Monday 28 November 2016

Cara Membuat Blog Menggunakan Blogspot untuk Pemula

Sudah lama sekali aku punya blog. Sudah puluhan artikel publish di blog aku. Sudah beberapa blog aku  buat, demi menuntaskan ke kepoanku. Tapi, ketika ditanya, gimana sich bikin blog? aku cuma jawab, "gampang, kok". Tanpa ada penjelasan, awalanya begini nih, lalu begini. Maafkan aku yaaa, Mbakku sayang.

Dulu, Mbak Utik, teman kerjaku dulu, juga pingin diajari, bikin blog. Nah, kalau Mbak Utik, datang ke rumahku. Jadi, aku bisa ngajari on the right time and on the right place. Loh, apaan toh? ya, mau enggak mau, kan aku langsung ngajarin. Kebetulan, aku masih punya ART, jadi anakku dihandle, ART. Aku menemani Mbak Utik, bikin blog barunyaaa...iyeeee...bikin alibi, nih, maaf ya Mbakku.

Sebetulnya aku malu dan minder. Sudah lama punya blog, tapi enggak begitu fasih urusan blog. Dulu, pernah sich belajar. Waktu masih senggang banget (baca: waktu masih kerja 😑). Tutup mukaaaa. Dalam perjalanan ke tempat kerja, sebelum kerja, jam istirahat, jam pulang kerja sembari tunggu jemputan. Aku bisa baca-baca dari smartphone, mencari tahu ilmu blogging. Sekarang, kebanyakan mainan sama Faiz dan Fira. Alesyaaan lagi, neng! huaaahaa. Hop. 😌

Menggunakan Blogspot untuk Membuat Blog


Sepengetahuanku, ada banyak sekali tempat untuk membuat blog. Awal aku membuat blog, pakai blogspot. Ke sini-sini, aku pernah coba bikin di Kompasiana, di Detik, di Wordpress dan Tumblr dan hosting sendiri.

Kemampuanku, baru bisa nyaman di blogspot. Jadi, Mbakku dan teman-teman yang lain, yang mau bikin blog. Aku mau kasih cara membuat blog menggunakan blogspot untuk pemula, yes.

Sebelumnya, sudah punya akun gmail kan? pasti sudah punya, kan. Nich, aku juga mau buat satu blog lagi. Khusus untuk mainan baru aku. Sewing, uwooouwooo, gaya banget yah. 😜

Langkah Pertama


Sudah buat? kalau sudah buat lebih gampang. Setelah jadi, nanti mbakku dan teman-teman akan dibawa ke template seperti ini. Nanti klik yang aku kasih tanda panah, ya.



Langkah ke Dua



Nanti akan ada banyak sekali icon, klik saja sampai ada icon B alias blogger. Aku cari-cari, ada di paling bawah.



Langkah ke Tiga

Ternyata tampilannya berubah. Awal aku buat blog di blogspot, gak kek gini nich. Sekarang lebih fresh. Suka dech. Untung aku disenggol buat sharing cara membuat blog. 😍 Jadi, enggak kudet-kudet amat.


Langkah ke Empat


Ada dua kali, langkah untuk masuk ke template seperti di bawah ini. Ikutin saja yak.



Langkah ke Lima


Benar-benar baru. Fresh jadinya, sudah lama enggak otak atik blogspot. Maklum lah, sedang senang-senangnya di dunia nyata. Ini alesyan lagi? 😏



Langkah ke Enam

Tralaaaa, sebentar lagi mendekati mbakku dan teman-teman, bisa bikin blog baru. Duh, sebetulnya mudah ya, aku mencoba menjelaskan dengan detail cara membuat blog menggunakan blogspot untuk pemula. Meskipun ada deg-degannya, karena teman-temanku, banyak mastah blogger. Tapi, kan aku tulis untuk pemula, ya. Mohon saran dan kritiknya kalau ada yang terlewat atau terlalu berlebihan ya, teman. 😍



Langkah ke Tujuh



Naaah, setelah membuat judul blog. Contohnya blog mbakku dan teman-teman mau diisi tentang traveling. Bisa dong dibuat judul Traveling Lina, atau My Journey atau bisa nama pribadi mbakku atau teman-teman. Sekarang banyak yang membuat judul blog, nama sendiri, contohnya Astin Astanti.

Alamat blog, mbakku dan teman-teman bisa mengisi juga dengan nama asli saja. Contoh alamat blogku waktu pertama kali buat adalah astinastanti@blogspot.com. Nah, kalau misalnya dari blogspot sudah oke, akan muncul sendiri kok dan bisa di Oke kan.

Setelah membuat alamat blog, pilih template blog. Saranku sich, untuk pemula, coba yang sederhana saja. Nanti kalau sudah berkenalan, tinggal diganti-ganti saja.

Setelah oke, tahap pertama membuat blog adalah ke tujuh langkah di atas tadi. Setelah itu pengembangan-pengembangan blog, akan aku tulis lagi ya, Mbakku dan teman-teman. Kalau sudah punya blog, mah...nanti bisa mengeksplore sendiri.

Sebelumnya, aku minta maaf yaaa, baru bisa membagi cara membuat blog mengunakan blogspot untuk pemula. Kalau ada hal-hal yang membingungkan silahkan whatsapp aku, ya Mbakku. In sya Allah aku lihat ada notif, aku balas.

Selamat mencoba ya.

Salam
AstinπŸ’“

6 comments:

  1. waaaaah ini bisa jadi referensiku ke teman teman yang sering nanyain gimana cara bikin blog, hehe. lengkap euy! akumah mau bikin ginian aja kok males hehe. makasih udah nulis ini kaa :)

    ReplyDelete
  2. bermanfaat banget mba, kebetulan saya juga msh belajar.
    kmrn bkin blog jg dibikin sm temen

    ReplyDelete
  3. Saya pakai blogspot dan medium untuk ngeblog.

    Terima kasih panduannya ya mbak :)

    ReplyDelete
  4. Wah, gini toh cara membuatnya.. Makasih ye mba..

    ReplyDelete
  5. ada beberapa teman juga yg suka nanya gmn carannya ngeblog, tulisan ini bermanfaat banget buat blogger pemula seperti mereka :)

    ReplyDelete
  6. jadi ingat pas waktu pertama kali buat blog .... :)

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih