4 Sep 2013

Dari Bento Mania, Bisa Bikin Nasi Tumpeng

Advertisement
Kala itu bulan Oktober 2012, hm...hampir setahun ya? setelah suami dinyatakan sehat dan bisa pulang dari Rumah Sakit, setelah anak lelakiku berulang tahun ke -3 di 11 Oktober 2012 , kemudian ketika ada rencana untuk mengunjungi mertua di Tanjung Priuk, saya ingin membawa bingkisan yang berkesan untuk ibu mertua.

Mulailah berselancar di dunia maya, dibantu oleh google menemukan sebuah blog yang cantik dan fresh dengan dominasi warna hijau berjudul "Bento Mania" dengan tagline Pecinta Bento dan Kuliner. Ketika itu keyword yang ditulis adalah cara membuat nasi kuning.

Google memberikan sebuah tampilan yang kurubah dari web menjadi image, ada sebuah gambar nasi kuning yang sangat sederhana. Dan itu adalah milik Bento Mania yang segera saya buka dan di sinilah pertama kali mengenal Bento Mania http://www.dbento.com/2011/11/buat-tumpeng-tanpa-alat-khusus-siapa.html

Hari ini, setelah makan siang iseng berselancar di FB dan ada pemberitaan dari Bento Mania yang lagi ngadain Giveaway, Yipppieeee..aku ikut ach, secara dari Bento Mania saya mampu memberikan kado istimewa untuk ibu mertua di hari ulang tahunnya.

Jauh siiich cerita mengenai Bento, tapi dari sebuah artikel milik Bento Mania saya bisa membuat nasi kuning untuk kali pertama. Horeeeeee, meskipun awalnya suami rada kurang yakin, "Emang kamu bisa buat nasi kuning? jangan ach kalau enggak yakin, enggak ada yang bantuin, lhoo?"

Namun dari artikel di Bento Mania, saya yakin 100% lebih dech saya mampu dan bisa. Karena pada artikel yang berjudul Buat Tumpeng Tanpa Alat Kukus Siapa Takut?   ditulis step by stepnya, dari persiapan sebelum hari H membuat tumpengnya itu. Artikel tersebut juga menyajikan gambar yang bagus serta representatif.

Lalu, mulailah saat itu membuat list daftar apa yang dibutuhkan, kemudian belanjanya juga secara kredit waktu alias nyicil. Karena dibutuhkan hari Minggu pagi untuk nasi tumpengnya, saya belanja kebutuhan nasi tumpeng untuk bahan yang kering hari Jum'at, kemudian disusul hari Sabtu untuk belanja ayam dan memasak bahan yang kering dulu.

Dari artikel Bento Mania, akhirnya saya menyelesaikan pertarungan antara keraguan suami dan keyakinan membuat tumpeng untuk ibu mertua. Ketika sedang melakukan persiapan membuat nasi tumpeng tersebut, saya selalu singgah ke Bento Mania untuk keep spirit. Artikel tersebut menceritakan bagaimana membuat nasi tumpeng di negara tetangga. Masa? saya yang masih di Indonesia enggak berani membuat?. 

Hari Minggu, hari untuk membuat nasi kuning menjadi nasi tumpeng merupakan puncaknya. Bukan, bukan saya yang deg-degan, tapi suami saya yang bolak-balik melihat ke dapur. Terima kasih juga untuk suami tercinta, yang telah membuatkan sebuah kerucut dari kertas yang dilapisi sebuah daun malam sebelumnya. Seperti ditulis di artikel tersebut--->Saya tidak tahu ternyata, ada juga teman yang punya cetakan tumpeng asli bawa dari Indonesia...walah-walah ...tahu gitu dipinjem jg...hehe... , kalau ada waktu sebetulnya pingin beli dech.

Kerucut buatan sang suami


Waktunya tiba, setelah nasi kuning masak, mencetak tumpeng yang berbentuk kerucut menjadi mendebarkan untuk *masih suamiku, jujur saya tidak deg-degan *hehee...pede amat ya? tralaaaa.... sembari tersenyum, aku mampu meyelesaikan nasi tumpeng yang kerucut, kemudian menghiasnya dengan sederhana, hingga akhirnya berada di tangan ibu mertuaku.

Tumpeng cantik itu

Tumpeng dan ibu mertua

Beneran, rasanya saat itu bahagia sekali menatap nasi tumpeng hasil tangan sendiri. Mengerjakan sesuatu yang belum pernah dikerjakan dengan hasil yang cukup maksimal. Terima kasih artikelnya Bento Mania, tumpeng cantik terbantu dari kamu.


Hm...Bento Mania, terima kasih untuk artikel-artikelnya, khususnya artikel mengenai nasi tumpeng tersebut. Artikel yang lainnya sangat-sangat ringan, sehingga siapapun yang ingin belajar bagaimana cara membuat Bento, sangat terbantu dari Bento Mania.


Kontes Blog Bento Mania : Aku dan Bento

9 comments:

  1. Niken Kusumowardhani5 September 2013 at 08:32

    Keren nih mbak Astin, belum pernah terbayang buat kerucut dari karton begitu.

    ReplyDelete
  2. Mantap, Mbak Astin... :)

    Salam,
    bento Mania

    ReplyDelete
  3. Aku gak bisa bikin nasi kuning pakai dandang. Kalau bikin tumpeng, nasi kuningnya tetep dimasak pakai rice cooker & hasilnya gak bisa secakep itu sih heheheeee....

    ReplyDelete
  4. Wah hebat nih Mbak... aku sampai sekarang malah belum pernah sekalipun buat tumpeng hehehe...
    Pilih pesan daripada bikin sendiri soalnya :D *gak PD alasannya sih*

    ReplyDelete
  5. Semoga sukses utk GAnya ya Mbak...
    BTW salut deh bisa membuat tumpeng nasi kuning yang cantik spt itu

    ReplyDelete
  6. Mba Lusi : Beda ya kalau masak pake rice cooker? aku juga pernah pake rice cooker.

    Catatan kecil : Mungkin karena niat ingin menyenangkan mertua jadi bisa ya *hihii

    The others : makasihh

    ReplyDelete
  7. Wow.. Hadiah yg bermakna itu mbak buat ibu mertua.. Pasti seneng banget.. :-)

    Boleh jg nih tips nya mbak Astin, ntar kpn2 ngintip bento mania ah.. :-D

    Sukses kontesnya, mbak,, :-)

    ReplyDelete

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...