Skip to main content

Deteksi Dini Adalah Perlindungan Terbaik #breastcancerawareness #finishthefight #gopink

Halloo selamat pagi teman-teman, apa kabarnya pagi ini?. Menjelang weekend, sudah tersusun rencana yang harus dilakukan ya. Semoga semua rencana dapat terlaksana dengan baik.

Weekend ini, aku juga sudah banyak acara, mulai dari acara domestik di rumah sampai menghadiri undangan sebuah event di Museum Tekstil, di Jakarta.

Harapanku, aku dan semua anggota keluargaku sehat dan diberikan kelancaran untuk melakukan aktifitas. Juga untuk teman-teman semuanya.

Mbak Indah Nuria, survivor breastcancer yang saat ini sedang menjalani hidup sehat. Kembali mengadakan Giveaway #breastcancerawareness #finishthefight #gopink. Dan jujur, aku baru dua kali ini tahu dan sepenuhnya belum paham sama sekali mengenai kampanye ini.

Dan aku, sangat berterima kasih kepada Mbak Indah Nuria. Apresiasinya terhadap kampanye ini sungguh sangat luar biasa. Kalau bukan karena Mbak Indah terus-terusan mengkampanyekan #breastcancerwareness ini, mungkin aku tidak akan peduli. Mungkin aku akan berdiam diri terus menerus dan hanya dapat melongo mendengar berita pasien kanker yang harus berjuang keras melawan sakitnya. Terima kasih banyak ya, Mbak Indah.

Mbak Indah pernah bercerita, bahwa penyakit kankerpun bisa dilewati, asalkan diketahui lebih dini. Bagaimana cara mengetahui lebih dini? mau tidak mau ya harus selalu memperhatikan kondisi tubuh diri sendiri, dong. Benar begitu?

Teman-teman, yuk mulai sekarang kita harus peduli dengan diri sendiri, peduli dengan satu bagian per bagian tubuh ini. Cermati dan segera konsultasikan ke dokter, apabila ada bagian tubuh yang berbeda dan berubah. Sebarkan informasi yang teman-teman ketahui, agar informasi yang penting meluas ke masyarakat luas. Ajak lingkungan sekitar, untuk memahami juga, bahwa deteksi dini adalah perlindungan terbaik untuk #finishthefight #breastcancerawareness.

Apa yang Harus Dilakukan?


#breastcancer lakukan pemeriksaan bulanan dengan SADARI. Hal yang paling mudah untuk dilakukan. Akupun diusia yang beranjak #35, baru mulai untuk menggerakan pemeriksaan SADARI. Malah setiap kali berada di kamar mandi, berada di depan kaca atau ketika sedang berbaring.

SADARI adalah pemeriksaan payudara secara sendiri. Malah, kadang aku meminta suamiku untuk turut lebih cermat, memeriksa, loh. Gak Pede kalau memeriksa sendiri.

Berikut cara sederhana untuk melakukan SADARI:



  1. Berdiri tegak. Lihatlah kedua payudara. Cermati bila ada perubahan warna kulit di sekitar puting ataupun terjadi pembengkakan. Teman pasti sering memperhatikan juga ya, payudara kanan dan kiri tidak simetris. Itu tidak menjadi persoalan ya.
  2. Angkat ke dua lengan ke atas. Coba tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. Coba dorong siku ke depan dan lihat ke payudara. 
  3. Posisikan kedua tangan pada pinggang. Condongkan bahu ke depan, sehingga payudara menggantung kemudian dorong kedua suku ke depan. Kencangkan otot dada.
  4. Angkat lengan kiri ke atas, kemudian tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Gunakan ujung ibu jari tangan kanan, raba dan tekan wilayah payudara, cermati seluruh bagian payudara kiri sampai ke area ketiak. Lakukan gerakan atas ke bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting dan sebaliknya. Ulangi geakan yang sama untuk payudara kanan.
  5. Cubit kedua puting. LIhatlah apakah ada cairan yang keluar dari puting. Segera ke dokter, bila cairan bukan ASI keluar dari puting.
  6. Pada posisi tiduran, letakkan bantal di bawah pundak kanan. Angkat lengan ke atas. Cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti di point 4. 

