29 Nov 2016

Frisian Flag Susu Kental Manis From Grass to Glass

Advertisement
Sudah minum susu hari ini? sini kerumah aku, nanti aku sajikan minuman susu. Mau hangat atau dingin boleh dipilih. Apalagi susu enak dinikmati kapan saja, dinikmati bagaimanapun caranya, dan di manapun menikmatinya. Susu merupakan sumber energi yang lebih praktis dinikmati karena kelezatannya dan sumber gizinya lengkap.

Hari Rabu, 23 November 2016 - Bersama teman-teman blogger, aku berkesempatan untuk berkunjung ke pabrik PT Frisian Flag Indonesia yang berada di Ciracas, Jakarta Timur. Aku dan teman-teman di sambut dengan hangat sekali oleh PT Frisian Flag. Suasana pun pecah dengan saling mengambil foto di spot-spot yang menarik. Biasa lah ya, blogger kalau melihat spot yang instagramable dan menarik, pasti langsung cekreeek, cekreeek dan bergaya kece.

Foto by ratnadewi.me


Sebelum acara dimulai, aku mengambil teh panas dan snack di tempat yang telah disediakan. Pilihannya ada kopi atau teh. Dapat dimix dengan sugar, cream atau susu kental manis Frisian Flag. Snacknya juga dapat dibawa masuk ke dalam tempat acara. Jadi, sembari menikmati ruangan yang banyak spot menarik penuh dengan inspirasi, dapat menikmati secangkir minuman dan snack.

Ruangan  dirancang sesuai dengan konsep yang alami. Mulai dari awal kehidupan seseorang, sebuah ruang dengan tatanan susu kehamilan yang dipajang rapi. Kemudian ruang pertumbuhan yang ditandai dengan banyaknya gambar aktifitas. Ada ruang yang berisi karakter Disney, yang bekerjasama penuh dengan Frisian Flag untuk menampilkan karakter Disney di kemasan susu UHT Frisian Flag. Ruangan dewasa yang ditempatkan alat musik. Ruang kerja, ruang pantry sampai ada ruang yang di design seperti supermarket dan toko yang menjual produk PT Frisian Flag Indonesia.

Tyas Putri, MC kocak dan manis semanis susu kental manis membuka dengan sebuah game. Game nya satu doang, tapi bikin aku dan teman-teman tertawa terbahak-bahak. Benar-benar mampu membuat suasana siang itu cair dan ramai. Suka aku dengan gaya Tyas Putri, meskipun candaannya memang bikin gemes, pingin cubit pipinya.



Sejarah PT Frisian Flag


Bapak Andrew F. Saputro, Coorporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia maju dan mempresentasikan sejarah singkat PT Frisian Flag.



Aku seperti dibawa membayangkan masa perang dunia ke- I tahun 1870 an. Aku dibawa ke sebuah negara nun jauh di sana. Sebuah negara dengan pemandangan yang sangat indah dan miliki kincir angin yang sukses membuat aku pingin pergi ke sana. Di negara Belanda pada tahun tersebut, ada banyak sekali sapi-sapi yang memiliki kualitas air susu terbaik.

Namun, sayang sekali kualitas air susu sapi yang terbaik tersebut, awalnya tidak dapat dimaksimalkan. Hingga akhirnya, para peternak dan pemerah susu menemukan satu cara. Air susu sapi diperah untuk kemudian dikalengkan. Susu sapi dalam kaleng tersebut, akan bertahan lama dan awet serta dapat dengan mudah dibawa ke luar dari negara Belanda. Dibawa ke tempat terjadinya perang dunia tadi.

Tahun berganti tahun, hingga akhirnya, pada tahun 1913 sekitar 30 koperasi memutuskan untuk membuat sebuah perusahan dan pabrik pengolahan sendiri. Nama yang diambil adalah Friesche Vlag tercatat sebagai nama merek dagang. Dan dikenalah sebuah perusahan susu Friesche Vlag dengan logo bendera.

Pada tahun 1922, produk susu kaleng Friesche Vlag pertama kali diekspor ke Hindia Belanda, salah satunya adalah Batavia, Indonesia. Rasanya yang lezat membuat produk susu kental manis diterima dengan hangat oleh masyarakat Indonesia. Kemudian, masyarakat Indonesia menyebutnya "soesoe tjap bandera". Almarhum nenekku, suka membeli susu dan menyebutnya, susu bendera.

