Skip to main content

Pengalaman Berburu Diskon Saat Berbelanja Kebutuhan Lebaran

Hallo apa kabar teman-teman? sudah berhitung berapa besar pengeluaran untuk berbelanja kebutuhan lebaran?. Alhamdulillah aku sudah membeli sebagian kebutuhan lebaran. Belanjanya kemaren-kemaren banget. Sebelum bulan Ramadan, malah. Alasannya, supaya enggak ngantri terlalu panjang. Supaya kalau lapar dan haus bisa makan dan minum. 

Awalnya sich rada galau. Kalau belanja sebelum bulan Ramadan atau jelang Lebaran. Ada diskon enggak ya di pusat perbelanjaan favorit-ku. Tapi, akhirnya setelah diputus dan diketok palu. Berangkatlah aku untuk berbelanja kebutuhan lebaran. Tutup mata dengan diskon besar-besaran yang bakal diberi oleh pihak departement store.


Apa sich itu diskon? Seberapa penting diskon itu?


Iyaaah, memang sich bagi sebagian teman-temanku, ada yang enggak suka diskon. Ada sebagian yang lain termasuk aku, suka banget sama yang namanya diskon. Malah pernah tuh, pas berbelanja bareng seorang ibu, di toko favorit-ku. Ibu itu tersenyum masam, sewaktu aku dan beberapa konsumen lainnya berburu barang-barang di bagian diskon 70 %.

Foto salah satu pusat perbelanjaan. Foto by Astin


Iya, gak apa apa sich, enggak suka diskon. Enggak apa apa juga sich tersenyum masam gitu. Aku dan pembeli lainnya tetep memilih barang-barang yang didiskon. Dan aku, akhirnya menemukan barang yang didiskon 70 % hanya karena kancingnya hilang 3. Barangnya adalah sebuah kemeja lengan panjang. Kancingnya hanya hilang 3. Solusi emak diskonan adalah, mencari kancing cadangan, yang terdapat di bagian dalam kemeja. Lainnya, mengambil kancing bagian tangan, kancing bagian ini kan jarang sekali di pakai, iya kan? Barang diskonan 70 % sempurna dan bisa dipakai.

Diskon Atau Ganti Harga


Meskipun suka banget sama yang namanya diskon. Jangan tutup mata, hanya untuk mendapatkan barang dengan diskon besar. Maksudnya, diskon besar diberikan denan terlebih dulu, harga barangnya dinaikan. Kata beberapa orang sich, itu wajar. Tapi kalau menurut aku itu mah, sangat tidak mempertimbangkan unsur kemanusiaan. 

Harga barang sebelum diskon dan harga barang sesudah diskon, jatuhnya sama saja atau malah lebih mahal setelah diskon. Hanya saja dilabeli dengan diskon. Masa sich, ada yang begitu? ya, kalau sering-sering window shopping bakalan tahu. Apalagi kalau seringnya belanja di online shop. Bakal ketahuan dengan adanya newsletter yang terkirim ke email. 


Bijak Melihat Diskon


Mentang-mentang banyak diskon. Bijaklah saat melihat diskon. Jangan gara-gara diskon, trus belanja sepuasnya. Sebanyak-banyaknya karena uang 500.000 bisa membeli pakaian banyak. Ini untuk pakaian ya. Kalau kebutuhan lebarannya bahan makanan, coba dicek terlebih dahulu dong. Kadaluarsa, tingkat kebutuhannya dan urgensinya. 

Aku beberapa kali pernah berbelanja kebubutuhan bahan makanan yang didiskon. Beberapa menemui ada yang memiliki tanggal kadaluarsa sangat dekat. Ada juga bahan makanan yang sudah berubah bentuk dan lain sebagainya.

Memang lebih baik untuk lebih sabar sewaktu melihat barang yang didiskon. Pakaian, harus melihat dengan jeli, apakah pakaian tersebut dalam keadaan yang baik. Kalau pengalamanku membeli kemeja yang kancingnya hilang 3, aku masih bisa menemukan kancing pengganti. Contohnya seperti itu.

Jadi, bagaimana? masih mau berburu diskon lagi? masih dong. Tinggal menunggu kesiapan berbelanja kebutuhan lebarannya saja. Kalaupun kondisinya tidak memungkinkan, aku sich enggak begitu ngebet belanja hanya karena diskon. Toh nanti, diskonnya juga bakalan datang lagi, kan?

Comments

  1. Sebenernya barang-barang diskon juga ga semuanya jelek kok, asal kita pinter-pinteran aja ya mba as a consumer :)

    ReplyDelete
  2. Saya sudah ga pernah berburu diskonan lagi neh mba. Padahal kalau lebaran suka gede-gedean ya

    ReplyDelete
  3. Menjelang lebaran biasanya harga naik.
    kalau isa cari yang murah itu hebat betul

    ReplyDelete
  4. Wah, banyak cari diskon menjelang lebaran

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Penyebab Nasi di Rice Cooker Cepat Basi

Pernah tidak mengalami nasi di rice cooker cepat basi, baru juga masak tadi pagi, sore hari sudah basi, basinya berair pula. Beberapa kali saya mengalami nasi di rice cooker basi dan dari kurun waktu 2008-2015 saya sudah berganti rice cooker sebanyak, lima kali. *Boros sekali ya? semoga ke depan tidak sering-sering berganti rice cooker ya. Mengganti rice cooker juga dengan pertimbangan, nasi yang dimasak cepat sekali menjadi basi. Iya, sewaktu membuka rice cooker setelah masi matang, aroma yang keluar sudah tidak enak, sewaktu dicentong, nasinya berwarna kuning dan pada lapisan bawah, nasinya berair.
Pengalaman Mendapati Nasi di Rice Cooker Basi
Sewaktu mendapati nasi di rice cooker basi, saya kaget dong. Lah wong baru saja masak, kok aroma nasinya sangat tidak enak. Lengket dan ketika nasinya dipindahkan, bagian bawah nasi itu berair. Rice cookernya juga berair, airnya juga bau.

Menyalahkan Beras Duh, merasa bersalah sekali nich, akibat nasi di rice cooker cepat basi, saya menyalahka…