Instal Aplikasi Pengingat SADARI di Smartphone 




Jaman sekarang kan sudah jaman digital. Semua mua serba internet ya karena setiap detik, setiap menit hingga berjam-jam ada smartphone dalam genggaman.

Lovepink Indonesia memiliki sebuah aplikasi untuk mengingatkan aku dan teman teman semua lewat aplikasi keren loh.

Apa itu Lovepink? Lovepink adalah sebuah gerakan sosial yang mengangkat isu seputar kesehatan payudara, sebuah "rumah" bagi para perempuan dengan riwayat kanker payudara.

Semangat lovepink didasari saling mendukung dan berbagi, dan dijalankan dengan dua kegiatan utama yaitu program edukasi deteksi dini dan pendampingan pasien.

Lovepink Indonesia percaya, kebersamaan akan sangat membantu proses pengobatan dan kesembuhan.

Nama aplikasinya adalah Lovepink Breasties. Lucu ya namanya, lebih lucunya lagi sewaktu mengenalkan diri, namanya ada Mimi dan Lulu, ich seru loh. Aku sudah instal di smartphone dong, kalau kamu?



Di dalam aplikasi ini tersedia cara untuk SADARI, news, promotion, forum dan maps. Karena lovepink ini juga sering mengadakan kegiatan bersama loh. Seperti kampanye #breastawareness #go pink.



Dari website jakartagoespink.com aku juga melihat ada banyak sekali kegiatan yang dilakukan. Hal inilah yang menjadi semangat antar para penderita atau pasien yang telah sembuh secara total dari #breascancerawarness. Semangat sembuh itu menular loh, jadi antar penderita #breastcancer saling menyemangati dalam kegiatan #gopink. Keren yah, ayo saling semngaat menyemangati 😃

Biasakan Pola Hidup Sehat


Melalui post blog ini, aku sangat berharap, semoga teman-teman di luar sana selain melakukan deteksi dini dengan melakukan SADARI juga saling mengingatkan untuk melakukan pola hidup yang sehat.

Pola hidup yang sehat juga merupakan bagian dari perlindungan terbaik untuk mencegah penyakit apapun termasuk kanker.

Sebagai manusia, pasti adalah ya, keteledoran pola hidup. Namun setelahnya, aku mencoba untuk berprinsip, kemarin melakukan hal yang tidak sehat, hari ini dan besok harus kembali lagi untuk menjalani hidup sehat.

Contohnya adalah sebagai berikut;
  1. Berusaha bangun lebih pagi, sebelum matahari terbit. Bersyukur dan biasakan untuk tersenyum sewaktu membuka mata dan melihat ada wajah-wajah orang-orang yang disayangi.
  2. Minum air putih setiap bangun pagi, lebih baik minum air dalam kondisi suhu ruangan. Bukan air di lemari es yang dingin.
  3. Biasakan sarapan dengan menu dan gizi yang seimbang
  4. Lakukan gerakan-gerakan badan yang normal, seperti biasanya
  5. Pilihlah camilan atau kudapan untuk selingan makanan utama. Jauhi junk food, fast food atau snack dengan banyak penyedap rasa
  6. Buatlah minuman atau juice yang sehat. Aku sedang membiasakan diri untuk membuat juice pakcoy ditambah yoghurt. Mengkonsumsi buah secara langsung.
  7. Jauhi stress meskipun dalam keadaan apapun. Duduhduuh, ini yang masih suliiit sekali untuk kuhilangkan, perlahan yes.
  8. Cintai semua mahkluk hidup. Cintai di sini adalah, jangan mencari perkara dan musuh
  9. Istirahatlah jangan menunggu tubuh sudah meminta. Karena istirahat adalah hal untuk tubuh.
  10. Jauhi minuman yang tidak sehat, termasuk kopi dengan gula ataupun creamer. 
  11. Jangan begadang.
  12. Tidurlah dengan posisi yang baik.
Sepertinya hal-hal di atas masih banyak ya, kalau dijemberengin semua bisa banyak sekali. Satu hal yang penting adalah saling mengingatkan.

Untuk Mbak Indah, aku berterima kasih banyak telah menyebarkan kampanye #breastcancerawareness #finishthefight #gopink. Semoga seluruh lapisan masyarakat menyadari, bahwa deteksi dini adalah perlindungan terbaik.