Aku punya kenangan manis, sampai sekarang masih inget. Dahulu kala, saat aku masih belum sekolah di  tahun 1986-an, suka mengumpulkan kertas yang menempel di kalengnya. Kaleng bekas susunya dibuang, kertas pembungkus kalengnya aku simpan. Buat apa coba? buat mainan pasar-pasaran, dianggepnya uang, tuh kertas. πŸ˜’

Foto by ratnadewi.me


Selama 95 tahun, PT Frisian Flag Indonesia selalu menjaga komitmennya untuk terus berkontribusi membantu anak-anak Indonesia meraih potensinya yang tertinggi melalui produk-produk kaya gizi. Pada tahun 1998 PT Frisian Flag pertama kali di Indonesia membuat susu kental manis dalam kemasan sachet. Inovasi yang sangat membuat masyarakat Indonesia mampu menyajikan segelas susu bergizi untuk mengawali hari yang baik.

Inovasi dari PT Frisian Flag Indonesia yang terbaru, sudah dinikmati, kan? oleh teman-teman masyarakat Indonesia. Aku khususnya, yang telah terbantu seklai dengan inovasi Klik, Tarik, Tuang dalam menyajikan Frisian Flag Susu Kental Manis. Dulu, menggunakan pisau dan palu. Sekarang, sudah sangat mudah, untuk membuat segelas susu Kental Manis. Sekarang, setelah membersihkan kemasan kalengnya dengan lap bersih, aku tinggal klik, tarik trus tuang dech ke dalam gelas. πŸ˜™

Aku dan teman-teman blogger juga dibocori satu inovasi lagi nich. Sebelumnya, PT Frisian Flag mencari tahu dengan inovasi Klik, Tarik, Tuang tadi. Apakah ukurannya pas, apakah sewaktu menuang akan membuat terlalu banyak susu kental manis yang keluar? Apakah ada keluhan dari masyarakat?

PT Frisian Flag Indonesia akan menyertakan sebuah alat klip klip, yang dapat dipasang di lubang kemasan susu kental manis kaleng yang telah dibuka. Jadi, masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir, kemasan kaleng yang sudah dibuka, dapat ditutup kembali dengan alat klip klip tersebut. Waaah, berarti sudah tidak ada lagi dong, mencari tutup gelas, seperti biasanya aku lakukan. Karena setelah membuka kemasan kaleng Frisian Flag Susu Kental Manis, untuk penyajian satu gelas susu. Aku selalu khawatir, cara penyimpanannya bagaimana ya? Sekarang tinggal menunggu nich, inovasi klip klip, supaya menyimpan kemasan kaleng Frisian Flag Susu Kental Manis menjadi lebih aman.



Bapak Andrew juga memperkenalkan pabrik PT Frisian Flag. Selain di Ciracas, ada di Pasar Rebo yang mengolah dan memproduksi Frisian Flag Family Powder dan Frisian Flag Mainstream (susu kehamilan dan pertumbuhan). Friso sebagai bagian dari PT Frisian Flag, diolah dan diproduksi langsung dari Belanda. Susu Kental Manis diproduksi di pabriknya di Ciracas.


Susu Kental Manis Frisian Flag


Aku suka susunya, hingga tetes terakhir. Aku suka cokelatnya hingga tetes terakhir. Susu saya susu bendera. Hayooo aku ikut dalam barisan yang kenal banget jingle susu bendera jaman masih kecil. Anak sulungku juga paling doyan sama susu kental manis frisian flag yang rasa cokelat. Kalau aku, suka yang putih, rasanya segar dinikmati dengan air hangat. Neneknya anak-anak suka yang gold untuk campuran es buah, ataupun membuat kue.

Ibu Tanti, Marketing Manager PT Frisian Flag Indonesia memutarkan jingle yang membuat aku dan teman blogger kompak bernyanyi. Semua suka susu kental manis-nya Frisian Flag. Karena selain rasanya yang lezat juga membantu memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Mengandung gizi makro (karbohodrat, protein dan lemak) dan gizi mikro (9 vitamin dan 5 mineral) dan dianjurkan untuk diminum 2 gelas setiap hari.



