30 Apr 2014

Inspirasi Dapur

Yup, hari ini akhir bulan April 2014, banyak sekali kejadian  sepagi tadi, banyak sekali pemikiran dan relungan hati yang kadang tertambat kadang terlepas dan kadang malah melambung jauh entah ke mana. 

And stop buat meratapi hari kemarin dan hari ini, hari ini Alhamdulillah bisa makan onde-onde lima, it's enough dan sekarang aku pingin cerita satu hal untuk urusan Dapur, sering siiich cerita di sini juga...tapi yaaa..namanya wanita..ujung-ujungnya ke dapur pulalaaah.

Sebagai seorang wanita yang bekerja dengan satu orang anak lelaki dan suami yang sangat rajin ***eheeem, untuk urusan dapur itu aku usahakan kulakukan sendiri, kecuali akus edang terbaring sakit di tempat tidur hingga tak bisa mengelus wajan dan panci.

Nah, kadang sebagai seorang manusia, bisa bangun pagi dengan semangat atau bangun pagi tanpa senyuman sedikitpun *haishhhh...maafkeuuun. Nah, kalau sudah kek benang kusut, mau belanjapun keknya beraaat banget, meskipun ada pasar kompleks yang deket. Nah ujung-ujungnya kalau lagi malas, biaya makan akan membengkak dan aku akan teriaaak...ooooh...duit ..melayang begitu cepaaat.

Jadi, untuk mengantisipasi mood yang kadang berubah untuk urusan belanja dapur untuk keseharian dan kelangsungan keawetan duitku, aku menerapkan dari dulu belanja dapur isi kulkas adalah seminggu sekali. Dijamin enggak bakalan repot siich, dulu banget malah, waktu masih rajin banget aku langsung memisahkan sayur A plus uberambenya untuk hari senin, sayur B untuk hari selasa, heheee...kek kesannya piye gitu yaak?



Jadi, setiap satu kali dalam seminggu, aku pergi ke pasar di pasar tradisional dianter suamiku lebih sering, hehee...kadang sendiri **tergantung kerajinan suami. Yang dibeli emang gak semuanya, intinya yang awet-awet saja, pun untuk lauk hanya untuk beberapa hari. Sisanya yaaa...bisa selepas pulang kerja beli lauk, karena tidak semua lauk tahan hingga seminggu.

Tips aku untuk mengolah bahan makanan yang dibeli seabrek itu adalah memilah bahan makanan mana yang paling mudah layu, itu menjadi masakan pembuka, maksudnya akan dimasak pertama kali. 

Segitu dulu cerita urusan dapurku, silahkan yang ingin menambahkan di kolom komentar yaaak.



15 Apr 2014

Jalan-Jalan di Rumah Nyonyah Besar

Hi Nyah,  siang ini aku sudah mampu menghabiskan beberapa postinganmu yang gayanya sangat membuatku kenyang sehabis makan. Tapi ketika sapuanku kearah Fiksimu, Nyaaah...hadeeeeuh bener-bener membuatku enggak jadi ngantuk sehabis makan siang dech, sweaaar. Fiksimu dahsyat, sangat dahsyat malah untuk dikatakan kejaaaaam. Apa lagi yang jodoh, aku pikir si Rey akan luluh dan tidak jadi nikah ama si Nia..hadeeeeuh.

Nyah, rumahmu bersih dengan background rada silver di komputer kantorku, aku jadi harus hati-hati ketika menyibak satu tirai demi tirai, takut terkoyak. Heheeee, aku suka Nyah jalan-jalan di setiap sudut rumahmu, apalagi yang Puisi dan Prosa. Aku sudah lama enggak bikin puisi Nyah, aku salut ama multitalentamu dalam bidang menulis. Sebuah tulisan dengan judul Persahabatan Dengan Lawan Jenis? membuatku terlempar jauh keluar dari rumahmu, Nyah. Aku inget masa itu, masa aku bersahabat dengan lelaki. Aku setujuh dengan tulisan itu, aku bisa tertawa terbahak-bahak dan menangis di depannya tanpa rasa malu. 

