12 Nov 2015

Happy Hours Emak Blogger with Uber dan Zomato

Advertisement
Sebagai seorang emak blogger yang sudah mengundurkan diri dari pekerjaan di kantor, mendapatkan undangan menghadiri sebuah acara itu mengasyikan. Mengasyikan namun tetap memilih waktu yang tepat, situasi dan kondisi yang kondusif. Maksudnya, jika acaranya bagus namun kondisi tidak kondusif, saya enggak bakal memaksakan kehendak saya, ada keluarga di rumah yang menjadi prioritas, meskipun ada ART di rumah.

Jadi, ketika situasi dan kondisinya kondusif untuk saya menghadiri sebuah acara blogger, saya akan hadir. Selasa, 10 November 2015 kemarin bersama Emak2Blogger menghadiri Happy Hours yang diadakan oleh Uber dan Zomato. Acara berlangsung di Kinara Cuisine of India, Kemang pukul 12.00 - 14.00 jam makan siang.

Uber





Sudah Kenalan dengan UBER?


Satu tahun yang lalu, saya membaca sebuah aplikasi bernama UBER dan mendapatkan voucher gratis setelah berbelanja di toko online. Namun, dikarenakan saya tidak membutuhkan voucher tersebut, saya tidak melihat lebih jelas lagi, apa itu Uber.

Semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi dan internet, semakin bermunculan pula pelayanan jasa yang menggunakan dasar aplikasi di smartphone. Nama Uber kembali terdengar bersamaan dengan pelayanan transportasi lainnya.

Oh i see, Uber merupakan layanan dari sebuah aplikasi smartphone untuk menghubungkan pengguna jasa dengan pengemudi. Jasa yang ditawarkan adalah, jemput dan antar menggunakan kendaraan roda empat. Hubungan antara pengguna dan pengemudi ditengahi oleh aplikasi smartphone yang akan terbaca oleh sistem.

Uber


Di Kinara Cuisine India, Alan Jiang sebagai APAC Expansion dari Uber datang dan menjelaskan dengan rinci dan detail perkembangan Uber di Amerika dan di Indonesia. Alan juga menjelaskan bagiaman seseorang dapat menjadi pengemudi Uber, syaratnya apa saja, bagaimana kelengkapannya dan yang terpenting untuk emak blogger seperti saya, adalah bagaimana cara untuk menggunakan pelayanan Uber tersebut.

Jika akan menggunakan Uber,

Sebelum menggunakan Uber, saya harus register/ mendaftar terlebih dahulu pada aplikasi Uber di smartphone. Caranya sebagai berikut,
  1. Instal aplikasi Uber di smartphone
  2. Masukkan nomer kartu kredit
  3. Nama
  4. Nama email
  5. Nomer HP
Sewaktu register akan diminta nomer kartu kredit, ini juga banyak dipertanyakan oleh Emak2Blogger yang hadir. Why? and Why? dan diberikan manfaat nya mengapa harus menggunakan kartu kredit. Jika sedang tidak memiliki dana, dan harus menggunakan jasa Uber, itu kemudahannya.

Karena saya harus pulang ke Tangerang seorang diri #tjsaaah. Maka saya mendaftar aplikasi Uber, setelah itu mengisi tempat di mana akan dijemput. Lalu, tempat tujuan saya isi alamat rumah dong, masa mau hang out again.

Dreee dreeet, handphone jadul saya berbunyi, iya karena untuk berkomunikasi, saya menggunakan HP sajah. ternyata dari nomer HP yang tertera di aplikasi Uber. Langsung dong, saya menyapa, Hai Mbak T** saya astin. Dari seberang, menerangkan akan menjemput sebentar lagi, apakah sudah siap? Mbak tersebut juga mengatakan bisa membawa berapa orang dalam kendaraannya.

Uber
Ada foto pengemudi dan nomer mobilnya, keren kan.


Ternyata saya mendapat pengemudi cewe, baiklah akhirnya saya mengajak seorang teman yang kebetulan berdekatan tempat tinggalnya di di sana dan saya di situ. Jadi enggak garing amat perjalanan dari Kemang ke Tangerang. Sepanjang perjalanan saya dan si eneng centil yang ikut satu mobil dengan saya "ngulik" mbak Uber tadi.

