Skip to main content

Mengecilkan Foto Menggunakan Paint

Kamu pasang foto apa siiich di blog? buka fotonya lamaaaa banget. Suatu ketika di sebuah malam, ketika suamiku membuka blogmu via smartphonenya. Walaaah, ternyata dia kepo juga sama blog aku, heheee...penggemar rahasia yaak.

Daaan, emang gitu, aku pun merajuk dan terlanjur mengeluh hingga meminta saran. Kalau mau upload foto di postingan itu laaama sekali. Nah, malahan dijawab, kaaan bisa diresize...dikecilkan dulu, biar blognya juga enggak berat. Caranya gimana? kemaren nyoba pake compres tep saja, dan malam itu enggak ada praktek cara mengecilkan ukuran foto, aku juga malas buka laptop, saran suamiku di beberapa software bisa kok.

Naaah, daripada enggak jelas, karena pagi ini aku ingin memposting artikel untuk lomba, aku googling (menyempatkan) demi eksistensi di dunia perbloggeran, tjshaaaah. Yupppi...ada siiich cara yang paling mudah meskipun awalnya aku ragu...yaaa better laah.

Di sebuah situs bernama, CaraPedi.com akhirnya aku menemukan link yang bisa aku ikuti dengan mudah *maklum, emak-emak yang lagi mikir berapa hari aku ngabisin cabe merah sekilo yang dibeli suami.

Caranya juga gampaaang sekali, dan enggak kudu ngedownload ataupun menginstal software apapun, aku sich enggak ngerti dan paham, apakah ada perbedaan jika enggak pake software khusus yaak. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka foto yang hendak di resize, klik dua kali
  2. Letakkan kursor pada foto, kemudian klik kanan, pilih Open with--> paint
  3. Terbuka paint, klik resize
  4. Lalu sesuaikan dengan kebutuhan,  ooo yang ini kudu memilih sendiri aka kira-kira yaak.
Naaaah, kalau paint kan di setiap PC atau laptop ada semua, enggak kudu instal lagi, tapi penasaran juga dengan hasil yang pake software, mungkin lebih bagus kali yaaa.

That's, thanks CaraPedia.com untuk artikelnya.

Salam
Astin

Comments

  1. ya ya,. pake paint juga bisa mbak. Tapi saya lebih suka pakai ms picture manager. Lebih simple rasanya :D

    ReplyDelete
  2. Met siang, Mbak...

    Dulu awal-awal ngeblog, kalo posting foto ya ukuran seadanya hasil jepretan kamera.
    Sekarang biasa foto saya edit dulu. Memotong foto (crop), menambah filter (misal untuk menajamkan, menerangkak, menggelapkan) dan terakhir me-resize. Biasa saya resize foto ke ukuran wide antara 600 sd 800.
    Saya pake aplikasi editing foto yg mudah, ringan dan gratis. Saya pake Photoscape saja, Mbak.

    Salam,

    ReplyDelete
  3. Hihi sama mbak aku juga pakai paint

    ReplyDelete
  4. carapedi ya mak, acoba nanti aku mau nyobain ah

    ReplyDelete
  5. iya biasanya kalo belum dikecilin nanti aksesnya jadi lambat ya, mak. cobain ah

    ReplyDelete
  6. Kalau pake software malah kadang pecah, MakMil. Hasilnya gak maksimal.

    mending pake capture ajah. 2Mb bsa jadi 40kb. :)

    ReplyDelete
  7. Kalau aku biasanya pakai ms picture manager, Mak.

    Tapi boleh juga nih nyoba yang ini.

    ReplyDelete
  8. Wah, keren banget nih tips nya, boleh dicoba nih mak...
    Apalgi kalo di blogdetik kuota buat potonya suka dibatesin lho...
    Jadi tiap aplod poto emang harus di compress terus nih :)

    ReplyDelete
  9. Saya sih kalau gak pake Ms Pic Manager, pake Photoscape mak :)

    ReplyDelete
  10. setuju mak... pakai paint mudah skali... apalagi ga perlu install lagi :)

    ReplyDelete
  11. kalau saya biasanya pake photoshop, Mak

    ReplyDelete
  12. Kalau aku biasanya pake photoscape, tp boleh jg nih tips nya mbak astin, makasih ya.. :-D

    ReplyDelete
  13. Saya juga gak ngerti cara yg benar nih ;) ... Jadinya pake cara begini, di foto pake si Oppo, trus kirim ke FB, trus di save dlm laptop serta yg di FB di del .. ;)

    ReplyDelete
  14. Ooo ya - di-upload ke dalam postingan di blog ... ribet nyaaa. ;)

    ReplyDelete
  15. Paint memang di semua PC ada... mudah pemakaiannya.

    ReplyDelete
  16. wah, malah gak tau ada cara yg kayak gini Mak, biasanya cepet pake Microsoft Office Picture Manager yg otomatis ada di komputer yg pake OS Microsoft. Thks for share ya :)

    ReplyDelete
  17. banyak caranya nih,
    kalau saya biasanya uploud dulu di fb, lalu dipindahin ke blog pake cara kode html atau link.. trus di photoshop juga bisa.
    kalau di paint, bisa juga. di setiap komputer ada

    ReplyDelete
  18. hasil foto punya mak astin kok gak diliatin sih....
    pengen nyoba ah... :)

    ReplyDelete
  19. aku biasanya pake ms picture manager mak :)

    ReplyDelete
  20. Kalo saya sih biasanya pakai photoshop :)

    ReplyDelete
  21. ms picture manager enak dan gampang mbak

    ReplyDelete
  22. makasih mbak, gampang ya ternyata

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Penyebab Nasi di Rice Cooker Cepat Basi

Pernah tidak mengalami nasi di rice cooker cepat basi, baru juga masak tadi pagi, sore hari sudah basi, basinya berair pula. Beberapa kali saya mengalami nasi di rice cooker basi dan dari kurun waktu 2008-2015 saya sudah berganti rice cooker sebanyak, lima kali. *Boros sekali ya? semoga ke depan tidak sering-sering berganti rice cooker ya. Mengganti rice cooker juga dengan pertimbangan, nasi yang dimasak cepat sekali menjadi basi. Iya, sewaktu membuka rice cooker setelah masi matang, aroma yang keluar sudah tidak enak, sewaktu dicentong, nasinya berwarna kuning dan pada lapisan bawah, nasinya berair.
Pengalaman Mendapati Nasi di Rice Cooker Basi
Sewaktu mendapati nasi di rice cooker basi, saya kaget dong. Lah wong baru saja masak, kok aroma nasinya sangat tidak enak. Lengket dan ketika nasinya dipindahkan, bagian bawah nasi itu berair. Rice cookernya juga berair, airnya juga bau.

Menyalahkan Beras Duh, merasa bersalah sekali nich, akibat nasi di rice cooker cepat basi, saya menyalahka…