Skip to main content

Pesmol Ikan Patin Gurih dan Nikmat, Menu Makanan Andalan Keluargaku

Hallo apa kabar teman? long long long weekend ini, teman pada ke mana? kalau aku, cukup di sekitaran tempat tinggal saja. Meskipun begitu, tetep menguras tenaga dan waktu. Jalanan di mana-mana padat dan merayap, bung!

Oke, enaknya emang stay at home sembari menikmati makanan dengan menu andalan keluarga. Waah, kedengarannya sedap banget, ya teman. Pastinya dong. Liburan, stay at home bersama keluarga. Menikmati menu makanan anadalan keluarga. Huhuuuu, liburan tambah berat badan, gak apa-apa ya.

Menu makanan andalan keluargaku, yang sedang happening adalah Pesmol Ikan Patin. Huaaaa, ikan patinnya saja sudah gurih dan enak. Apalagi dengan resep pesmol. Hm, teman pingin tahu, bagaimana Pesmol Ikan Patin bisa menjadi menu makanan andalan keluargaku?.

Awalnya adalah kebosanan pada ayam. Ayam digorenglah, ayam disatelah, ayam disemurlah, ayam diteriakilah, ayam di bumbu kuninglah. Anak sulungku protes keras. Suamiku meminta aku untuk mencari kreasi resep lain. Uji kreatifitas dan kemaun untuk keluar dari zona nyaman segera dimulai. Setelah ayam, telur, tahu, tempe dan daging. Aku mencoba untuk membeli ikan segar di pasar.

Bingung dong, yang awalnya gak pernah belanja ikan. Tengak tengok pilih ikan yang mana. Pencet badan ikan, masih segar atau disegar-segarin. Teman tahu gak? aku cuma punya pilihan beli ikan patin. Why? ikan patin terkenal bagus untuk anak-anak. Ada sich ikan baronang, kerapu atau nila. Tapi kabarnya ikan baronang dan kerapu jarang ada di pasar tradisional.

Apa kabar ikan patin? ideku cuma digoreng kering (walau ikan patin susah untuk kering). Setelah itu ditumis pakai kecap, sudah titik. Hoaaaaa, jangan diketawain ya, teman. Beruntunglah aku browsing di internet dan menemukan resep Pesmol Ikan Patin. Hm, baca-baca dan mempelajari bumbu dan cara memasaknya. Akhirnya aku memantapkan diri untuk membuat Pesmol Ikan Patin untuk kali pertama di bulan April kemarin.

Menu Andalan Keluarga : Pesmol Ikan Patin


Bahan-bahan untuk membuat Pesmol Ikan Patin, tergolong mudah ditemukan. Gak susah, kok. Cukup sedikan :
  1. Ikan Patin segar, dipotong menjadi 4 atau 3 bagian, sesuai dengan ukuran ikan patin.
  2. Wortel yang diiris tipis-tipis, sesuai resep sih, potong korek api. Tapi aku pikir akan terlalu besar dan takut enggak empuk. Jadi, aku mengiris tipis-tipis. Yaah, samalah untuk isian membuat bakwan.
  3. Mentimun segar, iris tipis-tipis juga ya, disesuaikan dengan irisan wortel atau mengikuti saran sesuai dengan ukuran korek api juga gak masalah. Mentimun memiliki kecenderungan cepat lunak saat dimasak.
  4. Minyak goreng untuk menggoreng ikan patin dan menumis bumbu halusnya.
Bumbu yang perlu dipersiapkan sebagai berikut, teman :
  1. Bawang putih
  2. Garam
  3. Kunyit
  4. Jeruk Nipis
  5. Bawang merah
  6. Jahe
  7. Kemiri
  8. Sereh
  9. Daun salam
  10. Daun jeruk
  11. Lengkuas
  12. Gula pasir
  13. Cabe rawit
  14. Tomat
Cara membuatnya juga sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Termasuk aku yang gagap banget di dapur. Apalagi memasak menu berbahan dasar ikan. Beeuh, ini adalah prestasi untuk aku.

