5 Mar 2016

Kampanye Bulan Sarapan Sempurna Bersama Susu Kental Manis Frisian Flag

Advertisement
Jakarta, 27 Februari 2016 - Saya bersama Kumpulan Emak Blogger hadir pada moment pengumumam kampanye Bulan Sarapan Sempurna. Bertujuan sebagai upaya untuk mensosialisasikan pentingnya membiasakan keluarga menyantap sarapan bergizi setiap hari dan melengkapinya dengan segelas susu kental manis Frisian Flag.

Bulan Sarapan Sempurna ini adalah bulan di mana kita akan diingatkan tentang betapa pentingnya sarapan yang tidak hanya membuat kita siap menghadapi hari, namun juga memperkuat kebersamaan dalam keluarga.

 Breakfast is the Most Important Meal of The Day


Acara dibuka dengan sambutan Marketing Manager Frisian Flag Indonesia, Ramjeet Kaur Virik. Mrs Ramjeet Kaur menegaskan betapa pentingnya sarapan sehat dan sempurna. Maksudnya apa? sarapan yang menunjang penyedia energi untuk beraktifitas sehari-hari dengan baik sehingga metabolisme tubuh dapat tercukupi.

Sarapan sehat dan sempurna dilakukan pada pukul 06-07 pagi. Bukan hanya melihat kuantitas dari sarapan tersebut saja, namun ada hal yang juga penting yaitu, kualitas. Bagaimana kualitas dari sarapannya? apakah sarapannya mengandung nutrisi yang seimbang meskipun menggunakan roti gandum?



Sarapan menurut Mrs. Ramjeet, sebaiknya dilakukan bersama-sama anggota keluarga. Sempatkan untuk berkumpul bersama anggota keluarga. Dengan sarapan secara teratur dan dilakukan bersama, akan terjalin bonding yang kuat antara angota keluarga. Tidak hanya itu saja, ibu menyajikan sarapan dengan penuh cinta, dan sama-sama menikmati hidangan sarapan dengan penuh kebahagian. Jiwa setiap anggota keluarga menjadi sehat, bukan hanya tubuh saja.

Baca Yuk : Resep Sarapan Praktis dan Sehat : Roti Tawar Gulung Isi Keju dan Abon

Kampanye Bulan #SarapanSempurna


Setelah menyaksikan tayangan video inspiratif saat sang ibu dalam waktu yang sangat sebentar di pagi hari, berusaha menyiapkan sarapan untuk seluruh anggota keluarga. Seluruh pengisi acara bersama-sama memegang segelas susu Frisian Flag dalam peluncuran Bulan Sarapan Sempurna. Kemudian dilajutkan pemaparan para ahli dibidang gizi, tentang Sarapan Sehat dan Sempurna bersama Frisian Flag.




Sarapan : Tujuan dan Mengapa harus sarapan


Dr. Samuel Oentoro, MS, SpGk mengawali presentasinya dengan bertanya, mengapa kita harus sarapan? Nah, kalau ditanya begini? bingung tidak? ada yang menjawab, sarapan sudah menjadi kebiasaan dari kecil. Jawaban saya sama. Dari kecil sudah diajari sarapan dan duduk bersama di atas kursi makan dan sarapan sudah tersaji di atas meja makan.

Sebelum menjawab mengapa harus sarapan, dokter yang sangat energik ini menjelaskan tujuan sarapan itu sendiri. Kita akan beraktifitas atau bergerak sepanjang hari. Membutuhkan energi atau tenaga. Energi ini sumbernya dari makanan. Makanan itu bisa Karbohidrat, Protein dan Lemak, ketiganya akan bernutrisi jika ada vitaminnya. 

Baca Yuk : Resep Sarapan Praktis dan Sehat : Sayur Bakso Siram Telur

Karbohodrat itu penting karena merupakan sumber energi. Sumber energi yang akan mempengaruhi fungsi otak. Pernahkah merasakan badan lemas karena kelaparan, apakan otak dapat bekerja secara maksimal? yang ada emosi, marah-marah, pusing dan akan menjadikan badan sakit. Sedangkan Lemak dan Protein, dibutuhkan otot untuk bergerak sempurna.

Otak membutuhkan karbohidrat, oleh karena itu, sebelum memulai aktifitas alangkah baiknya memulai dengan sarapan sehat dan sempurna. Sarapannya bagaimana? sarapan dengan menu makanan yang glukosanya akan naik dan turun pelan-pelan. 



