Skip to main content

Berkah di bulan Agustus

Alhamdulillah, masih diberikan kesempatan untuk mensyukuri nikmat sehat, nikmat menulis di bulan Agustus 2015 ini. Hayo, siapa yang memiliki kenangan dan atau moment yang memberikan keberkahan buat sahabat semuanya pada bulan Agustus ini? Mba Indah mengadakan Blessful August Giveaway, silahkan menuju blognya untuk mengetahuinya ya.

Untuk Mba Indah Nuria, pada bulan Agustus ini telah merayakan hari kelahirannya bersama suami dan anak-anaknya, Bo et Obie, biasa mereka disapa. Mba Indah dan keluarga diberikan kesempatan untuk merayakan hari kelahirannya di Disney Magic Kingdom Park, Orlando, Florida.

Mba Indah, selamat Ulang Tahun, sukses selalu, diberikan keberkahan berupa sehat, anak-anak yang manis dan pintar, pekerjaan yang baik dan dikelilingi teman-teman yang baik dan mensupport Mba Indah. Sekali lagi Selamat Ulang Tahun ya, Mba Indah, keberkahan untuk Mba dan keluarga, aamin.


Alhamdulillah juga, pada bulan Agustus tahun lalu, tepatnya tanggal 20 Agustus 2014 telah dilahirkan dengan selamat, seorang bayi perempuan dari rahim saya. Iya satu tahun yang lalu saya dibantu  dokter Obgyn, dokter anak, dokter anastesi serta para perawat untuk melahirkan bayi saya melalui tindakan operasi.

Bulan Agustus tahun lalu, menjadi keberkahan tersendiri bagi saya, suami dan anak pertama saya. Bagi saya inilah moment lengkapnya seorang ibu mendapatkan anak dari rahimnya, menimangnya, menggendongnya, mengusapnya, menciumnya, memelalakan mata ketika mengantuk untuk menyusui atau sekedar mengganti popoknya yang basah.

Alhamdulillah, anak ke dua saya dilahirkan dengan berbagai proses yang sangat dimudahkan, tentunya semua berkat ridho dari Allah SWT yang memudahkan, melancarkan serta meringankan proses-proses tersebut.

Merencanakan Kehamilan

Proses pertama, pada kehamilan kedua saya merupakan kehamilan yang direncanakan. Setelah empat tahun berikhtiar menggunakan KB alami, serta memutuskan merencanakan kehamilan, Allah memberikan jawaban untuk saya. Yup, tidak menunggu lama, Allah memberikan jawabannya, sehingga saya tidak harus menunggu lama. Maha Besar Allah.

Masa-Masa Kehamilan

Proses kedua, menjalani masa-masa kehamilan yang tentunya bebeda dengan kehamilan pertama saya. Kehamilan pertama, saya begitu dimanja, begitu diwanti-wanti untuk berhati-hati. Nah, kehamilan kedua ini, saya sudah dianggap cukup berpengalaman meskipun ini merupakan kehamilan pada masa yang berbeda. Begitu saya bilang, iya, karena kehamilan ini berbarengan dengan anak pertama saya yang masih manja.

Pada masa kehamilan ke dua ini pula, emosi saya sedang diuji, yup..yang di atas tadi, mengelola emosi bersama balita yang beranjak kanak-kanak serta mengelola emosi di tempat bekerja. Ada banyak sekali benturan-benturan status yang berkelebat dan harus diambil keputusan pada saat itu juga. Namun, itulah suka dan duka ibu yang sedang menjalani masa kehamilan, apa-apa "baper". Bisa menjalaninya? tentu saja saya menjalaninya, siapa lagi yang akan menjalaninya jika bukan saya, iya kan? everything is okay dan saya belajar banyak dari semua itu. 

Mempersiapkan Kelahiran

Proses ketiga, mempersiapkan kelahiran. Jauh sebelum bulan kelahiran diprediksikan, saya dan suami mantap untuk mendaftar BPJS Mandiri atau membayar sendiri. Niat awal membuat kartu BPJS adalah untuk berjaga-jaga dan bershodaqoh. Mengapa? siapa yang mengetahui hari esok, inginnya kami semua sehat-sehat saja, baik-baik saja, amin. Yup, BPJS ini merupakan jaminan kesehatan non komersil, dimana dana yang saya bayarkan setiap bulan tidak akan kembali lagi seperti jaminan kesehatan komersil yang pernah saya tahu.

