25 Jun 2014

Kram Kaki Setia Menemani Kehamilan

Advertisement
Siapa yang belum pernah merasakan kaki kram? jika belum pernah merasakan bersyukurlah, mendapati kaki kram, entah itu betis ataupun paha rasanya seperti ingin meninju hidung orang di sebelah saya.

Bagaimana sich yang dimaksud kram? kaki itu sama sekali tidak bisa digerakkan dan seperti ada yang menarik-narik dari dalam sehingga kaki ingin dibawa ke mana gitu. Kadang rasa sakitnya seperti naik ke bagian perut hingga kepala, haduuuh pokoknya engga banget kalau sedang kram.

Jika kaki sedang kram, saya hanya bisa menjerit-jerit dan menarik tangan suami. Inginnya segera diberikan yang hangat-hangat, minyak kayu putih, balsam atau dikompres air hangat. Boro-boro suami melakukan itu, yang dilakukan adalah melakukan peregangan, kaki saya diangkat ke atas, kadang diurut pelan...tapi rasanya sakit banget, sampai Faiz kadang membungkam mulut saya yang berteriak-teriak tak karuan.

Penyebab Kram

Nah, kenapa pada saat kehamilan ke dua ini sering sekali saya mengalami kram kaki? padahal upaya untuk mengerak-gerakkan kaki sudah saya lakukan, contohnya cerita jalan kaki, di sini. namun mungkin bukan hanya peredaran darah yang tidak lancar, bisa juga kurang cairan atau terlalu lelah.

Penanganan Kram 

Awalnya saya hanya bisa berteriak kencang dan mencubit lengan suami yang ada di sebelah. Namun karena terlalu sering mengalami kram pada betis di kaki, baik itu saat tidur maupun hendak bangun tidur, saya sedikit sudah mahir.

Sesaat setelah saya tersadar aka bangun tidur, biasanya otak langsung menerima signal dari kaki...mau kram nich mau kram...nah, menenangkan pikiran dan hati adalah jalan pertama. Setelah itu tarik nafas meski menahan sakit luar biasa, gerak-gerakan pelan kaki yang kram. Ambil minyak kayu putih atau sesuatu yang bisa menghangatkan, kalau kurang mempan teriak sekencang-kencangnya...pasti suami terbangun dan segera merenggangkan kaki dan memijat pelan.

Pencegahan Kram

Bosen enggak sich, kram setia menemani kehamilan keduaku? hiyaaah dibilang bosan ya bosan, jadi boleh kan mengikuti saran-saran dari pakar kesehatan untuk tidak terlalu lelah, apalagi pada kehamilan semester terakhir, kebutuhan cairan jangan sampai kekurangan, mengkonsumsi pisang yang mengandung potasium serta perbanyak susu yang mengandung kalsium, hehee..bisa tiga gelas saya minum susu.

Mulai sekarang, ayo lakukan olahraga ringan yang teratur, agar peredaran darah lancar, usahakan ketika beraktivitas melihat kemampuan tubuh. Kalau saya, kadang malah mencari-cari pekerjaan, kalau sudah lelah dan badan rasanya 'ngrentek' tinggal jadi ratu di rumah. Oiya, konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan potasium juga perlu, sederhana saja, pisang dan susu.





21 comments:

  1. saya belum pernah,semoga nggak kram deh kalo hamil hehehe...oke,cateteeee...olahrag,pola makan *ini wajib kayaknya*,pisang,susu,buah dan sayur..nambah2in sendiri nih yg komen hahaha

    ReplyDelete
  2. kalau istri saya lagi hamil, biasanya hal unik yang muncul bukan kram kaki mba, tapi kebiasaan di mana duduk disitu tidur, asal jumpa bantal dan tilam langsung tidur, namun itu berlangsung saat usia kehamilannya 1-3 bulan aja, setelaha itu ndak lagi muncul :D

    ReplyDelete
  3. Kalo saya malah perut mak yg kram..kalo kaki seingatn saya malah nggak. Smoga sehat terus ya mak..

    ReplyDelete
  4. selamat ya mak untuk kehamilan anak keduanya...semoga lancar dan selamat. Alahadulillah selama hamil saya gak pernah kram tapi saya selalu beser saat kandungan masuk bulan ke dua dan seterusnya:)

    ReplyDelete
  5. keunikan yang terjadi pada ibu hamil emang unik unik dan aneh aneh ya....kayanya ibue ngga akan ngerasain kram kram lagi deh...udah cukup anak bungsuku jadi anak bungsu saja ah...ngga tega kalau ibue tak hamili lagi...ngga tega liat kram kramnya...hehe

    ReplyDelete
  6. aku pernah juga mengalami tapi gak lama sih, baisanya kalau lagi tidur tertarik gitu

    ReplyDelete
  7. iya....dulu pas hamil,kramnya malahan pas lg tdr tp jarang sih.


    ReplyDelete
  8. selama hamil, saya belum pernah ngalamin kram. Justru ketika gak hamil pernah bbrp kali kram. Gak enak kalau udah kram, ya

    ReplyDelete
  9. aku blm pernah kram saat hamil.
    kalo kram emang paling manjur dikasih yang anget2.

    ReplyDelete
  10. keseringan kram emank nyiksa banget

    ReplyDelete
  11. Duh, aku 2 kali hamil belum pernah kram sih mba :)

    Jadi tau deh penangananya :)

    Mudah2an sehat2 terus selama kehamilan yah mbaaa :)

    ReplyDelete
  12. aduh, semoga say nanti kalau hamil tdk seperti itu Amin

    ReplyDelete
  13. ada yang suka kram ada ya g juga ya

    ReplyDelete
  14. aku pernah keram di betis, rasanya maknyess, tiuuut, ketarik rasanya, hihi

    ReplyDelete
  15. Huaaa aku sering kram Mbaaa... biasanya kalau habis jalan kaki agak jauhan... trus subuh-subuh keram deh betis, teriak-teriak ampe segang denger. Kalau kata ibuku, ditekuk kakinya biar langsung nggak keram, emang sih, tapi nahan sakit buat nekuknya aja ampuuunnn...

    ReplyDelete
  16. Puk puk..dulu aku juga gitu mak pas hamil...tpi dibantu kalsium olahraga sama maem lumayanlah....cm berat diperut aja ini xD

    sehat2 ya makmil

    ReplyDelete
  17. Saya suka kram kaki, biasanya karena tidur dalam posisi kaki melipat. Pada saat bangun, tanpa sadar kakinya langsung diluruskan dengan cepat. Kayaknya kakinya kaget. Dan emang rasanya sakit banget.

    Semoga lancar sampai persalinan Mbak ^^

    ReplyDelete
  18. Kalau saya pas hamil paling kaki bengkak dan gerinjingan *apa ya ini bahasa Indonesianya :p
    Mudah-mudahan kram-kramnya bisa hilang ya mak, aamiin.

    ReplyDelete
  19. tanks infonya kakak "Kram Kaki Setia Menemani Kehamilan" sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  20. Istri saya saat hamil kok keluar varises banyak di kaki yah,,, kadang juga timbul kram yang mengganggu dan yang paling saya takutkan kakinya jadi bengkak besar sekali. Bagaimana yah min,,,

    ReplyDelete

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...