Skip to main content

Mendapatkan Tiket Purwojaya Secara Online

Alhamdulillah...akhirnya aku menuliskan namaku di form Cuti setelah diperbolehkan cuti selama empat hari mulai dari tanggal 12-15 Agustus 2013. Lebaran tahun 2013 memang direncanakan jauh hari untuk shalat Idul Fitri di Koja, Tanjung Priuk, rumah ibunda suamiku tersayang. Setelah itu baru bergerak mudik ke Cilacap.

Rencana mudik menggunakan mobil dan yang mengemudikan sang suami sendiri #hiks aku cuma lihai saat latihan doang. Namun setelah tahu bahwa suamiku tidak bisa mendapatkan tambahan cuti, maka aku tidak mengijinkan mudik mengendarai mobil. Bus menjadi armada pilihan kami karena tiket Kereta Api pasti sudah ludes.

Namun keisenganku berbuah tiket Kereta Api juga dengan tidak sengaja. Semoga pengalamanku bisa menjadi informasi bermanfaat bagi yang membutuhkan. Waktu itu aku coba ketik di google dengan kata pencarian "tiket online" dan kemudian dibawa ke sebuah website PT KAI Indonesia dengan alamat www.kereta-api.co.id. Pada bagian pojok kanan  terdapat tulisan yang berisi Jadwal dan Pesan Tiket di sini. Klik saja dan aku dibawa untuk mengisi kolom tanggal berapa, stasiun asal, setasiun tujuan, jumlah penunpang.

Hm...akhhirnya ketika meng-klik tanggal 9 Agustus 2013 masih ada tanda bertuliskan booking pada kereta Purwojaya Lebaran. Aku klik dan muncullah rincian tanggal keberangkatan, setasiun asal dan tujuan hingga jumlah penumpang lengkap dengan nomor seatnya. Hm... setelah melakukan persetujuan kemudian lanjutkan.

Tahap selanjutnya adalah mengisi form identitas pemesan lengkap dengan ID (jadi siapin KTP, SIM,Pasport~pilih salah satu) kemudian nama penumpang (juga ID kecuali anak-anak dan infant). Oiya anak berusia tiga tahun lebih dihitung tarif dewasa niich, infant saja meskipun non seat dikenakan biaya 10 % dari tiket dewasa #heeemmm.

Tahap selanjutnya setelah mengetikkan capcay...hehee, ke selanjutnya akan diberikan nomor kode booking dan rincian pemesanan serta lama waktu untuk pembayaran (only 3 hours) dari waktu persetujuan order. Pembayaran dapat dilakukan di minimarket seperti Alfamart dan Indomart serta beberapa bank yang bekerjasama (ATM).

Sore itu, aku berteriak kegirangan aku telah mendapatkan tiket berjumlah tiga buah untuk mudik!!! yeaaay meskipun kereta apinya adalah bisnis namun aku bisa pulang naik kereta itu sudah bersyukur tiada taraaa.

Alhamdulillahnya atasanku adalah orang yang baik dan pengertian pada bawahannya yang rakyat jelata iniih. Waktu menunjukkan pukul tiga sore, dan aku diberi batas waktu tiga jam hingga 17.30 untuk melakukan pembayaran tiket tersebut. Tanpa pikir panjang, aku shut down komputer dan ijin untuk membayar tiket. Kebetulan atasan sedang ada tamu dan menyarankan aku ke indomart saja, kemudian menukarkannya saat mau berangkat.

Baiklah, aku ke indomart belakang kawasan pergudangan di Semanan. "Bisa bayar tiket KA?" tanyaku langsung kepada pramuniaganya, "Bisa" setelah diketik nomor bookingku, mucul nama pemesan jumlah tiket dan jumlah yang harus dibayarkan. Oppps, what happent? server KAI nya rusak. Oh My Allah, aku pacu Revo tersayang ke daerah Poris dan di depan Giant terdapat Alfamart, aku langsung to the point, jawabannya sama, server rusak. Alfa Midi, mencoba ke ATMnya...engga tahu rekening KAI, haisyaaah...tanya bisa bayar tiket, server rusak.

