Skip to main content

#One Step Ahead : Selangkah Lebih Maju Menyiapkan Kesuksesan Anak

Jakarta, 29 April 2016 - Pada sore hari yang sedikit mendung, saya bersama anak pertama saya mendatangi sebuah acara talkshow. #Onestepahead. Selangkah lebih maju untuk menyiapkan kesuksesan anak di masa depan.

Sebagai orangtua, saya ingin mengetahui, apakah yang saya lakukan kepada anak-anak sudah tepat? Kemudian, saya sebagai orangtua harus mempersiapkan apa saja, untuk masa depannya kelak? apakah tetap mendampinginya sampai keinginan terwujud? atau memberikan gambaran saja dengan tetap memberikan support.

Talkshow yang membahas bagaimana seorang ibu atau orangtua menyiapkan kesuksesan anak di mana depan. Dipandu oleh presenter cantik, Cheryl Tanzil dan empat narasumber yang ahli di bidangnya.



Sebelumnya Danish Rahman,  marketing Director PT Nutricia Indonesia Sejahtera menjelaskan "Nutrilon Royal mendukung dan mengajak para ibu untuk menjadi seorang One Step Ahead Mum, yang tidak hanya selalu memberi yang terbaik untuk masa depan anak-anaknya, tetapi juga selangkah lebih maju dalam merencanakan keberhasilannya di masa depan : mendukungnya dalam menemukan potensi diri, merencakan pendidikan yang tepat dan persiapan dana yang matang dan nutrisi yang tepat sesuai dengan tumbuh kembang anak. Perencanaan yang baik dapat membantu ibu dalam memberikan dukungan yang terbaik untuk anak.



Perhatikan Asupan Nutrisi yang Seimbang untuk Anak


Dr. Bernie Endyarni Medise, SpAk, MPH membuka penjelasannya mengenai salah satu hal yang penting dalam tumbuh kembang anak. Semakin besar pertumbuhan anak, semakin harus diperhatikan nutrisi yang diberikan, apalagi pada saat golden age. Otak anak sedang berkembang dan beragam informasi yang dilihat, didengar sedang aktif-aktifnya direkam.

Faktor yang berkembang dalam tumbuh kembang anak, akan dipengaruhi oleh, faktor genetik, faktor lingkungan dan pemberian ASI, MPASI, Makanan Seimbang. Pada faktor lingkungan, perkembangan anak akan dipengaruhi oleh pola pengasuhan, stimulasi yang diberikan oleh orangtua, Psikologis, Kesehatan dan Imunisasi.

Sebagai contoh pemberian asupan dengan nutrisi yang seimbang adalah, pemberian makanan pokok. Prinsip membiasakan makan makanan beraneka ragam, hidup bersih, pola hidup aktif dan olah raga serta memantau berat badan, harus dilakukan oleh ibu khususnya dan para orangtua pada umumnya.

Dr Bernie memberikan contoh untuk pemberian stimulasi pada anak berusia balita.
  1. Setiap hari, diulang, setiap ada kesempatan
  2. Suasana bermain yang interaktif
  3. Pola asuh demokratik
  4. Beri kebebasan, jangan dipaksa
  5. Diberi contoh, dibantu, tuntas (selesai)
  6. Berikan pujian dan penghargaan

Menggali dan Mendukung Potensi Si Kecil


Dalam rangka merencanakan masa depan anak, salah satu aspek penting perlu dilakukan oleh para ibu terlebih dahulu adalah pengindentifikasian potensi anak, dimana dikenal adanya 8 Tipe Kecerdasan Majemuk yaitu Kecerdasan Bahasa, Logika/ Matematik, Musikal, Spasial, Kinestetik/Jasmani, Naturalis, Interpersonal dan Intrapersonal. 

Pembahasan mengenali potensi hingga mengembangkan bakat, minat serta potensi bersama Psikolog Ajeng Raviando, Psi. Fakta menyebutkan, sebagaian besar dari ibu memiliki keinginan yang terbaik untuk anaknya, NAMUN tidak mengetahui atau kurang memahami hal-hal yang dibutuhkan oleh anak.

Sebagai seorang ibu, sangat penting untuk mengetahui dan memahami potensi anak .Kemudian mendukung agar potensinya tersebut, dapat menjadi prestasi pada suatu hari dan dapat meraih kesuksesannya kelak. Mulai sat ini, lihat, pahami, gali apa potensi yang ada pada diri anak ibu semua. Dukung proses belajarnya, proses bermainnya agar potensinya tersebut dapat menjadi prestasinya. Hal ini salah satu langkah menjadi One Step Ahead Mum.



