Skip to main content

Di Tepi Sungai Serayu

Perjalanan mudik lebaran Idul Fitri 2013 lalu , aku menggunakan kereta api menuju kota kelahiran, Cilacap. Kereta Purwojaya mengantarkan aku dan keluarga kecilku dan sangat terkesan dengan kemajuan sarana PT KAI ini, juga satu hal yang membuatku terpesona. Instrumen lagu keroncong perjuangan, Di Tepi Sungai Serayu ciptaan R. Soetedja menjadi instrumen pengganti "ting tong ting tung" tanda keberangkatan kereta api di setasiun DAOP Purwokerto.

Cerita perjalanan mudik menggunakan Kereta Api Purwojaya ada di sini, dan aku ingin menuliskan dan menggingat seperti apa lirik lagu Di Tepi Sungai Serayu tersebut.


Di tepinya sungai Serayu
Waktu fajar menyingsing
Pelangi merona warnanya
Nyiur melambai-lambai
Warna air sungai nan jernih
Beralun berkilauan
Desir angin lemah gemulai
Aman tentram dan damai
Gunung Selamet nan anggun
Tampak jauh di sana
Bagai sumber kemakmuran
Kerta kencana indah murni alam semesta
Tepi sungai Serayu
Sungai pujaan bapak tani
Penghibur hati rindu

Aku sebagai cucu orang Banyumas turut bangga dan terharu, apalagi ketika berada di setasiun Purwokerto, setasiun perjuangan bangsa Indonesia pada masa perjuangan merebut kemerdekaaan.

Salam persaudaraan

Astin Astanti

Comments

  1. gegara stasiun jadi sebuah tulisan :D

    ReplyDelete
  2. ternyata bener pas baca judulnya "kayak judul lagu" Kirain lagi ngefiksi mbak :D

    ReplyDelete
  3. Almarhumah ibuku sering menyanyikan tembang ini. Hiks... jadi ingat beliau.

    ReplyDelete
  4. Mba Hanna : Haaaah, iyaaah...temanya sedang setasiun niiich, hehehee

    Mba Rini : lagi enggak dapet fiksi Mba...

    Mba Niken : Lagu legendaris Bun...iya sekarang Bunda deeech yang nyanyiin...

    ReplyDelete
  5. rasa-rasanya saya kenal lagu ini ...
    ini memang lagu kebanggaan masyarakat tepian sungai serayu ...

    Sungai pujaan bapak tani
    Penghibur hati rindu

    salam saya

    ReplyDelete
  6. Om Nh : Iya...lagu yang seingat saya menjadi lagu untuk pelajaran musik di SMP.

    Makasih Om

    ReplyDelete
  7. Entah di Stasiun Cilacap ya, kalau di Stasiun Purwokerto dan Stasiun Kroya, nada polifonik yang "ting tong ting tung" masih dipakai yaitu untuk keberangkatan kereta, sedangkan instrumen lagu "Di Tepinya Sungai Serayu" diperdengarkan ketika kereta MEMASUKI atau TIBA di Stasiun Purwokerto dan Kroya. Kalau di Stasiun Purwokerto lagu Di Tepinya Sungai Serayu hanya pakai yg versi polifonik, sedangkan di Kroya, pas refrainnya "Gunung Slamet nan anggun tampak jauh di sana..." menggunakan rekaman suara penyanyi. :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Penyebab Nasi di Rice Cooker Cepat Basi

Pernah tidak mengalami nasi di rice cooker cepat basi, baru juga masak tadi pagi, sore hari sudah basi, basinya berair pula. Beberapa kali saya mengalami nasi di rice cooker basi dan dari kurun waktu 2008-2015 saya sudah berganti rice cooker sebanyak, lima kali. *Boros sekali ya? semoga ke depan tidak sering-sering berganti rice cooker ya. Mengganti rice cooker juga dengan pertimbangan, nasi yang dimasak cepat sekali menjadi basi. Iya, sewaktu membuka rice cooker setelah masi matang, aroma yang keluar sudah tidak enak, sewaktu dicentong, nasinya berwarna kuning dan pada lapisan bawah, nasinya berair.
Pengalaman Mendapati Nasi di Rice Cooker Basi
Sewaktu mendapati nasi di rice cooker basi, saya kaget dong. Lah wong baru saja masak, kok aroma nasinya sangat tidak enak. Lengket dan ketika nasinya dipindahkan, bagian bawah nasi itu berair. Rice cookernya juga berair, airnya juga bau.

Menyalahkan Beras Duh, merasa bersalah sekali nich, akibat nasi di rice cooker cepat basi, saya menyalahka…