Skip to main content

Membuat Header Blog

Beberapa hari belakangan ini teman-teman di group bloggerku sedang rame membahas "header dan template" yang dibuat sendiri atau dibuatkan. Nah, kekepo-an saya sedang muncul dan rasa mau untuk belajar sedang datang, akhirnya saya nekad untuk mencoba.

Saya mencoba aplikasi yang ada di smartphone, namun ternyata saya gagal saudara-saudara dan proud to you bumil yang baru saja melahirkan cowo ganteng bernama Ranu, belum publish keknya di blog maska atau di diary Noe. Sehari sebelum melahirkan ibu dua orang anak lelaki ini, membuat header blog dengan menggunakan Picarts, dengan sukses.

Akhirnya sepulang dari luar rumah, saya ngoprek sendirian di kamar, kamar dikunci dan mencoba googling untuk mencari bagaimana cara membuat header blog yang sederhana. Saya tahu kapasitas saya dalam dunia bloging apalagi urusan membuat blog nampak cantik, none.

Menggunakan Photoscape untuk Membuat Header Blog

Photoscape akhirnya saya download karena ada beberapa artikel yang memberikan contoh untuk menggunakan photoscape dalam membuat header blog. Setelah mendownload photoscape, langsung bisa? enggak? kudu manyun dulu karena enggak ngerti bagaimana bisa muncul yang ini yang itu sesuai dengan artikel yang saya baca.

Alhamdulillah enggak sampai ngedor pintu doraemon. Saya mencoba beberapa kali dan akhirnya sukses menurut saya, setelah empat kali mencoba. Lihat, ini yang menurut saya sukses, 

Bagiamana? 

Ini tampilan dalam blognya,

Menggunakan Pixlr untuk Membuat Foto Berbentuk Bulat

Setelah itu saya menuju ke galaksi pungky, emak satu orang anak bernama Jiwo ini sukses memberi saya inspirasi untuk membuat foto berbentuk bulat di dalam header blognya. Lalu saya mencari tutorial di google dan bertemu dengan artikel milik Mbak Anita Handayani.

Mbak Anita memberikan tutorial yang sangat mudah untuk dipelajari, menggunakan Pixlr Editor yang bergambar kupu-kupu. Saya mengikuti step by step, dalam hati bilang, gampang sekali....and then, bisa? enggaaaaa? mewek gulung gulung jadi dadar gulung.

Saya harus mencoba beberapa kali, ada kali enam sampai sepuluh klik, dan enggak muncul seperti yang Mbak Anita jelaskan. Saya pasrah, saya menyerah dan bilang menyerah namun tetap mencoba, lah...kok bisaaaaa? horey dan saya pamer dong ke group saya.

Salah satu foto yang berhasil saya buat menjadi bulat adalah, tralaaaa:

Setelah itu, langsung dech, mencoba lagi membuat header menggunakan Photoscape dengan foto berbentuk bulat. 



Jadi inti dari semua ini adalah, jika saya memang benar-benar ingin belajar sesuatu, pasti ada jalannya. Semula saya tidak mengerti apa-apa, lalu sahabat di group blogger memberikan pecutan berupa upaya mereka membuat header blog, la saya juga pingin seperti mereka. Jika keinginan saja tanpa upaya hasilnya none, dan ini saya bisa sodara, tapi emang membuat header blog keknya emang mudah ya.

Makasih ya semuanya, ada masukan untuk membuat header paling mudah? silahkan di tuliskan. Oiya, Mba echa mamanya raffi, membuat template blognya juga keren abis, saya juga terinspirasi dari mbak echa ini, silahkan jika yang ingin melihat blognya. Hayuk atuh, belajar lagi.

#Cara membuatnya kok enggak ditulis? nanti ya kalau emang bener-bener ini emang bener.


Comments

  1. ajarinnnn hehehehe....tutorialnya doonggg mak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy tolong ajarin donk step-stepnya yang detail biar enak hehehehe | permen jelly

      Delete
    2. waaahhh udah sana bikin resep amaknan ajaa

      Delete
  2. waaah kamu keren deh mbaa...ikye kalo kumat males mikiir hahaha

    ReplyDelete
  3. Aku tunggu bocoran caranya, yaaaa :)

    ReplyDelete
  4. Kalau aku suka pakai PS sama LR untuk edit foto mak.

    ReplyDelete
  5. Terus bljr ya mak..kalau ditekuni pasti bs..

