Skip to main content

Berbahagialah dan Tetap Tersenyum Memasuki Usia 35

Hallo teman-temanku, apa kabar kalian? sehat-sehat selalu ya. Senang dech rasanya aku masih mampu untuk meluangkan waktu menulis di blog. Padahal, banyak sekali hal yang harus aku lakukan. Tapi, sekali lagi. Aku sedang belajar, belajar untuk konsisten melakukan apa yang mampu aku kerjakan.

Usiaku kurang lima bulan untuk ke usia 35 tahun. Alhamdulillah diberikan nikmat usia yang Insya Allah barokah. Memiliki keluarga yang selalu menyimpan cerita menyenangkan, kadang menghebohkan. Kehidupanku seperti roller coster. Ada naik dan kadang, pernah terpuruk menangis. Itulah nikmatnya hidup. Dari tahun ke tahun, aku harus selalu bersyukur.

Kata banyak orang, usiaku sudah masuk ke dalam hitungan masa #usiacantik. Usiaku sudah 30 tahun ke atas. Hampir usia 35 tahun.

Apakah aku mengalami sebuah perubahan yang luar biasa? dalam hal fisik, terutama pada wajah? Apakah aku menghalami perubahan besar dalam hal psikologis? dalam hal ini perasaan menjadi lebih tua dan sudah bukan muda lagi? hiks aku sedih mendengar pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Salah satu penelitian memang menyebutkan hal seperti ini;
  1. Wanita memiliki daya tarik paling puncak pada usia 30 tahun
  2. Tanda penuaan pada wajah manusia terjadi pada usia 40 tahun
  3. Wanita akan merasa tidak seksi lagi, pada usia 53 tahun 
  4. Wanita akan mulai terlihat tua, pada usia 55 tahun
Kembali ke pertanyaan yang aku terima.



Apakah Ada Perubahan yang Luar Biasa Memasuki Usia 35?


Tentu ada perubahan yang sangat luar biasa.

Dengan perubahan tersebut, aku harus menyikapinya dengan bijak. Aku harus selalu mencari tahu bagaimana aku seharusnya di usia tersebut. Karena usia yang dibilang usia cantik, tersebut, tentunya bukan sekedar (usia yang tidak muda). Aku harus menerima apa adanya, pertambahan usiaku dan perubahan-perubahan yang terjadi. Aku tidak boleh diam, menghadapi perubahan usiaku.

Rambutku Sering Rontok, Aku Harus Mengkonsumsi Lebih Banyak Sayuran


Tidak perlu banyak berpikir. Rambut rontok adalah hal yang sangat alami. Apalagi aku sering menderita sakit kepala. Aku googling, nutrisi apakah yang harus aku asup, supaya rambut rontokku ini tidak semakin payah. Apa yang harus aku konsumsi, sehingga rambut rontokku, dapat berganti dengan rambut yang sehat lagi. Beberapa hari ini, aku rajin membuat juice pakcoy segar. Aku juga sering memasak sayur yang ditambahkan wortel. Wortel dipercaya untuk menjaga agar rambut tidak mudah rontok.

Kerutan Halus Muncul di Bawah Kelopak Mata, Aku Rajin Mengoleskan Minyak Zaitun


Kerutan halus, tumbuh alami. Wajarlah ya. Perabotan di rumah yang usia-nya lebih tua dari aku, sudah banyak yang rusak. Wajar ada guratan halus muncul di sekitar mata dan bibir. Sudah banyak sekali gerakan-gerakan yang menemani kehidupanku, menjadi saksi pertambahan usiaku. Kebetulan. aku memiliki teman seorang make up artis. Aku bertanya, apakah ada kosmetik, untuk menutup atau megurangi kerutan halus tersebut? kata dia, simple saja, jangan terlalu banyak kosmetik di wajah. Cukup oleskan minyak Zaitun di bawah kelopak mata setiap malam hendak tidur.

Wajahku Tampak Kusam dan Kurang Bercahaya, Maksimalkan Perawatan Wajah di Rumah


Hallo, ini adalah problemo hampir setiap ibu yang tinggal di rumah. Dulu, sewaktu usiaku baru 27 tahun dan baru memiliki satu orang anak. Aku disapa sebagai "embaknya" anakku. Sedih? pedih? pastinya, iya. Saat ini, walaupun aku berada di rumah dan kebanyakan aktifitasku juga di rumah. Minimal aku harus melakukan perawatan wajah ringan. Menggunakan milk cleanser dan toner sebelum tidur malam. Jika ada rejeki, aku menggunakan serum dan cream malam hari. Peeling dan masker aku juga usahakan, minimal tiga bulan sekali. Tidak perlu ke luar rumah untuk ke salon. Jika ada rejeki lebih, setiap akan merayakan hari raya, baru aku menyempatkan diri ke salon.

