31 Dec 2015

Fun Blogging 8 Cambuk Menulis 2016

Advertisement
Suka-suka, saya menulis di blog secara suka-suka. Saya menulis apapun, menulis kejadian yang pernah saya alami, menulis cerita pernah berkunjung ke suatu tempat, menulis opini pribadi mengenai suatu hal, menulis dan menulis.

Tapi saya memiliki prinsip dalam menulis, yaitu tidak menulis untuk menyakiti atau membeberkan masalah pribadi orang lain, kalau masalah pribadi sendiri, mungkin pernah. Saat menulis di blog, ada beberapa hal, mungkin banyak, yang tidak saya ketahui.

Beberapa diantaranya adalah, apakah ketika saya menuliskan cerita perjalanan di blog, menggunakan kaidah yang benar? 5W 1H? tidak. Apakah ketika saya menuliskan sebuah informasi di blog, menggunakan EYD yang benar? apakah juga memaksimalkan sosial media yang saya miliki, untuk membagi tulisan tersebut? tidak. Apakah blog yang saya miliki, cukup ramah dan nyaman untuk dibaca oleh pengunjung atau pembaca blog saya? tidak.

Fun Blogging 8 


Saya tidak sendiri. Saya mencari tahu tentang kegiatan saya menulis di blog. Beberapa informasi mempertemukan saya dengan beberapa komunitas, hingga akhirnya kesempatan itu datang. Kesempatan untuk belajar ilmu blogging dan memperluas pemikiran saya mengenai blogging itu sendiri.

Fun Blogging 8 itu jawabannya. Saya hadir dan menikmati sajian yang diberikan oleh pendukung acara dan menemukan lebih banyak, hal-hal yang tidak saya mengerti di dunia blogging. Fun Blogging 8 diselenggarakan pada Hari Sabtu, tanggal 19 Desember 2015. Acara tersebut diadakan di Gratia Center Graha Telematika, Jl. Ciputat Raya No 62, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta.

Fun Blogging 8


Untuk pergi ke tempat acara, saya diantar oleh suami dan datang tepat waktu, tidak terlambat meskipun bukan menjadi yang pertama datang. Di dalam ruangan, telah hadir teman-teman blogger, baik yang saya sudah mengenal maupun yang baru pertama saya temui.

Writing Great Content


Mbak Haya Aliya Zaki, Mom Blogger dan Editor membuka acara Fun Blogging 8. Mbak Haya memperkenalkan IWITA (Indonesia Women IT Awarness) dan Nutrisi Bangsa sebagai pendukung acara. Ibu Martha Simanjuntak dari IWITA, hadir dalam acara hari itu.

Ibu Martha menyampaikan bahwa menulis itu harus konsisten dan dilakukan dengan senang. Tulislah yang menginspirasi orang dan buatlah networking. Mulai sekarang saya harus konsisten menulis dan membuat manajemen waktu yang baik, serta disiplin. Networking, upaya pertama yang saya lakukan adalah menebar kebaikan terlebih dahulu.

Setelah Ibu Martha menjelaskan secara singkat mengenai IWITA, acara dilanjutkan kembali materi dari Mbak Haya.

Dari Mbak Haya, saya menerima cambukan yang bertubi-tubi. Cambukan semangat untuk belajar dan menerapkan, bukan asal menulis atau menulis suka suka. Menulislah dengan tulisan yang baik dan bagus. Manjakan pembaca blogmu dengan foto, konten dan informasi.
"Content is King, Promotion is Queen" Bob Mayer

Salah satu yang membuat blog dapat dibaca dengan nyaman oleh pembaca adalah EYD. Cermati EYD dan belajarlah menulis dengan baik dalam statusmu, atau ketika mengirim SMS dan perlahan, tulislah blogmu dengan bagus.

Satu cambukan, menulis memang mudah, namun bagaimana hasil tulisan tersebut akan menarik banyak pembaca? itu yang harus dipelajari.

fun blogging 8
Suasana Fun Blogging 8


Nutrisi Untuk Bangsa


Acara diselingi dengan penjelasan singkat mengenai Nutrisi Untuk Bangsa oleh Mbak Dewi K. Rahmayanti. Nutrisi Untuk Bangsa bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar tidak ada lagi malnutrisi. 

Saya sudah lama memiliki akun di Nutrisi Untuk Bangsa, karena ada banyak informasi menarik mengenai gizi anak-anak. Mbak Dewi juga menjelaskan, di website Nutrisi Untuk Bangsa, merupakan coorporate dari Sari Husada

Jika teman-teman yang menyukai menulis, dapat juga untuk membagikan tulisannya di website Nutrisi Untuk Bangsa. Di sana ada wadah untuk para blogger, menuangkan opininya, menuangkan kreatifitasnya untuk mendukung masyarakat mengkonsumsi makanan yang bernutrisi.

