Skip to main content

Cara Mudah Membuat Cumi Goreng Tepung atau Calamari

Masak masak sendiri, makan makan bersama, sungguh indahnya dunia kurasa, saat ini...saat ini. Kok jadi menyanyi? sedang senang ya bu? sedang bahagia? sudah pastinya saya sangat senang dan bahagia. Pasalnya...cieeh..kebanyakan nonton boboiboy *peluk Faiz. Again, pasalnya saya sudah menemukan cara mudah membuat cumi goreng tepung atau Calamari.



Cumi goreng Tepung oh Cumi,


"Mba Astin, bikin cumi goreng tepung itu, gampang sekali!!" Ach serius? enggak bisa bikinnya, belum pernah dan saya bilangnya begitu, kan kan jadi afirmasi negatif kan, buat #dapurabank. Apalagi Faiz merengek terus minta dibuatkan cumi goreng tepung. Jujur, saya belum pernah membeli cumi dan kemudian dieksekusi menjadi cumi goreng tepung. Belum pernah, dan kali itu adalah pertama kalinya *memalukan.

Jadi, silahkan Faiz memesan cumi goreng tepung, di mana saja ketika makan di luar. Cumi goreng tepung yang disajikan dari berbagai resto dan tempat makan yang telah dicoba, semuanya standar. Ada yang susah sekali digigit, susah sekali ditelan ada yang kriuknya nendang ada yang enggak kriuk dan rupa-rupa. Jadi, takut-takut kalau ingin membuat cumi goreng tepung. Apalagi, cerita membersihkan cuminya, beeeuh...sudah pingin sewa orang saja kalau Faiz merengek untuk dimasakan. *Nyebelin banget kan?

Segalanya Berubah karena Cumi Goreng by me


Segalanya berubah sahabat, karena saya berani membeli cumi dengan perasaan kosong, hampa dan enggak ngerti akan dibuat seperti apa itu cumi yang cantik. Faiz memaksa umminya untuk membeli. Sampai di rumah, suami saya menambah parah tingkat kecemasan saya akan cumi. Faiz ada ada saja, minta cumi goreng tepung,beli kan bisa.

Baiklah, emak internet segera dimulai. Ganti-ganti boboiboy sama cara membuat cumi goreng tepung. Iiih, kan di hape bisa, mi. Faiz mau cumi goreng tepung, enggak? mi mau lihat videonya, videonya bukan tulisan. Alhamdulillah sahabat, video dari sunco berhasil membuat saya berani untuk mengeksekusi cumi di #dapurabank.

Resep Cumi Goreng Tepung




Bahan yang perlu disiapkan, saya langsung menyiapkan terlebih dahulu. Cuminya dicuekin terlebih dahulu. Mengapa? karena cumi itu amis, kalau membersihkan cumi terlebih dahulu, menyiapkan bahan-bahannya bisa-bisa tangan bekas membersihkan cumi, kan...gak efektif pokoknya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  1. Tepung terigu pakai ilmu kira-kira sesuai dengan banyaknya cumi
  2. Telur 2 buah
  3. Air matang secukupnya
  4. Garam sedikit saja
  5. Es batu 4 buah
  6. Minyak goreng

Cara Membuat Cumi Goreng Tepung :

  1. Bersihkan cumi dengan tidak membelahnya *saya membelahnya, karena enggak ngerti. Alasannya mencari di mana posisi tintanya,
  2. Kocok telur dan masukkan garam sedikit, kemudian tepung terigu dua sendok, aduk rata menggunakan air dan es batu.
  3. Masukkan cumi ke dalam adonan telur, tepung dan air.
  4. Aduk-aduk hingga cumi terbalut dengan adonan tersebut.
  5. Ambil cumi menggunakan tangan dan masukkan ke dalam tepung terigu yang kering.
  6. Padatkan menggunakan tepung kering sehingga badan cumi terbalut tepung.
  7. Masukkan ke dalam minyak panas dalam penggorengan.
  8. Angkat jika cumi goreng tepung sudah terlihat menguning/ tidak ada gemerisik minyak

Cumi Goreng Tepungnya Empuk dan Kriuk di Luar


Sewaktu memasukkan cumi yang dibalut tepung, perasaan saya masih deg-degan, jadi enggak, jadi enggak, Namun demi menjaga wibawa #dapurabank, saya kalem. Sewaktu memasukkan ke dalam minyak panas, saya berdoa...memasrahkan semuanya *lebay. Alhamdulillah terlihat good meski sempat dikomentari suami "ring dek, ring...enggak usah dibelah... " pyuuh. Faiz nyengir dan berkata, enggak apa-apa mi, yang penting kan cumi goreng tepung.

Pelajaran memasak cumi goreng tepung dengan cara yang mudah ketika membuatnya, sudah berhasil. Sewaktu memegang cumi goreng tepungnya keras, pas digigit kriuk dan ketika cuminya terkena gigitan, eeeeempuuuuuk abis. Ada yang mau nantangin saya memasak yang lainnya? *tutup muka pakai bantal, yuk bobo.

