Tuesday 30 May 2017

Ngabuburit di Masjid, Kenapa Tidak?

Ada banyak hal yang bisa dikerjakan sembari menunggu waktu berbuka puasa. Menunggu waktu berbuka puasa sering disebut dengan nama ngabuburit. Istilah yang baru aku kenal sewaktu aku berada di bangku kuliah. Aku kecil mah, enggak pernah mengenal istilah ngabuburit untuk menunjukan aktifitas menunggu berbuka puasa. Nunggu berbuka puasa ya, menunggu saja.

Ngabuburit itu berasal dari Bahasa Sunda, Jawa Barat. Berasal dari kata "burit" yang menunjukan sore, petang atau menjelang maghrib. Waktu ngabuburit sendiri, dimulai dari ba'da ashar. Hal yang dilakukan oleh tiap orang juga berbeda-beda. Ada yang ngabuburit asyik hanya di rumah saja sembari nonton televisi. Ada yang mengendarai kendaraan bermotor berkeliling mencari takjil. Ada juga yang sibuk memasak di dapur.

Aku punya pengalaman ngabuburit di Masjid. Jadi, ceritanya tuh, suami mengajak ke rumah mamanya di luar kota. Mamanya tinggal di daerah Jakarta Utara. Sedangkan aku dan suami tinggal di Tangerang. Bolehkan ya disebut luar kota, sudah beda Walikotanya. heheee.

Berangkat dari Tangerang sebelum dzuhur melalui rute yang agak berbeda dari biasanya. Biasanya Tangerang ke Jakarta Utara, bisa melalui toll Bandara. 1 jam sampai. Kali ini, rutenya dibuat beda, supaya bisa melaksanakan sholat wajib di masjid yang berbeda-beda. Sholat Dzuhur di masjid  Jakarta Pusat. Sholat Ashar di masjid Kemayoran dan kemudian leyeh-leyeh sembari menunggu waktu berbuka puasa mengendarai kendaraan menuju ke rumah ibu. Namanya juga ngabuburit kan, ya?.

Ngabuburit di Masjid? Kenapa Tidak?


Rasanya menyenangkan sekali loh. Salah satu manfaatnya adalah mengenal berbagai masjid yang dilewati. Melihat arsitektur masjid yang unik. Meramaikan masjid dengan berjamaah di masjid dengan jamaah lainnya. Sayangnya, aku tidak banyak mengambil foto di beberapa masjid yang aku datangi. Pertama, waktu itu aku belum terlalu suka ngambil foto. Kedua, aku masih punya perasaan kurang enak, sewaktu mengambil foto di dalam maupun lingkungan masjid.

Berada di lingkungan masjid yang tenang. Mendengar lantunan ayat suci Al-Qur'an diperdengarkan. Mendengar gemericik air wudhu yang menimpa lantai tempat wudlu. Mendengar Asma Allah sewaktu ditakbirkan. Rasanya, hati menjadi tenang sekali. Cuaca yang dingin dan sepoy-sepoy mampu meredakan sedikit panas di luar. Tenggorokan yang kering, terasa sejuk sewaktu berdoa dan bersujud. Ngabuburit menjadi begitu asyik untuk dilakukan.

Rasanya ingin sekali berlama-lama di lingkungan masjid. Rasanya ingin sekali sampai adzan maghrib berada di sebuah masjid dan berbuka puasa di lingkungan masjid. Tapi, aku belum pernah. Seringnya aku mencari tempat makan atau langsung pulang ke rumah sendiri atau pulang ke rumah mama mertua. 

Padahal di lingkungan masjid, ada banyak sekali takjil yang beraneka macam. Banyak pilihan yang bisa dibeli untuk berbuka puasa. Di masjid juga menyediakan takjil, untuk para jamaah yang sengaja ngabuburit di situ atau singgah untuk menunaikan sholat wajib dan hendak berbuka puasa.
Berikut beberapa masjid yang pernah aku kunjungi untuk ngabuburit asyik. Adakah di antara teman-teman yang juga pernah melakukan ngabuburit asyik dengan berwisata masjid? tos dong kalau begitu.  

Masjid Agung Kemayoran


Masjid Agung Kemayoran ini terletak dekat dengan rumah mama mertua. Tinggal beberapa menit lagi sampai di rumahnya. Jadi, masjid ini cukup sering untuk dijadikan wisata masjid sewaktu ngabuburit. Apalagi ada toll yang menghubungkan Tangerang dan Kemayoran.

Masjid ini cukup luas dan ada beberapa ruangan yang terpisah untuk melakukan kegiatan masjid. Jadi, kegiatan mengaji dan kegiatan masjid lainnya, tidak dicampur dengan kegiatas ibadah sholat.

Muka puasa yang lemes di tahun 2012

Dinding kayu ukir di Masjid Agung Kemayoran


Beberapa kali aku singgah di masjid ini. Bukan hanya sewaktu bulan Ramadan saja, untuk ngabuburit. Pas sholat Jumat, masjid ini penuh dengan jamah. Banyak sekali pedagang yang menggelar lapaknya di lingkungan masjid. 

Sayangnya, parkir kendaraan berada di luar lingkungan masjid. Jadi perlu tambahan kunci untuk kenyamanan dan keamanan kendaraan.

Alamat Masjid Agung Kemayoran :

Jl. Benyamin Sueb Blok Boing 09 No. 1 Kemayoran
Jakarta Pusat Kota Jakarta Puasat


Masjid Siratal Mustaqim Tangerang


Salah satu masjid favorite untuk ngabuburit adalah masjid Siratal Mustaqim. Masjid ini juga sering sekali menjadi persinggahan aku dan keluargaku. Beberapa kali untuk ngabuburit, singgah sholat wajib atau hanya sekedar melepas lelah.

