Skip to main content

Posts

Showing posts from November, 2015

Home Sweet Home itu Kampung Halamanku

Teman-teman semua, siapa diantara teman-teman yang belum pernah merantau?. Haduuh, banyak juga ya? Saat masih usia remaja, saya sudah diajarkan untuk berjauhan jarak dengan bapak dan ibu serta saudara-saudara semuanya. Memang sich tidak begitu jauh, antara Cilacap dan Banyumas. Namun, selalu setiap akhir minggu, saya selalu rindu akan kampung halaman. Rindu rumah orangtua yang saat itu apa adanya, dan rindu semua yang membuat hidup saya selalu berwarna.

Bertemu dengan suami juga di perantauan. Saya mengadu nasib di Jakarta, mencari sebongkah berlian dan bilangnya mah, mencari pengalaman waktu itu, waktu masih belum tahu, betapa kerasnya Jakarta. Suami mah, lahir dan besar di Jakarta, belum pernah sama sekali merasakan bagaimana hidup dalam perantauan, belum pernah merasakan rindunya rumah, ibu, bapak dan saudara yang jauh dari kita.


Selalu Nyaman di Rumah Orangtua
Jika ada yang bertanya, di mana tempat yang nyaman buat saya, rumah orangtua. Rumah di mana saya beranjak remaja, bertumbu…

Menjadi Diri Sendiri dengan Perhiasan Orori

Tadi malam, saya ingin sekali berpenampilan sama seperti anak perempuan imut saya. Menggunakan legging, dress panjang di bawah lutut, sweater dan kerudung. Tapi apa daya, bahan pakaian anak saya dengan bahan pakaian saya berbeda jauh. Jadi kesannya , jika saya terlalu memaksakan penampilan saya ingin sama dengan anak perempuan saya, itu saya bersiap untuk dilirik oleh orang-orang. Bukan untuk diperhatikan dan dinilai bagus dan waaaah. Tapi, bisa jadi orang-orang akan memperhatikan penampilan saya yang terlalu memaksa.

Ya sudah, saya urungkan niat saya untuk memadupadankan pakaian. Kembali seperti biasanya saja, apa adanya namun terlihat elegan. Eheheee, ya kan daripada terlalu ribet menginginkan sesuatu yang ternyata kurang pas di diri saya? seperti halnya menggunakan perhiasan. Saya akan memilih dari pagi hingga petang. Lah lama sekali? ya karena saya menginginkan perhiasan saya sesuai dengan kepribadian saya yang sederhana. Contohnya, jika ingin membeli cincin, tidak terlalu besar, …

Ayo Gerak, Agar Badan Tetap Bugar di Musim Hujan

Masih tentang musim hujan, musim yang sering hujan, bisa hujan satu hari sekali tapi deras sekali, yang bisa membuat rumah bocor. Bisa hujan yang sepanjang hari, ringan dan membuat perut selalu ingin diisi dengan yang hangat-hangat, alamat bertambah berat badan. Ada hujan yang cuma tiga hari atau empat hari sekali, itu di Tangerang bagian rumahku, sudah beberapa hari tidak hujan. Padahal saya benar-benar merindukan hujan yang sepanjang hari.

Hujan sepanjang hari yang membuat tempat tidur, selimut, televisi dan camilan menjadi pilihan paling favorit. Hujan sepanjang hari namun intensitasnya ringan, dan biasanya ya, di beberapa tempat akan tergenang air alias banjir. Banjir di daerah saya, tidak begitu besar. Hanya tiga sampai lima puluh meter saja dan cepat sekali menyusut airnya. Jadi ini permasalahan drainase-nya saja. Semoga jika musim hujan sepanjang hari datang kembali, masalah tersebut dapat diurai. Juga masalah lain yang timbul dari hujan sepanjang hari, bagaimana menjaga agar b…

Hati-Hati Mengendari Sepeda Motor ketika Musim Hujan

Sewaktu bekerja dulu, saya mengendarai sepeda motor. Jarak antara rumah bisa ditempuh kurang lebih lima belas menit, dan saya memiliki rute yang berbeda saat berangkat dan saat pulang dari kantor. Berangkat dari rumah saya mengendari sepeda motor melewati jalan perkampungan dan terasa lebih memutar, karena harus melewati jalan tikus yang memutar, belak belok dan menyeberang rel kereta, yang licin ketika musim hujan tiba. Mengambil rute memutar, karena menghindari jalan besar Daan Mogot yang kalau pagi, ramai, padat, macet dan dominasi kendaraan besar.

Nah, waktu pulang, jalan Daan Mogot pilihannya, kantor saya berada di kiri jalan dari arah Jakarta ke Tangerang, jadi tidak perlu menyeberang dan tinggal belok kiri, sudah masuk ke jalan utama dan mengirim saya masuk ke dalam perumahan tempat tinggal. Alasannya? tidak mutar muter dan jalan kampung kalau sore, banyak sekali anak-anak bermain di tengah jalan.

Mengendarai Sepeda Motor ketika Hujan
Sepeda motor merupakan alat transportasi ya…

Tempat Menyimpan Kosmetik

Tragedi, ketika lipglos wardah saya terkulai lemas isinya, bentuknya sudah acak adul dan tak berbentuk. Saya ada waktu Fira bermain kosmetik di dalam pounch kosmetik. Salah saya juga, tidak memastikan apakah permintaan saya kepada pengasuh Fira untuk menyingkirkan lipstik lipstik di dalam pounch, dan dipindahkan ke atas lemari. Saat saya melihat lagi ke arah Fira, waaaaw? lah tadi bukannya sudah dipindahkan ya? lah kok masih ada di Fira lipstiknya? Pengasuhnya memberikan lipstik dan kubukaa, whaaaatz? ini? iya sama Fira, bu. Jarinya Fira tadi masuk ke lipstik. Duh, ngerti Fira mainan lipstik bukannya diambil, malah kesenangan Fira buka tutup lipstiknya daaaan jadi rusak kan? masih bisa dipakai, bu?Hiks, sedih tahu.

Saya memang menyimpan kosmetik di beberapa tempat. Di atas rak di dalam kamar, saya menempatkan kosmetik harian yang biasa dipakai, dan Fira masih belum mampu meraihnya. Kemudian, di pounch saya juga menyimpan kosmetik yang akan dibawa ketika berpergian. Satu lagi, saya jug…

Pilihan Tas untuk Jalan-Jalan

Siapa yang tidak suka jalan-jalan? siapa yang suka jalan-jalan tanpa membawa tas? rata-rata yang suka jalan-jalan membawa tas. Siapa yang suka jalan-jalan dan membawa tas, pasti memiliki beberapa pilihan tas. Saya suka jalan-jalan, berarti saya membawa tas dan memiliki beberapa pilihan tas. Jadi inget pernah mendapatkan pelajaran logika, apa ya namanya pelajaran ini. Diih ribeetnya ampun, deh. Jika A adalah B, B adalah Z jadi C itu apa? gubaraaaak, emak-emak sudah puluhan tahun lulus kuliah, sudah lupa akan ilmunya? bairin ach, jalan-jalan saja yuk.

Saya pernah mengalami fase kegalauan tingkat akut, ketika diajak jalan-jalan tapi tidak memiliki pilihan tas. Bingung sekali, beneran sampai duduk lama-lama di ujung tempat tidur hanya untuk merasakan kesedihan yang melanda. #plaaaak, lebay banget. Serius, saya tetap mensyukuri ada beberapa tas yang saya miliki, ada beberapa pilihan gaya dan ada beberapa pilihan bahannya. Hanya, saat saya merasakan kegalauan susah untuk memilih tas apa yan…

Resep Membuat Pizza Tanpa Oven

Sarapan menyantap pizza mah sudah biasa bagi saya dan suami. Jadi, pizza yang dibeli semalam dipanaskan dan disantap lagi, Faiz tidak terlalu suka pizza. Sudah lama sekali sering membaca resep membuat pizza, tapi kan saya tidak memiliki oven, enggak bisa membuat dough-nya. Waktu itu pikiran saya hanya nanti kalau gaga, sayang-sayangin bahan-bahannya saja *ngiiik.

