Skip to main content

Garnish Tidak Hanya Sebagai Penghias Makanan

Misoa goreng sudah jadi nich, tapi ketika ditata di piring kok terasa garing banget ya? garing dibaca sepi. Niat hati ingin memberikan garnish seperti yang dilakukan chef-chef yang saya lihat di televisi ketika membawakan sebuah resep. Apa daya, di dalam lemari es tidak ada bahan makanan yang dapat dipergunakan sebagai garnish. Ada hanya cabe rawit hijau yang kecil kecil itu, cabe buat nyigit kalau kata orang.

Setelah mempertimbangkan masak-masak, saya cuci tuh cabe rawit hijau, kemudian diletakkan di atas misoa goreng. Hm, warnanya senada dengan warna piring terbaik di dalam lemari piring di rumah. Tralaaa, jadilah misoa goreng dengan garnish cabe rawit hijau sebagai santap makan untuk keluarga tercinta. Faiz suka sekali misoa goreng, di luar terasa gurih dan kering di dalam lembut dan enak.



Bahan yang dapat dipergunakan sebagai garnish


Garnish itu penghias makanan yang bentuknya unik, lucu dan cantik. Bahan garnish dapat berupa makanan atau bahan yang dapat dimakan, biasanya sich bisa dimakan atau malah bisa dipergunakan sebagai pelengkap makanan. Contohnya mentimun diiris tipis menyerong dan diletakkan di samping mie goreng atau nasi goreng. Setelah menyantap mie atau nasi goreng, mentimun dapat dimakan.

Saat membuat tumpeng ulang tahun untuk ibu mertua, saya mencoba membuat garnish sederhana. Sederhana sekali karena bahan dan bentuknya sederhana. Inginnya seperti tutorial di internet, bentuknya bagus dari bahan-bahan makanan yang mudah dibuat garnish. Berikut bahan-bahan yang dapat dipergunakan sebagai garnish




  1. Tomat. Hati-hati sekali ketika saya mengupas kulit tomat yang tipis sekali. Perlahan-lahan karena kulit tomat tersebut jangan sampai terlepas dari buahnya, hanya dikupas setengah dan dijadikan kelopak bunga. Alhamdulillah saya bisa membuat garnish tomat tersebut.
  2. Cabe merah besar. Kalau jari tangan kita tidak ingin pedas atau kecabean atau panas, jangan coba-coba hehee. Jadi, kulit cabe tersebut diiris menjadi tiga atau empat bagian, tergantung keinginan. Setelah itu, direndam dalam air es dan biarkan hingga membentuk sendiri. Tidak begitu lama, sich saya merendam dua atau tiga jam, heheee.
  3. Daun seledri. Daun seledri paling mudah untuk diiris menjadi dua atau tiga bagian. Cukup rendam setelah diiris, akan mengukir sendiri. Hasilnya cantik sekali loh, swear. Saya senang melihatnya, nguntel-nguntel begitu.
  4. Wortel. Saya belum pernah mencoba membuat wortel sebagai garnish. Paling yang paling sederhana, yaitu dipotong menyerong tipis dan diletakkan di samping makanan yang disajikan. Saya lihat di internet, wortel dapat dibuat dedaunan begitu, ich cantik dech.
  5. Lobak. Satu kali saya pernah membeli lobak sewaktu jalan-jalan ke Bogor. Setelah itu saya tidak pernah membelinya karena bingung mau dimasak apa. Ternyata lobak dapat dibuat garnish loh, diukir begitu menggunakan pisau kecil yang difungsikan sebagai alat untuk membuat garnish. Lobak dibentuk seperti kuntum bunga, cantik dech.
  6. Daun selada. Ada yang belum tahu daun selada? sudah pada tahu pasti kan. Daun selada bentuknya sangat cantik, sudah berbentuk dari sananya. Daun selada ditata saja dengan bagus dan akan kelihatan indah ketika disajikan bersamaan dengan makanan.

