Skip to main content

Permainan Masa Kecil Gobak Sodor

Satu permainan masa kecil yang masih membekas di pikiran dan hatiku, adalah Gobak Sodor. Tahu mengapa? karena permainan masa kecil itu, sering sekali dimainkan bersama teman-teman sepermainan. Meskipun banyak sekali, permaian masa kecil, yang tidak kalah seru, tapi permainan masa kecil Gobak Sodor, lebih dari sekedar seru.

Permainan Gobak Sodor, merupakan permainan yang mungkin diadaptasi dari permainan dari luar negeri ya. Menurut asal bahasanya, yang saya mereka-reka saja, karena belum menemukan artikel yang sahih. Go back to the door, yang artinya kembali ke pintu. Bagaimana permainannya? simak artikel ini ya.

Permainan Masa Kecil Gobak Sodor

Tempat Bermain Gobak Sodor


Halaman orang yang luas, merupakan pilihan spot yang paling asyik, untuk bermain Gobak Sodor. Saya masih ingat, astin kecil bermain bersama teman-temannya, di depan rumah ibunya Tini. Halamannya luaaas, karena bermain Gobak Sodor, membutuhkan tempat yang luas. kurang lebih 2 x 6 meter. Jaman dulu, mah, mudah menemukan tempat seluas ini. Halaman rumah orang, luasnya segambreng, apalagi di Cilacap. 

Selain dimainkan bersama teman-teman sepermainan di depan rumahnya Tini. Sewaktu pelajaran olah raga di sekolah dasar di Mertasinga, bu guru juga suka, membolehkan anak-anak perempuan bermian Gobak Sodor, lho. Permainan Gobak Sodor, kan dilakukan dengan gerakan. Lari, menipu penjaga, kemudian mencari celah ketika penjaga sedang lengah.

Cara Bermain Gobak Sodor


Bagaimana sich cara melakukan permainan masa kecil Gobak Sodor itu? gini niiich, mainnya. Semalam saya juga melakukan sebuah wawancara kecil dengan anak saya, Faiz. 

Saya : Faiz pernah mainan Gobak Sodor? (saya bertanya, karena pernah melihat Faiz dan teman-temannya, bermain Gobak Sodor. Entah siapa yang mengenalkannya. Bermainnya di lapangan sepak bola di samping rumah.)

Faiz : yang apa, Mi? (muka Faiz bingung begitu, tapi ingin menjawab)

Saya : Itu loh, (saya berdiri dan memeragakan cara bermainnya) yang bermain dengan membuat persegi panjang yang paaaanjaang, kemudian dibagi dua, di bagian panjang, kemudian di bagian lebarnyam bisa dibagi tiga atau empat, tergantung pemainnya.

Ada dua kelompok, misalnya Faiz dan teman-teman jadi penjaga, Faiz dan teman-teman berada di garis yang melebar. Ummi dan teman-teman ummi sebagai pemain, berada di luar garis, yang Faiz jaga.

Faiz : Ooooh...yang itu, yaaang.... (heeeem, mulai dech)

Saya : Nanti ummi, berusaha masuk ke dalam garis, Faiz menjaga agar ummi, tidak bisa masuk. Kalau ummi bisa masuk, berarti ummi selamat. Tapi kalau badan ummi terkena tangan Faiz, yang sedang menjaga, agar ummi tidak bisa masuk, berarti ummi kalah.

Kalau ummi sudah kalah, giliran Faiz dan teman-teman Faiz yang menjadi pemain. Ummi dan teman-teman ummi, gantian menjadi penjaga garis tadi.

Faiz : Oooh, iya pernah main bareng Kak Balqis. Pernah main juga waktu di TK...iyaaa, iyaaaa.

Cara Menang Bermain Gobak Sodor


Nah, intinya, permainan masa kecil Gobak Sodor, adalah permainan menjaga garis. Dulu, saya punya taktik untuk lolos dan masuk ke dalam garis tersebut dan agar tidak terkena tangan si penjaga. Caranya, membuat ancang-ancang, jauh dari garis yang dijaga, ya kurang lebih dua meteranlah..hihii jauh ya. Kemudian, lari sekencang-kencangnya untuk masuk ke dalam persegi panjang tersebut.

Tapi, hati-hati, karena masing-masing garis di persegi panjang tersebut, kan dijaga. Jadi, pinter-pinterlah untuk mengerem. Hihiii. Serunya permainan masa kecil Gobak Sodor, adalah, ketika kena tangan si penjaga. Kalau sudah kesel, penjaga akan memukulkan tangannya ke bagian tubuh skita, seperti tangan atau badan dengan keraas. 

Sudah melakukan ancang-ancang yang bagus, eee...ketika bisa lolos satu penjaga, malah kena di penjaga yang di belakangnya, duuuh, kan sedih ya. Seru dech permainannya, ada banyak sekali pelajaran dengan permainan masa kecil Gobak Sodor.

Permainan Gobak Sodor ini, membuat senang ketika bermain baik dengan teman-teman sepermainan di rumah atau ketika bermain di sekolah. Dari tempat bermainnya yang membutuhkan area yang luas, dari jumlah pemainnya, ada pemain dan ada penjaga, tentunya ada manfaat dari permainan Gobak Sodor ini.