Emak malas kemarin kangen ke Mbak Indah yang tinggal di Jepang. lalu ngetuk pintu mayanya dong. Apa yang disajikan di rumahnya? trala resep membuat pizza tanpa oven. Awal membaca, saya masih belum tertarik untuk membuatnya. Perlahan-lahan, tulisan yang menerangkan cara membuat saya pelajari, saya resapi dan saya dalami sembari membayangkan jika saya membuat pizza tersebut. Resep membuat pizza tanpa oven tersebut sangat sederhana dan mengajak saya, untuk segera membuatnya.


Resep Membuat Pizza Tanpa Oven
Pada resep yang diberikan oleh Mbak Indah, tepung terigunya Sebanyak 3 1/2 cup. Sedangkan di rumah enggak punya cup ukuran, du…

Musim Hujan dan Kenangan

Bulan ini harusnya sudah hujan, itu berdasarkan hitungan musim ya, setelah musim kemarau yang panjang. Namun di tempatku, hujan masih malu-malu kucing, ada beberapa kali datang namun masih sering panas yang menyengat. Siang tadi, matahari terasa panas sekali namun beberapa menit mendung mengelanyut manja seperti kenangan akan musim hujan.

Jujur saya heran, mengapa musim hujan sering diidentikkan dengan kenangan atau banyak yang mau mengenang peristiwa pada musim hujan dibandingkan dengan musim kemarau. Padahal, jika dipikir-pikir, pada musim kemarau itulah banyak sekali peristiwa yang terjadi. Eh, enggak tahu juga sich, apakah ada juga yang senang mengenang peristiwa musim kemarau? kalau saya, ingin mengenang musim hujan.

Musim Hujan
Musim hujan teorinya datang pada bulan Oktober hingga April. Namun karena terjadinya pemasanan global, musimpun sering tidak datang pada waktunya. Jika datangpun akan berdampak luar biasa, kemarau yang berkepanjangan, atau hujan yang berintensitas sangat …

Kue Ulang Tahun

Saya pernah lho, ngidam sekali kepingin dibelikan kue ulang tahun. Dari kecil, saya tidak pernah dibiasakan untuk merayakan hari kelahiran atau biasa disebut perayaan ulang tahun. Sedih ya, ya masing-masing orang tua memiliki pengertian dan pemahaman masing-masing. Orangtua saya memiliki hal yang berbeda, dan hal tersebut membuat saya dan kakak serta adik-adik bahagia. Bapak dan ibu selalu mengucapkan selamat ulang tahun pada pagi hari ke telingga saya sembari membangunkan.

Itu waktu kecil, sampai saat ini, dalam jarak yang begitu jauh, ibu masih menyempatkan untuk menuliskan pesan ucapan ulang tahun atau berkomunikasi melalui sambungan telepon. Bisa jadi, orangtualah yang pertama kali memberikan ucapan ulang tahun. Tidak ada kue, tidak ada perayaan dan ucapan serta nasehat yang diberikan oleh kedua orangtua saya.



Kue Ulang Tahun
Sekarang saya sudah berkeluarga, sudah memiliki suami dan anak-anak. Ucapan ulang tahun dari beliau sebagai formalitas saja, duh kasihan sekali yak *tetiba i…

Resep Camilan Pisang Panggang Cokelat Keju

Siapa yang tidak suka camilan? suami saya yang katanya ingin menurunkan berat badannya, bisa juga menghabiskan camilan yang saya buat. Camilan yang tersedia di rumah juga camilan sederhana yang berbahan baku mudah didapatkan. Ingin sich, membuat camilan yang aneh-aneh, tapi ada daya dapur belum siap untuk bekerja sama denganku. Jadi sementara saya membuat camilan dengan bahan yang mudah didapat dan cara membuatnya juga mudah.

