Saturday 7 June 2014

Perlukah Mempercantik Tampilan Blog?

Haaaai, apa kabar teman-teman blogger yang sangat menginspirasiku? iya aku datang lagi dalam rutinitas pekerjaan yang mencekikku, hingga aku harus menahan gejolakku untuk mengetikan apa yang ingin aku tuang*haisyah lama kali intronyaah.

Begini, dulu aku punya sebuah tampilan blog yang menurutku sudah cantik dan keren pake banget, meskipun itu adalah sebuah template blogspot yang free. Sudah pasti pada ngerti yaaak, yang namanya free, bisa-bisaan saja yang ngebuat untuk lock yang inilah lock yang itulah, hingga akhirnya tampilan blogku amburadul enggak karuan, kalau cuma dilihat one post, gak terlihat ssich. Namun, jika dilihat by home, laaaa dalaaaah...banyak sekali yang kurang membuat nyaman. 

Gambar dari blog Mak Lianny

Tampilan blogku yang enggak nyaman itu pernah dikupas tuntas oleh sahabat blogger Mak Lianny dalam sebuah kontes dari rekan blogger. Dan silahkan dibaca artikelnya  daaaaan...sangat-sangat membutuhkan tangan seorang blog master untuk membenahi tampilan blogku. Jujur, pinginnya mah belajar, namun apa daya...otodidak begini mana sanggup, apalagi aku juga harus membagi beberapa status dalam kehidupanku **ehihiii.

Daaaan, akhirnya setelah beberapa lama keinginan untuk memperbaiki tampilan blog itu didekatkan dengan perkenalan secara intens dengan seorang rekan blogger yang biasa disapa Mak Shinta dari Tangerang. Mak Shinta adalah seorang blog & web designer untuk blogspot dan spesialisasi wordpress + genesis. Silahkan yang ingin mengenal lebih dekat dan berkenalan, mengunjunginya di The Choco Company dan bakalan diberikan sebuah kenyamanan untuk mencurahkan blog impiannya.

Tentang tampilan blog aku sekarang, harus dan harus berterima kasih kepada Mak Shinta yang telah membuat cantik dengan warna yang aku minta, nuansa gold dan tidak begitu ramai, aku pendieeem banget Mak. Buat aku yang terpenting adalah tampilan blogku sudah tidak acak adut dan simple, that's it. Alhamdulillahnya, aku diijinkan oleh suami sebagai seorang presiden di rumah untuk aku mengubah blog yang gratisan menjadi blog berdomain alias pake [dot]com, jadi astinastanti.com.

Jadi, perlukah mempercantik tampilan blog? sangat perlu buat akuuu, iyaah karena tampilan blogku sangat tidak nyaman dilihat. Namun, memang ada kalanya, sebuah blog itu juga harus terlihat  nyaman bukan hanya untuk si empunya blog, namun juga para pembaca yang mengunjungi blog kita. 

Dulu, awal aku membuat blog, gadget atau animasi apa saja aku pasang untuk mengesankan tampilan blog terlihat lebih seru dan keren. Namun lambat laun, bercengkrama dengan para blogger-blogger senior aku jadi banyak belajar, bagaimana sebuah blog itu akan dapat ditemukan oleh pembaca? jawabannya adalah sebuah artikel dari postingan kita, bukan sebuah tampilan blog (ihiiir). Tampilan sebuah blog menurut aku, nilai plus untuk memberikan kenyamanan bagi pembaca artikel yang dipilihnya.

Salam
Astin


22 comments:

  1. pgn mmpercantik tp g bisa....pgn jg pki jasa desainer blog bt makeover blogku hehe plus pke domain berbayar jugaa ;)

    ReplyDelete
  2. aiih, suka yang berwarna golden yaaa..keren deh mak Astin. Pokoknya harus tetep semangat yaa, udah keren banget nih blog golden template. Top markotop, deh :)
    Happy Blogger always :)

    ReplyDelete
  3. Cakeep bangets ih jadinya..semoga makin semangat ngeblog ya Mak Astin. Btw kapan nih melahirkan? semoga lancar ya dan sehat semuanya.

    ReplyDelete
  4. saya juga... dulu 7 thn yg lalu, side bar blognya penuh dgn mcm2 widget hihihi...

    ReplyDelete
  5. Wah ada namaku disebut disini hehe, numpang tenar di rumah baru mak Astin nih :)
    Selamat buat rumah barunya mak, terlihat seger warnanya, bikin tambah rajin posting ya

    ReplyDelete
  6. wah makin cakep blognya maak

    ReplyDelete
  7. aiiih.. jadi cantik bgt blognya mak :D I like it!

    ReplyDelete
  8. waah cantik blognya.Salam kenal..

    ReplyDelete
  9. Maaaak.....blognya cakep banget sekarang. Aku suka padanan warnanya. Headernya aku juga suka. Pokoknya jempol dah mak

    ReplyDelete
  10. Seger banget makmil tampilan barunya. Syukaaaa! :D

    ReplyDelete
  11. wajib mempercantik tampilan tp lebih penting kontenna. tampilan blog lbh simple n lbih enteng tu yg paling bagus. tu menurut ane

    ReplyDelete
  12. Aku sekarang masih pake yg gratisan Mak.... Ntar kalau udah ada tujuan komersil, barulah minta jasa mak-mak web designer. Tampilannya yg sekarang cakep Mak.

    ReplyDelete
  13. Ya, memang tampilan blog itu perlu sekali, apalagi buat mereka yang sering ikutan Blog Competition. Katanya sih, yang utama dinilai ya itu tadi, tampilan blog. Wuih, sekarang tampilan blog Astom tambah keren lho, berkat tangan sang Suhu Shinta Ries. Sedangkan aku yang memang sudah di design oleh beliau, masih pengen ganti lagi tuh, dan masih on the waiting list. Soalnya kalo yang dari Blogspot, emang sih kita bisa milah milih yang mana aja, tapi kan itu kurang memikat. Yang memikat ya, harus dikerjain sama pakarnya. Keren lho tamplilan blog dan postingan yang ini juga keren. Salut. Salam dari Pamulang.

    ReplyDelete
  14. Renovasi rumah (blog) memang bagus, untuk menambah semangat baru ngeBLOG..

    Tapi blog saya juga belum tertata nih, sidebar nya masih berantakan..

    ReplyDelete
  15. wow, pantesan beda. ternyata ganti template pake bikinan mak Shinta. cakep deh, mak. moga berkah ya di rumah barunya

    ReplyDelete
  16. cieee udah jadi .com syukuran ya mak :)

    ReplyDelete
  17. perlu. Asal kalau udah cantik jangan lupa untuk ngeblog aja :)

    ReplyDelete
  18. Daaaaan..
    sejak pertama nge blog berarti sekitar 4 tahun yang lalu sampai detik ini...
    aku belum pernah mengubah tampilan blog dong...bhuahahaha...
    *semacam pemalas*

    Soalnya kalo di detik itu sekalinya kita ganti theme langsung berubah semua deh widget dan banner nya bahkan suka ada yang ilang, jadi males deh :(
    *alesan itu mah*

    ReplyDelete
  19. Sukaaa...dengan tampilan blognya.

    ReplyDelete
  20. Aheeyy... aku termasuk jarang pakai macem2 widget krn itu bisa bikin lola ;)

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih