20 Oct 2016

Buatlah Itinerary Traveling, Supaya Traveling Lebih Hemat

Advertisement
Ngomongin traveling, memang sangat menyenangkan. Apalagi pergi ke sebuah tempat yang baru pertama kali disinggahi. Tapi kalau malah enggak menyenangkan gimana dong? Aku punya banyak sekali pengalaman traveling tapi gagal nich teman. Kok gagal? iya nich, karena setiap kali memutuskan untuk traveling itu, tanpa rencana. Jadi mendadak gitu. Gak ada persiapan apapun. Pernah tiba-tiba nich, suami ngajakin ke Bogor, eh, sampai di Bogor malah bingung mau ngapain.

Bosan di Bogor cuma mondar mandir di jalanan, akhirnya jalan terus sampai Sukabumi. Meskipun membawa smartphone, satu menyetir satu memangku anak balita yang tertidur, kan susah ya searching tempat wisata di Sukabumi. Akhirnya jalan terus tanpa tujuan. Tahu-tahu sudah malam. Tahu-tahu sudah lelah dan ingin istirahat.

Jalanan Sukabumi itu dari Bogor macet sepanjang jalan. Mau balik kok setengah jalan. Akhirnya ketemu hotel, langsung masuk dan tidur. Ehlah, kamarnya tidak sesuai dengan harga yang dibayarkan. Karena ngantuk dan lelah, ya malas juga pindah hotel lagi. Paginya, muter muter enggak jelas lagi. Tidak ada satupun objek wisata yang disinggahi. Coba dech, teman-teman membayangkan jadi aku, pasti aku akan bilang "kasihan deh kamu"

Sekarang aku menjadi orang yang beruntung sekali. Punya teman dengan banyak latar belakang. Ada yang hobbynya craft, ada yang hobbynya dandan dan ada juga yang hobbynya traveling. Teman yang hobbynya traveling menyarankan aku, untuk membuat itinerary terlebih dahulu. Itinerary ini katanya sangat penting loh. Disamping itinerary ada hal lainnya rupanya, supaya #TravelingHemat menjadi kenangan travelingku. Nich, aku tulisin yaa, apa-apa saja yang berperan agar travelingku sebisa mungkin sukses. Pulang traveling tersenyum puas ;)

Batu Cinta Situ Patenggang, Salah satu travelingku yang sukses


1| Hematlah Sebelum Berangkat Traveling


Sebulan sebelum berangkat traveling, aku diminta untuk melakukan penghematan. Penghematan dalam bentuk apapun katanya. Maksudnya, penghematan pengeluaran uang dan tenaga.

Nah loh, kurangi makan malam atau jajan di luar rumah, supaya budgetnya dibuat untuk traveling. Tidak perlu pergi-pergi ke mana-mana, apalagi ke mall. Bisa-bisa ke mall malah lapar mata, buat belanja hal yang tidak perlu. *aaaach tidaaak.


Tapi demi memuaskan traveling, sebaiknya memang saran tersebut harus dipatuhi. Kan biaya transportasi Tangerang-Bandung luamayan, makan juga bisa dibilang tidak murah, kecuali mau hunting makan murah di Bandung;)

2| Buatlah Itinerary


Tutup mukaaaa, travelingku bersama keluarga mungil ini selalu gagal. Berangkat hanya memiliki satu tujuan, Bogor. Setelah itu lost, blank, ngehang, gak tahu kudu kemana, gak tahu kudu nginep di mana kalau kemalaman. Dapatnya? hotel yang muahaalnya selangit.

Jadi, buatlah itinerary traveling sebaik mungkin dan sedetail mungkin. Usahakan pahami rute dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Supaya apa? supaya tenaga, bensin, waktu dan seluruh tumpah raga tidak keluar percuma. Inikan ceritanya mau #TravelingHemat. Kalau lama di jalan, haus, beli minuman kemasan dan makanan, jadi gak hemat, kan?

Berikut contoh Itinerary yang kubuat untuk #TravelingHematku bulan depan, doain ya lancar, aamiin.