Ada langkah yang dibocorkan oleh Mbak Ajeng untuk menjadi One Step Ahead Mum, yaitu :
  1. Ibu perlu mengetahui tahap perkembangan anak
  2. Ibu perlu mempunyai wawasan mengenai kecerdasan majemuk dan kecerdasan intelektualnya
  3. Ibu perlu memahami gaya belajar anak
  4. Ibu harus menemukan pola asuh yang tepat
  5. Ibu perlu mengetahui cara mengidentifikasi potensi anak
Ada sebuah tes yang dapat membantu untuk mengidentifikasi potensi anak. namun tes yang paling objektive dan paling mudah dilakukan adalah pada pengamatan seorang ibu terhadap anaknya, yang dilakukan rutin dan salah satu caranya adalah membangun komunikasi yang efektif.

Selangkah lebih Maju dalam Memilih Sekolah Untuk Anak


Setelah mengidentifikasi potensi anak, selanjutnya orangtua dapat melakukan perencanaan, di mana salah satunya adalah memberikan dukungan pendidikan yang tepat bagi anak. Menurut praktisi pendidikan anak, Drh. Damayanti Jusuf, M.Sc, Ph.D, seorang ibu harus selangkah lebih maju dalam mempersiapkan pendidikan anak, dimulai dari memilih sekolah yang tepat, memberikan pendampingan di sekolah hingga menyesuaikan dengan gaya belajar anak.



Dalam memilih sekolah, ada beberapa hal yang mendasari pemilihan tersebut. Berikut diantaranya;
  1. Idealisme Keluarga, apakah si anak akan masuk ke sekolah negeri atau swasta, apakah pada sekolah tersebut cocok dengan visi keluarga, apakah orientasi siswa sesuai dengan idealisme pada keluarga tersebut.
  2. Kondisi Keluarga, Jika salah satu orang tua tersebut, memiliki pekerjaan yang memungkinkan untuk pindah negara, sebaiknya anak-anaknya dipilihkan sekolah internasional, agar nantinya tidak kaget, jika harus mengikuti kepindahan orangtuanya.
  3. Kondisi Anak, Jika anak memiliki kemampuan akademis yang standar, dapat dipilihkan sekolah yang umum. Namun jika anak memiliki kebutuhan khusus, sebaiknya dipilihkan sekolah khusus dimana anak akan mendapatkan perhatian lebih dari gurunya
Selain hal tersebut di atas, akan banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan sekolah. Jarak dari rumah ke sekolah, Fasilitas yang ada pada sekolah tersebut, kebersihan sekolah tersebut, apakah sekolah tersebut menarik dan menyenangkan, bagaimana kurikulumnya, kegiatan ekstra kulikulernya apa saja, dan masih banyak lagi hal yang membuat orang tua menimbang-nimbang untuk menyekolahkan anaknya.

Menyiapkan Dana Pendidikan Sedini Mungkin dengan Cermat


Pembahasan terakhir, yang membuat kening para mum, para orangtua berkerut, memasang telinga dan membuka mata selebar-lebarnya. Detak jantung dan siap siaganya was-was menghitung dan mengangankan anaknya mendapatkan sekolah yang tepat, dengan lancarnya pendidikan sang anak.

Menjadi One Step Ahead Mum, harus memperhatikan perencanaan keuangan, teruatama dalam kaitannya dengan menyiapkan dana pendidikan anak. Menurut Ligwina Hananto, Perencana Keuangan, "Memastikan anak memperoleh pendidikan yang terbaik merupakan tugas dan kewajiban orangtua. Merencanakan dengan cermat sejak dini agar masalah dana tidak menjadi kendala yang menghalangi langkah anak dalam menggapai cita-citanya kelak.



Ada banyak cara untuk mempersiapkan dana pendidikan anak, saat ini. Berikut beberapa contohnya;
  1. Tabungan atau Deposito
  2. Logam Mulia
  3. Reksa dana
  4. Surat Berharga
  5. Properti
Ligwina juga memberikan tips untuk meyiapkan dana pendidikan anak;
  1. Tentukan akan sekolah di mana
  2. Mencari tahu bayaran sekolahnya berapa
  3. Jangka waktu untuk mulai masuk sekolah dan lamanya pendidikan
  4. Menghitung kebutuhan di masa mendatang
  5. Menyiapkan dana dari mulai sekarang
  6. Investasi sesuai dengan profil resiko

Kisah Ibunda Chef Revo [Junior MasterChef Indonesia]


Astrid Suryatenggara menuturkan, bahwa dia tidak memiliki hobby dan kemampuan dalam hal masak memasak. Revo sangat betah berlama-lama berbelanja di supermarket saat berbelanja, kemudian akan memasak sendiri di dapur.

Astrid menemukan dan melihat bakat memasak Revo sejak berusia 8 tahun. Saat itu Revo gemar, mengobservasi rasa makanan yang disantap bersama keluarganya ketika di restoran. Revo kemudian akan mengeksekusinya di rumah.

