9 Mar 2016

Info Gerhana Matahari 2016 di Sindonews

Advertisement
Tangerang, 9 Maret 2016 saya dan seluruh warna negara Indonesia bersama-sama menyaksikan dan menikmati fenomena langka tahun ini. Fenomena tersebut adalah gerhana matahari 2016 yang akan terjadi lagi beberapa ratusan tahun lagi di Indonesia. Tadi malam, saya memberitahu anak saya untuk bangun lebih pagi. Bangun lebih pagi untuk menyaksikan dari sini, gerhana matahari sebagian.

Gerhana Matahari adalah proses alam, yang terjadi ketika bulan melintas langsung di antara bumi dan matahari. Proses ini akan menyebabkan bayangan jatuh menimpa bumi. Ini hanya dapat terjadi pada fase bulan baru, yaitu ketika sisi gelap bulan, menghadap ke bumi. Fenomena alam gerhana matahari 2016 merupakan moment yang tepat untuk mengajarkan anak saya, belajar mengenai alam.

Gerhana matahari akan terjadi hari ini, mulai pukul 06.20 di Pagai, Sumatera Utara. Namun perlu diingat, untuk menyaksikan gerhana matahari 2016 tidak diperbolehkan menggunakan mata langsung. Teropong, teleskop dan kaca mata khusus untuk melihat gerhana matahari ramai-ramai disediakan, khusus untuk hari ini.

Dampak Buruk Gerhana Matahari Total Menurut Paranormal
Gambar di ambil dari sindonews


Efek samping melihat gerhana matahari bagi mata, akan menyebabkan kerusakan pada retina. Kerusakan tersebut juga dapat menyebabkan kebutaan pada mata, jika melihat gerhana matahari secara langsung. Jadi harus mematuhi anjuran dari para ahli ya, untuk dapat menjaga mata kita dari kerusakan.

Di tempat saya tinggal, saya dan beberapa warga di sini, hanya dapat menyaksikan gerhana matahari sebagaian. Tidak seperti 12 provinsi yang dapat menyaksikan gerhana matahari total. Semua informasi terjadinya gerhana matahari 2016 dari 12 provinsi di Indonesia, hanya saya dapatkan dari para teman yang pergi ke sana menjadi pencari tempat terbaik menyaksikan gerhana matahari, di berbagai tempat.

Selain itu, ada banyak sekali media, baik media sosial, media elektronik yang membagikan informasi lengkap mengenai gerhana matahari 2016. Ini adalah efek positif dari media sosial dan teknologi elektronik yang sudah begitu maju. Memang menyaksikan secara langsung dan berada di tempat terjadinya gerhana matahari total, merupakan kenangan terindah dalam kehidupan.

Jika teman-teman seperti saya, tidak dapat menyaksikan gerhana matahari total 2016, bisa melihat informasinya di media online juga. Apalagi jika teman-teman semuanya beragama muslim, sebaiknya mendirikan sholat gerhana. Betapa fenomena langka yang terjadi ratusan tahun lagi di Indonesia merupakan kekuasaan Allah.

Suami saya juga sudah mengajak saya dan anak-anak untuk pergi ke mushola atau masjid terdekat untuk mendirikan sholat gerhana. Jadi, keinginan untuk menyaksikan di televisipun mungkin tidak secara langsung. Nah, gerhana matahari 2016 di sindonews akan menyajikan liputan dan info gerhana matahari 2016. Yuk, kalau kalian bagaimana? [2016:03]

 


9 comments:

  1. Aku juga ga bisa melihat gerhana matahari secara langsung dek Astin, jadi cukup puas walau hanya melihat lewat teve. Kita tunggu aja cerita lengkap mami Icha dan juga dek Melly hehehe

    ReplyDelete
  2. Kebetulan hari ini saya pas ngga sholat mbak, jadi bisa melihat gerhana langsung memakai sebuah alat bantu. Di Semarang gerhana terlihat hanya sebagian seperti di Jakarta dan suasana disekitar menjadi agak temaram. Dan di masjid dekat rumah saya, Subhanallah yang menunaikan sholat gerhana sampai luber ke jalan saking banyaknya :)

    ReplyDelete
  3. kalo saya di magetan gak bisa lihat gerhananya mba, tapi merasakan suasana idul fitri pas sholat gerhana :D

    ReplyDelete
  4. Sempat temaram sebntar saat td zikir d mesjid :)

    ReplyDelete
  5. ih ga bisa liat gerhananya langsung karna solat T_T, tapi semoga aja lebih afdol disisinya :)

    ReplyDelete
  6. Saya lihat pakai film kamera aja, lumayan keliatan.

    ReplyDelete
  7. kalo aku buat sendiri dari foto bekas rontgen hasilnya lumayan kelihatan gerhananya

    ReplyDelete
  8. Salam kenal semuanya
    saya menawarkan kerjasama dengan keuntungan sangat besar

    ReplyDelete
  9. kemarin gak bisa ngeliat langsung gara-gara ketutupan awan mendung, ya alhamdulillah kebagian gelapnya..hehe

    ReplyDelete

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...