Nyah...sudut demi sudut rumahmu aku singgahin, cerita yang tertulis dengan kalimat yang nyaman dan enak dinikmati membuatku tetap kenyang sembari mimi kacang hijau. Tapi aku suka Nyah, aku kepingin nulis kek kamu, tapi ya...aku aku kan Nyah, Nyonyah ya Nyonyah...gak bisa dibuat-buat gitu yaak. 

Nyah, aku mau curcol sedikit niiich. Kita tahukan yaaah..itu komandan BlogCamp, kalau menyelenggarakan hajatan di rumahnya pasti meriah dan selalu cetar membahana. Dan aku sudah sering menghadiri hajatannya, tapi ya enggak pernah ketangkep tuuh ama mesinnya. Dan ketika si Nyonyah menjadi model dihajatan tersebut...Alhamdulillah pecah telooor Nyah, Nyonyah membawa keberuntungan buat aku, makasih ya Nyah.

Heheeee...kepinginnya berlama-lama di rumah Nyonyah hari ini, namun mohon maaf ya Nyah, aku harus jalan-jalan di kantor...doakan si dedek ini normal persalinannya ya, Nyah. Masih beberapa bulan lagi sich, namun...aku ingin mempersiapkan segalanya biar enggak nyesel Nyah. Terima kasih ya Nyonyah Besar... 

Salam
Astin

 “Postingan ini diikutkan dalam Nyonya Besar Give Away”

fotos


Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.

Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.

Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.

Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak anakku. Suamiku mematikan satu persatu listrik dengan ancang-ancang kaki keluar pintu. Sepeda motor juga dikeluarkan *haduuuh...pikirku enggak karu-karuan after subuh itu. 

Anakku bertanya *kenapa kok ada suara itu? haduuuh, suamiku saya lihat juga enggak berani mendekati tabung elpiji tersebut. Tetangga sebelah kebetulan sedang mencuci *bapak-bapak siiich, saya minta tolong untuk mendekat, dan dia tidak berani juga. Alamaaaak, dia juga bingung namun berpikiran santai, jika api sudah dimatikan semoga tidak terjadi apa-apa.

Ya Allah, saya bingung, mungkin suamiku juga bingung berlipat ganda. Bolak-balik dia masuk rumah namun tidak mendekat ke tabung elpiji di dapur. Hampir 20 menit, suamiku memberanikan diri dan membuka pintu tempat elpiji berada. Saya dengar dari luar sudah tidak terdengar suara ngiiing tersebut.

Suamiku membawa si hijau itu ke luar, namun bau gas masih menyengat sekali. Hilang kemudian semangat untuk menyambut hari ini. Ketika kami bercanda di kamar, saya tanya suamiku, tadi takut enggak? jawabnya yang penting sudah antisipasi, kalian keluar rumah. Haduuuuh biyung, kalau ditanya kepada saya, jujur saya berharap semuanya baik-baik saja, trauma atau takut, itu bakalan menghambat kadatangan hari esok.

Dari googling, saya belum mendapatkan adanya bunyi elpiji yang *ngiiiiiiiing begitu, adakah diantara sahabat yang pernah mendengar bunyi dari tabung elpiji seperti itu? saya masih mengumpulkan informasi, kenapa bisa bunyinya seperti itu? Ya Allah terima kasih, Engkau memberikan keselamatan kepada kami.

Salam
Astin


10 Apr 2014

Kangen

Eaaa...kata kangen jika aku sedang menulis pada selembar kertas, aku akan memilih sebuah tinta yang bukan sekedar bagus, namun aku akan memastikan bahwa tinta tersebut harus kekang oleh apapun. Merangkai huruf demi hurufnya pun, aku akan memilih huruf terindah dari gerakan tanganku, sebagus yang aku bisa.