Salah satu camilan yang paling sederhana adalah pisang panggang cokelat keju. Buah pisang mudah kan ditemui di pasar? atau jika yang memiliki kebun pisang, boleh banget tuh untuk dikirim ke saya, untuk dibuat camilan. Pisang yang dicoba untuk membuat pisang panggang ini, pisang kepok. Saya membelinya di pasar luar kompleks, bisa ditawar harganya. Kalau di dalam komplek perumahan harganya tinggi sekali dan tidak bisa ditawar. Mentang-mentang di perumahan gitu? harganya dinaikan? padahal kualitas dan kuantitasnya sama, lho *sudahlah lupakan.



Pisang Panggang Cokela…

Mengambil Gambar Anak Aktif dengan Asus Zenfone 2 Laser

Sepagi ini saya melihat dan membaca sebuah kabar dari teman-teman yang menghadiri Festival ASUS. Duh kok saya terpatuk dan ingin sekali mencoba ASUS Zenfone 2 laser  ya? Teman-teman blogger yang datang, pasti senang sekali hadir dalam Festival ASUS.

Waktu terbanyak bagi saya saat ini adalah di rumah dan menemani putera dan puteri untuk beraktivitas, mulai dari bangun tidur, mandi, makan, bermain dan bersosialisasi dengan teman-temannya. Ada banyak sekali tingkah, polah dan perilaku anak-anak yang membuat saya suka gemes jika tidak merekamnya di dalam sebuah gambar. Mengawali hari, ketika puteriku dibangunkan merupakan momen terindah ketika dia sedang mengulet dan marah ketika dibangunkan, duh ekspresi yang satu ini, sangat tidak boleh untuk disia-siakan begitu saja.

Jika ekspresi bangun tidur saya berada di dekatnya dan leluasa untuk mengambil gambarnya, beda lagi jika saya sedang beraktivitas atau jauh dari anak-anak. Misalnya ketika saya sedang berada di depan laptop untuk menulis,…

Ngemil di Richeese Factory Kota Tangerang

Hari Minggu kemarin kota Tangerang panasnya luar biasa,kapan diguyur hujan lagi ya Rabb. Saya dan keluarga keluar rumah untuk mencari dan membeli keperluan rumah tangga, keperluan yang sangat urgent dan panas-panas ya keluar sembari bonding bersama keluarga. Setelah keperluan rumah tangga dibeli dan diangkut *wooow kambing kali diangkut. Faiz ditanya abi, ingin makan apa? karena saya kepikiran sayur di rumah, saya mengindahkan pertanyaan abi dan meminta untuk pulang ke rumah saja. Namun e ternyata setelah berbelok dari arah setasiun Tangerang, abi berseru kocak "E...ini ada Richeese, baru buka nich" dan saya menjadi labil dengan mengatakan, "Ya sudah mampir yuk" baru kah? sudah lama kali *ditoyor ayam kejuh.



Richeese Factory Baru Buka dan Ada Diskon!!!
Saya belum pernah makan di Richeese Factory, sering lewat dan pernah membaca blogpost teman-teman serta pernah mendengar rekomendasi dari aunty Ayu. Oleh karena itu, karena berpikiran Faiz saja yang makan, hayo sajah…

Jasa Digital Photo Studio

Hai teman-teman, suka foto-foto? suka foto menggunakan background alami atau background buatan yang nota benenya sudah digunakan oleh banyak orang, jika backgroundnya pasaran, merah biru untuk pas photo begitu? ehheee. Bapak saya dulu pernah bekerja di sebuah Photo Studio, dulu belum digital dan alhasil foto masa kecil kakak saya buaaaanyaaaknya minta ampun. Photo Studio juga sangat berjaya dua dua puluh lima tahun yang lalu. Bapak sering mengajak kami pergi ke Photo Studio, untuk merekam peristiwa-peristiwa yang menyenangkan, seperti bapak wisuda dan lain sebagainya. Kalau sekarang kebanyakan sudah menggunakan Digital untuk Photo Studionya ya, karena sudah kalah keren jika Photo Studio hanya bermodalkan kain merah dan hitam untuk bacground foto.



