29 Feb 2016

Beberapa Pilihan Tempat Liburan di Kota Bandung

Advertisement
Kota Bandung sebagai ibu kota provinsi Jawa Barat merupakan kota yang paling besar dan terletak di tengah-tengah provinsi tersebut. Kota Bandung terkenal dengan beberapa julukan. Sebagai paris van java, karena banyak sekali mode busana hadir dair kota Bandung. Kota Bandung juga dijuluki kota kembang, kota priangan dan kota paling macet pada saat musim liburan tiba.

Kota Bandung telah beberapa kali saya datangi. Ada banyak sekali tempat dan cerita yang menjadikan The Unforgettable Bandung. Berikut beberapa pilihan tempat liburan di kota Bandung yang pernah saya datangi.

Gedung Sate


Tahun 2006 - bersama dengan teman-teman satu team di kantor pertama saya bekerja di Jakarta. Sabtu sore berangkat dari Jakarta dengan tujuan akan tidur di hamparan langit malam, Bandung. Pagi harinya, sarapan di dekat Gedung Sate. Sarapan bubur Bandung yang terkenal sangat enak dan gurih. Yang membedakan dengan bubur ayam kota lainnya, bubur ayam Bandung, pada buburnya sudah ada bumbu-bumbunya. Jadi menyantapnya sangat nikmat.

Sayang, waktu itu tidak ada kamera yang mengabadikan saya dan teman-teman saat berada di depan Gedung Sate. The Unforgettable Bandung di sini, salah seorang teman saya yang ikut dalam perjalanan ini, menjadi teman hidup. Saat itu, saya masih anak baru dan belum begitu akrab dengan teman-teman semua. Dia yang menjadi teman hidup saat ini, juga sangat cuek. Dua tahun kemudian, saya dan dia menikah di Cilacap.

Tangkuban Perahu


Tangkuban Perahu memiliki ketinggian 2.084 dari permukaan laut. Bersama teman-teman satu team pada tempat saya bekerja, setelah resign dari kantor pertama, tahun 2008. Itu adalah kali pertama saya mendatangi tepat wisata tangkuban perahu.

Datang pada waktu pagi hari, tidak begitu terik panas matahari. Sayang sekali juga, foto-foto di tempat tersebut juga hilang. Namun ada The Unforgettable Bandung di sini. Pertama kali saya menggunakan hijab lagi, setelah sempat lepas pakai setelah lulus kuliah. Alhamdulillah.

Tahun 2014 - Saat melakukan perjalanan ke Bandung lagi bersama teman-teman kantor suami, mampir juga ke sini. Sayang seribu sayang, untuk naik ke atas, antrian begitu panjang sebelum berbelok ke pintu masuknya. 

Daerah Antapani, Bandung


Tahun 2013 - Melakukan perjalanan ke Bandung bersama Faiz, anak pertama saya dan keluarga paman dan bibi. Itu adalah perjalanan pertama berdua saja bersama Faiz dengan jarak yang tidak dekat. Biasanya Faiz ingin komplit bersama abinya.

Saya bersama-sama saudara menuju ke Bandung di daerah Antapani untuk berkumpul bersama saudara-saudara. Acara berkumpul bersama-sama dengan keluarga di Bandung memang sering diadakan. The Unforgettable Bandungnya adalah, itu kali pertama Faiz dan saya pergi berdua saja.

Bandung Selatan ( Kawah Putih, Situ Patenggang dan Ciwidey)


Akhir tahun 2013 dan membuka tahun baru 2014. Saya dan suami mengajak keluarga besarnya untuk berlibur di Bandung Selatan. Liburan ini adalah kali pertama mengajak Faiz untuk menginap di hotel. Suami juga akhirnya dapat mengajak orangtua dan adik-adiknya berlibur di Bandung dan menginap di hotel.

Tempat wisata yang pertama di tuju adalah Kawah Putih. Menuju ke kawah putih dibutuhkan ketrampilan mengemudikan mobil yang baik. Suami saya membawa mobil dengan hati-hati. Medannya yang menanjak dan berkelok-kelok membuat saya deg-degan. Tapi jangan khawatir, jalanannya sangat bagus dan pemandangan di kanan dan kirinya sangat indah.



Pagi harinya, membuka tahun 2014. Situ patenggang menjadi tujuan wisata saya dan keluarga. Menakjubkan sekali hijaunya pemandangan yang membuat mata fresh. Memang tepat mengunjungi situ patenggang pada pagi hari. Merasakan embun dan mata yang segar melihat hamparan kebun teh. Jangan lupa membawa jaket ya, dingin.





The Unforgettable Bandung kali ini adalah, saya baru mengetahui pasti sedang mengandung setelah pulang dari Bandung. Sepanjang perjalanan camilan saya adalah buah strawberry yang dibeli satu kilonya adlaah 15.000 rupiah dan bisa memilih. Saya membeli 3 kilo untuk saya sendiri.

