Skip to main content

Cantiknya Clutch Bag dari Kain Kulit Kayu

Hallo apa kabar teman-teman? bagaimana Hari Senin ini? love  Monday kan? always smile kan menyambut awal pekan ini. Yup, semoga sama ya, aku juga gak mau lama-lama MAGER. Pingin sich laying on the bed, sembari skrol skrol smartphone. Tapi, pasti ujung-ujungnya nyesel, karena banyak yang harus dikerjakan di rumah.

Apalagi nich, sebentar lagi, aku mau punya mainan baru di rumah. Uhuuk, gak sabar menanti datangnya main baru aku ituh.

Penasaran gak, sama mainan baru aku? penasaran gaaak? gak ya udah dech. Jadi gini, Hari Sabtu tanggal 12 November 2016 kemarin, aku datang ke workshop menjahit. Ini adalah kali ke dua aku ikutan workshop menjahit bersama Mbak Astri dan Brother.

Workshop kali ini, diadakan di Museum Tekstil di Jalan KS. Tubun, Jakarta Barat pukul 12.00 siang. Kali ini, Mbak Astri akan mengajari aku dan teman blogger lainnya, membuat clutch. Woow, Clutch 😍.



Uniknya, Clutch ini akan dibuat menggunakan material kain kulit kayu dipadukan dengan kain batik. Bisa membayangkan, kain kulit kayu seperti apa? nanti ya, aku kasih fotonya.

Workshop menjahit clutch kain kulit kayu menggunakan mesin jahit Brother, dimulai setelah makan siang, pas jam 13.00. Tapi, sebelumnya sudah banyak teman blogger yang sudah start duluan.

Mbak Astri membagikan material dan peralatan, sebagai berikut;
  1. Kain kulit kayu, kurang lebih panjang 25 cm dan lebarnya 15 cm
  2. Viselin dan kain keras yang biasanya digunakan untuk krah, sebanyak tiga lembar
  3. Kain Batik panjang 25 cm dan lebar 10 cm-an
  4. Gunting
  5. Jarum pentul
  6. Kancing clutch magnet
Kain kulit kayu ini, konon sudah dibuat sejak jaman pra sejarah loh. Kain kulit kayu adalah tradisi yang masih masih terus di buat di Sulawesi Tengah. Tidak semua jenis pohon dapat digunakan untuk membuat jenis tekstil ini.

Kain kulit kayu terbuat dari kulit phon nunu (beringin) dan kulit kayu ivo. Ngebayangin gak? dari tangkai-tangkai pohon tadi, dikeluarkan seratnya lalu diproses menjadi kain. Kata Mbak Astri, harga kain kulit kayu ini dijual per centi meter, bukan perkilo atau permeter.  Mau tahu harganya? 100 rupiah per centimeter, bu.

Baiklah, itulah sekilas dari material untuk membuat clutch bag-nya. Sekarang proses membuat clutchnya kek mana? seperti ini, ya.
  1. Kain kulit kayu digunting menjadi dua bagian sama panjang. Kemudian ditempelkan atau diletakkan di atas kain viselin. Kain viselin ini, adalah kain yang salah satu permukaannya ada lemnya (yang mengkilat itu loh). Tempatkan bagian yang ada lemnya, di bawah kain kulit kayu dan kain batiknya. Trus dipentul deh
  2. Setelah ditata, kemudian di setrika menggunakan setrika panas. Cara menyetrikanya satu gerakan, jangan bolak balik ya, biar enggak kusut.
  3. Setelah dua bagian sudah disetrika, baru deh bagian satu (kain kulit kayu) dijahit. Proses pertama yaitu menjahit di atas sela-sela kain batik dan kulit kayu. terserah teman-teman mau pakai jenis tusukan nomer berapa. Tergantung selera, karena pada GS 2500 terdapat 20 jenis pola jahitan yang dapat dipilih. Untuk menjahit sela-sela kain kulit kayu dan kain batik, aku pilih nomer 11.
  4. Proses selanjutnya adalah menyatukan satu bagian kain keras yang ada pelapisnya dengan bagian kain kulit kayunya. Dengan memasang lubang kancing, pada dua bagian tadi. Sedangkan untuk penutup kancingnya, dipasang di kain keras dan pelapisnya saja.
  5. Setelah dua bagian tadi menyatu, baru dech, dilipat, dan dijahit. Pada bagian depan clutch aku memakai jenis tusukan nomer 10.
  6. Tralaaa, jadi juga clucth bag dari kain kulit kayu, yang dijahit menggunakan mesih jahit Brotehr type GS 2500. Untuk lebar tusukan dan panjang tusukan, masing masing di antara 1 dan F dan 4. *aku harus belajar lagi nich, untuk lebar dan panjang tusukan 😏


Clutch bag kain kulit kayu

Selanjutnya workshop di tutup dengan foto bersama. Sayang sampai aku menuliskan blogpost ini, aku belum ketemu foto bersamanya ada di mana. Hiks syalala, aku mencari ke mana ya?