Advancing Your Blog Platform


Setelah makan siang, Mbak Shinta Ries seorang Blogger dan Web & Blog Desingner membawakan materinya. Sebelum Mbak Shinta memaparkan materinya, saya telah berpikir bahwa akan banyak koreksi dengan blog yang saya miliki.

Benar juga, mulai dari membahas blog yang bersih dan minimalis saja, saya sudah kesentil. Jadi, mulai berpikir untuk lebih dewasa dengan lay out sebuah blog. Cambukan pertama dari materi yang dibawakan Mbak Shinta.

Selain menjelaskan mengenai lay out sebuah blog, ada banyak hal agar sebuah blog dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin penelusur, Google contohnya. Di sini, saya juga banyak sekali belajar dan mencatat. Ada catatan penting yang harus saya terapkan untuk aktivitas blogging 2016.

Saat Mbak Shinta memberi kesempatan untuk bertanya, saya bertanya tentang satu hal yang telah dijelaskan. Pertanyaan mengenai keyword yang sering saya baca di banyak artikel, bahwa itu sangat penting. Jadi, buatlah sebuah tulisan dengan keyword yang banyak dicari pembaca. Bagiamana caranya? Mbak Shinta akan dengan senang hati menjelaskan dalam kelasnya.

How to Monetize Your Blog Through Branding


Setelah mencatat hal-hal yang paling mendasar dari Mbak Haya dan Mbak Shinta untuk mengisi blog dan membuat tulisan tersebut teindex mesin penelusur. Saatnya membawa tulisan dalam blog tersebut agar dapat dikenal luas.

Setelah menulis sebuah tulisan di blog, apa yang kamu lakukan? saya menjawab, kadang share di sosial media, kadang tidak. Alasannya, duh boleh ya, saya jujur, kadang saya malu untuk membagi tulisan di blog ke sosial media, tulisannya hanya itu-itu saja.

Nah, setelah menerima cambukan semangat dari Mbak Haya, mengenai konten yang bagus, saya tidak akan malu lagi dong. Mbak Ani Berta seorang Blogger dan Digital Media Aktivist, mengajak saya memulai sebuah perubahan.

Ada banyak pekerjaan rumah yang harus saya kerjakan. Dengan ilmu yang saya terima di Fun Blogging 8, saya optimis mampu melakukan pekerjaan rumah tersebut. Salah satunya adalah info sharing, sharing ke media sosial dan menjalin networking

Tentunya dalam ber sosial media, harus pintar untuk memilih kata-kata dan mengerti etikanya. Malu, satu hal lagi karena saya termasuk jarang membalas komentar yang ada di status ataupun pada blog. Lalu, seperti apakah saya ini? seorang yang tidak perhatian terhadap teman-teman? duh tidak ya, kadang ada sesuatu hal, sehingga terlupa dan tertumpuk.

Mulai saat ini, saya akan berlatih untuk berubah, berubah untuk menjadi pribadi yang baik di media sosial. Karena apa? menurut saya, dari media sosial, orang lain akan mengetahui, seperti apa diri kita. Saya mendapat sebuah hadiah dari Mbak Ani, karena telah bertanya. Pertanyaan yang selama ini banyak sekali membuat ambiqu dan jawaban dari Mbak Ani, mengikis rasa bersalah saya.  

Fun Blogging 8


Acara ditutup dengan sesi foto dan sesi pembagian hadiah untuk live tweet, hadiah untuk peserta yang mengajukan pertanyaan, peserta terjauh dan sepuluh peserta yang datang paling awal. Hari itu, saya kenyang, bertemu banyak teman-teman baru, bertemu pemateri yang kaya pengalaman, makan banyak camilan, diberi ilmu yang luar biasa dan semuanya sangat berguna.

Terima kasih, telah diberikan kesempatan untuk mengikuti Fun Blogging 8, sukses untuk para pemateri, untuk teman-teman semua dan sukses untuk diri saya juga, aamiin. [2015:12]

76 comments:

  1. Banyak ilmu di FB sih Mba. Yg blm bisa sy terapkan yaitu aktif di medsos, susah saya orgnya :)
    Selamat bergabung ya, Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kurang sebetulnya kalau di medsos, makasih ya Mbak Pipit

      Delete
  2. Terima kasih sudah hadir di Fun Blogging ya, Mba :)

    ReplyDelete
  3. semoga bis agabung di sesi selanjutnya

    ReplyDelete
  4. Halo Mbak, saya juga peserta Fun Blogging 8 kemarin. Saya juga senang sekali bisa bergabung dan mendapatkan kesempatan belajar dengan blogger-blogger yang baik hati mengajarkan ilmunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, blogger baik hati itu, menceritakan pengalamannya dan mengajarkan hal-hal yang sudah dilakukannya. Seneng ya ikut FB 8

      Delete
    2. mantab nih di jadikan refensi :) makasih kak ^^

      Delete
  5. asik dapat ilmu dari emak emak blogger :D, btw yang penting monetize nya yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyup lah, makasih ya kunjungannya

      Delete
    2. wow... ini kayaknya seru bangets nih :D

      Delete
    3. iya kak emang seru banget ... :D
      rugi deh kalo gak ikutan :D

      Delete
    4. sip... kapan2 jadi blogger ah xD :) makasih kak undah menginspirasiku

      Delete
    5. keyen banget nih kayaknya xD

      Delete
  6. Bersyukur deh pokoknya bisa ikut acara di fun blogging 8 hehe.
    semangat terus mbk buat ngeblog hehe

    ReplyDelete
  7. Aku agak heran sama salah satu sponsor Fun Blogging ini..

