Skip to main content

Hal yang Harus diperhatikan Saat Belanja Online

Sebagai seorang wanita, seorang istri dan seorang ibu dari dua orang anak. Saya membutuhkan berbagai barang kebutuhan yang mendukung karir saya di dunia rumah tangga, karena sekarang saya sudah sukses untuk berhenti bekerja. Oleh karena itu, saya harus pintar-pintar dan menempatkan porsi keuangan setepat mungkin, jauh berbeda ketika saya masih bekerja. Apalagi untuk urusan belanja.

Macam-Macam Pengeluaran Belanja

Sebelumnya, harus benar-benar dipahami apa saja yang harus masuk daftar belanja rutin, belanja tidak rutin dan belanja tambahan, dalam arti belanja setelah belanja tidak rutin.
  1. Belanja rutin : belanja kebutuhan pokok, untuk dapur, untuk kebutuhan kamar mandi, kebutuhan cuci pakaian, cuci baju, kebutuhan rumah tangga yang sifatnya wajib harus ada di setiap rumah tangga. 
  2. Belanja tidak rutin : belanja kebutuhan kosmetik, biasanya ini pertiga bulan atau per enam bulam, tergantung pada tingkat pemakaian, belanja baju atau sandang. Saya suka lupa kalau harus belanja baju, hehee....jadi belanja baju adalah belanja tidak rutin, sama seperti belanja sepatu atau sandal.
  3. Belanja tambahan : belanja kebutuhan tidak terduga, contohnya anak tetangga ulang tahun, ada tetangga menikahkan anaknya atau ada teman nikahan, ada sumbangan rt, harus pergi ke luar kota, tambahannya sudah pasti harus belanja kebutuhan selama bepergian. Contohnya, butuh baju baru untuk menghadiri resepsi keluarga di luar kota, ada tambahan lagi, snack dan makan selama di perjalanan.

Cara Berbelanja

Di atas saya membagi ada tiga macam belanja, belanja rutin untuk kebutuhan yang harus ada dan sifatnya wajib ada, belanja tidak rutin yang bisa ditunda hingga memiliki kesempatan untuk berbelanja dan sifatnya tidak wajib, belanja tambahan yang terkadang malah sifatnya urgent dan bisa juga dipendding.

Untuk cara berbelanja, saat ini banyak sekali dimudahkan dengan pekembangan teknologi dan pesatnya kemajuan internet. Jadi, untuk cara berbelanja, saya juga mengikuti perkembangan teknologi, dong.
  1. Belanja langsung atau offline : untuk belanja kebutuhan yang sangat penting, harus ada dan sifatnya wajib tadi, yaitu belanja rutin.
  2. Belanja tidak langsung atau online : untuk belanja kebutuhan yang tidak rutin atau belanja tambahan. Bisa juga berbelanja rutin, namun sifatnya harus menunggu, karena belanja online harus menunggu barang tiba di rumah. 
Hal yang ingin saya garis bawahi di sini, adalah apa yang harus dilakukan sebelum belanja online. Karena saya tahu, saya adalah orang yang kadang suka lupa, jadi kalap kalau sedang berbelanja, apalagi belanja online.

Tentang Belanja Onlineku,

Mau tahu enggak, tahun lalu toko online terbesar di Indonesia, menyelenggarakan diskon besar-besaran bertepatan dengan Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional.  Hari tersebut, yaitu bertepatan dengan tanggal 11 bulan 11 dan tanggal 12 bulan 12 tahun 2014. Ya gitu dech, selepas tanggal 11 bulan 11 tahun 2014, saya kepo dong, banyak sekali yang bilang habis-habisan belanja online, karena tergiur diskon gede. Dan kekepoan saya terjawab, ternyata ada hari belanja online nasional, yang dilakukan oleh semua toko online di Indonesia. 

Singgah dong dan melihat informasi bahwa di www.lazada.co.id pada tanggal 12 bulan 12 tahun 2014 juga akan mengikuti Harbolnas seperti 11-11. Apa yang saya lakukan? saya pantengin terus dan klak klik untuk mengetahui barang-barang apa yang ada di lazada. Pada hari H-nya, saya sibuk belanja dan sibuk merapikan list belanjaan. Ada juga yang saya ingin beli, setelah klik, ternyata habis diborong.

Dari Lazada 12-12 saya membeli lampu emergency merek Idea, Sprei, bantal, guling, bantal leher, termometer digital, apa lagi ya? sepertinya ada lagi? sampai suamiku geleng-geleng dan menunggu, barang apa yang akan datang. Lah, iya, enggak semua barang kiriman dari Lazada, tapi dari berbagai toko online yang ada di Lazada.

Lazada Online Revolution

Cerita di atas adalah cerita setahun yang lalu, sekarang saya juga geleng-geleng kepala, ya Mbakyu. Dari sekian barang yang saya beli melalui Lazada, semuanya masih saya pakai, lampu emergency itu yang paling dibutuhkan, sering mati listrik di sini.



Di lazada, promo terbesar akan datang lagi tahun ini, 11-11 dan 12-12 tahun 2015. Sudah pasti saya akan menantikan Online Revolution 2015, meskipun hanya belanja kebutuhan yang memang benar-benar diperlukan, yaaah 11 12 dengan belanja tahun kemarin lah. Bukan saya seorang suka belanja besar-besaran juga. Menurut saya, apa salahnya belanja online sewaktu promo untuk barang yang memang benar-benar saya butuhkan.

Jika tahun lalu bantal dan guling, karena bantal dan guling yang lama dibeli setelah saya menikah, long time banget kan?. Namun, ada yang harus saya perhatikan ketika akan berbelanja online, khususnya pada saat Lazada Online Revolution, nanti.  