Melengkapi Sarapan Sempurna dengan Susu Kental Manis Frisian Flag


Ada berapa pertanyaan dan dijawab oleh dr Rully setelah beliau memaparkan presentasinya. Berikut beberapa pertanyaannya;
  1. Susu tidak boleh disajikan dengan air panas, apalagi dimasak untuk mendapatkan sajian menu makanan.
  2. Setelah susu disajikan, jangan tunggu terlalu lama, langsung dikonsumsi saja. Tidak boleh lebih dari empat jam. Dalam penyajian, sebaiknya ditutup menggunakan tutup gelas, jika tidak langsung diminum atau dimasukkan ke dalam lemari es, tentunya tidak boleh lama-lama.
  3. Sebaiknya ibu-ibu #FFBlogger lebih cermat ketika membaca tabel saji dalam kemasan susu. Susu hanya membantu melengkapi sarapan saja, oleh karena itu tidak disarankan mengganti sarapan dengan segelas susu, harus ada makanan dalam sarapan.
  4. Susu boleh dicampur dengan teh, kopi atau yang lainnya. Dengan catatan tidak dengan air panas. 

Sarapan Penting untuk Quality Time Familly


Setelah diputar kembali video yang menguras emosi pada #FFBlogger, Mrs Ramjeet kembali mengajak para blogger dan seluruh masyarakat untuk sama-sama menyadari bahwa waktu 10 menit untuk sarapan itu harus dilakukan.

Sarapan tidak perlu mewah, ada nasi, sayur dan lauk sederhana dan dilengkapi dengan segelas susu sebagai pelengkap. Hayo, apakah teman-teman semua sudah setiap hari membiasakan untuk menyajikan sarapan untuk keluarga? saya sudah dong? eheheee.

Nah, jika sudah menjadi kebiasaan, hal ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan, lho. Apalagi Frisian Flag pada bulan Maret ini meluncurkan websitenya www.bulansarapansempurna.com. Tujuan dibuatnya website ini, agar kampanye Bulan Sarapan Sempurna dapat dipahami oleh masyarakat.

Kangen Rumah


Ari Untung and familly datang pada peluncuran kampanye Bulan Sarapan Sempurna. Fennita membiasakan sarapan sebelum beraktifitas. Anak-anak Fennita juga menyadari, bahwa dengan sarapan akan mempengaruhi kerja otak dan menjadi lebih berkonsentrasi di sekolahan.

Meskipun pagi-pagi adlah waktu yang paling hectic, tapi seru. Semua anggota keluarga akan beraktifitas. Anak-anak bangun dari tidur yang kadang susah dibangunkan atau ada mencari barang ini barang itu. Namun, sebisa mungkin sediakan sarapan sederhana untuk bekal hari itu.

Menu sarapan bisa berbeda-beda, agar tidak membuat bosan anak-anak. Bisa juga meminta saran anak-anak, besok sarapannya apa? agar membiasakan anak untuk bertanggungjawab menghabiskan sarapannya, karena itu adalah permintaannya, tutur wanita yang masih langsing meskipun telah memiliki dua anak.



Istri dari Ari Untung ini, juga menuturkan, sarapan itu memiliki dampak yang positif. Berikut dampak positifnya;
  1. Pagi-pagi, terburu-buru, banyak sekali hal yang dilupakan karena bangun yang masih pagi. Tapi karena sudah sarapan, semua akan menjadi lebih enak, tidak ada emosi, tidak ada marah-marah.
  2. Kebiasaan sarapan di rumah, menjadikan anak-anak akan kangen dengan rumah. Memang awalnya seru dan susah, namun jika sudah menjadi kebiasaan pasti akan menjadi lebih ringan.

Happy Mom, Happy Familly


Sarapan merupakan bagian dari sebuah ritual keluarga. Namanya ritual, adalah kegiatan yang harus selalu diadakan di dalam sebuah keluarga. Sarapan akan terjadi jika ada seorang ibu yang menyiapkan sarapan untuk seluruh anggota keluarga. Setelah itu dinikmati bersama-sama, bukan sendiri-sendiri. Setelah menyantap sarapan, seluruh anggota keluarga akan bahagia karena melakukan sarapan secara bersama-sama.

Point penting agar sarapan dapat berlangsung dengan baik adalah memastikan jam biologis harus reguler. Makan pagi jam 07-09, tidur malam jam 09 malam, ibu bangun tidur sebelum sholat subuh. Mengapa harus reguler? karena sebagai manusia, kita membutuhkan keteraturan di balik ketidakteraturan.

Anak pintar untuk meniru. Jika seorang ibu menyediakan waktunya untuk bangun pagi, menyiapkan sarapan dan mengajak sarapan bersama? apa yang akan dilakukan oleh sang anak? tentunya akan akan meniru dan ikut sarapan bersama. Memang hal tersebut akan berlangsung lama, butuh beberapa waktu antara 8-12 kali trial, agar anak dapar meniru kebiasan orangtuanya dalam hal makan.



