13 Jun 2017

Bosan dengan Wisata Alam, Coba Wisata Kuliner Jogja Ini

Lebaran identik dengan liburan ya, teman. Sudah bikin itinerary kan untuk liburan lebaran besok. Aku sudah bikin dan apabila diberikan kesehatan dan kemudahan, Insya Allah mau main nih ke Jogjakarta. Beberapa tahun yang lalu aku penah tinggal di kota pelajar dan kota seni ini. Kangen ingin melihat-lihat kota Jogja saat ini.

Siapa yang enggak kenal Jogja coba. Kota yang terkenal dengan adat istiadat dan tata krama yang masih kental. Di Jogja, bakalan diberikan suguhan berbagai tempat wisata dari kuliner, perbelanjaan, wisata alam sampai wisata edukasi sejarah.

Wisata alam di Jogja tentu sudah mainstream sekali ya. Apalagi aku yang sudah pernah tinggal di Jogja. Nah, setuju enggak sich, kalau bosan dengan tempat wisata Jogja bernuansa alam, bisa mencoba wisata kuliner. Makanan di Jogja itu ngangenin terus loh. Enggak bakalan bosan dengan cita rasa yang begitu sedap untuk dinikmati.  

Beberapa di antaranya adalah di bawah ini :

Angkringan Lik Man


Mendengar kata angkringan itu, jaman aku kuliah. Anak kuliah lebih memilih makan di angkringan daripada di resto atau warung makan yang miliki tempat elit, ya kan.  Angkringan di dunia kuliner khususnya di Jogja sudah sangat terkenal. Angkringan sendiri berasal dari kota Jogja loh. Tidak hanya menjadi tempat kuliner murah dan merakyat, angkringan sering dijadikan tempat berkumpul dan berbincang ringan.

Ada satu angkringan di Jogja yang sangat terkenal nih, namanya Angkringan Lik Man. Angkringan Lik Man merupakan angkringan pertama yang ada di kota Jogja yaitu sejak tahun 1969. Salah satu tempat wisata jogja khususnya kuliner malam ini, menyediakan satu menu andalan yang sangat terkenal yaitu kopi Joss.

Cara penyajian kopi Joss ini sangat unik. Kopi yang disediakan dicampur dengan arang yang masih membara. Bunyi Joss yang dihasilkan inilah yang membuat menu ini disebut kopi Joss. Suamiku wajib nih icip menu kopi Joss di angkringan Lik Man. Kopi Joss dipercaya dapat menetralisir kafein, sehingga kopi ini aman untuk pencernaan.

House of Raminten


Jogja memang kaya akan makanan-makanan tradisional. Melihat potensi tersebut, pemilik House of Raminten terdorong untuk mendirikan sebuah tempat makan dengan menu tradisional namun cara penyajiannya berkelas dan elegan.  

Melihat dari arsitektur bangunan House of Raminten dapat dikatakan luar biasa. Aksentuasi yang terdapat pada interiornya, menggambarkan bahwa rumah makan ini layak  nya restoran mewah bertemakan Jawa. Pelayannya diwajibkan untuk memakai pakaian khas yaitu berupa kemben jawa dan dimeja terdapat sebuah kentongan yang berfungsi untuk memanggil pelayan jika membutuhkan sesuatu. 

Tidak heran, jika House of Raminten menjadi objek wisata kuliner bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata Jogja. Teman-teman ada yang sudah pernah wisata kuliner di House of Raminten, sharing dong pengalamannya. 

Banyu Mili Country Club


dari namanya saja, tempat ini sudah tidak seperti wisata Jogja lainnya. Salah satu objek wisata ini memang tidak hanya menyediakan kuliner dengan rasa yang luar biasa. Banyu Mili memiliki sebuah tempat rekreasi bagi keluarga.  



Rumah makan ini berada di satu lokasi dengan wisata air yang terdiri dari kolam renang, wahana air, hutan hingga danau buatan. Salah satu menu andalan dari rumah makan Banyu Mili Country Club adalah kepiting telur dan Udang bakar madu yang memiliki cita rasa mantap. Rasa udang yang dibakar dengan olesan madu membuat rasa sangat enak. Kepiring dan Idang yang disediakan oleh rumah makan ini merupakan budidaya sendiri, sehingga dipastikan masih snagat segar saat dimasak. Tidak heran apabila Banyu Mili Country Club juga dijadikan objek wisata kuliner bagi para wisatawan yang sedang berlibur di tempat wisata Jogja.

Bang Kopitown


Ini dia salah satu tempat makan kekinian di Jogja. Teman-teman pernah membayangkan menyantap makan di penjara? Duh, aku penasaran dan kepingin mengunjungi salah satu tempat wisata kuliner di Jogja ini nih. Bang Kopitown dibangun denan konsep bangunan yang menyerupai penjara. Bangunannya lengkap dengan jeruji besi di setiap ruangan.

Di tempat ini, akan terlihat sipir penjara yang berdiri di belakang menja kasir serta para narapidana yang mondar mandir mengirim pesanan. Salah satu menu andalan restoran ini adalah kopi tetes, sapo tahu, penang fried noodle dan rendang spice noodle. Duh jadi makin penasaran untuk mencoba menu-menu yang ditawarkan. Yuk, wisata kuliner di Jogja kalau sudah bosan dengan wisata bernuansa alam. 

6 comments:

  1. Sayang, gak ada gambar makanannya ... :'D

    ReplyDelete
  2. Gede dan kelihatan sejuk kolam renangnya.

    ReplyDelete
  3. baru tau house of raminten aja.. penasaran sama kopi jos nya angkringan lik man

    ReplyDelete
  4. noted. ntar kalau ke Jogja lagi bisa jadi alternatif tujuan jalan2 ;)

    ReplyDelete
  5. Iyah mba sayang gak ada gambar makanannya. Tapi seenggaknya udah dapat info mana aja yang menarik di kunjungi.. Lalu gimana mba setelah kesana ? Apa bakal bikin blog nya untuk pengalaman disana ? Aku ada rencana kesana juga soalnya, kan bisa sekalian baca blog mba jadi mempertimbangkan mana aja tempat yang bagus. Btw, makasih infonya yaa mba

    ReplyDelete