Skip to main content

Pilihan Takjil Buka Puasa Favorit keluarga

Cuaca hari ini cukup membuat aku deg-degan. Matahari bersahabat banget sama cucian yang dijemur di luar rumah. Cukup 5 menit untuk menjemur pakaian yang baru keluar dari mesin pengering. Angeeet banget hasil jemuran pakaiannya. Mungkin ada yang mau ngecoba menjemur kasur di luar? Saran aku sich, jangan. Panasnya menyengat sangat, kasihan kepala.

Anak lanangku juga sudah mulai merajuk. Salah aku juga sich, gak bawa pulang setelah ngejemput pulang sekolah. Bukannya aku bawa pulang, malah ku bawa belanja. Heheee, daripada aku bolak balik sich sebetulnya. Jadi aku bawa belanja kebutuhan untuk membuat takjil buka puasa. Hiyaaaaa, Alhamdulillah sudah memasuki Ramadan ke-5. Alhamdulillah ya, semoga selalu diberikan kesehatan semua yang menjalankan ibadah puasa, aamin.

Hari ini aku sudah kebayang pingin membuat takjil buka puasa favorit keluargaku. Anak lanangku juga mengiyakan, menu takjil buka puasa sore nanti. Teman-teman juga punya kan, takjil buka puasa favorit?, apa malah sama dengan pilihan takjil buka puasa keluargaku? em, jangan-jangan sama ya? toss lah kalau begitu.

Berikut ini adalah pilihan takjil buka puasa favorit keluargaku. Semua pilihan takjil tersebut aku buat sendiri dengan bahan yang mudah didapat. Cara membuatnya juga mudah, tidak membutuhkan waktu yang lama dan satu lagi. Enggak pakai ribet untuk menghasilkan takjil buka puasa.

Kolak Pisang dan Teman-Temannya


Suatu hari, bukan di bulan Ramadan, aku pernah ngidam. Aku ngidam kepingin banget kolak. Mana ada ya, di luar bulan Ramadan, masa ada yang jual kolak? ada-ada saja ngidamnya ibu yang enggak sedang hamil. Bener dech, sewaktu aku hamil, aku malah gak ngidam apa-apa.

Jadi, belilah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kolak. Bahan utama santan, gula merah, pisang dan ubi. Di luar bulan Ramadan kolang kaling sulit ditemukan. Aku membuat kolak pisang dan teman-temannya tersebut. Porsinya cukup untuk 5 mug besar. Alhamdulillah habis sama akuh. 



Dari situlah aku sangat suka dengan yang namanya kolak. Tapi ada syaratnya, harus bikin sendiri. Karena aku membuat kolak pisang yang bersantan kental. Tapi enggak ditambahkan campuran tepung, loh. Aku cuma memasukkan santan kental setelah semua bahan-bahan kolak sudah matang (emang gitu kali, Tin cara membuat kolak!😳)

Aku kurang suka kolak yang dijual di dekat tempat tinggalku. Kolaknya terlalu putih bahkan ada yang hampir bening. Santannya seperti pecah gitu. Trus air kolaknya lebih banyak dari isinya. Isinya pisang pula, kadang pisangnya masih keras. Hihii.

 

Bubur Sumsum Kuah Gula Merah


Entalah, apa aku ini penggemar berat gula merah  atau gimana ya? semua yang menggunakan gula merah, aku suka. Bubur sumsum yang berbahan dasar tepung beras dan gula merah yang dibuat kuah ini sangat lezat. Apalagi ada tambahan bubur mutiara. Ya, ampuuun aku jadi ngebayangin. Apa hari ini aku bikin takjil buka puasa ini ya?

Bubur sumsum juga sering aku bikin selain bulan Ramadan. Di perut tuh adem dan bikin kenyang juga. Makanya, keluargaku suka banget kalau aku bikin bubur sumsum. Ting, jadi inget nich, di lemari es ada banyak daun pandan. Bubur sumsum dengan tambahan daun pandan rasanya wangi banget. Apalagi kalau ada daun suji, wiiih, bisa berwarna hijau bubur sumsumnya.

Di dekat tempat tinggal aku, banyak banget nich yang jual untuk takjil buka puasa. Anakku pernah beli, rasanya kurang gurih. Aku memang lebih suka memasukkan santan pas makanan sudah matang. Entahlah apakah ini akan mempengaruhi kadar lemak jahatnya atau enggak. Santai saja ya, sembari menjaga kesehatan dengan olah raga.  

Es Buah Nata de Coco


Pilihan takjil buka puasa favorit keluarga yang satu ini, enggak ada gula merahnya. Es buah Nata de Coco. Hari ini nih, bayangannya mau bikin es buah nata de coco. Di lemari es sudah ada nata de coco yang dibeli suami. Hari ini aku beli buah-buahan, termasuk buah mangga yang engak banget dibuat es buah.



Es buah yang pernah aku sajikan untuk takjil buka puasa di rumah ada yang paling enak. Es buah tersebut aku campur dengan yogurt plain, minuman bersoda dan susu kental manis. Hm...jangan dibayangkaaaan yaaa. Apalagi macam-macam rasa buah dan warna buahnya buanyak, duh pingin langsung nyebur banget ke dalam mangkuk es buahnya, kan?  

Berhubung aku sudah tidak mengkonsumsi minuman bersoda, aku skip satu bahan tersebut. Rasanya tetep seger kok, wong bikin sendiri. Kalau ada syrup di rumah, bisa ditambahkan syrup. Syrup yang paling sering ditambahkan untuk es buah  kebanyakan coco pandan ya. Tapi aku lebih suka menggunakan syrup lemon atau yang asem-asem. 

