30 Aug 2016

Tugas Membuat Kliping dari Majalah dan Koran

Advertisement
Saya ingin bertanya kepada teman-teman, yang memiliki anak yang berada di bangku kelas 5 ke atas sekolah dasar. Apakah masih ada tugas membuat kliping sebuah berita? klipingnya dari majalah atau koran? Tik tok tik tok? masih ada enggak ya?

Menurut pengetahuan saya, kliping adalah kegiatan menggunting atau memotong bagian-bagian tertentu dari sebuah media cetak (majalah atau koran). Kemudian, potongan tersebut dilekatkan pada sebuah bidang seperti buku gambar atau kertas kemudian dijilid.

Tugas membuat kliping pernah diberikan ketika saya masih berada di bangku kelas lima SD. Seingat saya, waktu itu diberikan tugas untuk membuat kliping sebuah berita, cuma lupa berita apa. Membuat kliping juga tidak asing bagi saya sewaktu SD. Ibu saya sangat rajin, membuat kliping tentang segala hal. Contoh kliping yang dibuat ibu saya adalah:
  1. Kliping mode gaya busana, baik busana anak, busana kerja ataupun busana resmi untuk menghadiri resepsi. Kliping ini sangat bermanfaat untuk ibu saya. Misalnya akan membuat baju untuk ibu atau saya, kliping mode gaya busana inilah yang dibuka dan sebagai bahan referensi. Maklum ya, jaman dahulu belum ada instagram ;)
  2. Kliping resep makanan. Duh, ngiler dech, ibu saya sangat pintar dalam menyusun kliping. kebanyakan resep makanan yang diambil oleh ibu saya, berasal dari tabloid atau majalah. Gambarnya ada di mana, resepnya ada di mana. Jadi, cara meletakkannya juga perlu teknik yang unik. 
  3. Kliping design interior rumah. Pada salah satu majalah wanita, ada sebuah rubik tentang rumah. Ibu saya sangat senang sekali membuat kliping design interior rumah maupun eksterior. Manfaatnya juga banyak sekali dari pembuatan kliping tersebut. Sekarang rumah ibuku menjadi tertata rapi.
Jadi, jika ada tugas membuat kliping dari sekolah, saya bahagia sekali. Bukan hanya karena mendapat inspirasi dari kliping-kliping yang dibuat oleh ibu. Bapak juga menyediakan majalah dan koran untuk membuat kliping. Keluarga saya memang senang mengumpulkan majalah atau koran. Kalau rumah sudah penuh dengan tumpukan koran, majalah atau tabloid, ibu saya membuat kliping. Tujuannya agar apa yang penting dibukukan dalam kliping tersebut.

Beberapa waktu ini, saya sedang menghubungi ibu untuk meminta difotokan kliping-kliping beliau. Namun, karena bapak baru saja pulang dari rawat inap, mungkin sedang repot. Jadi, foto-foto hasil kliping ibu, sementara belum dapat ditampilkan di blog ini ya.

Saya hanya ingin membagikan cara membuat tugas kliping. Siapa tahu, masih ada tugas membuat kliping dari sekolah. Walaupun saat ini, sudah banyak sekali tersedia gambar-gambar di internet, yang sangat mudah sekali untuk diprint, kemudian digunting dan ditempel. (eh tapi, hati-hati ya, karena kemungkinan gambar-gambar yang berada di internet tersebut, memiliki hak cipta. Jadi harus ijin terlebih dahulu, jika akan menggunakan gambar-gambar dari internet,ya)
  1. Fokuskan dengan tema dari tugas kliping tersebut. Contohnya, kliping tentang berita sepak bola.
  2. Kumpulkan majalah, koran atau tabloid yang ada bagian dari tema kliping. Jangan dulu digunting ya.
  3. Siapkan kertas HVS atau A4 atau yang lainnya. Paling mudah adalah dengan menggunakan buku gambar. Sesuaikan dengan jumlah halamannya, ya.
  4. Siapkan gunting, lem kertas, alat tulis dan penggaris. Yup, ibuku selalu menyediakan penggaris, untuk apa? tunggu, ya.
  5. Gunting bagian dari tema yang sudah ditentukan. Jika mengambil gambar, ikutsertakan caption yang biasanya ada di bawah gambar tersebut. Selain itu, gunting nama media cetaknya, biasanya di setiap halaman tersedia nama media cetak tersebut. Ada lagi nich, yang paling penting meskipun kecil. Gunting tanggal media cetak tersebut dicetak. Misalnya 2 Juni 1998.
  6. Jika akan membuat judul kliping tentang SEPAK BOLA, cari dan gunting kata sepak bola dari media cetak. Kemudian tempelkan pada kertas. Urutan pertama adalah nama media cetaknya, medionya atau tanggal, kemudian baru gambarnya.
  7. Bila gambarnya merupakan gambar bidang, bujur sangkar atau persegi panjang, garis tepi dengan jarak kurang lebih satu atau setengah centi meter. Kata ibuku, lebih rapi jika diberi garis tepi seperti itu. ;)
  8. Setelah selesai, finishing untuk membungkus kliping tersebut menjadi sebuah buku atau dokumen yang cantik. Misalnya jika mengguankan buku gambar, bisa diberi sampul. Jika menggunakan kertas HVS bisa dijilid, diberi sampul kertas buvalo atau kertas transparant dan kemudian dijilid.
Bagaimana? tugas membuat kliping semakin mudah dan rapi kan? oiya, untuk menyusun kliping resep makanan. Ibu selalu meletakkan bahan-bahan dan cara membuat di bawah gambar makanannya. Jadi meletakkannya ditumpuk gitu, tapi pada gambar makanan, lemnya hanya di atas saja, jadi nanti sewaktu melihat cara membuat, tinggal di buka saja. ;)

5 comments:

  1. kalo skrg, anak saya dpt tugas klipingnya ngambil datanya dari internet, bukan lagi dari media cetak

    ReplyDelete
  2. Dulu aku pas SD kalau ada tugas kliping juga seneng banget, langsung deh itu majalah dan koran dikeluarin semua. Dulu seingatku ada buku khusus untuk kliping, bisa dibeli di toko buku. Kliping terhits-ku pas lagi senang-senangnya Westlife, kuklipingin semua foto sama artikelnya. Pas udah bosan, aku jual laku 20ribu, haha.

    ReplyDelete
  3. anakku juga terkadang disuruh tugas bikin kliping mbak...biasalah emaknya yg rempong kebanyakan dari internet ya sekarang

    ReplyDelete
  4. Baguslah, jadi Emaknya ikutan aktif "kebet-kebet" majalah or koran lama, hehe...

    ReplyDelete
  5. waktu anak saya yang pertama masih ada, pas dia kelas 4 atau 5 gitu...

    ReplyDelete

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...