    ReplyDelete
  6. wah keren..

    aku buat sendiri juga headerku mak...

    ReplyDelete
  7. Wah cantik nuansa kuning nya. Oh iya Mb Astin dapat sertifikat sebagai finalis 50 Besar Besar Srigandi Blogger KEB dapat dari mana? koq aku belum dapat sertifikatnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ma'af ternyata saya sudah dapat sertifikat finalis 50 Besar Besar Srikandi Blogger KEB yang diadakan pada tahun 2014

      Delete
  8. Keren mba hedernya kalau saya sih sukanya yang simpel bawaan dari template biar loadingnya nggak berat

    ReplyDelete
  9. Yeaayyy... Astin keren... ayok bikin header lagi

    ReplyDelete
  10. Ituu keren lhooo Mbak Headernya, mbok ya aku diajarin toh..hehe. Kemarin gagal mulu ih.
    pake photoscape dong

    ReplyDelete
  11. Huwaa mpe saat ni ku blum nemu header yg pas mb astin

    ReplyDelete
  12. weheeeei ilmu baru lagi nih, ada cara gampang membuat header tibang pake soto sop atau ngorel ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ngorel jadi inget jaman masih 23 tahunan, aku kursus waktu itu

      Delete
  13. Keren nih Mbak semangat belajar luar biasa...
    Oh iya, saya menggunakan photoscape untuk edit foto sebelum saya unggah ke blog. Biasa foto yg saya upload ukurannya sudah saya ubah menjadi 700 px. Untuk menghemat space di blog wordpress gratisan saya...

    Semangat belajar terus Mbak. Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih bapak, sebelumnya saya menggunakan Pixlr untuk edit foto, em...mumpung sudah di unduh, saya coba dech edit foto pake PSc

      Delete
  14. header blog saya masih apa adanya dan lugu, hehehe... berarti perlu belajar neh... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belajar saya, ikut kekinian Pak Ustadz

      Delete
  15. Saya ingin bisa...blog saya tanpa gambar headernya

    ReplyDelete
  16. Buat saya photoscape itu aplikasi gratis yang jadi andalan bwt ngedit2 gambar untuk ngajar juga Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah, ngajar juga ya Mba, karena Photoshop gak duwe pun gak iso, kalau saya

      Delete
  17. terimakasih info nya mba :) sangat bermanfaat ..

    ReplyDelete
  18. di tunggu cara buatnya, udah bener kok itu hehehe

    ReplyDelete
  19. eh saya juga punya photoscape, besok tak coba aah.. TFS mbakk

    ReplyDelete
  20. mantaaap astin...aku masih suka dengan headerku..tapi memang seruu yaaa

    ReplyDelete
  21. Keren Astin, aku belum nyoba buat header sendiri :)

    ReplyDelete
  22. keren!
    suka sama header yg pertama, warnanya manis :)

    ReplyDelete
  23. Asyiiik, akhirnya nemu cara bikin foto bulat, makasiih mb infonya

    ReplyDelete
  24. Wah...ada bocorin nih..jadi bisa mempercantik tampilan blog...di tunggu trik jitu yang lainnya ya mbak..makasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Penyebab Nasi di Rice Cooker Cepat Basi

Pernah tidak mengalami nasi di rice cooker cepat basi, baru juga masak tadi pagi, sore hari sudah basi, basinya berair pula. Beberapa kali saya mengalami nasi di rice cooker basi dan dari kurun waktu 2008-2015 saya sudah berganti rice cooker sebanyak, lima kali. *Boros sekali ya? semoga ke depan tidak sering-sering berganti rice cooker ya. Mengganti rice cooker juga dengan pertimbangan, nasi yang dimasak cepat sekali menjadi basi. Iya, sewaktu membuka rice cooker setelah masi matang, aroma yang keluar sudah tidak enak, sewaktu dicentong, nasinya berwarna kuning dan pada lapisan bawah, nasinya berair.
Pengalaman Mendapati Nasi di Rice Cooker Basi
Sewaktu mendapati nasi di rice cooker basi, saya kaget dong. Lah wong baru saja masak, kok aroma nasinya sangat tidak enak. Lengket dan ketika nasinya dipindahkan, bagian bawah nasi itu berair. Rice cookernya juga berair, airnya juga bau.

Menyalahkan Beras Duh, merasa bersalah sekali nich, akibat nasi di rice cooker cepat basi, saya menyalahka…