Clutch kain kulit kayu ini bisa dipakai untuk kondangan atau acara semi formal, menggunakan baju batik koleksiku.

Mbak Astri dan Brother, aku mengucapkan terima kasih banyak ya, untuk workshopnya. Buat teman-teman yang penasaran dengan mesin jahit Brother, silahkan searching di website Brother. Ada banyak type mesin jahit yang dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan teman-teman.

Untuk mesin jahit Brother GS 2500 yang berwarna pink ini, adalah type standart yang cocok dipergunakan untuk pemula. Rekomended sekali deh, buat ibu, bunda, moms, ummi yang kepingin punya mesin jahit portable dengan 20 jenis pola jahitan.

Salam kreatif
💗



Comments

  1. Aiih clutch bag nya keren, warnanya suka seh Mak.
    Btw aku mupeng banget sama mesin jahit brother, mau atulahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh atuh teh, apa sich yang enggak buat teteh. Warnanya bisa masuk ke mana aja, ni kulit kayu

      Delete
  2. Aku kepengen mesin jahitnya, tp mahal ya. Memang sih setara dengan kualitasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udah mimpi-mimpi punya mesin jahit brother.

      Delete
  3. wow mbak tanti pinter jahit ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru dua kali, pegang mesin jahit brother, Mbak

      Delete
  4. Replies
    1. Hihii, salam kreatif dan produktif, Mbak

      Delete
  5. Aku pengen banget belajar menjahit, tapi aku takut sama k....a....n....c....i....n...g.....hehehe

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Makasih Mbak aku dibilang cantik, eh clutchnya yaaak? hihi.

      Delete
  7. memakai barang buatan sendiri itu memang rasanya beda ya :) It's a pretty ethnic clutch indeed ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya MBak, luar biasa, jadi pingin jahit menjahit lagi ;). Clutchnya unik dan ethnic karena kulit kayu ini.

      Delete
  8. Besok bisa bikin yang lebih besar ya mbaa, bisa tas ransel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, semoga ada workshopnya lagi. Ngareeep ;)

      Delete
  9. Keren mb bag-nya, dirumah ada sih mesin jahit, ,tp soal urusan jahit mnjahit aq paling ogah, pdahal p sndiri pnjahit. .hh

    ReplyDelete
  10. bagus bgt tasnya mbak, sudah dipasarkan dimana aja ?

    ReplyDelete
  11. Mesin jahit yg keren, portable pula, bisa menambah semangat untuk belajar jahit ya 😀

    ReplyDelete
  12. aku mau dong mbak clutch bagnya, warnanya kesukaan aku banget, asli kereen..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Penyebab Nasi di Rice Cooker Cepat Basi

Pernah tidak mengalami nasi di rice cooker cepat basi, baru juga masak tadi pagi, sore hari sudah basi, basinya berair pula. Beberapa kali saya mengalami nasi di rice cooker basi dan dari kurun waktu 2008-2015 saya sudah berganti rice cooker sebanyak, lima kali. *Boros sekali ya? semoga ke depan tidak sering-sering berganti rice cooker ya. Mengganti rice cooker juga dengan pertimbangan, nasi yang dimasak cepat sekali menjadi basi. Iya, sewaktu membuka rice cooker setelah masi matang, aroma yang keluar sudah tidak enak, sewaktu dicentong, nasinya berwarna kuning dan pada lapisan bawah, nasinya berair.
Pengalaman Mendapati Nasi di Rice Cooker Basi
Sewaktu mendapati nasi di rice cooker basi, saya kaget dong. Lah wong baru saja masak, kok aroma nasinya sangat tidak enak. Lengket dan ketika nasinya dipindahkan, bagian bawah nasi itu berair. Rice cookernya juga berair, airnya juga bau.

Menyalahkan Beras Duh, merasa bersalah sekali nich, akibat nasi di rice cooker cepat basi, saya menyalahka…