Fungsi lain Garnish


Selain sebagai penghias makanan, garnish juga ada fungsi lainnya. Masak sederhana saja, saya selalu menambahkan garnish sederhana, cabe rawitlah, bawang gorenglah atau hanya irisan mentimun. Niatnya untuk mempercantik dan menggugah selera makan. Yup, siapa sich yang tidak tertarik pada pandangan pertama dari sajian makanan yang cantik? pasti penasaran rasanya kan? jadi ingin menyantap kan? makan kan? habiskan?

Ya, saya selalu tertarik makanan yang disajikan menggunakan garnish ketika makan di luar rumah, contohnya saja di tempat makan di mall-mall begitu. Garnish yang dibuat selain sebagai penghias makanan juga akan menambah selera makan dan menggugah selera makan yang hilang. Di tukang mie dan nasi goreng pinggir jalan saja, menggunakan taburan bawang goreng dan irisan mentimun kan?

Agar Garnish Terlihat Indah


Tentunya, selain bentuknya yang unik dan cantik, garnish juga harus bersih dan segar. Jika garnish yang disertakan pada makanan bentuknya cantik dan unik tapi kalau tidak bersih dan segar bagaimana? sayang sekali kan? malah menimbulkan kesan tidak bagus.

Bahan-bahan yang akan dipergunakan sebagai garnish, sudah tentu harus dipastikan agar bersih dan masih segar. Kemudian, setelah dibentuk menjadi garnish, sebaiknya dicuci lagi atau ketika rendam air es.

Nah, bagaimana jika teman-teman menemui makanan yang disajikan di restoran di mall-mall tapi garnishnya kurang bersih dan tidak segar? Niatnya sudah bagus, namun sayang kadang asal saja meletakkan daun selada (yang sering dijadikan garnish) pada piring saji tersebut. [2015:12]

 





Comments

  1. kalau garnis tumpengnya adalah telor, sosis, atau rendang.. itu baru bukan hanya sebagai penghias kak.. :D

    ReplyDelete
  2. Eh ini entri yang kemarin kehapus itu yah?
    Aku ngiler lihat misoanya.
    Biasanya kalau cuma garnish gak aku makan :D

    ReplyDelete
  3. gak semua garnis cuma hiasan yah mba, ada juga garnis yang emang buat dimakan :)

    ReplyDelete
  4. ngiler deh liat misoa gorengnya.. :)
    aku suka makanan yang dikasih garnish. Makanan keliatan lebih cantik dan bikin berselera. Kalo di rumah, baru mau nyari garnish, kuenya udah dicomot aja..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bikin seleranya itu yang dicaari kalaus edang enggak enak makan

      Delete
  5. tergoda selalu sama rawit ijo hahahah

    ReplyDelete
  6. Tapi harus telaten yah buatnya. Cantik2 banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. telaten untuk tingakt kesulitan yang tinggi

      Delete
  7. Aku susah bikin garnish yg ukir2. Tanganku kaku banget soal kreasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau latihan terus mungkin bisa, dan akupun belum bisa

      Delete
  8. Aku gak terlalu merhatikan gharnisnya. :D Kalo lapar ya makan. Sering ketipu gharnis cantik, tapi rasanya gak enak. -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gitu, lapar makan saja, kalau aku kadang memperhatikan garnish.

      Delete
  9. Mbaaa dirimu kreatif bgt siih:) resep misoa gorengnya mana ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya ada di blog ini, nanti aku bagi ya,

      Delete
  10. Replies
    1. makan mbak, sayang saya lagi sakit, jadi engak masak

      Delete
  11. jadi laper nih liat tumpeng. Iya garnish bisa dimakan juga, biasanya tomat, selada dll itu aku makan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tomat jadi seger ya, mbak, dimakans etelah makan utamanya

      Delete
  12. Ternyata dirimu jago masak! *aku jadi malu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak jago, gak usah malu, lagi belajar aku iniih

      Delete
  13. Paling gampang ya pakai seledri ya, Mbak. Tiggal taruh saja. :D

    ReplyDelete
  14. Saya belum bisa masak tapi doyan banget makan, apalagi yang bentuknya indah-indah gitu. Baru tau saya penghias makanan namanya garnish. Ooo.. nice info, mbak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, garnish lumayan ribet kalau mau yang cantik dan bagus