  1. Cuci bersih ikan patin yang sudah dipotong-potong. Aku minta tolong penjualnya, untuk ngebersihin dan ngepotong ikannya.
  2. Setelah ikan dibersihkan, lumuri dengan jeruk nipis dan garam. Tunggu sampai eruk nipisnya membuang amisnya ikan patin.
  3. Buat bumbu halus yang terdiri dari garam, kunyit dan bawang putih. Setelah ikan patin hilang bau amisnya, rendam dengan bumbu halus tadi. Tunggu sampai bumbu meresap ke dalam ikan patin.
  4. Panaskan minyak goreng di wajan. Setelah bumbu cukup meresap, goreng ikan patin sampai matang. Tingkat kekeringan ikan patin, sesuai selera ya, teman. Ada yang suka kering ada yang suka setengah matang. Aku pilih kering.
  5. Buat bumbu halus lagi. Kali ini terdiri dari garam, bawang merah, bawang putih, kunyit yang dipanggang dalam api, jahe dan kemiri. Sereh dipukul-pukul saja di atas ulegan.
  6. Siapkan minyak untuk menumis bumbu halus. Tumis bumbu halus, masukan sereh, lengkuas, daun salam dan robek-robek daun jeruk. Tambahkan air sedikit demi sedikit, jangan sampai bumbu halusnya gosong.
  7. Koreksi rasa, tambahkan gula bila suka atau tambahkan kecap manis. 
  8. Masukan wortel ke dalam kuah bumbu halus. Setelah wortel agak lunak, masukan mentimun. Bila menyukai rasa pedas, tambahkan irisan cabe (aku skip, karena buat anak-anakku). Setelah itu, masukan ikan patin goreng dan terakhir masukan tomat.
  9. Sajikan panas-panas dengan nasi hangat.
Hm, bagaimana? harum banget loh saat menumis bumbunya. Sampai anak sulungku bolak-balik ke dapur. Tanya terus, kapan matang-kapan matang. Malah anakku minta icip menggunakan sendok. Padahal ikan patinnya belum dimasukan.

Setelah ikan patinnya di masukkan ke dalam bumbu halus yang kental. Hm, aroma gurihnya keluar menggoda lidah untuk disantap.

Teman-teman semua, aku juga suah mengungah video sewaktu memasak Pesmol Ikan Patin di channel YouTube aku.



Alhamdulillah anak-anakku doyan. Makannya lahap banget, sampai nambah beberapa kali. Tahu gak teman, aku cuma kebagian printilan ikan patin yang tersisa di kuah kentalnya. Gak apa-apa dech, yang penting anak-anak makan banyak.

Alhamdulillah ya, aku dan keluargaku emang doyan makan. Apalagi makanan yang baru dicoba. Gak hanya baru dicoba ding. Suka semua makanan yang memiliki bumbu yang bercita rasa kuat. Yes, seperti Pesmol Ikan Patin tadi.

Aku dan keluargaku juga suka mencoba kulineran di tempat yang baru. Belum pernah ke situ. Direkomendasikan oleh teman, untuk datang ke tempat makan yang menyajikan cita rasa makanan nusantara yang gurih dan nikmat.

Fasilitas Lengkap dengan Menu Variatif di Istana Nelayan Resto Serpong


Salah satunya adalah Istana Nelayan Resto. Resto yang terletak di Komplek Serpong Town Square. Tempatnya persis di exit tol Serpong. Resto ini sering banget kulewati loh. Aku kan tinggal di derah Tangerang kota. Kalau mau hangout, di Karawaci atau Summarecon Serpong. Pasti selalu melewati Istana Nelayan Resto.

Sayangnya aku dan keluargaku belum pernah mampir ke Istana Nelayan Resto. Beberapa minggu kemarin, aku melihat postingan di time line media social beberapa teman. Mereka baru saja menghabiskan waktu akhir pekannya di Istana Nelayan Resto.

Resto yang ada fasilitas seru untuk anak-anak. Kids Playground namanya. Beugh, bakalan seru liburan di akhir pekan di Istana Nelayan Resto, nich. Setelah menyantap menu makanan yang ditawarkan di Istana Nelayan Resto, anak-anak bisa main nich.

Aku melihat di postingan IG seorang teman juga menceritakan bahagianya mengajak anak-anak ke Istana Nelayan Resto. Beberapa diantaranya memosting anak-anak yang sedang naik Andong, naik becak mini. Anak-anak juga diajarkan untuk memberi minum sapi, terus mengenal sapi itu seperti apa sich. Ada kolam ikannya juga loh, anak-anak bisa mendapatkan kesempatan untuk memberi makan ikan. Waah, ternyaa ada resto yang memberikan fasilitas yang sangat banyak seperti Istana Nelayan Resto ini, ya.

