Skip to main content

Inspirasi Dapur

Yup, hari ini akhir bulan April 2014, banyak sekali kejadian  sepagi tadi, banyak sekali pemikiran dan relungan hati yang kadang tertambat kadang terlepas dan kadang malah melambung jauh entah ke mana. 

And stop buat meratapi hari kemarin dan hari ini, hari ini Alhamdulillah bisa makan onde-onde lima, it's enough dan sekarang aku pingin cerita satu hal untuk urusan Dapur, sering siiich cerita di sini juga...tapi yaaa..namanya wanita..ujung-ujungnya ke dapur pulalaaah.

Sebagai seorang wanita yang bekerja dengan satu orang anak lelaki dan suami yang sangat rajin ***eheeem, untuk urusan dapur itu aku usahakan kulakukan sendiri, kecuali akus edang terbaring sakit di tempat tidur hingga tak bisa mengelus wajan dan panci.

Nah, kadang sebagai seorang manusia, bisa bangun pagi dengan semangat atau bangun pagi tanpa senyuman sedikitpun *haishhhh...maafkeuuun. Nah, kalau sudah kek benang kusut, mau belanjapun keknya beraaat banget, meskipun ada pasar kompleks yang deket. Nah ujung-ujungnya kalau lagi malas, biaya makan akan membengkak dan aku akan teriaaak...ooooh...duit ..melayang begitu cepaaat.

Jadi, untuk mengantisipasi mood yang kadang berubah untuk urusan belanja dapur untuk keseharian dan kelangsungan keawetan duitku, aku menerapkan dari dulu belanja dapur isi kulkas adalah seminggu sekali. Dijamin enggak bakalan repot siich, dulu banget malah, waktu masih rajin banget aku langsung memisahkan sayur A plus uberambenya untuk hari senin, sayur B untuk hari selasa, heheee...kek kesannya piye gitu yaak?



Jadi, setiap satu kali dalam seminggu, aku pergi ke pasar di pasar tradisional dianter suamiku lebih sering, hehee...kadang sendiri **tergantung kerajinan suami. Yang dibeli emang gak semuanya, intinya yang awet-awet saja, pun untuk lauk hanya untuk beberapa hari. Sisanya yaaa...bisa selepas pulang kerja beli lauk, karena tidak semua lauk tahan hingga seminggu.

Tips aku untuk mengolah bahan makanan yang dibeli seabrek itu adalah memilah bahan makanan mana yang paling mudah layu, itu menjadi masakan pembuka, maksudnya akan dimasak pertama kali. 

Segitu dulu cerita urusan dapurku, silahkan yang ingin menambahkan di kolom komentar yaaak.



Comments

  1. lebih mudah kalau sudah di bereskan pakai wadah ya, mau masak tinggal ambil. kadang bawang merah aku kupas dulu kulitnya jadi gak repot kalo pas mau buru2

    ReplyDelete
  2. sama,saya juga seminggu sekali mak....lebih tenang aja g buru2 hehe

    ReplyDelete
  3. Gak ada tukang sayur keliling itu lumayan repot ya, Mba. Kalau di sini mah tiap hari bisa beli yg fresh, Mba. :D

    ReplyDelete
  4. kalau saya 2-3 hari sekali ke pasarnya :)

    ReplyDelete
  5. kalo ikan biasanya tahan berapa hari, mak? aku jarang masak ikan, biasa beli hehe

    ReplyDelete
  6. Itu rapih banget ya wortel sama wortel, sayur sama sayur dan ada tempatnya sendiri-sendiri. kentara sering masak. Di rumahku, kalau ada wortel, paling hanya 1 biji doank. Kulkas pun kosong melompong. Hahahaha. Jadi malu ati deh liat isi dapur dirimu Mak :p

    ReplyDelete
  7. rajinnya si bumil ini ya... :)

    ReplyDelete
  8. Bumil cantik ini memang rajin banget, padahal masih harus bekerja. Klo aku belanja di tukang sayur keliling, jadi yg mau dimasak tergantung bapaknya bawa apaan. Klo belanja di pasar enak lebih terencana menu yg mau dimasak ya. Cuma klo sayuran hijau semacam kangkung, bayam dsb sehari di simpan di kulkas kok layu ya. Gimana si mak Astin cara nyimpen sayur yg bener, mungkin aku salah penyimpanannya.

    ReplyDelete
  9. jujur saja, sebagai cowok aku tak pernah tahu urusan begituan hehe,...

    ReplyDelete
  10. bisa masakin makanan untuk suami rasanya tuh seneng apalagi suami bisa nerima dan menilai masakan yang dibuat sang istri itu enak duh senang sekali hati rasanya .

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Penyebab Nasi di Rice Cooker Cepat Basi

Pernah tidak mengalami nasi di rice cooker cepat basi, baru juga masak tadi pagi, sore hari sudah basi, basinya berair pula. Beberapa kali saya mengalami nasi di rice cooker basi dan dari kurun waktu 2008-2015 saya sudah berganti rice cooker sebanyak, lima kali. *Boros sekali ya? semoga ke depan tidak sering-sering berganti rice cooker ya. Mengganti rice cooker juga dengan pertimbangan, nasi yang dimasak cepat sekali menjadi basi. Iya, sewaktu membuka rice cooker setelah masi matang, aroma yang keluar sudah tidak enak, sewaktu dicentong, nasinya berwarna kuning dan pada lapisan bawah, nasinya berair.
Pengalaman Mendapati Nasi di Rice Cooker Basi
Sewaktu mendapati nasi di rice cooker basi, saya kaget dong. Lah wong baru saja masak, kok aroma nasinya sangat tidak enak. Lengket dan ketika nasinya dipindahkan, bagian bawah nasi itu berair. Rice cookernya juga berair, airnya juga bau.

Menyalahkan Beras Duh, merasa bersalah sekali nich, akibat nasi di rice cooker cepat basi, saya menyalahka…