      Delete
  15. oo aku baru tauu itu namanya Garnish :D

    ReplyDelete
  16. dapet tips dari sini,
    aku agak susah mengiris tomat, susah bikin kelopak bungnya T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, karena kulit luar tomat itu, tipis sekali, juga mudah sekali putus pas kena pisau

      Delete
  17. Kalau tumpengnya cantik, sayang banget untuk di makan,,, Garnish,,, Hmmm baru tahu istilah garnish di sini. makasih guys

    ReplyDelete
    Replies
    1. tumpengnya aku potretin beberpa kali, ini hasil terhebat di sepanjang dapurku. Makasih sudah mampir ya

      Delete
  18. Jadi tambah menarik ya memang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyup, dibandingkan kalau hanya hidangan utama

      Delete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Yang di tumpeng itu garnis juga ya :v kasihan ding kalau gitu, padahal mantap juga itu kalau disantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. hm...tumpeng, salah satu sajian yang banyak garnishnya

      Delete
  21. bikin garnish yang bisa dimakan juga jadi gak mubajir ya

    ReplyDelete
  22. liat postingan ini kok malah laper yah? hihihi... *salah fokus*

    ReplyDelete
  23. Ibu yang cerdas hihi salam kenal :)

    ReplyDelete
  24. iniii.. kelemahankuuu.. kalo masak apapun, ya udah disaji gitu ajaa.. gak pake dihias apa2.. hahaha.. etapi, alhamdulillah, masakannya mesti ludes ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyup, yang penting emang dimakan atao enggak

      Delete
  25. mbak sharing resep tumpeng dan lauk pauknya donk, mengoda sekali ngiler

    ReplyDelete
  26. Replies
    1. sudah mencoba Silvi? tumpeng apa misoanya? hehe

      Delete
  27. kamuuh rajin sekali sih maak bikin garnish. keren ih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di tumpeng sengaja, kalau di misoa terpaksa buat, hehe, orang cabe rawit doang

      Delete
  28. Aiiihh telaten bgt Astin menghias makanan

    ReplyDelete
  29. Aihh ... itu cabe ijo nantangin minta diklethus. Ha..ha...
    Aku paling malas bikin garnish. Seumur hidup bikin garnis serius ya hanya pas take photo buat bukuku yg Food Combining. Wkwkwk ...

    ReplyDelete
  30. Wah, kreatif dan inspirasi banget tumpengnya, saya kalau lagi butuh nasi tumpeng biasanya beli padahal kalau beli belum tentu sesuai dengan keinginan kita yah,,, Kalau buat sendiri waduh,,, gak sabar buat seperti itu, musti harus teliti dan hati hati. Keren dech mba, sukses selalu buat mba admin

    ReplyDelete
  31. wah kreatif nih mba', tumpeng aja bisa jadi gitu :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu

Tiga tahun yang lalu saya sudah ingin sekali menceritakan pengalaman ini. Pengalaman pertama kali kehilangan satu gigi depan bagian atas. Pengalaman tidak memiliki gigi depan bagian atas dan harus ompong selama beberapa minggu. Pengalaman setiap beberapa hari sekali ke dokter gigi, untuk mendapatkan perawatan gigi yang hilang tersebut. Pengalaman dipasang gigi palsu tanam dan menggunakan gigi tersebut hingga tiga tahun. Dan juga pengalaman ketika gigi palsu tanam tersebut hampir lepas.

Fungsi Utama Gigi
Menurut Wikipedia Indonesia, Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Memiliki struktur dan variasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi itu sendiri adalah untuk merobek atau mengunyah makanan. Dengan adanya gigi dengan struktur yang lengkap dan sempurna. Proses merobek dan mengunyah makanan akan menjadi mudah. Untuk menyantap makanan yang keras, makanan yang panas ataupun dingin oke oke saja, kan giginya sehat.

Fun…