Aku Kangen, Aku Kangen sangat. Entah dimulai sejak kapan, namun aku merasakan kangen begitu mendalam baru-baru ini. Ketika aku menatap wajahnya dalam tidur, ketika aku merasakan gengaman tangannya, ketika aku berada lebih dekat jantungnya, ketika aku mendengar suaranya, ketika aku merasakan bahwa kini segalanya telah tumbuh, telah berpindah dari satu hari ke sebuah tahun, telah berpindah dari pijakan itu menjadi pijakan ini.

Aku menyampaikan kalau aku kangen, dia tersenyum dan bertanya, kenapa aku bisa kangen. Iya, karena keadaan sekaranglah aku menjadi kangen saat aku masih selalu berdua dengan dia. 

Aku kangen masa-masa harus memandikan dia menggunakan bak mandi berwarna biru, bergambar beberapa ikan, dan aku melakukannya sendiri setelah suamiku berangkat ke kantor.

Aku kangen korden merah hati, yang akan kututup ketika menidurkanmu setelah lelah badanmu, kuajak berjalan-jalan di luar rumah. 

Aku kangen berjalan berjingkat-jingkat, memastikanmu nyenyak dan aku mulai aktivitasku, menyapu, mengepel, memasak, menyetrika dan menganggkat jemuran.

Aku kangen mengajakmu bercakap, entah kau paham atau kau menjawab ocehanku. Tapi, kamu pasti mengertikan ya?

Aku kangen menggendongmu, menunjukkan padamu ada daun berwarna hijau, ada belalang yang terbang, ada awan di atas, ada kerbau di atas bukit itu, ada air terjun setelah hujan reda.

Aku kangen melihatmu sedang merambat gagah dari merangkat hingga bersandar di jendela kaca, di ruang depan, kau berteriak-teriak membentukan mulut hingga menghasilkan suara ala baby yang lucu.

Aku kangen melademi ocehanmu, meladeni tangan mungilmu, meladeni anggukan kepala dan baumu..

Aku kangen melihatmu belajar berjalan, satu dua langkah kau gunakan sapu lantai untuk kau jadikan penuntun, hingga akhirnya...sebuah kain kau lepaskan dari tangganmu dan kau berteriak senang...kau berjalan tanpa bantuan alat.

Aku kangen masa itu, kangen masa aku selalu melihat perkembanganmu yang pertama. Aku kangen dua tahun awal pertumbuhanmu, itu karena aku selalu bersamamu.

Ketika aku menyampaikan kangenku, kau tertawa dan membelai keningku, menciumku dan memelukku. Sekarang, 40 cm lagi, tinggimu akan menyamai tinggiku, selalu sehat dan menjadi pribadi yang ingat akan Allah ya, Nak.


4 Apr 2014

Tanggal 4 April Diperingati Sebagai Hari Apa?

Selamat pagi duniaaaaa, apa kabar? hari ini cerah bukan? cerah lah..kan hari Jumat. Hehee..hubungannya opo ya? ya begitulah setiap hari selalu membawa hikmah yang positif dan memberikan inspirasi yang baik, aamiin.

Sarapan pagi bersama suami dengan tempe kemul *kata Mak Dwina, Mak cantik dari bogor. Kalau kata aku sich tempe mendoan ala luar Cilacap, heee...maksa yak.  Hari ini aku sudah ijin tidak masak, cuma bikin tempe imitasi mendoan dan masih ada oseng kacang panjang dan capcay ayam, kemaren...hehee.

Sembari nonton tipi, nontonnya news yaaak disalah satu televisi yang pembawa beritanya si model ganteng Adrian itu, aku menyimak dengan baik. Sebetulnya antara kelaparan sangat dan kok si nara sumber yang sedang membahas masalah ekonomi era SBY, kok miyip banget sama bapak SBY? Aku tanya ke suamiku, dia siapanya SBY? dijawab dengan lempeng. Staf Khusus Kepresidenan bidang Ekonomi, dia lulusan UI, profesor termuda. Ooooh...suamiku sedang mengenang jaman kuliahnya kali yak, nama si staff itu Firman, mirip banget mukanya, logat dan gaya bicaranya, cara mengatur bicaranya persis sis sama SBY.