Hal tersebut disampaikan oleh psikolog keluarga, Rosalina Verauli, MPsi, Psi. Akrab dipanggil Mbak Vera, juga menyampaikan, pentingnya sarapan untuk anak adalah sebagai berikut;
  1. Ready to Learning
  2. Ready to Socialisasi
  3. Ready to Problem Solving 
Jadi ayo para MomBlogger sempatkan diri kita, meskipun tidak bekerja kantoran untuk menyediakan sarapan untuk seluruh anggota keluarga. Ajak menikmati sarapan bersama-sama dan nikmati moment yang sebentar tersebut untuk saling berbincang-bincang tentang kegiatan masing-masing.

Saya yang juga sudah tidak bekerja di kantor, suami yang menjadi wiraswasta alias bisa berangkat bekerja kapan saja dan anak-anak masih kecil, masih terus mengupayakan untuk bangun lebih pagi. Menyediakan sarapan sederhana, meskipun kadang masih tertatih tatih untuk menyediakan dan membangunkan anak-anak di pagi hari.


Baca Yuk : Resep Praktis dan Sehat : Orak Arik Tahu dan Sayuran





Memang secara teori untuk menyajikan sarapan adalah sangat mudah, prakteknya kadang terbengkalai. Namun setelah mengikuti acara peluncuran Bulan Sarapan Sempurna bersama Frisian Flag, semoga niat mulia seorang ibu dan istri ini dapat dipermudah, aamiin. [2016:03]

36 comments:

  1. Wah Fariz dan Fira tante mau dong itu makanannya :D

    ReplyDelete
  2. Wah, jadi fokus lihat anak-anak mam..seruu ya, Mak ^_^

    ReplyDelete
  3. Saya dan suami jarang sarapan, biasanya makan jam 11an. Wah harus dirubah ini.

    Terima kasih sharingnya Mbak :)

    ReplyDelete
  4. Sepakaat, sarapan memang penting banget.
    Itu susu jaman saya kecil mba, awet eksis yah.

    ReplyDelete
  5. Sarapan sempurna untuk bekal semangat pagimu :)

    ReplyDelete
  6. Wah, aku sih gak doyan susu.. Susu coklat boleh deh.. Hihihii.. Tapi kalau aku tahu suami ku memberikan susu ke makanan ku, uugghh.. Nagih deh, ehh, ku kejar kejar deh :P Tapi aku biasa makan puding campur susu coklat merk ini mba, suamiku juga suka susu putih merk frisian flag, harus yang putih. Yang lain gak doyan beliau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik dong dimasakin. To gak boleh dimasak y susunya. Karena nutrisinya akan rusak

      Delete
  7. Ayo kita berikan sarapan sempurna untuk keluarga kita

    ReplyDelete
  8. Acaranya sangat bermanfaat ya mak. Banyak yg ga kuketahui sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Momentnya pas bgt saat Aku terlena....

      Delete
  9. seneng deh kalo ngeliat anak seneng hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama bro, yang penting anak senang dan tumbuh dengan optimal

      Delete
  10. Suka tulisannya.. Yup sarapan ga perlu mewah yang penting sesuai gizinya dan dilakukan bersama. Sukses tulisannya mak..

    ReplyDelete
  11. Waaah keren mak reportasenya. Lengkap. Fotonya juga bening. Hihi. Pantes lengkap, wong aku liat mak astin ngga berenti-berenti nyatet kok selama acara. Hehe

    ReplyDelete
  12. Aku suka, kombinasi ulasannya plus resep-resep praktisnya, Mak :D

    ReplyDelete
  13. reseppnyaa kepinginnn.... jam brp sekarang yahh??.. sarapan dobel dobel boleh gk yahhh...ngiler makanan nya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada camilan sehat di antara sarapan Dan makan diang,lho. Visa burjo,kue manis atau pisang rebus ditaburi keju....ach jd ngizler

      Delete
  14. Penting ya bagi anak-anak menyempurnakan sarapan tiap pagi. Apa lagi kalau punya mama yang rajin memasak sehat terus plus minum susu..Insya Allah deh anaknya sehat dan pintar ya Mbak Astin

    ReplyDelete
  15. Aamiin... semangat mbak... eh saya juga ding.

    Sarapan memang awal yang terbaik, dan jika ditambah minum susu, jadi jauh lebih baik.

    ReplyDelete
  16. Noted Mbak, sarannya. Gak nambahin air panas, apalagi memasak dengan susu lagi. Tapi sebenarnya tidak berbahaya kan?

    ReplyDelete
  17. Gak perlu mewah yang penting sarapan setiap pagi dengan cukup gizi, Frisian flag susu kental manis kesukaanku sejak zaman dulu kala hingga sekarang menjadi kesukaan anakku.

    ReplyDelete
  18. Sarapan itu perlu untuk modal
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  19. Sarapan sempurna sarapan sehat aktifitas jadi hebat...

    ReplyDelete
  20. habis dari sini langsung bikin sarapan tiap pagi

    ReplyDelete

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...