Dengan memiliki kartu BPJS, berarti saya mengikuti program pemerintah, membantu yang memang benar-benar membutuhkan jika dana saya tidak terpakai untuk pengobatan. Itung-itung menabung, iyes kah. Oiya, jika akan mendaftar BPJS, sebaiknya kepala keluarga mendaftar terlebih dahulu, baru kemudian para anggota keluarga. Untuk memilih faskes, sebaiknya dilihat mana faskes yang paling terjangkau, saran saya pilihlah yang 24 jam.

Kembali ke proses mempersiapkan kelahiran, dengan riwayat SC pada anak pertama, riwayat pasca SC yang jelek pada jahitan. Dokter memberikan saran apda saya dan suami. "Jika ibu ingin melahirkan normal, silahkan, namun nanti pada pembukaan delapan, kepala bayi akan di vakum...."

Bla, bla and bla and bala bala dech, mendengar kata vakum, langsung suami mengatakan "Yang terbaik untuk bayi dan ibunya, dok, tindakan saja".

Sssst....bukan Pro SC atau Kontra Normal ya, suami saya merasakan benar, bagaimana penderitaan saya beberapa kali bolak-balik ke Rumah Sakit untuk diambil benang yang keluar dengan disertai darah. Yup, Dua minggu setelah dinyatakan bagus oleh dokter yang mengoperasi saya, ada benang dan darah yang merembes keluar dari bekas jahitan SC, aduh perih sekali saya menulisnya, sakit dan perih.

Suami juga menghargai bagaimana saya mempersiapkan persalinan normal dengan jalan kaki setiap pagi dan sore setiap hari. Namun dari segi medis, pasca SC yang jelek dan riwayat SC anak pertama, saya disarankan untuk melakukan SC pada kelahiran anak ke dua saya. Baiklah, saya lantas mempersiapkan hal-hal yang terbaik menjelang operasi.

Hari Dilakukannya Operasi

Proses keempat, hari yang telah ditentukan untuk melahirkan anak kedua saya. Mendaftar dengan pasien BPJS Mandiri, surat-surat yang diperlukan, saya dan suami telah persiapkan. Rumah Sakit pilihan yang pro BPJS dan dokter pilihan kami yang bersedia membantu pasien BPJS. Alhamdulllah proses pendaftaran lancar hingga proses tindakan dan rawat. Semua itu sesuai dengan kelas BPJS yang tertera.

Saya berada di kelas satu, dengan perawatan dan tindakan kelas satu tanpa disusah-susah atau ditelantarkan. Satu hari setelah dilahirkan, bayi saya segera didaftarkan pada BPJS untuk administrasi hari kepulangan dari Rumah Sakit. Alhamdulillah, semuanya diberikan kelancaran dan dimudahkan urusannya hingga saya dan bayi saya pulang ke rumah.

Maka Nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? selalu ayat dari Surat Ar-Rahman tersebut saya baca dan nyanyikan. Ini adalah berkah dan karunia yang diberikan oleh Allah SWT, kepada saya dan keluarga. 

Agustus tahun ini, bayi perempuan saya telah tumbuh menjadi bayi yang lincah, yang pandai mengucap "Abar=Akbar" ketika adzan sedang mengumandang atau melihat saya menggelar sajadah. Sujudnya masih seperti orang tidur tengkurap, namun itulah karunia yang saya terima, semua itu akan menjadi hal terindah hingga nanti.

Mba Indah, itulah cerita pada bulan Agustus yang berkah. Jika Agustus menjadi bulan lahir Mba Indah, bagi saya Agustus merupakan moment kelahiran anak perempuan saya yang berkah. Akhir kata, terima kasih telah mengajak saya untuk berbagi cerita Blessful August Giveaways.



Comments

  1. makasiiih banyaaak mba Astiiin :)...berkah yang banyak dari-Nya memang membuat kita harus selalu ingat bersyukur Fira juga Agustus yaaaa..sama-sama Leo dooong :). Fira pinteeer dah ikut sholat ya nak :).

    Thanks for joining my GA #BlessfullAugust et bon courageeee :)

    ReplyDelete
  2. semoga tambah sukes dunia akhirat. Aamiin hehehehe.................... | permen jelly

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin.. semoga doanya kembali ke agan juga :)

      Delete
    2. bulan agustus adalah bulan lahir yang penuh berkas xD yeeey

      Delete
  3. perjuangan seorang ibu,, haduh jadi pengen cepet2 ngrasain hamil lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm iya kak semoga kaka cepet hamil yaa heheh :D

      Delete
  4. Agustus ini Fira sudah 1 tahun yaa.... cepat sekali waktu berlalu.
    BTW Agustus ini yg ultah banyak ya berarti...