Badanku Kurang Fit dan Tidak Segar Lagi, Konsumsi Sayur dan Buah-buahan


Perubahan usia berpengaruh pada keadaan badan yang kurang fit, tidak segar lagi. Apalagi harus mengerjakan pekerjaan rumah (nyapu, ngepel, nyuci baju, nyuci piring, masak, menggosok lantai kamar mandi, menyetrika, mengurus anak-anak). Semua pekerjaan rumah tangga tersebut, pasti menguras tenaga. Hal yang paling sederhana dan sangat membantuku adalah, makan yang banyak. Makan makanan yang bernutrisi dan bergizi seimbang. Iya aku tetap makan daging merah, tapi aku berusaha untuk tetap makan sayur dan buah-buahan. Supaya apa? makan banyak supaya badan tetap fit dan sayuran yang bergizi membuat badan tetap segar.

Perasaan Hatiku Tak Menentu, Perbanyak Belajar Agama


Aku pernah merasakan kepedihan yang tidak beralasan. Tidak ada sumber kepedihan, aku malah sedih. Mungkin aku kurang dalam beribadah. Aku masukkan siraman-siraman rohani. Aku belajar mendalami ilmu agama. Supaya apa? supaya aku tetap berada di jalan yang lurus. Supaya aku tetap merasa ada hal yang lebih utama untuk kulakukan. Supaya aku selalu ingat Penciptaku. Supaya aku tetap tersenyum dan mengembalikan apa yang terjadi, hanya Pada-Nya.

Bagaimana Perasaanku Memasuki Usia 35?


Alhamdulillah. Puji Syukur selalu kupanjatkan. Setiap membuka mata pada pagi hari, aku selalu bersyukur. Memandangi wajah-wajah orang-orang yang kucintai. Merasakan degup jantung mereka. Mencium aorma yang telah sekian lama menemaniku.

Pertambahan usiaku memang tidak setiap tahun kutandai dengan sebuah perayaan. Ucapan selamat dari keluarga. Doa yang mengalir serasa mengguyur lembut perasaanku. Tidak ada yang mengucapkan, usiaku sudah segini, looh. Yang ada, mereka selalu berharap aku selalu sehat, aku selalu bersabar, aku selalu bertambah semangat dan bertambah sukses.

Yup, beberapa bulan lagi, usiaku akan bertambah lagi dan membilang di angka 35 tahun. Banyak sudah hal-hal yang telah terjadi, dan aku mensyukurinya. Banyak hal juga yang belum terjadi, dan aku tetap mensyukurinya dan berharap akan segera dimudahkan oleh Allah.

Pilihanku memasuki usia 35 tahun adalah berbahagia dan tetap tersenyum. Pilihan yang pasti semua orang akan memilihnya. Tinggal bagaimana menjalaninya. Hidup itu perlu diperjuangkan untuk menjadi lebih baik, bukan hanya sekedar menerima dan menunggu. Perubahan-perubahan yang terjadi, seiring pertambahnya usia, juga perlu disikapi, bukan untuk didiamkan.

"Lomba blog ini diselenggatakan oleh BP Network dan disponsori oleh L'Oreal Revitalift Dermalift"




Love, Astin Astanti
💗

Comments

  1. Paling suka yang terakhir mba, hati ngga menentu, perbanyak belajar agama. Hikss makin tua harusnya makin bijak dan mendekatkan diri ya mba...eh maksudnya makin memasuki usia cantikk qiqiqi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti kepikiran doong, usiaku udah bertambah banyaak, jadi yaaa...malu ama anak-anak yang sudah banyak hafalannya.

      Delete
  2. Selamat memasuki usia 35 tahun Mbak Tanti. Usia cantik seperti kehidupan orang yang menjalaninya :)

    ReplyDelete
  3. Rambut saya jg bnyk rontok mba, kalo nyapu atau keramas keliatan yg jatuh di lantai :)

    ReplyDelete
  4. Mak Astin udah diatas 30? Aku pikir masih 28 29an. Awet muda nih namanyaaaaa :D Aku masih 25 tapi rambut juga suka rontok, muka juga kuseman. Emng harusnya lebih rajin lagi ngerawat diri yaaaa. Eheheheeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, paling gak cuci muka, sama memberikan sentuhan cream gitu di kulit wajaaah...Amin klo awet muda,

      Delete
  5. Entah kenapa aku selalu ngerasa umur aku ini 30 hahahaha.. forever 30 perasaannya XD pertambahan umur buat aku ngga pernah jadi masalah, asal perawatannya tepat. Perawatan #usiacantik emang beda dgn usia crunchy, Loreal Dermalift Revitalift terbukti tepat buat aku & bikin kulit wajah selalu cerah meski bertambah usia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku contoh dech Mbak, aku mau merasa usia biologisku di 25 dan usia kematanganku di usia cantik. heheee.