Bakwan Sayur Siram Bumbu Kacang


Salah satu takjil buka puasa favorit keluarga yang melalui proses penggorengan. Bakwan sayur sirambumbu kacang. Suamiku suka banget, bisa habis sendiri satu adonan bakwan sayur yang aku buat. Anak lanangku juga suka bakwan yang garing dan dalamnya empuuuk.

Bakwan Sayur disiram bumbu kacang


Ramadan kali ini, aku belum membuat bakwan sayur nih. Padahal sudah ada bumbu kacang dari KOKITA. Kebetulan aku mendapat gift dari Istana Nelayan Resto berupa bumbu-bumbu dari KOKITA. Lumayan kan untuk stock di bulan Ramadan. 

Pilihan takjil buka puasa dengan bakwan sayur dan bumbu kacang ini sepertinya legendaris banget ya. Di rumah mama mertua, untuk takjil buka puasa seringnya juga menyediakan bakwan sayur dan bumbu kacang. Cumaaa, mama mertua kadang membeli di penjual dekat rumahnya.

Kalau aku sedang bisa, aku lebih pilih membuat bakwan sayur sendiri. Gampang kok bikinnya, sediakan tepung terigu ditambah sedikit tepung beras, sayurannya juga tauge sama irisan wortel saja. Bumbunya, bisa bikin sendiri menggunakan ulegan bawang putih, garam dan ketumbar. Mudah bukan?



Cara penyajiannya juga cukup mudah dan bikin ketagihan. Bakwan sayur dipotong-potong. Kemudian disiram menggunakan bumbu kacang yang sudah diencerkan dengan air. Kalau ingin lebih pedas lagi, bisa ditambahkan saos tomal atau saos sambal. Aku jarang membuat bumbu kacang terlalu pedas, karena anak lanang juga suka banget sama bumbu kacangnya.

Kurma


Takjil buka puasa dalam keadaan darurat adalah kurma. Kok bisa darurat? Aku sedang enggak enak badan, aku sedang enggak moody untuk masak, aku sedang enggak mau beli makanan di luar. Salah satu stock yang setia ada di lemari es adalah kurma.

Beberapa jenis kurma sudah pernah aku icip. Terakhir beli kurma jenis melted. Jadi kalau dimasukkan ke dalam mulut, beradu dengan air liur langsung lumer gitu. Jadi seperti memakan gula merah yang sudah berair banget. Lumer, manis dan enggak perlu dikunyah. Cocok banget dijadikan takjil buka puasa kakek dan neneknya anak-anak nich.



Aku lebih menyukai kurma yang kering. Agak kering dan enggak basah. Kurma jenis ini pasti aku buru dan habiskan langsung. Anak-anakku juga lebih menyukai yang kering ini. Makan kurma jenis ini, jadi terasa makan buah. Kresh kresh kres gitu.




Nah, itulah pilihan takjil buka puasa favorit keluargaku di rumah. Paling sering dibuat adalah kolak an es buah. Selain simple, dengan mengkonsumsi es buah yang banyak buah-buahan segarnya, badan juga jadi lebih fresh. Dengan catatan, es batu yang digunakan es batu buatan sendiri ya, bukan es gerobak yang balokan itu.  

Itulah beberapa pilihan takjil buka puasa favorit keluargaku. Gimana dengan teman-teman? pasti punya takjil buka puasa favorit, kan?.

Salam
Astin


Semua foto yang dipergunakan dalam artikel pilihan takjil buka puasa favorit adalah foto pribadi penulis.



Comments

  1. Saya lebih memilih takjil pake bakwan sayur disiram sambel kacang hmm bikin ngiler setlah sholat baru ke menu utama makan besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneraaa banget, makan bakwan sayur tiga potong disiram sambel kacang udah kenyaaang. Sholat maghrib, trus baru makan dech.

      Delete
  2. TAkjilku tahu asin dan teh manis Mbak. Lihat penampakannya bikin laper hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau teh manis, aku sering skip teh manis nih

      Delete
  3. Huaaa es buah nata de coco itu juara, kalau aku suka yang segar-segar ketimbang yang bersantan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, kalau bersantan apalagi pakai es, duh nyegrak banget di tenggorokan. Makanya aku kalaupun pingin kolak, bikin dewe'

      Delete
  4. salfok sama sausnya mbak, kawaknya bakwannya enak disiram sama kuah kacang

    www.borusiallagan.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu

Tiga tahun yang lalu saya sudah ingin sekali menceritakan pengalaman ini. Pengalaman pertama kali kehilangan satu gigi depan bagian atas. Pengalaman tidak memiliki gigi depan bagian atas dan harus ompong selama beberapa minggu. Pengalaman setiap beberapa hari sekali ke dokter gigi, untuk mendapatkan perawatan gigi yang hilang tersebut. Pengalaman dipasang gigi palsu tanam dan menggunakan gigi tersebut hingga tiga tahun. Dan juga pengalaman ketika gigi palsu tanam tersebut hampir lepas.

Fungsi Utama Gigi
Menurut Wikipedia Indonesia, Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Memiliki struktur dan variasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi itu sendiri adalah untuk merobek atau mengunyah makanan. Dengan adanya gigi dengan struktur yang lengkap dan sempurna. Proses merobek dan mengunyah makanan akan menjadi mudah. Untuk menyantap makanan yang keras, makanan yang panas ataupun dingin oke oke saja, kan giginya sehat.

Fun…