Manfaat Bermain Gobak Sodor


Berikut beberapa manfaatnya menurut saya,
  1. Menggerakan anggota tubuh, kaki, tangan, badan dan mata. Mata kadang kan untuk melirik-lirik nich, untuk pemain, melirik penjaga, jika sedang fokus ke satu pemain, kita masuk doong. Hihiii.
  2. Kerjasama kelompok. Permainan Gobak Sodor adalah permainan dua kelompok. Kelompok penjaga, harus membuat strategi, misalnya A yang di depan, berada di garis sebelah kanan, B di belakangnya berada di garis sebelah kiri, selang seling begitu.
  3. Belajar sportif. Jika pemain terkena tangan penjaga, meskipun pemain satu sudah dapat lolos, masuk ke dalam, yaaaa...gantian dong, jadi penjaga. Juga tidak boleh saling menyalahkan, karena ini permainan team atau kelompok
  4. Belajar strategi. Semua permainan selalu membutuhkan srategi. Kalah menang pasti ada di dalam sebuah permainan. Namun, jika sudah membuat strategi, rasanya permainan menjadi seru kan. Gobak Sodor, juga membutuhkan strategi, baik pemain maupun penjaga.
Permainan masa kecil Gobak Sodor, merupakan permainan masa kecilku yang paling seru, diantara permainan yang lainnya. Ada banyak sekali permainan masa kecil, namun Gobak Sodor yang dimainkan oleh dua kelompok dan membutuhkan area yang luas, jadi mengeluarkan banyak keringat.

Meskipun mengeluarkan banyak keringat, tapi senang karena ketika menjadi pemain, harus memiliki cara, agar dapat lolos masuk melewati garis yang dijaga oleh penjaga. Ketika menjadi penjaga, senang juga, mendapatkan wewenang untuk menjaga garis batas, dan tidak boleh ada yang bisa masuk ke dalam garis batas wewenangnya.

Permainan Gobak Sodor Saat Ini


Sayang, sekarang jarang sekali halaman rumah yang luas. Di rumah utinya Faiz, halamannya juga sempit dan itu bukan halaman tanah. Apalagi di Tangerang. Jalanan juga sudah dibeton, halaman rumah, pun tidak punya.

Namun, ada banyak cara untuk tetap melestarikan permainan masa kecil Gobak Sodor. Lakukan di lapangan bola. Lah, lapangan bola di sini, sudah diplester tanahnya. Mudah malah, tinggal ambil kapur tulis, buat dech tempat bermain Gobak Sodornya.

Teman-teman Faiz pada suka enggak ya sekarang? sepertinya sedang asyik bermain sepeda, ach dicoba dulu lah. Waktu Faiz saya ceritakan, masih sangat tertarik kok, cuma ya itu tadi, apa teman-temannya masih suka? bagaimana kalau bermainnya saya dan Faiz saja? seru enggak sich? hahaaa. Dan, apa permainan masa kecilmu? [2016:01]

"Tulisan ini diikutkan dalam Giveaway Permainan Masa Kecil yang diselenggarakan oleh Mama Calvin dan Bunda Salfa"

Comments

  1. iya nie... namanya galaksin jaman aku dulu, dimaenin abis uber jongkok biasanya

    ReplyDelete
  2. saya jarang main gobag sodor, soalnya sering kalah hehe

    ReplyDelete
  3. aku ga pernah main gobak sodor soalnya suka banyakan sama cowoo..
    maunya maen lomoat tali ajaaaa

    ReplyDelete
  4. ini permainan kesukaan aku juga. Seruuu..gobak sodooor :)

    ReplyDelete
  5. sekarang permainan ini jarang yang mainin ya apa karena kurang lahan ya

    ReplyDelete
  6. Jaman dulu emang unik banget, alami fan tradisional.

    ReplyDelete
  7. Bekel mainan khas anak perempuan yang Jeng. Permainan ini sekarang sudah langka.
    Permainan anak-anak berkembang sesuai jamannya. Namun ada juga permainan yang lestari, masih eksis hingga sekarang. Layang-layang misalnya masih digemari oleh anak-anak maupun orang dewasa.

    Kini gadget sudah menjadi idola karena bisa main games di sana. Bukan hanya monopoli anak kota tetapi juga anak-anak di pedesaan.

    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  8. Dulu kalo main gobak sodor, aku selalu jadi pupuk bawang. Xixixixi

    ReplyDelete
  9. Sy blm pernah ajarin gobak sodor nih ke anak :D

    ReplyDelete
  10. Aku suka banget gobak sodor karena banyak lari2annya.

    ReplyDelete
  11. nih permainan udah jarang dimaenin skrg. tergantikan oleh gadget

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu

Tiga tahun yang lalu saya sudah ingin sekali menceritakan pengalaman ini. Pengalaman pertama kali kehilangan satu gigi depan bagian atas. Pengalaman tidak memiliki gigi depan bagian atas dan harus ompong selama beberapa minggu. Pengalaman setiap beberapa hari sekali ke dokter gigi, untuk mendapatkan perawatan gigi yang hilang tersebut. Pengalaman dipasang gigi palsu tanam dan menggunakan gigi tersebut hingga tiga tahun. Dan juga pengalaman ketika gigi palsu tanam tersebut hampir lepas.

Fungsi Utama Gigi
Menurut Wikipedia Indonesia, Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Memiliki struktur dan variasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi itu sendiri adalah untuk merobek atau mengunyah makanan. Dengan adanya gigi dengan struktur yang lengkap dan sempurna. Proses merobek dan mengunyah makanan akan menjadi mudah. Untuk menyantap makanan yang keras, makanan yang panas ataupun dingin oke oke saja, kan giginya sehat.

Fun…