Alhamdulillah Allah menuntunku untuk berbelok ke Stasiun KRL Poris #ceritanya nanti saja deeeh...seruuu banget lah pokoke. Aku sampai ke setasiun Jatinegara, lama tempuh 1.5 jam. Turun KA Listrik, mataku tertuju pada Indomart. Aku masuk, tanya ke si mbak yang cantik dan...Subhanalloh, struk dari Indomart menunjukkan bahwa aku sudah melakukan pembayaran tiket KA lengkap dengan jumlah pesan dan nomor seatnya sebelum 17.30 pm.  Mbak yang cantik itu menyarankan aku untuk langsung print saja di depan (Loket tiket di Jatinegara) cleaaar...setelah menunggu antrian, aku mendapatkan bukti naik KA (tiket).

Struk Indomart yang membuatku bersorak

Perasaanku saat itu, bahagia pake banget dan Asma Allah selalu kusebut serta ku sms suami dan ibuku #dalam keadaan low batt. Pagi ini aku chek untuk keberangkatan tanggal 9 Agustus 2013 dari Gambir masih booking, itu berarti jumlah seat masih tersedia. Bagi yang ingin melakukan perjalanan ke Cilacap menggunakan Kereta Api Purwojaya Lebaran, silahkan. Alhamdulillah, berdoa untuk kemudahan, kelancaran dan keselamatan bagi semua umat muslim yang akan melakukan perjalanan mudik hingga perjalanan balik ke tempat mencari nafkah, aamiin yra.

Jakarta Barat, 23 Juli 2013
Astin Astanti

Comments

  1. Aku juga pernah beli langsung di Indomaret Mbak. Enak gak repot, gak ada antrian :)
    Pernah juga kuposting di blog
    http://yuniarinukti.com/154/tiket-kereta

    ReplyDelete
  2. tiket pesaawat masih melonjak,nunggu murah hihihi...

    ReplyDelete
  3. Wahhh senengnya.. dah dapet tiket mudik. Pasti selalu teringat dikampung. Selamat ya mba asti.

    ReplyDelete
  4. asiiknya yang mau mudik, kita mudiknya deket2 aja jadi irit

    ReplyDelete
  5. akhirnya udah dapet tiket ya mbak ^^
    iya sama,pesawat juga gitu buat infant bayar 30% (kecuali garuda 10%). dan diatas 2 tahun harus bayar full :)

    met mudik mbak... ^^

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah bisa mudik dengan tenang..

    Baju baru alhamdulillah, tuk dipakai dihari raya...

    ReplyDelete
  7. Wah ...
    Kita patut memberikan kredit pada PT KAI ...
    mereka selalu berusaha memperbaiki kinerja

    termasuk dalam hal tiketing

    selamat mudik ya, semoga selamat sampai ke rumah lagi

    Salam saya

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah ya masih dapet seat

    ReplyDelete
  9. pasti menyenangkan sekali kalo mudik pake kereta api

    Kalo Dija mudiknya pake mobil Tante, soalnya deket sih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Penyebab Nasi di Rice Cooker Cepat Basi

Pernah tidak mengalami nasi di rice cooker cepat basi, baru juga masak tadi pagi, sore hari sudah basi, basinya berair pula. Beberapa kali saya mengalami nasi di rice cooker basi dan dari kurun waktu 2008-2015 saya sudah berganti rice cooker sebanyak, lima kali. *Boros sekali ya? semoga ke depan tidak sering-sering berganti rice cooker ya. Mengganti rice cooker juga dengan pertimbangan, nasi yang dimasak cepat sekali menjadi basi. Iya, sewaktu membuka rice cooker setelah masi matang, aroma yang keluar sudah tidak enak, sewaktu dicentong, nasinya berwarna kuning dan pada lapisan bawah, nasinya berair.
Pengalaman Mendapati Nasi di Rice Cooker Basi
Sewaktu mendapati nasi di rice cooker basi, saya kaget dong. Lah wong baru saja masak, kok aroma nasinya sangat tidak enak. Lengket dan ketika nasinya dipindahkan, bagian bawah nasi itu berair. Rice cookernya juga berair, airnya juga bau.

Menyalahkan Beras Duh, merasa bersalah sekali nich, akibat nasi di rice cooker cepat basi, saya menyalahka…