      Delete
  6. ternyata udah 35 tahun ya mba.. sukses selalu buat mba.. dan semoga menang lombanya. hehe

    ReplyDelete
  7. Selamat memasuki usia cantik Astin. Tetap tersenyum dan bahagia.
    Suka deh dengan tulisan ini. Good luck ya.

    ReplyDelete
  8. asikk udah usia cantik... semoga makin cantik yaa

    ReplyDelete
  9. Ah iya, minyak zaitun. Satu hal yang aku selalu lupa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal ada di kamar terus, aku akdang juga lupaah

      Delete
  10. Makin tua makin produktif di majelis taklim ya, kita malah produktif ngeblog nih, begimana? Hahaha..

    ReplyDelete
  11. Meskipun sudah memasuki usia cantik, jiwa n semngat harus selalu muda, ya mba Astin.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuuul, yok aach berjiwa muda, biar kelihatan masih 20 tahunan . eh*bener kan?

      Delete
  12. Setuju, Mba. Hidup itu tinggal bagaimana kita mau menjalaninya. Mau dibikin ribet ya ribet hehe...

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Kayaknya harus mulai merhatiin wajah ini, secara sampai usia 40 bersihin wajah pake sabun mandi doang hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo belum terlambaaat, hehee. Aku penah pakai sabun mandi, kulit langsung kering ;(

      Delete
  15. WAaah baru tau nih mengoleskan minyak zaitun untuk mengurangi kerutan. Secara kerutan di sekitar mataku dah banyak. Huaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk daerah mata ya, kalau untuk kulit wajah, direkomendasikan L'Oreal Revitalift Dermalift

      Delete
  16. Replies
    1. Gitu ya Mbak, Padahal kulit wajah Mbak Tuty lebih halus darikuuuh...ngiriiih akuuh.

      Delete
  17. huahaa, usia 53, udah gak seksi lagi ya....

    ReplyDelete
  18. lohhh mb astin takkirain masi 20an akhir ciyuus

    ReplyDelete
  19. Meski aku tahu umur mba, masih ga percaya. Imut-imut sih

    ReplyDelete
  20. wah aku masih 20an kok sudah mengalami tanda-tanda di atas ya Mbak? :(

    ReplyDelete
  21. Tetap cantik dan sehat selalu mba :D

    ReplyDelete
  22. aku tuh sejak usia awal 30an udah mulai muncul tanda-tanda penuaan jadi perawatan musti extra hehehe. wah mbaaak wajahmu kok terlihat lebih muda dari usia mu heheheh

    ReplyDelete
  23. masih keliatan cantik si mba diusia hampir 35 :D saya jg nih sudah merasa agak kusam wajahnya tp masih males saja perawatan hehe

    ReplyDelete
  24. aduh, saya jadi lupa mampir kemari. Maafkan2..
    Lho mbaknya udah 35. *Tepok jidat* parah ini...eh salah, hihihi. Maksudnya asli kirain 20-an.
    Imut2 ya dikau

    ReplyDelete
  25. Bisikin dong Mbak, serumnya apa sih, yang dipakai tiap malem? Point akhir setuju banget dan sudah saya praktekan. Saya belajar lagi dan kebetulan teman sekelas kebanyakan masih aktif kuliah. Tiap hari dapat aura positif, semangat, dan jadi lupa angka usia. Wajah beda banget dibandingkan waktu ngupek di rumah 100 %.

    ReplyDelete
  26. Mbak Astin mungil jadi kelihatan muda terus :))

    ReplyDelete
  27. Aku ga nyangka mbak Asti udah 35 loh hehe
    Kirain masih 28 an, bagiku masih terlihat awet muda.
    Tapi tip-tips nya keren, konsumsi buah dan sayur emang selalu bagus untuk usia berapapun ya mbak. Makin cantik diusia cantik

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu

Tiga tahun yang lalu saya sudah ingin sekali menceritakan pengalaman ini. Pengalaman pertama kali kehilangan satu gigi depan bagian atas. Pengalaman tidak memiliki gigi depan bagian atas dan harus ompong selama beberapa minggu. Pengalaman setiap beberapa hari sekali ke dokter gigi, untuk mendapatkan perawatan gigi yang hilang tersebut. Pengalaman dipasang gigi palsu tanam dan menggunakan gigi tersebut hingga tiga tahun. Dan juga pengalaman ketika gigi palsu tanam tersebut hampir lepas.

Fungsi Utama Gigi
Menurut Wikipedia Indonesia, Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Memiliki struktur dan variasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi itu sendiri adalah untuk merobek atau mengunyah makanan. Dengan adanya gigi dengan struktur yang lengkap dan sempurna. Proses merobek dan mengunyah makanan akan menjadi mudah. Untuk menyantap makanan yang keras, makanan yang panas ataupun dingin oke oke saja, kan giginya sehat.

Fun…