Skip to main content

Tips Menjaga Keyboard Laptop Tetap Bersih

Hampir setiap hari saya membuka laptop dan menggunakannya. Saya biasa meletakkan laptop di meja kerja yang bersebelahan dengan pintu, ke arah luar. Jadi, debu leluasa untuk mampir dan singgah mewarnai keyboard laptop yang berwarna hitam. Jadi, ketika pencahayaan hanya dari cahaya alami atau cahaya matahari, akan terlihat jelas sekali debu yang menempel di atas keyboard laptop.

Jika sedang rajinnya tidak pergi, saya akan mengambil lap khusus alat elektronik atau jika sedang malas berjalan mengambil lap, paling hanya tissue yang ada di atas meja kerja, yang menjadi andalan. Membersihkannya juga ketika sedang tidak repot sekali. Sedih rasanya dengan keadaan ini, melihat betapa susahnya membersihkan keyboard laptop yang disenangi oleh debu.

pelindung keyboard laptop


Sebetulnya, tidak hanya pada bagian keyboard saja, yang kotor oleh debu. Pada bagian monitor laptop, debu juga tidak sungkan untuk mampir dan singgah. Bedanya, jika pada bagian monitor, membersihkannya sangat mudah. Hanya beberapa kali sapuan menggunakan lap khusus elektronik, monitor laptop akan terbebas dari debu. Bagaimana dengan keyboard? susah kan, apalagi model keyboard laptop milik saya, yang jarak antara tuts huruf satu ke tuts huruf yang satunya lagi sangat berdekatan.

Membersihkan keyboard laptop, dibutuhkan kesabaran dan ketelitian yang sangat tinggi. Menggunakan lap khusus elektronik karena tekstur keyboardnya yang tidak halus. Jadi, jika menggunakan lap biasa, biasanya akan menggores. Jika menggunakan tissue kecantikan apalagi tissue makan, duh, malah membuat robek tissue tersebut, lho.

Jadi bagaimana menjaga supaya keyboard laptop tetap bersih? jauh-jauh dari debu dan laptop tetap terlihat bersih. Jika laptop terlihat bersih, inspirasipun akan beterbangan dan pekerjaan menulis menjadi lancar jaya, tidak terganggu oleh debu yang menghiasi keyboard laptop. Berikut tips dari saya, yang kadang masih kurang rajin untuk membersihkan barang elektronik satu ini.

Gunakan Pelindung Keyboard Laptop


Salah satu cara agar keyboard laptop, tetap bersih dan meringankan pekerjaan membersihkan keyboard laptop adalah menggunakan pelindung keyboard laptop. Menggunakan alat seperti ini, mungkin memang terkesan, iih, kebersihan banget sich?  atau iih malas sekali sih, membersihkan keyboard laptop kan bisa sekalian refreshing? yuuuhuuu, ini adalah pilihan teman, jadi biarkan pilihan ini menjadi pilihan tepat bagi saya yang malas.

Sekarang banyak sekali, lho pelindung keyboard laptop yang dijumpai di pasaran. Saya seperti berjumpa dengan pelangi. Kenapa gitu pelangi? ya karena warna pelindung keyboard ini berwarna-warni. Ada yang satu pelindung sama warnanya tiap baris tutsnya, ada yang berbeda warna dalam satu pelindung. Ih, saya mah memilih yang dalam satu pelindung, banyak warna, biar segar gitu. Kalau teman-teman, pilih pelindung keyboard laptop yang bagaimana? saya bantu pilihin dech.

Tempatkan meja kerja jauh dari pintu ke arah luar


Pilihan yang satu ini, akan saya tolak mentah-mentah, kecuali saya pindahan rumah dan meminta ruang kerja yang saya idamkan. Saat ini, tempat inilah yang menjadi tempat mager saya ketika menulis menggunakan laptop. Jadi, mau tidak mau, saya serahkan jika debu ingin mampir dan singgah dengan setianya di atas keyboard laptop saya.

Satu hal yang mungkin akan saya lakukan untuk menghindari agar debu, tidak begitu leluasa hinggap di atas keyboard laptop saya adalah memberi pembatas atau menutup pintu. Memberi pembatas, bisa jadi dengan memasang papan atau bisa juga menggunakan box bekas laptopnya di samping meja kerja saya. Hihiii, debu akan susah payah lo, mampir dan singgah di atas keyboard laptop saya.

Bersihkan Secara Teratur Menggunakan Lap Khusus Elektronik


Membersihkan menggunakan lap khusus elektronik, bisa saja dilakukan. Hal ini, juga seperti saya tuliskan, bisa menjadi refreshing setelah melakukan pekerjaan menulis yang indah ini. Tempatkan lap khusus elektronik di meja kerja atau di tempat yang dekat dengan meja kerja. Hal ini untuk lebih mengefisienkan waktu dan lebih cepat membersihkan keyboard laptop. 

Biasanya, saya suka merasa keren. Ketika sudah beriniat membersihkan keyboard laptop, kemudian ke arah rak menyimpan lap, hasilnya cucian piring akan beralih ke lemari dan dapur rapi dan juga bersih. Keren kan? niatnya mah ingin membersihkan keyboard laptop, hasilnya cucian piring dan dapur yang bersih. Ada apa ini? jangan bilang kalau saya rajinnya enggak ketulungan, la akhirnya keyboard laptop masih kotor berdebu, kok.