Letak masjid ini terletak di dekat jalan toll. Dari arah Tangerang berada di sisi kiri. Berbelok ke kiri dari arah Kebon Nanas. Masjid ini memiliki dua lantai. Lantai 2 digunakan untuk sholat dan lantai bawah, digunakan untuk kegiatan masjid. 

Pelataran Masjid yang digunakan untuk kegiatan masjid


Sewaktu ngabuburit, aku menjumpai ada ibu-ibu yang sedang menata banyak mangkuk kecil. Mangkoknya ditata berputar. Aku langsung menebak, pasti ini untuk sajian takjil nanti. Isinya akan dituang menjelang adzan maghrib berkumandang. Isiannya kolak atau bubur. Hehehe.

Akupun belum sempat berbuka puasa di Masjid Siratal Mustaqim ini. Waktu itu, aku singgah untuk sholat ashar, kemudian lanjut menuju tempat makan. Kapan-kapan atuh pingin berbuka puasa di masjid. Ngerasain kebersamaan berbuka puasa bersama dengan jamaah yang belum dikenal, kek apa ya rasanya?

Pintu kayu ukir yang digunakan sebagai dinding Masjid



Masjid ini sebetulnya hanya berjarak tempuh 20 menit dari rumahku. Makanya menjadi masjid persinggahan untuk sholat wajib. Dari arah Karawaci setelah berbelanja, suamiku lebih memilih singgah di masjid ini. Tempat parkirnya lumayan luas. Berada di dalam lingkungan masjid dan ada pohon meskipun tidak begitu lebat daunnya. Cukuplah untuk ngadem kalau di dalam mobil.

Alamat Masjid Shiratal Mustaqim Tangerang

Jl. M. H. Thamrin, Kebon Nanas
Tangerang Banten


Insya Allah Ramadan ini, aku juga pingin ngumpulin foto ngabuburit di Masjid. Ya, yang terdekat saja dengan rumah atau pas pergi ke mana gitu, mampir di Masjid yang belum pernah aku singgahi. Ngabuburit teman-teman gimana? ceritain dong asyiknya ngabuburitnya di sini.

#Ramadanday4 1438 H

Salam
Astin


22 comments:

  1. Subhanallah .... Masjidnya cantik-cantik. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cantik mbak, kek aku. Makasih ya kunjungannya

      Delete
  2. Ngabuburit di Masjid emang seru kok. :D Bisa sekalian buka sama sholat jamaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara aku belum pernah berbuka di masjid. Palingan singgah untuk sholat ashar, maghrib aja

      Delete
  3. Bisa jadi rujukan tuh info tentang masjid-masjidnya...Trims Mbak Astin, salam kenal yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, aku sebetulnya pingin ngerangkum semua masjid yang pernah kusinggahi, tapi apalah dayaaa

      Delete
  4. sekalian buka puasa di mesjid mba..biasanya ada tajil gratis juga ya di mesjid untuk mereka yg safar (dalam perjalanan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pinginnya seperti iitu, tapi biasanya aku sudah punya agenda ke mana gitu. Ke masjid hanya untuk mampir sholat sama istirahat dulu

      Delete
  5. Mesjidnya bagus y mba aku blm prnh ngabuburit kek mba kunjungi mesjid2 hehe rasanya aku mager 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah sich mager di rumah, tapi malah bawaannya gak enak. Sesekali perlu juga kan jalan-jalan cuma berputar di lingkungan rumah aja

      Delete
  6. ngabuburit sekaligus dapet pahala ya, Mba bisa ikut program2 di masjidnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ya Mbak, cuma aku hanya singgah dan istirahat aja di Masjid. MUngkin lain kali, aku pingin sampai buka puasa di masjid.

      Delete
  7. Ngabuburit di masjid ya mbk? Ide bagus itu, masih jarng yg ngumpulin foto ngabuburit di masjid

    ReplyDelete
    Replies
    1. AKu pingin ngumpulin foto-foto di Masjid, cuma kok masih agak kurang nyaman ya. Sebetulnya boleh atau enggak...hihi

      Delete
  8. iya, aku juga suka ngabuburit di masjid. seruuu. ah, jadi pengin nulis tentang masjid juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo nulis mbak, banyak hal yang bisa ditulis, kan y

      Delete
  9. iya, aku juga suka ngabuburit di masjid. seruuu. ah, jadi pengin nulis tentang masjid juga :)

    ReplyDelete
  10. Aku juga suka ngabuburit ke masjid sama suami dan anak.. Seru dan adem rasanya.. Btw masjidnya cantik2 mba

    ReplyDelete
  11. Itu mesjid akbar kemayorankan ya mba, aku sering kesitu, ua ku ada daerah situ. Ngabuburit di mesjid memang bikin adem yak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya MBak, Masjid Akbar Kemayoran yang deket Giant,

      Delete
  12. Sholat Dzuhur di masjid Jakarta Pusat. Sholat Ashar di masjid Kemayoran

    Aaahhh idenya boleh juga ini ...
    Pake jalan berputar pula ... sengaja melamakan diri di jalan ... hahaha

    Saya belum pernah ke masjid-masjid tersebut

    salam saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Om, kata suamiku, inilah namanya jalan-jalan. Jalaaan terus, mampir ke Masjid untuk sholat

      Delete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih