Skip to main content

Cara Membuat Blog Menggunakan Blogspot untuk Pemula

Sudah lama sekali aku punya blog. Sudah puluhan artikel publish di blog aku. Sudah beberapa blog aku  buat, demi menuntaskan ke kepoanku. Tapi, ketika ditanya, gimana sich bikin blog? aku cuma jawab, "gampang, kok". Tanpa ada penjelasan, awalanya begini nih, lalu begini. Maafkan aku yaaa, Mbakku sayang.

Dulu, Mbak Utik, teman kerjaku dulu, juga pingin diajari, bikin blog. Nah, kalau Mbak Utik, datang ke rumahku. Jadi, aku bisa ngajari on the right time and on the right place. Loh, apaan toh? ya, mau enggak mau, kan aku langsung ngajarin. Kebetulan, aku masih punya ART, jadi anakku dihandle, ART. Aku menemani Mbak Utik, bikin blog barunyaaa...iyeeee...bikin alibi, nih, maaf ya Mbakku.

Sebetulnya aku malu dan minder. Sudah lama punya blog, tapi enggak begitu fasih urusan blog. Dulu, pernah sich belajar. Waktu masih senggang banget (baca: waktu masih kerja 😑). Tutup mukaaaa. Dalam perjalanan ke tempat kerja, sebelum kerja, jam istirahat, jam pulang kerja sembari tunggu jemputan. Aku bisa baca-baca dari smartphone, mencari tahu ilmu blogging. Sekarang, kebanyakan mainan sama Faiz dan Fira. Alesyaaan lagi, neng! huaaahaa. Hop. 😌

Menggunakan Blogspot untuk Membuat Blog


Sepengetahuanku, ada banyak sekali tempat untuk membuat blog. Awal aku membuat blog, pakai blogspot. Ke sini-sini, aku pernah coba bikin di Kompasiana, di Detik, di Wordpress dan Tumblr dan hosting sendiri.

Kemampuanku, baru bisa nyaman di blogspot. Jadi, Mbakku dan teman-teman yang lain, yang mau bikin blog. Aku mau kasih cara membuat blog menggunakan blogspot untuk pemula, yes.

Sebelumnya, sudah punya akun gmail kan? pasti sudah punya, kan. Nich, aku juga mau buat satu blog lagi. Khusus untuk mainan baru aku. Sewing, uwooouwooo, gaya banget yah. 😜

Langkah Pertama


Sudah buat? kalau sudah buat lebih gampang. Setelah jadi, nanti mbakku dan teman-teman akan dibawa ke template seperti ini. Nanti klik yang aku kasih tanda panah, ya.



Langkah ke Dua



Nanti akan ada banyak sekali icon, klik saja sampai ada icon B alias blogger. Aku cari-cari, ada di paling bawah.



Langkah ke Tiga

Ternyata tampilannya berubah. Awal aku buat blog di blogspot, gak kek gini nich. Sekarang lebih fresh. Suka dech. Untung aku disenggol buat sharing cara membuat blog. 😍 Jadi, enggak kudet-kudet amat.


Langkah ke Empat


Ada dua kali, langkah untuk masuk ke template seperti di bawah ini. Ikutin saja yak.



Langkah ke Lima


Benar-benar baru. Fresh jadinya, sudah lama enggak otak atik blogspot. Maklum lah, sedang senang-senangnya di dunia nyata. Ini alesyan lagi? 😏



Langkah ke Enam

Tralaaaa, sebentar lagi mendekati mbakku dan teman-teman, bisa bikin blog baru. Duh, sebetulnya mudah ya, aku mencoba menjelaskan dengan detail cara membuat blog menggunakan blogspot untuk pemula. Meskipun ada deg-degannya, karena teman-temanku, banyak mastah blogger. Tapi, kan aku tulis untuk pemula, ya. Mohon saran dan kritiknya kalau ada yang terlewat atau terlalu berlebihan ya, teman. 😍



Langkah ke Tujuh



Naaah, setelah membuat judul blog. Contohnya blog mbakku dan teman-teman mau diisi tentang traveling. Bisa dong dibuat judul Traveling Lina, atau My Journey atau bisa nama pribadi mbakku atau teman-teman. Sekarang banyak yang membuat judul blog, nama sendiri, contohnya Astin Astanti.

Alamat blog, mbakku dan teman-teman bisa mengisi juga dengan nama asli saja. Contoh alamat blogku waktu pertama kali buat adalah astinastanti@blogspot.com. Nah, kalau misalnya dari blogspot sudah oke, akan muncul sendiri kok dan bisa di Oke kan.

Setelah membuat alamat blog, pilih template blog. Saranku sich, untuk pemula, coba yang sederhana saja. Nanti kalau sudah berkenalan, tinggal diganti-ganti saja.

Setelah oke, tahap pertama membuat blog adalah ke tujuh langkah di atas tadi. Setelah itu pengembangan-pengembangan blog, akan aku tulis lagi ya, Mbakku dan teman-teman. Kalau sudah punya blog, mah...nanti bisa mengeksplore sendiri.

Sebelumnya, aku minta maaf yaaa, baru bisa membagi cara membuat blog mengunakan blogspot untuk pemula. Kalau ada hal-hal yang membingungkan silahkan whatsapp aku, ya Mbakku. In sya Allah aku lihat ada notif, aku balas.

Selamat mencoba ya.

Salam
AstinπŸ’“

Comments

  1. waaaaah ini bisa jadi referensiku ke teman teman yang sering nanyain gimana cara bikin blog, hehe. lengkap euy! akumah mau bikin ginian aja kok males hehe. makasih udah nulis ini kaa :)

    ReplyDelete
  2. bermanfaat banget mba, kebetulan saya juga msh belajar.
    kmrn bkin blog jg dibikin sm temen

    ReplyDelete
  3. Saya pakai blogspot dan medium untuk ngeblog.

    Terima kasih panduannya ya mbak :)

    ReplyDelete
  4. Wah, gini toh cara membuatnya.. Makasih ye mba..

    ReplyDelete
  5. ada beberapa teman juga yg suka nanya gmn carannya ngeblog, tulisan ini bermanfaat banget buat blogger pemula seperti mereka :)

    ReplyDelete
  6. jadi ingat pas waktu pertama kali buat blog .... :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Penyebab Nasi di Rice Cooker Cepat Basi

Pernah tidak mengalami nasi di rice cooker cepat basi, baru juga masak tadi pagi, sore hari sudah basi, basinya berair pula. Beberapa kali saya mengalami nasi di rice cooker basi dan dari kurun waktu 2008-2015 saya sudah berganti rice cooker sebanyak, lima kali. *Boros sekali ya? semoga ke depan tidak sering-sering berganti rice cooker ya. Mengganti rice cooker juga dengan pertimbangan, nasi yang dimasak cepat sekali menjadi basi. Iya, sewaktu membuka rice cooker setelah masi matang, aroma yang keluar sudah tidak enak, sewaktu dicentong, nasinya berwarna kuning dan pada lapisan bawah, nasinya berair.
Pengalaman Mendapati Nasi di Rice Cooker Basi
Sewaktu mendapati nasi di rice cooker basi, saya kaget dong. Lah wong baru saja masak, kok aroma nasinya sangat tidak enak. Lengket dan ketika nasinya dipindahkan, bagian bawah nasi itu berair. Rice cookernya juga berair, airnya juga bau.

Menyalahkan Beras Duh, merasa bersalah sekali nich, akibat nasi di rice cooker cepat basi, saya menyalahka…