Dengan mengkonsumsi Frisian Flag Susu Kental Manis sesuai takaran saji (40 gr dengan 1gelas air kurang lebih 140 ml air) 

Frisian Flag Susu Kental Manis juga sangat mudah dalam penyajian. Itulah salah satu alasannya, aku dan para ibu di rumah, memilih susu ini. Terdapat 3 varian produk, yaitu Frisian Flag Kental Manis Gold, Frisian Flag Kental Manis Putih dan Frisian Flag Kental Manis Cokelat.

Untuk informasi produk Frisian Flag Susu Kental Manis produk terkini, berikut port folionya;
  1. Frisian Flag Kental Manis Gold. Terdapat dalam kemasan kaleng, sachet, pouch
  2. Frisian Flag Kental Manis Putih. Terdapat dalam kemasan kaleng, sachet, pouch besar
  3. Frisian Flag Kental Manis Cokelat. Terdapat dalam kemasan kaleng, sachet, pouch, pouch besar

Jadi, sebagai ibu, aku dimudahkan untuk menikmati kelezatan Frisian Flag Susu Kental Manis, mau dinikmati sebagai minuman atau dengan makanan favorite di rumah. Kemasan kaleng Frisian Flag Susu Kental Manis yang kuat dan mudah disimpan membuat kandungan susu tetap terjaga.

Ada yang masih ingat atau mengikuti "Bulan Sarapan Sempurna" sepanjang bulan Maret 2016 kemarin?. Aku dong berkesempatan juga datang ke kampanye PT Frisian Flag. Hal tersebut merupakan apresiasi kepada konsumen dan untuk meningkatkan kualiatas gizi masyarakat Indonesia. Sosialisasi tersebut berisi pentingnya membiasakan sarapan dengan jumlah dan kualitas gizi yang cukup lengkap dengan segelas susu dan dalam kehangatan kebersamaan keluarga di pagi hari.

Baca Juga : Kampanye Bulan Sarapan Sempurna Bersama Susu kental Manis Frisian Flag

Pembicara ke tiga adalah Bapak Aryono B Ardhyo, Coorporate R&D Manager PT Frisian Flag Indonesia. Aku perhatikan dari ketiga pembicara di acara ini, semuanya bangga dengan ciri khas bangsa Indonesia. Mereka semua memakai batik, loh. 😊 Bagaimana dengan teman-teman? ada yang memakai batik, hari ini?



Bapak Aryono memberikan penjelasan kepada aku dan teman-teman blogger mengenai bagaimana awal mula seekor sapi yang diperah air susunya, sampai dapat dinikmati kelezatannya oleh masyarakat Indonesia. Sapi yang dipilih adalah sapi betina dengan kualitas terbaik. Kualitas terbaik tuh, yang diberikan penanganan yang baik dan nyaman buat si sapi. Kandangnya dibuat senyaman mungkin, rumput yang digunakan untuk makan sapi, adalah rumput yang segar. Untuk apa? untuk mendapatkan kesegaran air susu sapi sehingga kualitas Frisian Flag Susu Kental Manisnya terjaga.

PT Frisian Flag bekerja sama dengan koperasi peternak sapi di daerah pangalengan, lembang, Jawa Barat dan sebagian di Jawa Timur. Trus bagaimana caranya untuk menjaga kualitas susu dari peternak sampai ke pabrik Ciracas ini? tenang ya, teman-teman. Air susu sapi tersebut sebelumnya sudah dicek kandungannya dan juga diatur suhunya hingga 4-6 derajat celsius dalam perjalanan ke pabrik.

Susu sapi dengan kualitas yang baik, datang ke pabrik Ciracas, untuk diolah menjadi Susu Kental Manis. Mencukupi kebutuhan gizi keluargaku dan masyarakat Indonesia. Diolah dengan peralatan yang modern dan dikemas dalam kemasan yang terjaga keamanannya.

Itulah kenapa, Susu Kental Manis ini dapat bertahan sampai 1 tahun. Tapi diingat ya, penyimpanan Susu Kental Manis Frisian Flag yang belum dibuka, jangan terkena sinar matahari langsung atau berdekatan dengan benda yang panas. Kalau di rumahku, walaupun belum dibuka, biasanya ditempatkan di lemari es.

Melihat Proses Pembuatan Susu Kental Manis


Setelah Bapak Aryo menjelaskan secara detail proses pengolahan susu hingga saat didistribusikan. Saatnya, aku dan teman-teman blogger diajak masuk ke pabrik Frisian Flag. Horeeeey, senang rasanya diberikan kesempatan masuk dan mengetahui proses produksinya.