@astinas

Comments

  1. Nggoreng cumi itu uji nyali hahaha. AKu paling sebel kalau nggoreng bagian kepala, suka meledak-ledak *lebay. Oya, kalau aku sih, aku minta tolong penjualnya buat bersihin cumi yang kubeli. Sekalian dipotong n dikupas. Jadi sampai rumah udah bersih. Aku nggak pakai tepung terigu tapi pakai tepung bumbu Kobe yahahaha... enaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apinya kecil mba fit...ama siapkan helm...hehe, iya y...yg mengupas sananya

      Delete
  2. aku kalao masak cumi, merah merah kulitnya aku lepas juga, tapi agak mabok karena amis banget ya pas mentahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak tapi sesuai selera...soalnya aku suka pas uda putih

      Delete
  3. barusan aja makan cumi...cumi emang enak apalagi dimakan ama yg crispy crispy :)

    ReplyDelete
  4. aku juga suka cumi tepung mak,krenyes2...kadang habis digado hahaah

    ReplyDelete
  5. kriuk ya mak...kesukaan adek aku ini jg si kecil
    makaish yak

    ReplyDelete
  6. kalau mau agak kres tambahin dikit tepung maizena. Tapi dikit banget, klo kebanyakan bisa bwt ngelempar maling :D

    ReplyDelete
  7. Aku pengin nyoba nih Astin...tapi aq ga kuat amisnya hiks....

    ReplyDelete
  8. ga pernah masak tapi doyan makan, haha..

    mau dong, mak :D

    ReplyDelete
  9. aku mau dong dimasakin mak astin cumi goreng tepungnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pingin sih...mbak lid mau? Aku masskin? Gak enak py,? Heheee

      Delete
  10. wah ak doyan bgt..tp males masakny.bikinin donk hehe

    ReplyDelete
  11. Cumi tepung ini enaaaaaak. Iiiih aku jd pengen goreng juga. Mbak astin bikin ngileeerrrrr...

    ReplyDelete
  12. wah, enak tuh mbak, saya suka seafood, cumi suka, tapi paling suka sama udang sih
    makasih resepnya :)

    ReplyDelete
  13. kesedapan cumi udang goreng memang sangat tergantung pada cara memasaknya ya, pake Bissmillah...juga kan?

    ReplyDelete
  14. belum berani bersihin cumi sendiri meski doyan makannya hehe btw memang gak pakek bumbu lain ya mbak selain garam?

    ReplyDelete
  15. Ah,,, sedapnyo..
    Enak banget ya kalo dimasakin..
    #dasarcalonistripemalas haha
    :

    ReplyDelete
  16. Cieee makin rajin masak nih, yaa. Faiz jdi ngga perlu beli di luar ya, Mbak.

    ReplyDelete
  17. Kalau menurutku, cumi itu yang enak ya tintanya itu. Jika tintanya tidak ada kurang sedap terasa gimana gitu.

    ReplyDelete
  18. Aku biasanya cumi dicelup telor & tepung sagu kering. Bumbunya bawang putih, merica, garam. Belum pernah pakai es batu. Aku coba ya, copas resepnya :)

    ReplyDelete
  19. wah keliahatannya sangat enak
    harus coba juga di rumah :)

    ReplyDelete
  20. Iish tinta cuminya gak moncrot yaa mbak...meski gak dibelah ..arrg jadi penasaran :) selamat ya sukses bikin calamarinya :)

    ReplyDelete
  21. Boleh dicoba nih resepnya, kayaknya enak buat camilan hehe

    ReplyDelete
  22. bahhh pas buka si cumi pas lagi puasa, pas laper2nya pulak, itu cumi diapain aja juga enak, paling suka kalau dipepes mbak

    ReplyDelete
  23. dulu sering masak ini, sekarang jarang soalnya suami lagi diet kolesterol

    ReplyDelete
  24. salah satu makanan kesukaan anak saya ni, tapi kalau bikin suka gagal mulu :) kalau ga gosong malah lembek tepungnya.

    ReplyDelete
  25. Saya coba resepnya ya, Mbak...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu

Tiga tahun yang lalu saya sudah ingin sekali menceritakan pengalaman ini. Pengalaman pertama kali kehilangan satu gigi depan bagian atas. Pengalaman tidak memiliki gigi depan bagian atas dan harus ompong selama beberapa minggu. Pengalaman setiap beberapa hari sekali ke dokter gigi, untuk mendapatkan perawatan gigi yang hilang tersebut. Pengalaman dipasang gigi palsu tanam dan menggunakan gigi tersebut hingga tiga tahun. Dan juga pengalaman ketika gigi palsu tanam tersebut hampir lepas.

Fungsi Utama Gigi
Menurut Wikipedia Indonesia, Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Memiliki struktur dan variasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi itu sendiri adalah untuk merobek atau mengunyah makanan. Dengan adanya gigi dengan struktur yang lengkap dan sempurna. Proses merobek dan mengunyah makanan akan menjadi mudah. Untuk menyantap makanan yang keras, makanan yang panas ataupun dingin oke oke saja, kan giginya sehat.

Fun…