Pondok Pesantren Daaurut Tauhid 


Tahun 2014 - Anak kedua saya berusia  empat bulan sudah merasakan perjalanan menempuh macet pada saat liburan akhir tahun di Bandung. Berangkat dari Jakarta pukul sembilan pagi, ba'da dzuhur sampai di Pondok pesantren Daarut Tauhid milik Aa Gym.

Ini adalah kali pertama saya mendatangi pesantren milik Aa Gym. Hujan mengguyur kedatangan rombongan saya dan teman-teman kantor suami. The Unforgettable Bandung di sini adalah perjalanan ke tempat wisata lainnya. Macet. Macet dan Macet. Menginap di Ciater High Land, ini adalah liburan pertama baby Fira.



Menginap di Hotel Vio Cihampelas Bandung


Menginap di pusat kota Bandung, Cihampelas pada tahun 2015. Bersama ke dua anak dan suami setelah menempuh perjalanan panjang dari Cilacap pada saat liburan lebaran. Sangat susah mencari hotel pada pagi hari pukul 06.00 pagi. Jadi sebelum cek ini, saya dan suami sarapan bubur ayam di depan kampus ITB.

Setelah sarapan di depan kampus ITB perjalanan dilanjutkan ke Masjid Agung Jawa Barat. Menemukan masjid Agung Jawa Barat, seperti menemukan rumah sendiri. Memang sedikit gelap di tempat parkir yang letaknya di bawah hamparan rumput sintetis. Rumput tersebut digunakan sebagai pengganti rumput asli.

Banyak sekali pengunjung yang datang di halaman Masjid Agung Jawa Barat. Faiz dan Fira juga sangat senang berada di halaman hijau Masjid Agung Jawa Barat. Namun panas cukup menyengat saat jarum jam menunjukkan pukul 10.



Dari Masjid Agung Jawa Barat, suami mengemudikan mobil menuju Trans Studio. Namun akhirnya malah menuju ke Pacal, sebuah tempat makan yang menurut saya, kurang menarik pada saat itu. Harga dan penyajiannya kurang memuaskan.

Setelah itu, barulah menuju Hotel Vio yang letaknya di Cihampelas. Hotel mini ini cukup bersih dan kamarnya sangat kecil sekali. Berempat bersama anak-anak sangat memerlukan perhatian yang sangat cermat. Fira sedang senang-senangnya mengeksplorasi tempat, cabut satu kabel di dalam kamar bisa berbahaya.

Malamnya, suami mengajak untuk berjalan-jalan di Ciwalk. Awalnya saya malas, karena badan masih lelah. Tapi suami mengajak dan anak-anak juga masih belum menagantuk. Menuju Ciwalk tangan suami mengenggam erat dan ini adalah untuk mengingat kenangan delapan tahun lalu. Tahun 2006 saat pertama kali ke Bandung bersama teman-teman satu team di kantor pertama. Akhirnya saya dan suami sebagai pasangan suami istri. Inilah The Unforgettable Bandung paling mengesankan bagi saya.

Teman-teman yang sudah ke Bandung atau tinggal di Bandung atau ingin ke Bandung? mana The Unforgettable Bandung yang kalian miliki? Bandung memang surganya apapun ya? saya saja banyak sekali Unforgettable Bandung-nya ya? [2016:02]


18 comments:

  1. Waw, banyak banget kenangan unforgettable Bandung ya. Aku pun termasuk yg betah di Bandung :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiya, jadi ngelist Unforgettable Bandung saya, makasih ya kunjungannya

      Delete
  2. Saya belum pernah k bandung maaak. Dan pingin kesana

    ReplyDelete
  3. liburan ke bandung itu sangat istimewa banget :)

    ReplyDelete
  4. Bandung memang banyak tempat yang menarik dan menakjubkan untuk tujuan wisata ya mbak Astin, kapan ya saya bisa kesana? :(

    Semoga sukses GA nya ya mbak :)

    ReplyDelete
  5. daerah Ciwidey itu memang cantik dan udaranya juga enaaaak, adeeeem.... Tp ke sana butuh perjuangan ngelewatin maceeeetttt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Macet yang menjemukan, tapi melihat pemandangan alam yang hijau dan seger, lupaaaa...hehee, tinggal pulangnya

      Delete
  6. Aku baru ke ciwidey bandung, penasaran sama tangkuban parahu dan tempat wisata lainnya hihi

    ReplyDelete
  7. Terakhir ke masjid raya belum sebagus sekarang

    ReplyDelete
  8. Banyak juga ya yang bisa dikunjungi di Bandung, info bagus untuk yang planning trip wisata ke kota ini :)

    ReplyDelete
  9. Bandung mengingatkan lagu daerahnya yang asyik di dengar, Lagu Manuk Dadali :D


    Terima kasih atas artikel perjelanannya, jadi pengen ke sana :D

    ReplyDelete
  10. Insya Allah ada waktu ke Bandung bisa jadi local tour guide saya donk? Kira2 berapaan tarif per harinya nih Mbak?

    ReplyDelete

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...