3 Jun 2016

Berniat Membeli Apartemen? Ada Tipsnya, Lho

Advertisement
Saya dan suami sama-sama senang berjalan-jalan di Mall. Bedanya, saya hobby belanja kalau suami saya hobby mengkoleksi kertas-kertas brosur dari pameran apartemen yang sering diadakan di Mall. Saya bukannya cuek atau sebel dengan hobby suami, menumpuk brosur-brosur tersebut. Saya malah senang dan sering berlama-lama untuk melihat dan membayangkan, punya apartemen.

Kebetulan suami saya pernah menjadi agen property sebuah apartemen. Untuk membeli sebuah apartemen bagi seroang pemula, jelas membutuhkan pengetahuan terlebih dahulu, karena bukan hal mudah. Perlu sekali sedikit ketelitian dan pemahanan. Setiap orang pasti dong, ingin membeli sebuah apartemen dengan kualitas yang baik dan memiliki nilai investasi yang tinggi? benar kan? Saya sudah dicekokin ilmu investasi oleh suami saya, jadi sedikit terbuka lah, pengetahuan tentang investasi yang bagus.

Perkembangan bisnis property sudah sangat pesat, hal ini dapat dilihat pada kota-kota besar yang ada di Indonesia. Kota-kota besa inilah yang menjadi salah satu tempat bagi kontraktor untuk membangun apartemen yang dijual dengan harga murah namun memberikan fasilitas yang sesuai dengan segmen pasar yang ada. Hal yang menarik perhatian saya ketika melihat-lihat sebuah apartemen adalah design-nya.

Saya suka design dari type apartemen yagn seperti ini,


Semakin banyak pilihan apartemen yang memberikan banyak tawaran, ternyata malah menjadi kesulitan untuk menentukan pilihan. Memilih apartemen yang di dekat Mall, ternyata tidak full furnish, ada pilihan di pinggir kota, tapi begini, tapi begitu. Sebagai pemula dalam menentukan untuk membeli apartemen yang mana, saya harus memperhatikan beberapa hal sebelumnya.

Tapi ternyata bukan hanya masalah design yang harus diperhatikan, berikut ada tips membeli apartemen nich untuk pemula seperti saya, agar dapat memilih apartemen yang terbaik dan sesuai dengan keinginan.
  1. Survei. Langkah pertama bagi semua orang saat memutuskan untuk membeli benda tidak bergerak adalah survei. Tujuannya adalah untuk mencari informasi mengenai apartemen yang akan dibeli. Langkah pertama ini bisa dilakukan dengan santai kok, untuk memilih apartemen yang layak untuk dipertimbangkan. Sebagai pemula, saya akan mencari tahu informasi dari mana-mana. Salah satunya so apsti dong internet. Saya juga selalu berkomunikasi dengan ibu dan bapak saya, meskipun mereka tinggal nun jauh di sana. Informasi dari teman yang pernah membeli apartemen juga menjadi salah satu yang layak dipertimbangkan.
  2. Meninjau Lokasi. Nah, kalau surveinya dari internet atau informasi dari teman, dan sudah membuat list apartemen yang sekiranya disukai, sekarang tinggal meninjau lokasi. Pada langkah ini, bisa digunakan untuk memastikan sendiri seperti apa keadaan dan kondisi dari apartemen tersebut. Pada langkah ini juga, bisa mengetahui lingkungan sekitar lokasi apartemen dan progres pembangunan apartemen. Selain itu, bisa bertanya-tanya, jika lokasinya masih kosong atau belum ada pembangunan, kapan akan dibangun, sertifikat tanahnya, IMB dan status kepemilikan apartemen tersebut.
  3. Harga. Nah, inilah pertimbangan yang bagi saya seharusnya sudah dimiliki. Bandingkan apartemen-apartemen yang telah dilihat, bandingkan dengan informasi yang didapat dari lokasi, agar dapat memutuskan pilihan yang lebih spesifik. Intinya nich, sebelum membeli apartemen, harus memperhatikan tips membeli apartemen yaitu, harus melihat ke lokasi apartemen, fasilitas yang dibetikan, hingga harga yang ditawarkan. Hal ini sangat berguna loh untuk mendapatkan penawaran harga yang terjangkau saat membeli apartemen.
Bagaimana tipsnya? oke kan? jadi mau berapa apartemen yang kamu dibeli? Mau dijadikan investasi dengan disewakan atau digunakan sendiri? yuk sharing di sini. 

2 comments:

  1. Ternyata untuk membeli properti khususnya apartemen butuh ilmu yang cukup mendalam juga ya Mbak Tanti. Terima kasih atas tipsnya.

    ReplyDelete
  2. wah iya saya juga pengin beli apartemen sih :)

    ReplyDelete

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...