Surat Ar Rahman

Advertisement
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan
( Surat Ar- Rahman)

Ayat di atas lah yang membuatku berkenalan dengan Surat ke 55 dari Al- Quran. Surat Ar Rahman tersebut merupakan golongan surat Makkiyah yang terdiri dari 78 ayat.

Ar Rahman artinya Yang Maha Pemurah, merupakan salah satu nama Allah dari Asmaul Husna. Dalam surat Ar Rahman sebagian besar menerangkan nikmat-nikmat Allah kepada hamba-Nya.

Jujur, pertama kali tergerak hati ingin membacanya berulang-ulang, adalah ketika satu ayat yang diulang -ulang. Membaca dan mendengarkan ayat tersebutpun...jiwa ini terasa begitu rapuh, begitu getir mengingat apa yang telah aku lakukan, apa yang telah aku dapatkan...Subhanallah.


فَبِأَيِّآلَاءرَبِّكُمَاتُكَذِّبَانِ
Maka nikmat Tuhan kamu manakah yang kamu dustakan? sebuah pertanyaan yang diulang 31 kali. Entah mengapa buliran air mata turun dan desiran hati hinggap setiap kali memahami ayat dan arti ayat tersebut?

Prioritas utama bulan Ramadhan tahun ini adalah target untuk senantiasa membaca Surat Ar Rahman ini. Surat yang bisa ditemukan pada juzz 27 pada Al- Qur'an, Alhamdulillah bisa ku upload MP3 nya dan kuputar di komputer kantor. Pada aplikasi android, aku juga bisa mendengarkan murotalnya, membaca ayat dan memahami terjemahannya. Ada satu yang masih kucari, aku ingin mencari tafsir Surat Ar Rahman tapi belum ada kesempatan.

Ada yang tanya, kenapa Surat Ar Rahman saja? enggak juga. Satu yang harus benar-benar disyukuri adalah perjalanan hidupku. Sebuah permohonan untuk diberikan rezeki, nikmat dari Allah. Ketika tak nampak harta ataupun semua yang materiil, tengoklah bahwa sehat adalah rezeki, nikmat dan harta yang paling indah dari Allah SWT. 

Yup, aku ingin menghias Bulan Ramadhan ini dan membiarkan berbeda daripada bulan yang lainnya. Karena Bulan Ramadhan ini telah berbeda, bulan  di mana diturunkannya Al Qur'an...semoga selalu mencari kesempatan untuk membedakan, bukan menunggu kesempatan, aamiin.

8 comments:

  1. merasa sangat2 kecil di hadapan Alloh kalau baca surat ini
    *nunduk

    ReplyDelete
  2. kita harus selalu bersyukur :)

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, selalu ingat pada nikmat Allah sekecil apapun itu

    ReplyDelete
  4. kalau baca surat Arrahman hati bergetar saat berulang kali baca ayat : nikmat Tuhan kamu manakah yang kamu dustakan?

    yaa Allah jadikan diri ini menjadi orang bersyukur

    ReplyDelete
  5. Mba Yulita : bareng-bareng nunduk...

    Mba Myra : aamiin



    ReplyDelete
  6. Mba Niken : Alhamdulillah Bun,

    Mba Lisa : Inza Allah, Mba.

    ReplyDelete
  7. Semoga kita selalu bisa istiqomah ya mbak dalam menjalankan ibadah

    ReplyDelete
  8. surat yg selalu mengingatkan qta utk bersyukur dan bersabar menghadapi apapun ya mbak.. :-)

    ReplyDelete

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...