16 Jan 2017

Membuat Martabak Menggunakan Pan, Bisa Kok

Advertisement
Camilan kesukaan anak-anak di saat malam hari, adalah martabak manis. Martabak manis memang banyak ditemui saat malam hari. Ada banyak macam martabak manis. Contohnya Martabak Bangka, martabak manis Hoki, Martabak manis bang, dan lain lain.

Rasa martabak tetap rasa martabak. Tapi ingatan aku malah jalan-jalan ke masa SD. Dulu, belum ada masanya sering beli camilan di jalan. Bapak dan Ibuku, enggak pernah ngajak jalan beli martabak manis atau pizza, ehheee. Seringnya mah beli mendoan atau gembus.

Nah, ada jajanan jaman aku SD di tahun 1987 an, ya ampun, sudah berapa tahun itu?. Nama jajanan tersebut adalah terang bulan. Terang Bulan ini, jajanan yang bisa di beli di penjaja jajanan yang menggunakan sepeda, bunyinya toet toet, ya semacam telelolet punyanya bis. Abang Terang Bulan akan memberikan Terang Bulan dengan alas kertas koran.

Terang Bulan ini mirip martabak manis. Hanya saja, Terang Bulan itu lebih tipis dan isiannya, selai cokelat dan selai kacang tanah. Harganya jaman dulu, 25 perak. Sekarang, aku enggak tahu dech, masih ada atau sudah berganti menjadi martabak mini. Main ke SD 04 Mertasinga saja, sudah jarang banget. Ada kali puluhan tahun gak lihat SD tercinta.

Martabak Manis Pan


Nah, pada suatu sore, jemari sedang asyik main ke Instagram. Lah kok nemu akun doyanbaking. Ada resep Terang Bulan. Stalking dech di akun doyanbaking tadi. Nemu resep martabak yang dibuat di pan dadar atau teflon.

Bahan-bahannya juga mudah dan kebetulan semuanya ada di lemari dapur. Ya udah, aku coba buat dengan andalan, jadi enggak jadi yang penting sudah mencoba.

Bahan Martabak

Taburan Martabak


Bahan-Bahan Martabak Teflon

  1. Tepung Terigu
  2. Gula pasir
  3. Soda kue
  4. Fermipan
  5. Garam
  6. Air putih
  7. Telur
  8. Susu Kental Manis
  9. Meses untuk taburan
  10. Keju parut untuk taburan

Cara membuat Martabak Teflon

  1.  Campurkan bahan kering, tepung terigu, garam, soda kue
  2. Aduk rata dan jika sudah rata, masukkan air dan telur aduk kembali
  3. Diamkan sampai 30 menit hingga mengembang
  4. Masukkan fermipan dan aduk hingga rata
  5. Adonan akan muncul busa-busa cantik
  6. Panaskan teflon
  7. Ambil adonan secukupnya dan tuang ke dalam teflon
  8. Biarkan sampai meletup dan bersarang
  9. Taburi gula pasir
  10. Tutup teflon
  11. Jika sudah matang, angkat
  12. Oles mentega dan taburi meses atau keju parut
  13. Potong di tengah dan lipat
  14. Olesi bagian luar martabak menggunakan mentega
  15. Sajikan selagi hangat
Azaliaku bantu-bantu ngaduk adonan martabak

For the first time, lumayan


Demikianlah dapur astata yang dibantu oleh anak perempuanku yang unyu sekali. Saat disajikan, anak sulungku meragukan rasa dari martabak buatanku. Aku ra popo. Aku juga enggak berharap maratabakku dimakan sampai habis. Tapi, setelah gigitan ke berapa gitu, anakku bilang enak dan minta tambah.

Menyajikan camilan anak enggak ribet kok, asal mau dan mampu saja. Semoga berikan kemauan dan kemampuan yang istiqomah ya, teman. Karena membuat martabak menggunakan pan, bisa kok. Ini aku baru sekali saja, trus langsung lumayan lah. 

4 comments:

  1. waaaah bisa dicoba nih kak, suka banget sama martabe manis, tapi kebanyakan beli belum pernah bikin sendiri...hehehe Makasih Kak Tina :)

    ReplyDelete
  2. wiiih martabak, makanan kesukaan istri dan anak anaku ini.

    ReplyDelete

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...