Memiliki Koleksi Foto
Semenjak saya memiliki kamera portabel (2009) saya suka foto-foto. Foto apapun tapi hasilnya ya begitu-begitu saja, belum pernah mengikuti kelas fotografi atau semacamnya. Jadi koleksi foto terbanyak adalah foto anak-ana…

Mempersiapkan Foto Bersama Keluarga Besar

Beberapa kali saya dan keluarga besar menyempatkan waktu untuk membuat foto bersama keluarga besar, rasanya seperti sedang mempersiapkan pernikahan. Heheeee, segitunya? yak? yuppy, apalagi foto bersamanya dilakukan di sebuah studio foto dan menggunakan riasan untuk perempuannya. Niat banget ya, foto studio menggunakan make up a la a la apa gitu. Kalau menurut ibuku, setahun sekali, lagian saudara saya semuanya sudah menikah, gak mungkin pake make up lagi kan foto bersama keluarga besarnya? ehheee, ngehles.

Bayangkan, rumah bapak dan ibu yang luas begitu, sampai terasa sempit kalau saya dan saudara semua sudah berkumpul. Ibu sampai melakukan perombakan pada ruang makan dan ruang belakang. Jadi luas, biar cucu-cucu yang lari-larian bisa leluasa. Mungkin besok bapak dan ibu akan membuatkan lapangan sepak bola untuk lima cucu laki-laki dan satu cucu perempuannya?

Sudah kebanyang seperti apa, jika foto bersama keluarga besar dilakukan di studio foto. Mengantri di kamar mandi, alhamdulillah…

Gema Cermat, Edukasi untuk Masyarakat Seperti Saya

Saya menerima sebuah undangan cantik dari Kementerian Kesehatan untuk menghadiri talkshow Gema Cermat dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke-51. Acara ini diselenggarakan di JI Expo Kemayoran Jakarta. Seharian saya terpaku dengan sebuah singkatan Gema Cermat, apa itu gema cermat, dalam pikiran terendah saya, adalah geakan untuk cermat dalam semua hal. Mungkin saya telah lelah sehingga sudah tidak cermat lagi, pagi ini pun saya diberi oleh ART saya, segepok uang dari saku kemeja suami yang telah dicuci. *plaaaak, jumlahnya booo...enggak ngeh amat.

GeMa CerMat
Bersama teman-teman blogger, ibu-ibu dharwa wanita dan adik-adik pramuka saya mengikuti talkshow Gema Cermat. Nah, sebelumnya saya kepoin apa itu Gema Cermat, takutnya saya ditunjuk untuk menjawab kuis pertanyan tersebut kan malu-maluin. Gema Cermat itu kepanjangan dari Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat.

Gerakan identik dengan ajakan, masyarakat itu termasuk saya dan keluarga, Cerdas itu tidak bodoh-bod…

Penyebab Nasi di Rice Cooker Cepat Basi

Pernah tidak mengalami nasi di rice cooker cepat basi, baru juga masak tadi pagi, sore hari sudah basi, basinya berair pula. Beberapa kali saya mengalami nasi di rice cooker basi dan dari kurun waktu 2008-2015 saya sudah berganti rice cooker sebanyak, lima kali. *Boros sekali ya? semoga ke depan tidak sering-sering berganti rice cooker ya. Mengganti rice cooker juga dengan pertimbangan, nasi yang dimasak cepat sekali menjadi basi. Iya, sewaktu membuka rice cooker setelah masi matang, aroma yang keluar sudah tidak enak, sewaktu dicentong, nasinya berwarna kuning dan pada lapisan bawah, nasinya berair.
Pengalaman Mendapati Nasi di Rice Cooker Basi
Sewaktu mendapati nasi di rice cooker basi, saya kaget dong. Lah wong baru saja masak, kok aroma nasinya sangat tidak enak. Lengket dan ketika nasinya dipindahkan, bagian bawah nasi itu berair. Rice cookernya juga berair, airnya juga bau.

Menyalahkan Beras Duh, merasa bersalah sekali nich, akibat nasi di rice cooker cepat basi, saya menyalahka…