So far, untuk keamanan menggunakan Uber saya juga menanyakan ke Mas Gia. Mas Gia ini dari Uber yang mengkoordinasikan acara. Menurut mas Gia, menggunakan Uber sangat aman dan dapat dipastikan aman sekali. Why? karena sebelum kita dijemput, akan muncul nama penjemput, nomer telepon dan nomor mobil yang akan menjemput saya. Silahkan di sreenshoot dan dikirimkan ke suami, ke ibu atau bapak untuk berjaga-jaga.

Maksud saya, apakah aman dari pihak yang kontra dengan Uber. Alan, menjelaskan bahwa Uber merupakan perusahan aplikasi dan tidak sama dengan taksi. Hanya menghubungkan antara pengguna dan pengemudi. Untuk menjadi pengemudi Uber, juga dibutuhkan persayaratan yang sama sesuai peraturan di negara ini. Jadi keselamatan adalah yang terpenting, identitas dan surat-surat juga harus lengkap.

Setelah sampai di tempat tujuan

Di mobil orang saya suka tidak nyaman, dan beneran juga, meskipun ada neng yang ngajak ngobrol, saya merasa tidak nyaman untuk bobo cantik. Jadi sepanjang jalan melek dan melihat plang arah ke Tangerang #takut nyasar dan jeblok ongkosnya, uehee.

Setelah keluar tol kebon nanas, rasanya hati ini maknyes, nyampe juga saya di Tangerang yang semakin tua makin ngerasa was-was kalau di tol. Sampai di rumah, langsung say bye ke mbak pengemudi dan melihat di aplikasi bahwa pesanan saya sudah selesai dan terlihat rutenya kok begini yak?



Setelah melihat  rute, saya melihat ada angka yang menunjukan pembayaran jasa Uber tadi. Whaaat's. em..em...em, lumayan lah angkanya standar dan karena sekian ribu menggunakan voucher jadi saya hanya mengeluarkan uang tol 9.500 di Ampera 2 dan 5.500 di karang tengah serta memotong dari kartu kredit (selisih dari pembayaran voucher dengan tarif)

Uber dan Zomato Saling Kerjasama


Emak2Blogger dan Uber tidak sendiri hari itu, ada Zomato yang menemani dan menyediakan Kinara Cuisine of India ini. Jadi, apaaaaaah? tempatnya India sekali dan so pasti menu yang menemani ngobrol juga ala ala India begitu. Pelayannya juga mengenakan pakaian ala India, yang cewe dengan model sari ala Indoensia dan yang cowo menggunakan baju hitam.

Kinara Uber Zomato


Pertama masuk ke Kinara Cuisine of India, saya takjub dengan tangganya. Anak tangganya lebar di bawah dan mengecil ketika di atas. Pada pegangan tangga ada kain merah kontras dengan warna pegangannya. Pada anak tangga ada corak-corak ala India. Tahu enggak...saya tuh kepingin banget foto di tangga itu #mpi ngimpi dech,

Kinara


Zomato juga merupakan perusahan aplikasi yang menyediakan informasi mengenai restoran dan tempat makan di Jakarta. Jujur saya sering membaca restoran yang saya cari di mesin penelusur memberikan halaman dari Zomato. Why? Zomato itu memberikan informasi secara lengkap dan detail. Mulai dari Daftar menu, foto restoran dan makanan, peta dan arah, penilaian pengguna, ulasan pengguna dan info kontaknya.

Warung bebek di sebelah perumahan saya, ada juga di Zomato loh? kepo sayah? padahal cuma berdinding bambu dan tempatnya sederhana sekali, menggunakan atap tidak permanen. Ketika saya tanyakan kepada Mas Rio dari Zomato, pihak Zomato akan mendatangi secara langsung tempat makan/ restoran yang ada di jakarta/ dari rekomendasi orang. Syarat tempat makan/ restoran masuk dalam list Zomato juga sederhana, memiliki tempat berjualan yang tetap, waktu berjualan yang tetap dan sudah dikenal khalayak ramai.