Aku dan teman-teman blogger diberikan penjelasan sebelum masuk ke dalam pabriknya. Pertama kali, harus mengenakan baju putih, seperti baju laboratorium. Sepatu khusus untuk masuk ke dalam pabrik. Masker mulut, penutup rambut, ear plug karena di dalam pabrik akan bising dengan mesin-mesin yang bekerja. Untuk berjalan di dalam pabrik juga harus mematuhi peraturan, yaitu berjalan di jalan zebra cross, istilahnya di lalu lintas yak.


Foto by Frisian Flag

Seluruh peserta kunjungan pabrik dibagi dua, dengan dipandu oleh mas dan mbak duta dari Frisian Flag. Masuk melalui pintu utama masuk pabrik. Setelah pintu utama, ada sebuah ruangan untuk mencucui tangan. Dengan berjalan berurutan, mas pemandu menerangkan di tengah deru mesin pabrik yang menyambutku.

Di sini, aku melihat proses pembuatan kaleng untuk Susu Kental Manis Frisian Flag kemasan kaleng. Pada proses utama ini, sudah sangat detail pemeriksaannya. Jika kaleng tidak simetris, makan dengan sendirinya, akan digugurkan oleh mesin. Oh iya, teman-temanku semua, sadar enggak sich? kalau kaleng Susu Kental Manis itu sekarang memiliki tekstur? yup, tekstur berulir, membuat kemasan kaleng Susu Kental Manis ini, tidak mudah penyok ketika dalam proses pendistribusian dari distributor ke meja-meja konsumen.

Foto by Frisian Flag


Aku melihat proses setelah Susu Kental Manis Frisian Flag terisi susu, diberi label secara otomastis dalam mesin hingga pengepakan ke dalam kardus. Semuanya mesin dan mereka berjalan dengan penuh percaya diri. Mengatakan bahwa, inilah aku yang sudah siap kau sambut untuk melengkapi kebutuhan gizi di segelas susu setiap harinya.

Terkagumku melihat deretan Susu Kental Manis Frisian Flag kemasan kaleng bersabar untuk masuk ke dalam kardus. Setelah itu, dus-dus tersebut akan dipackaging yang lebih banyak. Untuk selanjutnya dikirim ke distributor-distributor di selurih Indonesia. Yakin dech, semuanya terjamin  sampai rumah-rumah konsumen.

Foto by Frisian Flag


From Grass to Glass Susu Kental Manis Frisian Flag


Puas berkeliling pabrik dan menyaksikan sendiri proses produksi pembuatan Susu Kental Manis, saatnya kembali ke ruangan. Tralaaa, sudah tersedia makan siang yang sangat banyaaaak. Aku suka sekali, sudah diberikan penjelasan yang banyak, diajak jalan-jalan trus diberikan makan yang sehat.



Ada tiga menu makan siang yang aku santap siang itu. Nasi dan ayam teriyaki dengan saos yang terpisah. Salad yang di dalamnya ada tomat ceri, aku suka sekali manis-manis asam. kemudian ada puding aneka buah dengan taburan keju. Teman-teman menyantap dengan bahagia karena mendapatkan pengalaman seru dan manis di sini.

Kejutan belum selesai di Ciracas Plant ini, apa lagi hayooo coba tebaaak? iyuuup aku dan teman-teman akan menyaksikan demo dari Barista Frisian Flag. Mereka berdua akan mendemokan tiga minuman yang masing-masing menggunakan tiga varian dari Susu Kental Manis Frisian Flag.

Frisian Flag Gold Chocorock


Bahan utamanya tentu saja, si manis Susu Kental Manis Frisian Flag Gold. Wafer cokelat yang ada tekstur kasarnya. Air putih dan es batu secukupnya. Bahan-bahan tersebut di blender hingga tercampur rata. Dituang ke dalam gelas transparan agar terlihat teksturnya. Beri whipped cream di atasnya, dengan cara melingkar seperti ice cream, kemudian taburi kacang dan diberi cokelat cair di atasnya.



Frisian Chilhood Crumbs


Setelah teman-teman blogger mengabadikan minuman yang pertama. Barista Frisian Flag membuat minuman yang kedua. Dengan bahan utama Frisian Flag Susu Kental Manis Putih, biskuit gandum yang ditumbuk kasar, air putih dan es batu secukupnya. Sama seperti minuman pertama, bahan-bahannya diblender dan setelah dituang ke dalam gelas transparan, kemudian diberi whipped cream, diberi taburan sprinkle dan tumbukan biskuitnya.