Saat Revo meminta sebuah oven, Astrik tidak mengabulkan karena baginya, minat anaknya pasti akan berubah-ubah. Namun ternyata Revo malam meminjam oven dari tetangga dan memasak sendiri di rumah dan tidak pernah bosan. Kemudian Astrid menyadari, bahwa bakat Revo dibidang memasak tidak diragukan.



Nutrilon Royal percaya agar anak dapat meraih keberhasilan, seorang ibu harus One Step Ahead dalam memeprsiapkan masa depan anaknya. Saya juga kemudian menyadari benar, bahwa anak-anak memiliki kecerdasan yang berbeda dengan orangtuanya. Tidak perlu memaksakan bahwa anak harus menjadi seperti orangtuanya.

Mengetahui minat dan potensi anak, harus benar-benar dikuasai oleh orangtuanya. Jika orangtua telah memahami minat dan potensi anak, dengan memberikan dukungan serta pendidikan yang baik, keberhasilan anak pada masa mendatang akan menjadi kesuksesannya.



Tadi pagi saya mencoba mengikuti sebuah kuis di www.nutriclub.co.id apakah saya telah menjadi One Step Ahead Mum untuk mempersiapkan keberhasilan dan kesuksesan anak saya. Jika para mum tertarik untuk informasi yang lebih lanjut, bisa mendatangi media sosial Nutriclub Indonesia.







Comments

  1. jangan dipaksa, aku catet itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, biarkan alami sesuai keinginan dia, tapi teteap didampingi dan diarahkan. *ish

      Delete
  2. saya lg galau pilih2 sekolah buat jav nih...

    ReplyDelete
  3. Keren usia 8 thn sdh memiliki kecenderungan memperlihatkan bakat yg kuat...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk, cari tahu potensi anak kita,

      Delete
  4. Langkah untuk menjadi one step ahead mom, perlu dicatat dan dipraktekan, nih!
    Terima kasih sudah berbagi, mbak :)

    ReplyDelete
  5. kadang memang susah menahan keinginan orang tua, saya termasuk anak yg diarahkan dgn sedikit dipaksa sewaktu SMA, akhirnya melenceng sendiri saat lulus kuliah hehe

    ReplyDelete
  6. aku dah baca bukunya ligwina. jadi terinspirasi u berinvestasi demi masa depan anak2 nanti

    ReplyDelete
  7. mantap tips2nya....saya masih berusaha mencari bakat dan potensi si kecil, ga mudah ya tapi harus bisa biar jadi one step ahead mom :)

    ReplyDelete
  8. Apakah Anda mencari pinjaman? Anda membutuhkan Kredit Usaha, Kredit Tanpa Agunan, Kredit Perumahan, Atau yang Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! perusahaan pinjaman Elina Johnson kita terbatas dalam memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui elinajohnson22@gmail.com

    Kami memberikan pinjaman mulai dari Jumlah minimum 5.000 untuk 500.000.000,00 pada mata uang berikut: Inggris Dolar Negara, Eropa dan Great British Pounds (GBP).

    DATA PEMOHON:

      1) Nama Lengkap:
      2) Negara:
      3) Alamat: a
      4) Negara:
      5) Sex:
      6) Status Pernikahan:
      7) Pekerjaan:
      8) Nomor Telepon:
      9) posisi Saat ini di tempat kerja:
      10) Pendapatan Bulanan:
      11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
      12) Durasi Pinjaman:
      13) Tujuan Pinjaman:
      14) Agama:
      15) Apakah Anda menerapkan sebelum;
      16) Tanggal lahir;
      Terima kasih,
    Mrs Elina Johnson

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu

Tiga tahun yang lalu saya sudah ingin sekali menceritakan pengalaman ini. Pengalaman pertama kali kehilangan satu gigi depan bagian atas. Pengalaman tidak memiliki gigi depan bagian atas dan harus ompong selama beberapa minggu. Pengalaman setiap beberapa hari sekali ke dokter gigi, untuk mendapatkan perawatan gigi yang hilang tersebut. Pengalaman dipasang gigi palsu tanam dan menggunakan gigi tersebut hingga tiga tahun. Dan juga pengalaman ketika gigi palsu tanam tersebut hampir lepas.

Fungsi Utama Gigi
Menurut Wikipedia Indonesia, Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Memiliki struktur dan variasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi itu sendiri adalah untuk merobek atau mengunyah makanan. Dengan adanya gigi dengan struktur yang lengkap dan sempurna. Proses merobek dan mengunyah makanan akan menjadi mudah. Untuk menyantap makanan yang keras, makanan yang panas ataupun dingin oke oke saja, kan giginya sehat.

Fun…