Skip to main content

Resep Sarapan Praktis dan Sehat : Sayur Bakso Siram Telur [2]

[Resep] Sarapan praktis dan sehat di pagi hari ini saya sempatkan memasak, meskipun kondisi badan belum fit. Kalau kemarin, sarapan praktis dan sehatnya beli di luar rumah. Sarapan untuk orang yang sedang mengalami masalah pencernaan adalah bubur ayam.

Sarapan paktis dan sehat yang saya buat hari ini adalah Sayur Bakso Siram Telur. Sayurannya yang ada di lemari es saja. Untuk keluar rumah saya belum sanggup. Jadi, brokoli dan wortel saja sayurannya. Sebetulnya ingin menambahkan jagung manis, tapi ya sudahlah. Kemudian di frezer juga ada bakso sapi yang kebetulan belum diolah. Di siram telur yang sebelumnya di kocok terlebih dahulu.

Bahan-bahan untuk Sayur Bakso Siram Telur

  1. Brokoli, saya baru tahu, kalau brokoli itu cepat sekali berubah warna menjadi kuning dari kehijauan. Jadi sabiknya, membeli brokoli langsung dimasak ya.
  2. Wortel, saya menggunakan setengah wortel import, karena menunya hanya untuk sarapan saja.
  3. Bakso, jumlahnya kurang lebih delapan butir
  4. Telur cukup satu butir saja, karena sayurannya juga sedikit.
  5. Air secukupnya
  6. Minyak goreng dua sendok makan

 Bumbu-bumbu yang dibutuhkan

  1.  Bawang putih lima siung
  2. Garam secekupnya
  3. Lada bubuk satu sendok makan
  4. Gula pasir sepucuk sendok teh, saya tadi menggunakan gula, karena setelah dikoreksi rasa, keasinan.

Cara Membuat Sayur Bakso Siram Telur

 

 

Cara membuatnya cukup praktis dan sederhana. Minyak yang digunakan sedikit saja untuk menumis garam dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Kemudian masukkan wortel yang sudah dipotong bentuk korek api. Beri air sedikit saja untuk membuat wortel lunak.

Setelah lunak, bakso yang sebelumnya telah diiris tidak begitu tebal. Masukan telur yang telah dikocok dan aduk rata. Setelah itu masukkan brokoli, aduk kembali dan masak hingga sayuran matang. Koreksi rasanya, jika menyukai menambah kuah, tambahkan air yang banyak. Jika menyukai kuah yang kental, bisa tambahkan air yang sebelumnya diberi tepung maizena.

Sarapan Praktis dan Sehat Bersama Buah Pear dan Milk Mix Carrot


Setelah matang sayur bakso siram telur terlihat sedikit sayurannya. Jadi, untuk memenuhi mineral dan vitaminnya, saya kupas buah pear untuk disajikan bersama sarapan yang telah matang. Selain sayur bakso siram telur, saya juga menggoreng tempe, banyakan proteinnya kan?



Buah pear awalnya ingin dibuat jus menggunakan juicer, namun sayang juga wortel di lemari es masih satu. Jadilah yang dijus adalah wortel, buah pearnya dikupas tuntas. Bagaimana? apakah sarapan saya masih kurang sempurna?



Tentu saja, sajikan segelas susu yang segar untuk sarapan menggunakan nasi, sayur bakso siram telur, tempe goreng, buah pear. Ada yang kurang? yuk, jus wortel murninya sangat segar, meskipun rasa manisnya sangat minim.

Baca Yuk : Sarapan Prakis dan Sehat : Orak Arik Tahu dan Sayuran

Milk Mix Carrot


Artinya salah gak ya? Milk Mix Carrot? maksudnya  adalah Jus wortel yang telah saya buat dicampur dengan segelas susu. Awalnya saya mencoba terlebih dahulu, dua sendok makan susu ditambahkan satu sendok jus wortel. Wow wwwoo, rasanya membuat mata saya terbuka, segar sekali, pasti akan bertambah segar lagi jika ditambahkan perasan air jeruk lemon.

Untuk menutup sarapan praktis dan sehat tadi, buah pear dan milk mix carrot menjadi menu penutupnya. Suami saya mengomentari sarapan saya, terutama yang milk mix carrot. Untuk anak-anak yang tidak suka atau susah mengkonsumsi sayuran, itu sangat cocok.

Baca Yuk : Inspirasi Dapur

Baiklah, next sarapan mungkin saya akan mencoba untuk membuat kangkung mix milk and honey. Itu resep asal ya, apakah mungkin saya membuatnya? tentu masih dipikirkan keabsahannya, heheee. Any idea for my breakfast tommorow?[2016:03]



Comments

  1. Lhaaa, masih sakit. Lekas sembuh, ya. Biar bisa ngirim sayur bakso ke Banjar. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum ke Banjar mampir dulu ke Bekasi

      Delete
  2. gampang bgt masaknya, cepet sembuh ya

    ReplyDelete
  3. Hua ini pasti seger, fokusku ke brokoli sama jus susu wortelnya. pengen cobaaa~ Semoga lekas sembuh yaa Mak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu

Tiga tahun yang lalu saya sudah ingin sekali menceritakan pengalaman ini. Pengalaman pertama kali kehilangan satu gigi depan bagian atas. Pengalaman tidak memiliki gigi depan bagian atas dan harus ompong selama beberapa minggu. Pengalaman setiap beberapa hari sekali ke dokter gigi, untuk mendapatkan perawatan gigi yang hilang tersebut. Pengalaman dipasang gigi palsu tanam dan menggunakan gigi tersebut hingga tiga tahun. Dan juga pengalaman ketika gigi palsu tanam tersebut hampir lepas.

Fungsi Utama Gigi
Menurut Wikipedia Indonesia, Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Memiliki struktur dan variasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi itu sendiri adalah untuk merobek atau mengunyah makanan. Dengan adanya gigi dengan struktur yang lengkap dan sempurna. Proses merobek dan mengunyah makanan akan menjadi mudah. Untuk menyantap makanan yang keras, makanan yang panas ataupun dingin oke oke saja, kan giginya sehat.

Fun…