Frisian Chocomint Mojito


Minuman yang ketiga dengan bahan utama adalah Frisian Flag Susu Kental Manis Cokelat. Kali ini bahan-bahannya tidak diblender, tapi di whisk. Syrup Mojito dan es batu dishare hingga tercampur rata. Kemudian dituang ke dalam gelas transparan dan diberikan hiasan daun mint. Seger sekali yaa? perpaduan antara syrup mojito dan Susu Kental Manisnya sangat menggoyang lidah.



Setelah ketiga minuman dengan tambahan Susu Kental Manis selesai, para blogger dipersilahkan untuk memesan, manakah dari ketiga minuman tadi yang paling ingin dicicipi. Jawabannya beragam sesuai selera masing-masing. Aku, aku pilihnya adalah Frisian Flag Chocorock. Penasaran dengan wafer cokelat yang diblender dengan tambahan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold.



Aku sudah membuktikan sendiri istilah from grass to glass di Frisian Flag ini. Dengan rumput yang sehat dan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan gizi sapi betina. Akan menghasilkan segelas susu Frisian Flag yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Akan disajikan dalam bentuk apapaun, kelezatan dan rasa manisnya akan tetap terjaga. 

Aku dan Kenangan Manis di Pabrik Frisian Flag Indonesia


Acara berikutnya sembari menikmati minuman yang sudah dibuat dengan penuh kasih dan senyum manis barista Frisian Flag. Pembagian doorprise, nama-nama diaduk-aduk dan diambil satu persatu untuk mendapatkan hadiah dari Frisian Flag. Hadiahnya buanyaaak sekali. Sayang, aku kurang beruntung dalam pengocokan nama.

Foto by Frisian Flag


Tapi, Alhamdulillah yaaa, setelah turun dari lantai 3, ada kejutan manis yang menyambut. Ternyata, selain mendapatkan goodie bag yang berisi Susu Kental Manis dengan tiga varian rasa dan mug cantik. Ada tiga kejutan seru untuk dibawa pulang. Teman-teman blogger semuanya kaget, tidak menyangka akan diberikan keseruan seperti ini. Kunjungan ke pabrik Frisian Flag, merupakan kunjungan yang sangat menyenangkan.

Kenangan manis ini akan selalu terukir, seiring dengan perjalanan waktu. Ketika menyajikan segelas Susu Kental Manis untuk anak-anak di rumah, ketika memasak menggunakan wajan teflon hadiah, ketika membuat jus buah-buahan dan ketika menyimpan sajian menu makanan mengunakan hadiah dari Frisian Flag. Bakalan enggak terlupakan sampai anak-anakku punya cucu. 😊aamiin.

Untuk teman-teman blogger ataupun yang lainnya, yang belum berkesempatan berkunjung ke pabrik Frisian Flag, cek informasi dari aku dan teman-teman dengan tagar #Ffsusukentalmanis, #susukentalmanis dan #frisianflag. Aku dan teman-teman semua membagi keseruan dan keceriaan serta hal-hal informatif di media sosial masing-masing.

Informasi lebih lengkapnya, silahkan berkunjung ke:

Website Frisian Flag : www.frisianflag.com
Facebook : Frisian Flag Indonesia
Twitter : @SusuFrisianFlag
Instagram : @Susu.FrisianFlag

48 comments:

  1. Pengalaman berharga banget nih buat aku juga yang beruntung bisa melihat langsung produksi susunya di pabriknya langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama Mbak Dewi, banyak sekali pengalaman manis dan kenangannya.

      Delete
  2. Replies
    1. Seruuu Mbak, dan aku pertama kali ketemu Mbak Ida

      Delete
  3. aku masih nggak bisa lupa dengan rasa chocorock nya mbak, enak bangett :)

    ReplyDelete
  4. Ini susu bener-bener melegenda ya, hehehe.... kalo saya suka yang dingin. Hanya ketika badan terasa kurang sehat saja, atau juga pas ronda malam, baru minum yang hangat agak panas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Pak, disajikan hangat ataupun dingin tetap lezat

      Delete
  5. Susu favoritnya anak 90an hehe, jadi teringat suka duka jaman dulu. Beruntung banget ya kak Asti bisa melihat proses produksi. hem jadi iri

    ReplyDelete
  6. ini salah satu susu pavortinya zaidan nih, terus saya juga bisa pake buat banyak kreasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah Susu Kental Manis Frisian Flag, jadi membuat ibu kreatif ya, teh.