    ReplyDelete
  5. Semoga jadi anak yang sholehah, sehat selalu, tambah cantik tambah pinter dan selalu bahagia ya Fira...

    ReplyDelete
  6. selamat ulang taun fira... alhamdulillah ya smua prosesnya diberi kelancaran :)

    ReplyDelete
  7. Hahahaa. . .Bumil sering Bapeeer.
    Aku belum buat BPJS, nih. Bukan depan mungkin. :D

    ReplyDelete
  8. saya juga lagi hamil mba, dan sudah urus BPJS juga buat berjaga2... memang lebih aman dan tenang rasanya ketika sudah pegang BPJS.

    ReplyDelete
  9. sama-sama punya moment penting di bulan Agustus ya

    ReplyDelete
  10. Selamat ulang tahun Fira, semoga sehat selalu ya.
    Bulan ulang tahunnya sama denganku, sama-sama Leo :)

    ReplyDelete
  11. Selamat ulang taun, cantiiikk.. Tante minta dong nasi kuningnya dooong xD

    ReplyDelete
  12. Ih, Fira sama De Rayyan lahir di bulan Agustus. Kalo Fira tanggal 20, De Rayyan tanggal 5 Agustus. Hepi belated birthday, Fira. :)

    ReplyDelete
  13. Semoga yang indah ini tetap terjaga keindahnya. Demikian pula dengan Mbak Indah. Selamat ya, Mbak Indah. Semoga sehat dan bahagia selalu. Aamiin...

    ReplyDelete
  14. selamat ulang tahun mba inda hehehe kemaren aku juga bikin nasi uduk buat temen aku yang ultah :) itu bikin sendiri dengan cuma-cuma loh mba kirain mau gagal ehh ternyata enak juga :D pertama kali aku bikin mba dan alhamdulilah akhirnya bisa hehehe

    ReplyDelete
  15. semoga Agustus selalu menjaid bulan berkah dan juga bulan-bulan lainnya :)

    ReplyDelete
  16. Kebayang sakitnya pasca operasi itu, sehat selalu sekeluarga ya mba

    ReplyDelete
  17. wah... benar-benar berkah. :)
    Selamat ya mbak. :D

    ReplyDelete
  18. selamat ultah.. semoga sehat selalu, tambah cantik tambah pinter dan selalu bahagia :D

    ReplyDelete
  19. sosok seorang ibu memang terlalu keren di Dunia :") Perjuangannya ituloh sungguh tidak ada yang bisa menandingi :D

    ReplyDelete
  20. Selamat ulang tahun Fira, semoga jadi anak yang berbakti kepada orang tua berguna bagi orang-orang di sekitarnya ^ ^

    ReplyDelete
  21. Jasa seorang ibu yang luar biasa
    semoga menjadi seseorang yang lebih baik lagi dan mendapat berkah di bulan suci :)

    ReplyDelete
  22. wow.... selamat yaa mbak.... berkah banget deh...

    ReplyDelete
  23. kita harus selalu ingat bersyukur Fira juga Agustus yaaaa..sama-sama Leo dooong :). Fira pinteeer dah ikut sholat ya nak :).

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu

Tiga tahun yang lalu saya sudah ingin sekali menceritakan pengalaman ini. Pengalaman pertama kali kehilangan satu gigi depan bagian atas. Pengalaman tidak memiliki gigi depan bagian atas dan harus ompong selama beberapa minggu. Pengalaman setiap beberapa hari sekali ke dokter gigi, untuk mendapatkan perawatan gigi yang hilang tersebut. Pengalaman dipasang gigi palsu tanam dan menggunakan gigi tersebut hingga tiga tahun. Dan juga pengalaman ketika gigi palsu tanam tersebut hampir lepas.

Fungsi Utama Gigi
Menurut Wikipedia Indonesia, Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Memiliki struktur dan variasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi itu sendiri adalah untuk merobek atau mengunyah makanan. Dengan adanya gigi dengan struktur yang lengkap dan sempurna. Proses merobek dan mengunyah makanan akan menjadi mudah. Untuk menyantap makanan yang keras, makanan yang panas ataupun dingin oke oke saja, kan giginya sehat.

Fun…