Ayo teman-teman instal aplikasinya yak. Berguna sekali loh, untuk para perempuan dalam rentang usia berapapun.

#breastcancerawareness #finishthefight #gopink




Comments

  1. Aq baru tahu ada aplikasi itu, nyoba install ah :)

    ReplyDelete
  2. Mbaa, gambar boobs dg bra pink nya lucu bgt ituu.. uwuwuwuwu

    ReplyDelete
  3. aplikasinya embantu sekali dengan gambar lucu gt pasi bnyak yg tertarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, aplikasinya mau enggak mau, kudu SADARI juga

      Delete
  4. Mencegah memang lebih baik dan lebih murah daripada mengobati...

    ReplyDelete
  5. Pola hidup sehat utamanya olahraga teratur itu berat ya Mba, huhu.
    Banyak banget excusenya deh kalau mau olahraga. Capeklah, ngantuklah, maleslah. Padahal itu demi kebaikan diri sendiri -___-.
    Abis baca ini jadi semangat buat rajin olahraga lahi nih. Dan semoga bisa konsisten sampai kapanpun.
    Makasih remindernya ya Mba^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, aku masih belum olah raga nich, paling banter jalan kaki sore bareng anak

      Delete
  6. Iya ya mba. Setuju banget. Sebagai perempuan kita memang harus lebih peduli ya sama kesehatan termasuk payudara. Biar dikata ga ada apa2 tetap perlu pemeriksaan rutin ya. Tips2nya pas banget mba.. suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mbak,

      Aku juga harus menyadari, kalau pemeriksaan rutin itu penting.

      Delete
  7. Wah.. penting banget nih, terima kasih mbak informasinya

    ReplyDelete
  8. wah recomended banget nih.. thanks atas informasinya mba. Great post :)

    ReplyDelete
  9. wah ada aplikasinya ya, jadi bisa lebih mudah mengetahui info tentang kanker payudara ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada aplikasi pengingat, jadi kita semakin peduli, Mbak

      Delete
  10. tipsnya noted mak terutama yg bangun tidur minum air putih bukan dari kulkas, susah ini ngilangin kebiasaannya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. air dari kulkas kan dingin, emang seger, tapi lebih baik dengan suhu ruangan saja,

      Delete
  11. waaah...seringnya saya abai terhadap masalah ini, padahal sangat penting ya untuk deteksi sejak dini

    ReplyDelete
  12. itu aplikasinya free y mbak ?? harus dicoba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. free dong, cuma ya pakai kuota internet, kalau instal

      Delete
  13. gambar..itu bikin penasaran.... baru ngeh itu gambar bra.... hi2

    ReplyDelete
  14. aku rutin sadari mak, karena emang ada benjolan dulunya dan udah diangkat..

    ReplyDelete
  15. aplikasinya Love Pink memang oke bangeeet ya mbaa..aku sukaaa :). Thanks for joining my GA ya mbaaa..semoga ngga bosen dan good luck :)

    ReplyDelete
  16. Wah aku baru tahu ada aplikasi ini. Langsung instal ah! Makasih ya mbak :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu

Tiga tahun yang lalu saya sudah ingin sekali menceritakan pengalaman ini. Pengalaman pertama kali kehilangan satu gigi depan bagian atas. Pengalaman tidak memiliki gigi depan bagian atas dan harus ompong selama beberapa minggu. Pengalaman setiap beberapa hari sekali ke dokter gigi, untuk mendapatkan perawatan gigi yang hilang tersebut. Pengalaman dipasang gigi palsu tanam dan menggunakan gigi tersebut hingga tiga tahun. Dan juga pengalaman ketika gigi palsu tanam tersebut hampir lepas.

Fungsi Utama Gigi
Menurut Wikipedia Indonesia, Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Memiliki struktur dan variasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi itu sendiri adalah untuk merobek atau mengunyah makanan. Dengan adanya gigi dengan struktur yang lengkap dan sempurna. Proses merobek dan mengunyah makanan akan menjadi mudah. Untuk menyantap makanan yang keras, makanan yang panas ataupun dingin oke oke saja, kan giginya sehat.

Fun…