      Delete
  7. seru ya mbak bisa berkunjung ke pabriknya langsung, dapat bonus resep lagi...jadi mupeng ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, Alhamdulillah Mbak. Jadi paham, bagaimana proses produksi SKM Frisian Flag-nya. Standar kualitas tinggi dan sangat higienis.

      Delete
  8. Seru banget ya Mbk astin kunjungan kemarin. Beruntung banget saya bisa dapat kesempatan juga hehe.
    Makin cinta deh dengan Susu Kental Manis :) semoga next ada event lagi ya Mbk hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya, bisa mengetahui proses produksi SKM Frisian Flag. Aamiin, semoga next ada event lagi.

      Delete
  9. Susu keluarga saya sejak dulu susu bendera.. Manisnya pas harganya juga pas di kantong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manisnya pas, harganya pas dan legendaris banget,

      Delete
  10. Susu kesukaan saya ini, dicampur untuk roti atau kopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyam, om saya juga dulu suka campur kopi sama Frisian Flag SKM

      Delete
  11. mba astin.. mau... mau yang anget ya, tapi anget kuku aja. duh senangnya ya yang datang lebih awal jadi bisa foto2 dulu. Mba AStin senyumnya semangat sekali...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga suka yang anget anget kuku, jadi perutnya hangat,

      Delete
  12. Seneng yaaa, gudibegnya banyak. Semoga next time bisa ketemuan lagi ya mbak Astin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, gudibeknya bikin senang anak-anak yang nunggu di rumah juga

      Delete
  13. Senang akhirnya bisa jumpa Mbak Astin di acara ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya, Mbak Okti. Senang jumpa dirimu

      Delete
  14. wuuuyy aq naksir choco mojitonya nih Astin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin Mbak, simple banget. Cuma yang susah nyari whipped creamnya

      Delete
  15. suka banget yang coklat mbak. Yummy..nyam-nyam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaa, dijilaaat sampai tetes terakhir,

      Delete
  16. Susuny anakku nih mba klau mkn cereal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. eeeem, makan cereal plus SKM, wooow, lezat sekali y

      Delete
  17. Sirup mojito itu kek mana ya rasanya? Slurp...kelihatan seger

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku eprnah cobaik syrup mojito, tapi lupa rasanya. Pasti seger banget, dech

      Delete
  18. Wah senengnya berkunjung ke pabrik susu favorit hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Mbak, Pengalaman manis dan berkesan

      Delete
  19. Klip klipnya memang ngebantu bangeet. Kaleng susu yang sudah dibuka, aman dari semut karena tertutup rapat dengan klipnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dapat ya Mbak, klip klinya? aku baru lihat kemarin di iklan tipi.

      Delete
  20. Aku juga suka minum Frisian Flag...
    Jaman kecil dl.
    Dan sekarang, regenerasi ke anakku.

    Hiihhii..memang rasa ga pernah boong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, rasa enggak bohong. Dari aku kecil sampai anakku sudah 7 tahun. Pilihannya SKM frisian Flag untuk teman makan roti ataupun diseduh.

      Delete
  21. Itu susu kesukaan bapakku. Kalau aku buat bikin kue atau minuman saja. Sekarang masih pake pouch yang gold itu karena yg kaleng tarik klik itu masih jarang disini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemasan pouch malah lebih praktis ya, aku belum bikin minuman nih, seger dan lezat pasti y

      Delete
  22. mupeng pengen ikutan mbak kalau ada lagi, beruntung bisa berkunjung langsung ke pabriknya

    ReplyDelete
  23. Waw mojito ...
    Dan kental manis selalu jadi favorit buat nemenin roti, pancake dan apapun ga cuma minuman ya. Seru bisa ke pabriknya langsung

    ReplyDelete
  24. Brand yang sudah melekat sejak dulu deh. Aku nyetok SKM Frisian Flag yang Gold di rumah tapi yang sachet buat klo perlu bikin2 camilan he he

    ReplyDelete
  25. susu frisian flag pas bgt tu jika ditemani dengan puding es krim... apalagi pada saat cuaca panas

    ReplyDelete

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...