Hari Pertama : Tangerang-Bandung

  1. Pukul 5-6 : pagi persiapan berangkat dari Tangerang ke Bandung. Sebelum berangkat usahakan untuk sarapan di rumah, terlebih dahulu. Penghematan pertama, berawal dari rumah.
  2. Pukul 6-10:  pagi perjalanan ke Bandung. Dengan menggunakan kendaraan pribadi, ada untung dan ada ruginya. Hematnya, tidak perlu menyewa kendaraan atau ngeteng angkutan umum. Ruginya? capek nyetir;)
  3. Pukul 10-13: Rencananya kepingin mampir di rumah saudara. Jadi, rute pertama adalah di Bandung Kota. Suami melaksanakan sholat Jumat, aku dan anak-anak di rumah saudara. 
  4. Pukul 13- malam : Trans Studio Bandung. Sengaja membiarkan anak-anak bermain sampai Trans Studio tutup. Setelah itu menginap di hotel yang dekat dengan jalan Braga.

2. Hari ke dua : Naik ke Lembang

 

Mampir ke Alun-Alun Kota Bandung setelah Lebaran, penuh ;)

 

  1. Pukul 6-8 : Sarapan di hotel, jalan-jalan di jalan Braga, kemudian jalan sebentar di alun-alun Kota Bandung. Sudah pernah ke sana, tapi pingin ngulang lagi.
  2. Pukul 8-12 : The Farm House, Jendela Alam
  3. Pukul 12-15 : Floating Market Lembang, makan siang 
  4. Pukul 15- malam : Ciwidey Valley Waterpark Resort : Berendam air panas, sekalian nginep ;)

 3. Hari Ke Tiga : Ciwidey


Malam pergantian tahun 2014, bersama keluarga besar suamiku, traveling ke Ciwidey. Menginap di salah satu hotel di dekat Kawah Putih, berfoto di Kawah Putih dan mengunjungi Situ Patenggang. Ciwidey buatku sangat mengesankan. Hawanya dingin, buah strowberrynya manis-mais dan murah loh ;) Jadi, traveling kali ini, Ciwidey masih menjadi destinasi buatku.

  1. Pukul 06-09 : Sarapan di Resort, menikmati suasana resort dan siap-siap pulang
  2. Pukul 09-11 : Ranca Upas, ada spot menarik di sana
  3. Pukul 11- 14 : Perjalanan ke Bandung Kota, Makan siang, Belanja oleh-oleh di Dago
  4. Pukul 18 : di Tangerang, karena hari Senin anak sudah sekolah.

3| Membiasakan Membawa Air Minum dalam Botol Pribadi


Setiap melakukan perjalanan, suamiku selalu membeli satu dus besar air mineral. Tujuannya adalah menekan pengeluaran untuk membeli minuman kemasan di minimarket. Selain itu, membeli satu dus besar, kan jatuhnya murah ;) ehhee.



Menjaga agar tubuh tidak dehidrasi saat traveling kan penting. Kebutuhan air putih meningkat saat aktifitas gerak mulai bertambah. Traveling kali ini, aku buat agar badan keluargaku semuanya gerak. Ssst, sengaja menginap di hotel di dekat jalan Braga, biar paginya bisa jalan-jalan. Menikmati Kota Bandung saat pagi ;)

4| Booking Hotel Melalui Online


Sepulang dari mudik Cilacap, aku dan suamiku sengaja mampir ke Bandung. Nah, sampai di Bandung tuh sudah jam 1 dini hari. Mana mata sudah lengkeeet, badan sudah lelah, anak-anak sudah rewel. Buka aplikasi di smartphone buat order online sudah malas. Jadi, tanpa pikir lama-lama, setelah keluar toll Pasteur ambil hotel terdekat.

Full Booked dan disarankan untuk ke hotel koleganya. Entah ya, apa dihipnotis, aku masuk aja ke hotel super mewah dengan harga kelas tinggi. Order langsung dini hari itu. Pas makan pagi, ngobrol sama suami, ternyata hotel ini bisa dipesan online dengan harga promo. Ya sudah, pengalaman adalah hal paling berharga.