Jadi tanggal 4 April itu hari apa? dan si model ganteng Adrian menyebutkan hari kemerdekaaan Republik SENEGAL, sebuah negara di sebelah sungai senegal, di Afrika Barat. Negara Senegal mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 4 April 1960, pengetahuan baru karena aku baru tahu ada negara Senegal, aku kuper sekali yaaak. 

Ada untungnya juga, pagi-pagi, duduk berdua suami, nonton tipi yang news...anaknya kemana? dah ngebolang dong..hahaaa. Ooops, terima kasih suamiku tercinta, dini hari tadi ciuman dan ucapan selamat untukku kau ucapkan. Semoga diusiaku yang (kalap ngitungnya...) tidak lagi anak-anak ini, eheeem..aku makin dewasa, bijak, berpikir jernih dalam mengambil keputusan dan makin menambah ilmu, ilmu yang baik ya... Menjadi pendampingmu yang sanggup menjadi penyejuk di mata dan hatimu, aamiin. Menjadi ibu yang sanggup menjadi penerang untuk anak-anak kita kelak, aamiin.

Hi senegal, jadi ulang tahunku dirayakan di sana yak? makasih ya, makasih juga a news at NET.

Salam
Astin



3 Apr 2014

Memesan Mc Donald Bisa Online, lho

Selamat pagi dunia, selamat pagi sahabat, betapa bersyukurnya pagi ini diberikan banyak sekali nikmat dari Allah. Berharap sepanjang hari hingga hari berikutnya, diberikan kemudahan dan kelancaran serta ucapan syukur yang tak putus, aamiin.

Nah, sepulang menemani anakku outbond hari Senin lalu, aku juga sangat dimudahkan dengan sebuah layanan yang sangat mengerti keadaanku yang lemah, letih, lesu dan hampir muntah di bus pariwisata yang nyaman itu. Kenapa? keknya aku kelaparan deeech... .

Iseng mengunjungi Mbah google, ketik McDonalds, kok ada tulisan pesan-online. Aku lalu mencoba dan menyibak satu-per satu aplikasi keren itu. Jadi aku tidak perlu untuk telepon 14045 kan, sayang pulsa kan..hehee.

Teman-teman bisa ketik www.mcdonalds.co.id/pesan-online/ dan ada beberapa menu pilihan untuk kalian bisa telusuri. Lalu pilih menu pesan online, pilih lokasi Mcdonalds terdekat dengan tempat kalian, lalu pilih beberapa paket yang ditawarkan oleh Mcdonalds.


Setelah selesai memilih pesan yang disitu sudah tertera harga per menunya, teman-teman diminta untuk menuliskan nama, alamat pengiriman, nomor telepon serta pesan khusus, misalnya pingin cepat sampai atau dikirim jam berapa atau yang mengantar yang ganteng..heheee daaan ada juga kolom untuk menuliskan rute yang termudah dicapai untuk sampai ke rumah kalian.



Hm..nyaman sekali kaaan? waktu itu aku memesan tidak jauh dari rumah dan meminta dikirim 30 menit dari waktu meng-ok-kan pesanan. Tiba di rumah, 30 menit sebelum waktu aku meminta makanan diantar, hm...beberes dan istirahat sebentar bersama anak lelakiku dan menunggu di luar rumah.

Lewat waktu 30 menit dari waktu yang aku minta, anakku resah..hehee, aku minta sabar dan 15 menit kemudian, si topi merah berkendara motor datang..tralaaa...akhirnya layanan online-Mcdonalds datang. Sebetulnya jarang Mcdonalds ke rumahku tidak memakan waktu 30 menit, lho...tapi it's ok, kalau mau ke lokasinya-pun aku sudah cape.