Em, dari dua aplikasi di atas, saya akhirnya paham meskipun tidak paham 100 % tapi gambarannya sudah dapat dech. Semoga ke depannya untuk Uber dapat dikenal secara luas oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya dan Zomato semakin menarik promosinya. Sudah pernah naik Uber? atau menulis review di Zomato? Untuk menulis review di Zomato akan mendapat point 25 dan upload foto restoran tempat teman-teman makan, akan mendapat point 2. Nah, dengan point yang teman-teman dapatkan, akan mendapatkan rangking pada aplikasi Zomato. Rangkingnya dari 1-13, teman-teman yang memiliki rangking dari aplikasi Zomato akan mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam acara-acara eksklusif dari Zomato. Tertarik? yuk segera instal dua aplikasi tersebut.

Salam
Astin

40 comments:

  1. Belum, pernah coba daftar tapi harus pake kartu kredit, jadi batal daftar. Ada korespondensi dari mereka sih (ini aku suka banget, artinya mereka memperhatikan), tapi pake bahasa Inggris, aku nggak paham.. hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus pakai CC, kalau enggak ya enggak bisa register

      Delete
    2. wah :( sayang banget harus pakek CC :'(

      Delete
  2. aplikasi oke punya ya mak, tertarik sm yg zomato

    ReplyDelete
  3. aku malah baru tahu mbak...makasih infonya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. luamyan lah kalau susah mendaptkan taxi dan adanya cuma smartphone dan ada CC

      Delete
  4. katanya udah bisa tunai ya uber sekarang? bener ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya kemarin enggak dijelaskan y

      Delete
  5. wah gayeng dan ram nih pasti acaranya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ada pengenalan dua aplikasi yang keren

      Delete
  6. serba indiahe ya..
    aku pernah make ke serang astin..setengah hari kayak dicarter cuma bayar 300rb

    ReplyDelete
  7. Uber saya belom pake, tapi Zamato sering sebagai referensi kalo cari tempat hangout gitu :)

    wow, KEB mah eksis banget, jalan2 terus euy
    he he he

    ReplyDelete
  8. Aku belum punya kartu kredit... :(
    Ada sih punya suami hahaha

    ReplyDelete
  9. blm punya... yelah, msh tinggal di kota kecil ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. besok kan ke Jakarta, mau ketemu Vino..heheee

      Delete
  10. Ya ampun cepat banget ya ekspansinya Uber udah sampai di indonesia... ini bakal jadi saingannya gojek versi roda empat.

    dan pastinya yg kayak gitu hanya ada di kota2 besar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehee, semoga kota kota deket kota besar juga bisa ya,

      Delete
  11. kadang iri sama temen2 yg pake apss macem uber, gojek, dll, sayang di sampit tidak mendukung apps tersebut hehe

    ReplyDelete
  12. zomato bisa dipakai di tegal ga ya, mba? pengin pakai

    ReplyDelete
    Replies
    1. zomato aplikasi gitu ya di smartphone, coba saja Mbak

      Delete
  13. keren euy tempat acaranya UBER,sayang acaranya hari biasa ya mbak, ..jadi aku gak bs ikutan deh...ngilerrr

    ReplyDelete
  14. wadaww makin eksis aja nih emak2blogger. Sukses terus mak! :D

    ReplyDelete
  15. Aplikasinya keren dan sangat bermanfaat...
    nunggu launching di kota ane :D Haha

    ReplyDelete
  16. saya pengguna setia uber. tetapi sejak ada razia di jakarta, membuat saya agak kesulitan untuk mendapatkan driver. kalau dapat pun jarak yang harus ditempuh driver agak jauh dan tarif menjadi mahal karena kena x2 bahkan pernah sampai kena x3

    ReplyDelete
  17. asiiiik, naik Uber gratis...belum pernah nyoba Uber..

    ReplyDelete
  18. Kalo di kotaku sih masih belum ada Uber, gojek aja juga masih belum ada.

    ReplyDelete
  19. kemarin aku naik uber sama mak tanti juga nambahnya dikit mba. cukup terjangkau dibanding naik taksi

    ReplyDelete
  20. ccck..cck salut deh ama 2 apliaksi yang sangat inovatif ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya setuju banget mas. memang inovatif banget kok

      Delete
    2. Iya bener banget :D setuju setuju

      Delete

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...