Oleh karena itu, traveling ke depan semuanya harus direncanakan dalam itinerary. Suamiku malah minta itinerary plus biayanya sekalian, loh. Biaya transportasinya (bensin), makan, masuk ke tempat wisata, sampai biaya hotel. Jadi, bisa dikira-kira nich, kebutuhan satu bulan bisa ditekan juga, hahaa. Kasihan amat, mau traveling hemat, pengeluaran juga ditekan.

Nah, untuk mencari hotel dengan harga diskon ataupun promo, kalau langsung ke TKP kan jarang-jarang ada. Temanku menyarankan untuk langsung ke Zen Rooms. Zen Rooms? ternyata teman-temanku sudah lebih dulu menikmati fasilitas yang diberikan Zen Rooms. Teman-temanku ini puas sekali dengan kamar hotel yang dipilihkan oleh Zen Rooms. Aku juga melihat kamarnya bersih, ada WiFi jadi bisa tetep update status, kasurnya nyaman, ada AC dan shower.



Weew, jadi tidak perlu bingungkan? cukup kunjungi website Zen Rooms, tuh, langsung diberikan rekomendasi hotel di Bandung. Kota yang aku pilih sewaktu mengisi di websitenya Zen Rooms. Tertera maps, serta harga hotelnya langsung, jadi aku bisa langsung memasukkan nich ke itinerary. Sudah dech, tinggal laporan ke suami. Traveling kali ini ke Bandung dengan budget sekian, menginap dihotel ini dan ini, tiket sudah ada di tangan.

Bagaimana teman-teman? apakah teman-teman memiliki saran untuk #TravelingHemat? share ya di sini, aku kan jadi ada bahan tambahan sebelum berangkat bulan depan.

26 comments:

  1. bener penting bgt bikin itinerary supaya ga bingung pas sampe sono

    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, pengalaman kemarin kemarin gitu,

      Delete
  2. Mb astin ada itinerary ke bali ga, lg sercing ini blum nemu yg ulasan blogger hihi

    Klo ke ciwidey paling enak panen tobeli tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan temenku yang nyaranin bikin itinerary, punya tuh di blognya, namanya Nurul Noe

      Delete
  3. itinerary liburan memang penting yah Mba Astin :)
    hmmm, kapan yah saya bisa liburan ke luar pulau bersama keluarga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. penting Mbak, hemat waktulah, jadi hemat dana juga

      Delete
  4. Lama nggak ke Bandung. Jadi kangen Bandung :)
    Tipsna keren Mbak :)

    ReplyDelete
  5. Asik mau jalan-jalan. Semoga ga nge-blank ya, hehe

    ReplyDelete
  6. Terima kasih tipsnya Mba, tinggal nunggu yg ngajak jalan2,,

    ReplyDelete
  7. Sepertinya mata saya udah kurang bagus Mbak, kok perasaan baca tulisannya agak susah ya. Apa karena warna tulisannya juga yang kurang hitam kali ya...maaf ya mbak, salam kenal

    ReplyDelete
  8. Itinerary emang wajib ya, biar nggak bingung lagi abis di tujuan. Tinggal ikutan aja jadwal yg kita buat sebelum berangkat, jadi hemat waktu juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, Mbak. apalagi ada bayangan ada apa saja di sana.

      Delete
  9. Sayang nya saya belum pernah kesini.. jadi hanya mlompong

    ReplyDelete
  10. kalo sudah terjadwal, waktu jadi ga sia-sia ya mba

    ReplyDelete
  11. Aku kalo jalan msh di kota sendiri, gak byk persiapan. Tp kalo dah ke luar kota, kudu detail ini itunya termasuk bekal makan minum dan penginapan jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Jiah, jd kudu dipersiapkan detail y. Ke Jakarta sini

      Delete
  12. Seruu banget itinerary ke Bandungnya. Pingin ikoott mbaa

    ReplyDelete
  13. Benar tu Mba, yang namanya nyusun itinerary sangat penting jika ingin travelling agar uang, waktu dan tenaga tidak terbuang sia-sia hehe intinya terarah...

    ReplyDelete
  14. Makasih tipsnya, booking hotel via online memang lebih memudahkan kita ya Mbak. Aku follow, folbek ya :)

    ReplyDelete

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...