Buat informasi saja, layanan pesan online ataupun 14045 juga dikenakan biaya yang menurut aku tidak terlalu mahal, 11 500 rupiah. Kalau naik ojek PP dari tempatku ke lokasi, bisa lebih itu. 

Cuma satu yang sebetulnya ingin aku tanyakan, kok enggak dikasih saos tomat dan sambal ya? sedotan untuk minumannya pun enggak ada, anakku protes dan hampir enggak mau minum itu minuman. 

Salam
Astin

2 Apr 2014

Blogwalking Itu Ngapain Sich?

Selamat pagi, hm...cuaca sepertinya bersahabat banget dengan aku, iya gitu deeech..sepagi tadi habis sholat subuh, aku meluncur ke pasar, alone. Iya alone..biasanya suami dan anak lelakiku mengantarku, kali ini semangat 2014 menerjangku, alasannya cuma satu. Pingin selesai cepet dan aku bisa datang ke kantor lebih pagi. Untuk apa? Blogwalking dari sini, yang udah dibuat tapi gitu-gitu saja, enggak nambahin ataupun melongok, kan kasihan.

Akhirnya sampai kantor memang lebih awal, bukannya blogwalking tapi malah beberes meja dan lemari kantor, sekalian nyapu malahan. Rajin amat Mba...sapa si OB, lah begimana yaaak..pingin blogwaling yang nyaman dan enak pikirku, jadi meja kantor harus bersih dari pekerjaan yang numpuk kaaan..jadi aku sisihin kertas-kertas dan tumpukin yang udah Done.

Lagi melongo yaaak, apa sich blogwalking ituuuh? aku anggap kalian yang temen-temen bloggerku udah paham yaaak, kalau yang belum punya blog dan pingin ngerti blogwalking itu apaan, silahkan belajar ngeblog dulu giiih.... heheee. Dan kenapa kok baru sekarang tersadar untuk rajin blogwalking? enggak dari kemarin-kemarin gitu? enggak juga sich, kemarin-kemarin aku sudah rajin tapi ya sebatas yang ada di depan mata.

Semalam, aku dan teman-teman dalam satu komiunitas ngobrolin sesuatu dan ujung-ujungnya adalah blogwalking, ada looo yang dinobatkan sebagai ratu blogwalking. Ratu blogwalking? ada lagi tuh, bahasa makanan apa itu? hehee...maaf ya yang suka makan tapi enggak ngeblog, sayang amat, hehee.

Buat aku pribadi, ketika aku sedang blogwalking kebeberapa blog teman-teman satu yang aku dapat adalah.... sebuah informasi yang baru, entah informasi itu resep masakan, tempat wisata, teknologi, parenting sampai curhat seorang ibu yang bingung mau buang diapers di mana. Nah, dari blogwalking aku bisa menambah pengetahuanku.

Selain menambah pengetahuan, nambah list teman-teman bukan? ketika suatu saat bertemu kan bisa langsung menyapa...oh jeng yang nulis artikel itu di blog ya, oooh ternyata. Heheee, percakapanpun mengalir untuk membahas artikel di blog, membahas apa yang sedang hot di dunia perbloggeran, lomba-lomba blog, bagaimana agar blog kita dilirik oleh iklan, hehee...enough. Jadi enggak ngerumpi atau ngegosip ya kalau blogger pada ngumpul? *ketooook pake keyboard, kasihan deh kamyu.

Daaaan..dari ratu blogwalking yang aku kenal dan para teman-teman blogger yang berbaik hati memberikan semangat untuk rajin blogwalking, Inza Allah blog kita akan lebih cantik dari berbagai segi dan sudut, eaaaa....yang kepingin beli sepatu merek alexa-pun pasti kebeli tuuuh *Tos teman blogger cantik yang suaranya merdu. Terima kasih sharingnya semalam teman-teman bloggerku, selamat beraktivitas, selamat blogwalking tapi pekerjaan utamanya jangan dilupakan yaaaaak.

Salam
Astin