    ReplyDelete
  8. Dari dulu blogku memang minimalis, tp karena aku kudet aja sih hihihii. Alhamdulillah malah disarankan sama Shinta. Keren acaranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, Mbak...blog moms di luar negeri, kebanyakan juga minimalis...

      Delete
  9. Rugi sekali rasanya kemarin ga kebagian seat. Mudah2an sesi berikutnya bisa ikutan.. makasih mba astin infonya..

    ReplyDelete
  10. Belum perna ikut Fun Blogging. Tapi baca reportase ini cukup menghibur. Setidaknya ilmunya bisa diserap hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih, Mbak, ilmunya tersirat sekali di reportase saya..hehee

      Delete
    2. btw cambuknya keren2 mbak >,< biki smangat blogging aja :) heheh makasih cambuknya ^^

      Delete
    3. wah kueren banget dah 8 cambuknya mbak :D

      Delete
  11. Untunglah ada ketiga mba ini yang bersedia sharing ilmunya ya mba, jadi kita bisa belajar banyak dari mereka. Nice post mna Asti. Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, terima kasih sudah mampir ya, benar Mbak, tiga wanita yang bersedia meluangkan waktu, untuk membagi ilmunya

      Delete
  12. Belum pernah ikutan fun blogging. Di Malang kapan, ya? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga di Malang akan diadakan, ya Mbak.

      Delete
  13. Fun Blogging emang bikin semangat ngeblog ya mbak..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget dek Melly. Semangat ngeblog jadi membara..hehehe

      Delete
  14. seru bangen fun blogging 8 kemaren ya mba astin, seneng banget bisa ikutan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mbak, Terima kasih sudah berkunjung ya.

      Delete
  15. asik banget nih kayaknya ya mbak, sayang tempo hari pas diadakan di Surabaya saya blum bisa ikutan, moga ada lagi niext time :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah semoga, bisa ikutan lagi ya, kalau Surabaya mengadakan lagi...iyeee. salam kenal, Mbak

      Delete
  16. Makasih sharingny mba..sedih gbisa dateng..:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aku menunggumu, tapi kau tak nampak. Btw, yang penting dapat ilmunya juga kan, Mbak Nia

      Delete
  17. Sama ma diriku mbak.. Aku juga nggak selalu nge share...nggak selalu reply coment...nggak selalu blog walking... Nggak mesti berkunjung balik. Faktor waktu bermedsos yang mepet pemicunya. Klo saya kelamaan pegang hp..pekerjaan yang lain jd keteter mbak.. * malah curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaaa, tos deh kita, tapi kalau aku sudah di med sos, atau blogwalking...jadi kelamaaaaaan, jadi satu satu, aktif di med sos, tapi gak blogwalking, blogwalking tapi gak posting..heheee. Sekarang kudu prioritas dan dibagi...yuk

      Delete
  18. keren ya acaranya, dapat banyak ilmu

    ReplyDelete
  19. Asik juga kalau ada aktifitas seperti ini, ilmu makin bertambah dan semangat menulis dan berprestasi makin meningkat. thank you guys

    ReplyDelete
  20. Waaa Mbak Astin, kemarin belum sempet ngobrol2. Reportasemu rancak banaaa :)))

    ReplyDelete
  21. setuju. Jangan sampai tulisan kita menyakiti orang lain. Apalagi sampai membuka aibnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah...betul mbak mira, aib sendiri aja ditutup...hihii,

      Delete
  22. Suka dengan prinsip ngeblognya, saya juga begitu mba... Berkah ya ilmu yg dibagikan, makasih..

    ReplyDelete
  23. Tahun 2015 kemarin yang salah satu saya syukuri yaitu bergabung dengan Fun Blogging ^^ salam kenal!

    ReplyDelete
  24. Seneng ya bisa belajar langsung dari ahlinya, makasih mbak Astin sudah sharing ilmunya ^^

    ReplyDelete
  25. wuiiihh.. keren nih acaranya. Kalau ada di Surabaya, mau ikutan juga aahh.. Terima kasih sharing ilmunyaaa...

    ReplyDelete
  26. wooo iya keren banget ini bsa fun blogging :D

    ReplyDelete
  27. Asyik banget ikut acara seperti fun blogging ini, bisa dapat banyak ilmu sekaligus berkenalan dengan teman-teman blogger baru :D

    ReplyDelete
  28. Replies
    1. ikutan aja gan biar bisa ngrasain seru nya :D

      Delete

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...