Jadi, memiliki barang elektronik seperti sebuah laptop di mana penggunaannya sebagai bagian dari pekerjaan menulis di blog, harus selalu dijaga ya. Laptop ini, pemberian suami tercinta, menjaga dengan membersihkan atau menghambat agar tidak cepat kotor karena debu, ada banyak cara, tinggal mau pilih yang mana. Jika ingin praktis ya menggunakan pelindung keyboard laptop yang berwarna-warni tadi. Jika ingin olah raga sekalian refreshing boleh sekali, loh membersihkan menggunakan alat pembersih khusus barang-barang elektronik yang ada. [2016:01]

Comments

  1. laptopku nih berdebu bgt. Susah bersihinnya. Paling enak ya pake vacum cleaner kecil buat bersihin keyboardnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya ada juga ya, vacum cleaner kecil yaa

      Delete
  2. Paling enak bersihin pake lap dari microfiber. Cepet bersih

    ReplyDelete
  3. dikasih tau anak, slime bisa buat bersihin keyboard..

    ReplyDelete
  4. Aku udah puna pelindung keyboard tai belum dipasang-pasang nih hehehe

    ReplyDelete
  5. Aku paling males kalo bersih-bersih laptop. Selalu sampe debunya tebel. Wkwkwk

    ReplyDelete
  6. rajinnya uminya Faiz & Fira, aku harus bersih lagi nih

    ReplyDelete
  7. Rajinnya mba Astin..kalah saya :)

    ReplyDelete
  8. Wah, sama Mb. laptopku dekat ama jendela...
    banyak debunya ya, ma kaish mb tipsnya

    btw, aku udah folow blognya, folbek ya , hehehe

    ReplyDelete
  9. aku pake pelindung laptop, Mba, akalo bersihin suka pake kapas atau tissue aja hehe

    ReplyDelete
  10. Nah ini yang aku butuhkan. ternyata ada ya pelindung keyboard laptop. Baru tahu aku hehehe.... Jadi pengen punya nih agar keyboard ku gak kotor kena debu.

    ReplyDelete
  11. Aih blogger macam apa aku ini, nggak ngerti lap khusus elektronik. Googling ah

    ReplyDelete
  12. Pakai slime atau semacamnya, cepet dan bersih. :D

    ReplyDelete
  13. kalau saya biasanya saya bersihin pake cleaner deh :)

    ReplyDelete
  14. aku selalu siapkan clener mba..biasanya Udi sih yang resik :)

    ReplyDelete
  15. aku paling males bersihin2 leptop hahhaa...dulu waktu masih baru sih dikit2 bersihin, sekarang cuek :D

    ReplyDelete
  16. wah penting buat saya yang suka pake laptop tapi jarang bersihin ini mbak :D

    ReplyDelete
  17. Sama dengan mbak Enny Law diatas...saya biasanya menggunakan vacum khusus laptop yang kecil... :)

    ReplyDelete
  18. Lap Khusus Elektronik belinya dimana mbak? emang bentuknya kayak gimana sih?

    ReplyDelete
  19. laptop saya deket sama pintu keluar, jadi cepet kotornya. Toh saya juga jarang ngebersihin, paling ketika ngerasa kotor aja (padahal dah kotor banget) :D
    Makasih infonya.

    ReplyDelete
  20. Aku malas bersihin keyboard. Iya bener juga, kasih pelindung keyboard aja biar tidak terkena debu.

    ReplyDelete
  21. Di keybboard aku sering ketemu mantan sembako mak..khahaha

    ReplyDelete
  22. Betul juga Ide mbak, sayang kalau laptop beli mahal-mahal. Tpi, gak pernah di bersihin.
    Kadang aku beli cairan dan lap kecil dan ada sapu kecilnya, seharga 15.000.
    :D

    ReplyDelete
  23. duhhh aku paling males bebersih keybord laptop. ampe dikatawain temen pas liat itu keyboard berdebu

    ReplyDelete
  24. makasih tipsnya, kadang klo udah kotor susah sekali bersihin keyboard

    ReplyDelete
  25. Emang susah bersihinnya, kalau cuma atasnya si gampang tinggal dilap tapi dibawah biasanya banyak juga debunya.
    Kalau temen saya si biasa pake minyak kayu putih :) entah ada efek buruknya apa engga tapi beneran si laptopnya kinclong banget kaya baru terus padahal warnanya putih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu

Tiga tahun yang lalu saya sudah ingin sekali menceritakan pengalaman ini. Pengalaman pertama kali kehilangan satu gigi depan bagian atas. Pengalaman tidak memiliki gigi depan bagian atas dan harus ompong selama beberapa minggu. Pengalaman setiap beberapa hari sekali ke dokter gigi, untuk mendapatkan perawatan gigi yang hilang tersebut. Pengalaman dipasang gigi palsu tanam dan menggunakan gigi tersebut hingga tiga tahun. Dan juga pengalaman ketika gigi palsu tanam tersebut hampir lepas.

Fungsi Utama Gigi
Menurut Wikipedia Indonesia, Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Memiliki struktur dan variasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi itu sendiri adalah untuk merobek atau mengunyah makanan. Dengan adanya gigi dengan struktur yang lengkap dan sempurna. Proses merobek dan mengunyah makanan akan menjadi mudah. Untuk menyantap makanan yang keras, makanan yang panas ataupun dingin oke oke saja, kan giginya sehat.

Fun…