Diperhatikan Hal Berikut Saat Belanja Online

Manusiawi jika masih banyak orang yang rela memborong berbagai barang-barang ketika promo. Mungkin saya juga akan melakukan hal tersebut, seandainya uang saya berlimpahan di mana-mana. Hehee, namun jika diprioritaskan menurut kebutuhan tiap barang tersebut, tentunya akan lebih bisa dikatakan tidak menghambur-hamburkan uang.

Saya memiliki beberapa garis bawah yang harus diperhatikan saat belanja online, yaitu;
  1. Buat list, barang-barang apa yang memang benar-benar dibutuhkan. Untuk point ini, tentunya saya harus berkeliling di Lazada, untuk mengetahui barang-barang apa saja yang sekiranya saya butuhkan.
  2. Siapkan dana yang dibutuhkan untuk belanja online, apalagi yang sedang promo besar-besaran. Buatlah  batas dana yang dipergunakan untuk berbelanja.
  3. Jika sempat, tulislah kisaran harga barang yang dibutuhkan, barang yang tidak sedang promo dan barang yang sedang promo.
  4. Pelajari cara dan ketentuan berbelanja di toko online,
  5. Persiapkan alat pembayaran, di Lazada contohnya, menerima pembayaran debit, kredit dan cod.
  6. Sebisa mungkin berbelanja online di waktu yang engak sedang sibuk, karena nanti malah jadi buru-buru.
  7. Jika takut khilaf, berbelanja bareng pasangan atau jika tidak memungkinkan pasanglah foto pasangan di dekat kita.
Sudah siap untuk menyambut promo besar-besaran di tanggal 11 bulan 11 dan tanggal 12 bulan 12 tahun ini? semoga suaminya saya rejekinya melimpah, saya ada butuh beberapa barang. Yuk, ach siapa mau saya temani untuk berbelanja online? barengan yaa.

Comments

  1. saya mau nyoba pantengin nanti di tgl 11 11 dan 12 12 ah... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku punya pengalaman belanja di 12 12 tahun lalu, semoga tahun ini bisa...lirik suami, hehee.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Lazada ini kan toko online terbesar ya mbak Tanti, jadi penasaran sama apa yang bisa mereka lakukan nanti. Hihihi..

    ReplyDelete
  3. Siaaap mbak. hehehe menunggu tanggal 11 november dan 12 desember :)

    ReplyDelete
  4. kalo sudah lihat diskonan gini, emang biasanya jadi kalap deh belanjanya hihhihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kudu ditemani orang lain kalau belanja online gini, makanya aku ngajak mbak li..hihi

      Delete
  5. siap2 pantengin tanggalnya buat belanjaaa...

    ReplyDelete
  6. Waaaah... Musti siaaap siaaap niiih ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, kali saja mau belanja online,

      Delete
  7. eeeits ada dikon guedeee...big sale banget... asyik mbak :)

    ReplyDelete
  8. Beneran tuch mbak...
    Tungguin ah..siapa tahu discountnya spektakuler..he he

    ReplyDelete
  9. Untuk urusan shopping online, saya sendiri sudah punya langganan tetap kebanyakan sih toko online buku buku komputer dan pakaian anak anak Kalau lazada tau sih tapi belum pernah belanja. Ok ok saya pelajari dulu deh TOS nya Lazada ini

    ReplyDelete
  10. udah gak sabar 6 hari lagi nih :D
    Siapkan dana seperlunya

    ReplyDelete
  11. kalau belanja online enaknya gak usah kemana=mana barang dtaeng sendiri ya :)

    ReplyDelete
  12. Saya ikut mantengin aja, ah... Soalnya yang buat belanja onlen gak cukup deh kayaknya :D

    ReplyDelete
  13. wah, siap2 mantengin Lazada nih nanti.
    belanja online suka bikin khilaf *oh No*

    ReplyDelete
  14. sdh diingat 11 - 11 pas hari "H" agak susah buka web nya mungkin karena banyak yg serbu ya ? punya tipsnya mak supaya gak ketinggalan

    ReplyDelete
  15. Saya dan suami suka bikin list masing2 kalo pas harbolnas, dan sama aja kalo di-list panjang juga listnya. Kalap2 juga, hahaha

    ReplyDelete
  16. waah iya mbak itu memang harus bener2 diperhatikan banget :)

    ReplyDelete
  17. Apa bener lazada di akuisisi oleh alibaba?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Penyebab Nasi di Rice Cooker Cepat Basi

Pernah tidak mengalami nasi di rice cooker cepat basi, baru juga masak tadi pagi, sore hari sudah basi, basinya berair pula. Beberapa kali saya mengalami nasi di rice cooker basi dan dari kurun waktu 2008-2015 saya sudah berganti rice cooker sebanyak, lima kali. *Boros sekali ya? semoga ke depan tidak sering-sering berganti rice cooker ya. Mengganti rice cooker juga dengan pertimbangan, nasi yang dimasak cepat sekali menjadi basi. Iya, sewaktu membuka rice cooker setelah masi matang, aroma yang keluar sudah tidak enak, sewaktu dicentong, nasinya berwarna kuning dan pada lapisan bawah, nasinya berair.
Pengalaman Mendapati Nasi di Rice Cooker Basi
Sewaktu mendapati nasi di rice cooker basi, saya kaget dong. Lah wong baru saja masak, kok aroma nasinya sangat tidak enak. Lengket dan ketika nasinya dipindahkan, bagian bawah nasi itu berair. Rice cookernya juga berair, airnya juga bau.

Menyalahkan Beras Duh, merasa bersalah sekali nich, akibat nasi di rice cooker cepat basi, saya menyalahka…