Instagram Istana Nelayan Resto


Duh, ke mana saja aku? kok aku gak pernah terpikir untuk mampir ke Istana Nelayan Resto ya?. Kalau teman, bagaimana? sudah berapa kali mampir dan menyantap menu makanan di Istana Neyalan Resto? bisikin aku dong, menu makanannya apa saja?

Iya yaaa, menu yang bisa dinikmati di Istana Nelayan Resto memang banyak banget ya. Aku sempat ngintip di IG-nya Istana Nelayan Resto, menunya bikin terus-terusan mampir ke Istana Nelayan Resto nich. Teman-teman pasti sudah tahu lah ya, #ResepJuaraIstanaNelayan yang dipilih yang mana. Em, aku sudah nentuin mau makan apa loh, di Istana Nelayan Resto, kalau kamu?

Mulai dari Ayam Goreng Singapore, Sapo Tahu, Udang Mayonaise, Nasi Timbel, Gurame Crispy yang dipadu dengan saus asam manis, pasti bikin aku dan teman-teman nagih nih. Hayoklah ajak keluargamu teman, untuk mampir ke Istana Nelayan Resto. Aku juga mau jadwalin untuk mampir ke sana. 

Istana Nelayan Resto

Komplek Serpong Town Square
Jl. MH . Thamrin Km. 7
Kebon Nanas, Serpong
(exil tol Serpong)

Instagram : Istana Nelayan Resto

Comments

  1. Waaah pesmol ikan enak dan segeer tuh.. suka jadi menu istimewa yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Indah, bumbunya kudu kentel biar enak

      Delete
  2. gatau kenapa sha dikasih seneng makan ikan :(

    ReplyDelete
  3. Karena ingat sebentar lagi puasa, sekarang jadi suka nyari resep2 makanan. Boleh jadi referensi ini, buat tabungan resep di bulan puasa, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, siapin bumbu yang banyak untuk membuat menu ramadhan

      Delete
  4. Aku pingin jg ke istana nrlayan, keliatannya asik buat sekeluarga ya suasananya. Makanannya jg pasti enaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Noe, ada fasilitas kids play groundnya

      Delete
  5. ini yg kesekian nih baca review istana nelayan..jadi makin pingin kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayo mbak, ke sana, deket rumahku nih

      Delete
  6. Wah menu keluarga yang bisa dicontoh nih... hehe...

    ReplyDelete
  7. Coba timun dan wortelnya diremet2 pake garem mba biar rasanya lebih enak kriuk2 gitu.

    ReplyDelete
  8. Aku jg tau resto ini tapi blm prnh kesana mba.. Lumayan jauh soalnya :D. Tp kalo udh berbau seafood sih biasanya keluargaku mah doyaaaan.

    Eh itu pasmol patinnya pgn deh ih.. Aku termasuk yg susah kalo makan ikan. Hrs milih2 :p. Ga suka yg durinya nyusahin kayak bandeng ato mujaer :p ato yg bau amisnya nyengat banget. Nah kalo patin aku suka krn ikannya ga amis dan dagingnya itu yaaa, lembut banget biasanya :D. Duri ga nyusahin pula :D.

    ReplyDelete
  9. Pesmolnya enak bangeeetttt kayaknya. Kalau mau ganti selain patin, apa ya? Patin soalnya agak2 bau tanah, hehehh.

    ReplyDelete
  10. Pesmol kalau ikan apa aja enak juga sih, karena yang bumbunya udah enak. Istana Nelayan resto ini memang keren banget, walau baru lihat foto2nya aja sih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu

Tiga tahun yang lalu saya sudah ingin sekali menceritakan pengalaman ini. Pengalaman pertama kali kehilangan satu gigi depan bagian atas. Pengalaman tidak memiliki gigi depan bagian atas dan harus ompong selama beberapa minggu. Pengalaman setiap beberapa hari sekali ke dokter gigi, untuk mendapatkan perawatan gigi yang hilang tersebut. Pengalaman dipasang gigi palsu tanam dan menggunakan gigi tersebut hingga tiga tahun. Dan juga pengalaman ketika gigi palsu tanam tersebut hampir lepas.

Fungsi Utama Gigi
Menurut Wikipedia Indonesia, Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Memiliki struktur dan variasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi itu sendiri adalah untuk merobek atau mengunyah makanan. Dengan adanya gigi dengan struktur yang lengkap dan sempurna. Proses merobek dan mengunyah makanan akan menjadi mudah. Untuk menyantap makanan yang keras, makanan yang panas ataupun dingin oke oke saja, kan giginya sehat.

Fun…